Saturday, October 28, 2017

(News) Wanna One PLAGIAT Kalung Segitiga Terbalik GOT7 dan juga Konsep Album GOT7 (Plagiat Lagi ??? OMG!)



Kasus Plagiatisme kembali terjadi dalam industri hiburan Kpop. Kali ini, kita kembali bicara soal Plagiatisme. Plagiatisme yang memang belakangan kian marak. Tak hanya di dunia literasi, namun juga sudah mencakup berbagai aspek kehidupan. Mulai dari lagu, sinetron, koreografi sebuah tarian (dance), novel/buku, bahkan hanya sekedar status facebook, semuanya tak luput diplagiat, yang terbaru bahkan aksi plagiatisme juga menjangkau konsep album, merchandise (kalung) dan warna fandom dalam Kpop. Wow! Sungguh sangat menyedihkan bila kemajuan jaman justru membuat seseorang kehilangan kreatifitas.

“(News) Wanna One PLAGIAT Kalung Segitiga Terbalik GOT7 dan juga Konsep Album GOT7 (Plagiat Lagi ??? OMG!)”



 GOT7


WARNING : 
Komentar pedas/jahat/kasar/arogan/gak enak dibaca/gak sopan TIDAK AKAN DITAYANGKAN dan akan langsung dihapus oleh penulis. Jadi berpikirlah lebih dulu sebelum memberikan komentar. Penulis BUKAN INGIN MEMANCING FANWAR atau menjelekkan nama baik fandom lain. Namun penulis hanya sekedar MENYAMPAIKAN KEBENARAN dan menuliskan ulang artikel yang sebelumnya pernah diposting di blog-blog yang lain dengan gaya bahasa penulis sendiri. Jika ada Fans (Wannable) yang tidak terima, silakan Anda cari saja di Google dan melakukan cross check sekali lagi.

@@@@@@@

Plagiatisme. Ada banyak aspek yang mendasari seseorang untuk melakukan tindakan memalukan ini. Salah satunya adalah kurangnya kreatifitas, itu sebabnya lebih mudah bagi orang tersebut untuk mencuri karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya mereka. Aspek lainnya mungkin si pelaku plagiatisme berpikir, jika seandainya plagiatisasi yang mereka lakukan diketahui oleh orang lain, maka mereka bisa saja sekalian numpang tenar, dari seseorang yang tidak dikenal publik menjadi seseorang yang disorot publik karena kasus plagiatisme yang dilakukannya. Promosi gratis. Walaupun dengan cara yang sangat rendah, begitulah istilahnya.


Atau jika pelakunya memang sebelumnya sudah tenar, bisa jadi mereka berpikir sebaliknya, “Grup yang akan kuplagiat kan gak tenar tuh, kalah populer, kalah pemes, jadi kalau gue jiplak pun kagak ada yang tahu. Kalaupun tahu emangnya mau apa? Fandom mereka kalah besar, kalah banyak, Fans kami (Wannable) yang jumlahnya lebih banyak (dan pastinya lebih anarkis, agresif, dan radikal) pasti akan membela kami habis-habisan dan menyerang balik fandom dari artis yang karyanya gue plagiat.” MALING TEREAK MALING gitulah istilahnya ^_^ Uuuppzzzz....

Dunia seni (Entertainment) adalah yang paling banyak terdapat kasus plagiatisme. Mulai dari lagu, sinetron, koreografi sebuah tarian (dance), novel/buku, bahkan hanya sekedar status facebook, semuanya tak luput diplagiat, yang terbaru bahkan aksi plagiatisme juga menjangkau konsep album, merchandise (kalung) dan warna fandom dalam Kpop. Dan kali ini, pelakunya tak lain dan tak bukan adalah Boygrup yang belakangan SANGAT TENAR. Menurut beberapa sumber, ini bukan pertama kalinya Boygrup jebolan “Produce 101 Season 2” ini terbukti melakukan Plagiatisme terhadap idola Kpop lainnya.


Ingin tahu siapa mereka? Mereka adalah Wanna One, boygrup beranggotakan 11 orang pemuda yang (kata fansnya) berwajah tampan dan masih sangat muda, bahkan ada yang mengatakan salah satu membernya ada yang masih SMP. WOW !!! Masih kecil banget dong, ya ^_^

Wanna One merupakan boygrup jebolan acara reality show pencari bakat yang bernama “Produce 101 season 2” dan baru saja debut pada tanggal 7 Agustus 2017. Dan menurut informasi yang beredar, Wanna One hanya akan berdiri selama 1,5 tahun saja, alias kontrak mereka sebagai Wanna One akan berakhir pada bulan Desember 2018.

Namun ternyata, walaupun usia mereka baru “seumur jagung”, Wanna One sudah dikenal luas sebagai Boygrup yang kerap kali menuai kontroversi dan bahkan Fandom mereka yaitu Wannable, sukses menciptakan sejarah baru menjadi FANDOM PEMBUAT RUSUH atau FANDOM TERBURUK hanya setelah 1 bulan setelah Wanna One dibentuk.


Dan gelar “FANDOM TERBURUK” tersebut seakan semakin dikukuhkan dengan munculnya sebuah polling berjudul “Selebriti mana yang image-nya jelek karena ulah penggemarnya sendiri?” pada bulan September 2017 lalu yang digelar oleh DC Inside mulai tanggal 3 September 2017 hingga 9 September 2017, dengan perolehan akhir total voting 22,668 voting.
 

Voting tersebut MENOBATKAN WANNA ONE sebagai 3 BESAR IDOLA dengan FANDOM PALING RUSUH alias PALING BURUK alias PALING SERING TERLIBAT FANWAR dengan perolehan suara 6,8% (1550 voting), bersama dengan EXO di tempat pertama dengan perolehan suara 21,1% (4789 voting) dan SNSD di tempat kedua dengan perolehan suara 7,2% (1627 voting). Selamat ye buat Wannable atas “GELAR BARUNYA” ^_^ Pecahkan rekor tuh, rekornya rekor “Fandom Rusuh alias Fandom TERBURUK” setelah 1 bulan dibentuk tapinya hahaha ^_^


Wanna One memang bisa dibilang sangat populer saat ini seiring dengan popularitas acara reality show tersebut, bahkan sebelum resmi debut pun, Wanna One telah memiliki nama fandom yaitu WANNABLE. Boygrup yang dapat dikatakan baru seumur jagung ini memang sedang “Naik daun” dan digandrungi oleh para generasi muda khususnya anak-anak ABG yang masih sekolah, jumlah presentase remaja yang mengidolakan Wanna One memang jauh lebih banyak daripada jumlah fans orang dewasa. 

Mungkin inilah yang menyebabkan Wannable mendadak dalam sekejap disebut sebagai salah satu FANDOM YANG SUKA MEMBUAT RUSUH dan MEMANCING PERANG. Sepertinya hal tersebut mungkin  bisa dibilang wajar saja mengingat popularitas Wanna One yang memang sedang menanjak, sehingga banyak membuat Fans mereka menjadi angkuh dan kerapkali merendahkan idola lainnya.
 

Namun selain FAKTA bahwa Wanna One memang sangat terkenal dan Fans mereka (Wannable) dikenal sebagai Fandom yang kerapkali memancing Fanwar, Fakta lain menyebutkan bahwa Wanna One adalah Boygrup yang sering MELAKUKAN PLAGIATISME terhadap idola Kpop lainnya. Tenar karena Plagiat ya ceritanya? Hihihi ^_^ Wow! Uda rusuh, plagiat pula. Yang kayak gini fansnya malah banyak? *Dunia kiamat*

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar PLAGIATISME alias “DOSA” yang pernah dilakukan oleh Wanna One (Plagiatisme itu adalah sebuah KEJAHATAN, jadi sudah jelas bahwa ini termasuk dosa bagi pelakunya) : 
1. Plagiat Warna Fandom Seventeen. 
Dilansir dari Dreamer.id, Wanna One pernah “diduga” memplagiat warna Fandom Seventeen untuk Album debut mereka pada Agustus 2017 lalu. Masing-masing grup idola Kpop sudah pasti memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari nama fandom, lighstick, dan juga warna resmi yang menjadi ikon mereka.


Termasuk Grup Seventeen, yang diketahui telah meluncurkan warna resmi mereka yang merupakan gradiasi warna rose quartz dan serenity. Tetapi baru-baru ini, para penggemar Seventeen yatu CARAT menemukan bahwa warna tersebut digunakan juga di media sosial grup baru jebolan “Produce 101 Season 2” yaitu Wanna One. Sehingga membuat fans Seventeen menganggapnya sebagai sebuah penjiplakan dan memberi kritikan kepada Wanna One.

Menanggapi banyaknya kritikan, YMC Entertainment selaku agensi dari Wanna One mengatakan jika warna grup saat itu hanya sementara dan bukanlah warna fandom resmi mereka.


Dengan memberikan statement bahwa “Warna tersebut hanya sementara” secara tidak langsung telah MENGKONFIRMASI bahwa WARNA TERSEBUT MEMANG PLAGIAT. Namun bukannya meminta maaf secara resmi dan bertobat, ternyata kejadian yang sama alias Plagiatisme kembali terulang beberapa saat kemudian.

(Sekali plagiat tetap plagiat, ye. Tuh contohnya Afi Nihaya Faradisa, sekali ketahuan plagiat, bukannnya kapok, eh malah diulangi lagi dan lagi, plagiat terus dan terus hehehe ^_^ Sama seperti pembohong dan tukang selingkuh, sekali ngelakuin pasti bakal diulangi lagi 0_0 )

2. Plagiat Warna Album Astro. 
Sepertinya Wanna One memang tidak puas jika tidak menuai kontroversi lagi dan lagi. Walaupun telah terbukti melakukan plagiatisasi warna fandom Seventeen, kini melalui Album Repackaged terbaru Wanna One bertajuk “1-1=0 (Nothing Without You)” yang rencananya akan dirilis pada tanggal 13 November 2017 mendatang “diduga” memiliki konsep warna yang mirip dengan Astro.
 

Dilansir Grid.Id dari Allkop, fans Astro memberikan komentar yang mengeluh tentang warna yang hampir sama.
“Bagaimana tidak sengaja tapi dua warna juga sama?” ungkap seorang Netizen. 
“Kalau tidak sengaja, harusnya salah satunya yang sama.” Ungkap netizen lainnya.
 

Namun netizen lain mengungkapkan jika dua warna itu jelas berbeda. Meskipun agak mirip namun memiliki perbedaan. 

Sekarang kembali pada Anda untuk menilainya. Wannaable pasti menjawab, “Gak usah lebay. Cuma warna aja diributin dll.”

Nah ini, ada jawaban cerdas dari salah seorang netizen Indonesia tentang pentingnya warna untuk sebuah grup idola : 
“Kalau nanti ada yang niat bilang, ini kan cuma warna! Ngapain dipermasalahin, alay, berlebihan! Kalian salah! Warna itu adalah bagian dari grup itu sendiri, identitas grup, identitas fans, warna itu sangat bermakna, punya arti.”


(Bukan bloggernya yang ngomong loh, tapi salah satu fans cerdas Indonesia. Akhirnya ada juga fans cerdas. Senang rasanya mengetahui tidak semuanya generasi micin. So, Wannable kalau mau tereak marah-marah, intropeksi diri dulu ya kalau gak mau dikatain generasi micin ^_^)

3. Plagiat KALUNG SEGITIGA TERBALIK dan Konsep Album GOT7 
Masih dengan Album Repackaged terbaru Wanna One bertajuk “1-1=0 (Nothing Without You)” yang rencananya akan dirilis pada tanggal 13 November 2017 mendatang yang “diduga” memiliki konsep warna yang mirip dengan Astro.


Namun bila diperhatikan dengan seksama, tak hanya memiliki kemiripan warna dengan Astro, konsep warna album Wanna One sebenarnya juga sangat mirip dengan Album GOT7 bertajuk “Flight Log : Turbulence” yang telah dirilis 27 September 2016 lalu. Bahkan Album debut Wanna One yang berwarna pink dengan gradasi biru muda juga memiliki konsep warna yang mirip dengan GOT7 “Flight Log : Departure” yang dirilis pada Maret 2016 lalu.


Baiklah. Anggap saja warna tidak masalah, mengingat jumlah warna di dunia ini bisa dibilang sangat terbatas, kita anggap saja kemiripan warna tersebut adalah faktor ketidaksengajaan. Tapi bagaimana dengan konsep KALUNG SEGITIGA TERBALIK ????

Kita semua tahu, seluruh dunia tahu bahwa KALUNG SEGITIGA TERBALIK adalah IDE ORIGINAL MILIK GOT7. Para member GOT7 sengaja mendesain dan membuat secara khusus kalung segitiga yang di dalamnya berisi berbagai macam bentuk dan logo yang mencerminkan kepribadian mereka. Dan jika disatukan akan membentuk lambang segi tujuh yang merupakan logo dari GOT7.


Kalung SEGITIGA TERBALIK tersebut dibuat sebagai Kalung Simbol Persahabatan GOT7. Bahkan konsep kalung tersebut dibuat JAUH SEBELUM WANNA ONE DEBUT !!! KALUNG SEGITIGA tersebut memiliki MAKNA yang SANGAT BESAR untuk para member GOT7. Kalung Segitiga Terbalik tersebut adalah simbol persatuan Grup.


GOT7 memang dikenal dengan rasa persaudaraan mereka yang sangat tinggi. JB dan timnya, memang dikenal sangat dekat satu sama lain. Mereka berkali-kali menekankan dalam berbagai situasi bahwa GOT7 bukan hanya nama sebuah grup, melainkan sebuah simbol persaudaraan. Ketujuh member GOT7 bukan dipertemukan oleh uang ataupun bisnis semata, tetapi mereka dipersatukan oleh sesuatu yang tak terlihat, yang lebih kuat daripada uang yaitu rasa persaudaraan.


Kali ini bukti kedekatan para member GOT7 ditunjukkan dengan sebuah kalung berbentuk segitiga terbalik yang jika disatukan akan menjadi lambang logo grup GOT7, yaitu sebuah bintang segi tujuh. Sebuah perusahaan perhiasan ternama bernama “IF & Co. Jewelers” beberapa bulan yang lalu sempat mengupdate melalui akun IG resmi mereka, bentuk kalung ketujuh member GOT7 yang selama ini membuat para fans penasaran.
 

“IF & Co. Jewelers” sepertinya adalah sebuah perusahaan perhiasan yang ditunjuk secara khusus oleh GOT7 sebagai produsen pembuat kalung untuk mereka, dan bisa dipastikan bahwa kalung-kalung tersebut memang dipesan dan di desain secara khusus untuk para member GOT7.

 

Ketujuh liontin yang berada di dalam bentuk segitiga terbalik tersebut ternyata juga memiliki arti masing-masing yang dapat dikatakan cukup istimewa untuk mereka.

Berikut ini adalah makna di balik ketujuh liontin yang berada di dalam kalung berbentuk segitiga terbalik tersebut : 
1. JB  
Kalung yang dipakai oleh Leader GOT7 ini berbentuk sebuah “Pohon Kelapa”. Walaupun beberapa fans, khususnya fans luar negeri mengklaim bahwa logo “Pohon Kelapa” ini adalah logo dari kru musik JB yaitu Paradise, namun di mata penulis, bentuk “Pohon Kelapa” tersebut lebih cocok diibaratkan sebagai sosok JB yang berperan sangat penting dalam grup.


JB sebagai Leader GOT7 harus diakui memiliki peran yang sangat penting dan signifikan dalam grupnya. JB sebagai Leader, tak hanya dituntut menjadi maskot dalam grup, di mana dia bertanggung jawab atas image GOT7, JB bahkan pernah berkata bahwa image GOT7 tergantung dari keputusan yang dia ambil.


Selain itu, JB sebagai Leader berperan untuk membimbing adik-adiknya, mengarahkan mereka, menjaga mereka, memberikan contoh yang baik sebagai seorang Ketua dan bahkan juga melindungi dan merawat member GOT7. JB harus bisa menempatkan diri kapan dia menjadi seorang Ketua yang baik dan kapan dia harus menjadi seorang kakak yang penyayang dan pengertian.


Tugas, peran dan tanggung jawab dari JB inilah yang membuatnya tampak seperti “Pohon Kelapa.” Semua orang pasti tahu bahwa “Pohon Kelapa” atau yang juga disebut “Nyiur” ini adalah sebuah tanaman yang paling berguna dibandingkan tanaman-tanaman lainnya. Dari akar hingga daunnya, tak ada sesuatu yang tak bisa dimanfaatkan, semuanya berguna. Namun karena fans International tak mengerti arti “Pohon Kelapa” tersebut jadi mereka tidak bisa mengambil analisis seperti saya.

2. Mark  
Kalung yang dipakai Mark adalah bentuk angka Romawi dari tahun kelahirannya yaitu 93 (XCIII). Mark Tuan sebagai member tertua GOT7 merupakan member yang lahir pada tahun 1993.



3. Jackson 
Kalung Jackson tersebut kemungkinan besar pasti merupakan Marga-nya dalam bahasa China yaitu “Wang” yang berarti “Raja”.


4. Jin Young 
Kalung Jin Young tidak memiliki bentuk khusus melainkan hanya sebuah bentuk segitiga terbalik dengan sebuah kalimat yang lumayan panjang terukir di dalamnya. Sebuah kalimat yang berbunyi “Can’t take it when I’m gone”.


Kalimat tersebut kabarnya diambil dari sebuah lirik lagu dari seorang penyanyi bernama “Wiz Khalifa” yang berjudul “When I’m Gone”.

5. Young Jae  
Kalung Young Jae merupakan bentuk inisial logo namanya “ARS (CYJ-3)”. Logo ini pernah diupload dalam akun IG Young Jae dan sering dia gunakan setiap kali Young Jae merilis lagu dalam Soundcloudnya.

 

6. Bambam   
Kalung Bambam adalah kalung yang paling mudah dimengerti arti di baliknya hanya dengan sekali lihat. Kalung berbentuk “Ular” tersebut (Tapi bukan Ularnya Slytherin ya hehehe ^.^) adalah arti nama Bambam dalam bahasa Korea. Dalam bahasa Korea Bam (뱀) berarti Ular.


7. Yugyeom  
Kalung Yugyeom berbentuk sebuah bunga Dandelion. Logo bunga Dandelion ini adalah logo yang dipakainya dalam akun Soundcloudnya. Entah kenapa Yugyeom memilih bunga Dandelion sebagai logo soundcloudnya yang akhirnya dipakai juga sebagai logo kalung, apa mungkin karena Yugyeom menyukai bunga Dandelion?


Itulah makna di balik simbol/logo yang ada di dalam kalung berbentuk segitiga terbalik milik member GOT7. Seperti yang pernah Mark katakan alasan dibalik memilih bentuk segitiga terbalik adalah karena bila dijadikan satu maka akan membentuk logo grup GOT7 yang berbentuk bintang segi tujuh.

Mengapa Wanna One Harus memakai kalung SEGITIGA di MV album terbaru mereka? 
GOT7 sudah jelas adalah BOYBAND PERTAMA yang menggunakan kalung Segitiga Terbalik sebagai Konsep Album TERBARU mereka bertajuk “7 For 7”. Mereka adalah Trend Setternya. Dan kalung Segitiga Terbalik tersebut juga bukan sekedar kalung biasa melainkan simbol persahabatan ketujuh member.

Namun kenapa sekarang Wanna One dengan seenak jidat (maaf jika terlalu kasar) MEMPLAGIAT KONSEP KALUNG SEGITIGA TERBALIK GOT7 yang bermakna khusus dan special bagi para member GOT7? Apa Wanna One sudah benar-benar tak punya kreatifitas lagi?

Kalung Segitiga Terbalik milik GOT7 yang diplagiat oleh Wanna One

Oh iya, bukan Wanna One yang bersalah tapi Agensi mereka. Lalu apa ke-11 member Wanna One tidak memiliki kebebasan berbicara dan berpendapat dan menerima begitu saja intruksi dari Agensi mereka seperti ROBOT? Kasian banget ya kalau gitu para member Wanna One, mereka tidak memiliki kebebasan berbicara dan berpendapat alias gak bebas.

Okelah kalau gitu, aku doa’in semoga Wanna One cepet bubar agar mereka dapat memperoleh kembali kebebasan dan kemerdekaannya, amin ^_^ Kasian kan kalau selamanya dikekang. Untung saja masa kontrak Wanna One hanya 1,5 tahun saja.

Simbol kalung Segitiga Terbalik dalam MV GOT7 "You Are"

Tidak bisa dibayangkan jika Wanna One memiliki "masa hidup" lebih lama. Plagiatisme akan semakin marak, kerusuhan antar fandom akan terjadi setiap saat, kearogansian/keangkuhan/kesombongan para Wannable akan semakin menjadi-jadi dan Wannable akan memandang grup lain seperti "sampah" karena Wanna One jauh lebih tenar (sekarang aja sudah begitu sombong, apalagi kalau uda dapet penghargaan ini itu. Penghargaan yang didapat hanya karena populer, BUKAN BAKAT !!! Kalau punya bakat, gak bakal Plagiat !!!) serta tidak akan ada ketenangan lagi di dunia Kpop karena setiap fans dari grup idola lain akan “Dihantui” oleh segala kemungkinan “bagaimana jika selanjutnya Grup gue yang dijiplak” hehehe ^_^ 
 
Kalung Segitiga Terbalik GOT7

Jika ada Wannable yang berkelit, “Oh please, emang GOT7 sudah mempatenkan kalung segitiga terbalik itu? Apa hanya GOT7 yang boleh memakai konsep kalung Segitiga terbalik?”

Jawabannya adalah : KENAPA HARUS KALUNG BERBENTUK SEGITIGA TERBALIK ??? Apa gak bisa Wanna One yang terhormat memakai kalung dengan bentuk lain? Masih banyak bentuk yang bisa dipakai di dunia ini misalnya : Segi lima, segi empat, segi delapan, bujur sangkar, oval, persegi panjang, bulat, prisma, silinder dll.

KENAPA HARUS KALUNG BERBENTUK SEGITIGA TERBALIK yang telah lebih dulu dipakai oleh GOT7? Saat artikel ini diposting, GOT7 masih dalam masa promosi Mini Album ke-7 mereka yang bertitle “7 For 7” dan KALUNG BERBENTUK SEGITIGA TERBALIK tersebut adalah LAMBANG DARI ALBUM TERSEBUT.

 

Ini BUKAN tentang siapa mempatenkan apa, ini juga BUKAN tentang siapa yang boleh pakai dan siapa yang tidak boleh. Tapi ini TENTANG SIAPA YANG LEBIH DULU MEMAKAI dan MAKNA YANG ADA DI BALIK KALUNG SEGITIGA TERBALIK TERSEBUT, paham Wannable ????

KALUNG SEGITIGA TERBALIK adalah KALUNG SIMBOL PERSAHABATAN GOT7, tidak bisakah kalian menciptakan trade mark sendiri dan bukan memplagiat Grup lain? 
 

Wanna One memang harus diakui telah menunjukkan “Kehebatan” mereka dalam menarik hati para fans sehingga membuat mereka mendadak tenar dalam sekejap, bagaikan “Meteor Yang Melesat Cepat” seperti itulah perumpamaan untuk Boygrup yang baru berusia beberapa bulan ini. Semoga “jatuhnya” gak cepet juga, ya ^_^ Namun itu bukan berarti hanya karena Wanna One sedang berada ”di atas angin” alias sedang “tenar-tenarnya” maka mereka bisa seenak jidat MEMPLAGIAT IDE dan Konsep orang lain. 


Terkenal karena fansnya sering fanwar, terkenal hobi plagiat dan terkenal karena “aji mumpung” hanya karena mereka sering muncul di layar kaca setiap hari berkat acara pencari bakat yang otomatis membuat penonton televisi melihat dan hapal wajah mereka (karena liat tiap hari itu) dan bukan karena bakat dan kemampuan, bukanlah sesuatu yang pantas dibanggakan. Ibaratnya, Wanna One hanyalah IDOLA INSTANT yang tenar dalam sekejap hanya karena setiap hari muncul di layar kaca.

Tidak peduli setenar apa pun mereka, tidak peduli berapa banyak tropi kemenangan yang mereka dapatkan di berbagai acara musik, tapi sekali tercatat sebagai PLAGIAT, semua itu tak ada artinya di dunia ini. PLAGIARISME IS A CRIME. PLAGIATISME ADALAH KEJAHATAN !!! Apalagi memplagiat konsep persahabatan dari Grup lain yang memiliki arti khusus dan spesial hanya demi kepentingan komersial.

Jin Young GOT7/JJ Project dengan kalung segitiga terbalik miliknya dalam MV "You Are"

Semoga saja pihak YMC akan segera mengubah kembali konsep kalung segitiga tersebut sebelum Album baru tersebut benar-benar dirilis. Karena jika tetap menggunakan konsep kalung segitiga terbalik yang sama persis dengan GOT7, maka tidak diragukan lagi jika WANNA ONE TENAR KARENA PLAGIAT dan BUKAN KARENA BAKAT !!! Karena seorang PLAGIAT tak lebih dari "SAMPAH" MASYARAKAT !!! Shame On You, Wanna One -__-

Ciptakan ciri khasmu sendiri, jadilah dirimu sendiri dan BERHENTILAH MENIRU ORANG LAIN, termasuk MEMPLAGIAT IDE SIMBOL KALUNG PERSAHABATAN !!! You know what, persahabatan itu tidak bisa dibeli dengan uang !!!

Source : Berbagai sumber (dreamer.id + Grid.id + Soompi + Allkpop, dll + GOT7 Friendship Necklace) 
Written by : Liliana Tan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.