Tuesday, November 8, 2016

Fakta GOT7 (Part 1)



Fakta GOT7. Mungkin bagi Ahgase yang sudah mengenal mereka sejak debut Januari 2014 lalu, pasti sudah hapal di luar kepala tentang segala hal yang berkaitan dengan GOT7, Kpop Boy Group yang digawangi oleh JB aka Jae Bum dan beranggotakan Mark, Jackson, Jin Young (Jr), Young Jae, Bambam dan Yugyeom ini. Tapi tentu tidak bagi para Fans baru yang baru saja bergabung dengan fandom ini, contohnya saya sendiri. Harus diakui, awalnya saya berniat berhenti mengidolakan siapapun dan fokus pada kehidupan nyata alias kerjaan. Tapi gara-gara kesengsem ma JB di Dream High 2 jadi saya terpaksa balik lagi ke Kpop. Well, JB bringing me back to Kpop World after I decided to leave Kpop >_< Dan berhubung saya terbilang masih baru, banyak hal yang belum saya ketahui tentang mereka. Jadilah saya merangkum semua ini untuk para Ahgases yang juga baru saja bergabung seperti saya. Bagi yang sudah tahu, ya sudah. Bagi yang belum tahu, tak ada salahnya Anda menyimak fakta-fakta mereka di bawah ini... Let’s check this out below...


“Fakta GOT7 (Part 1)”






1. Mark, Bambam, Jackson dan Yugyeom menjadi dance team di acara WIN Episode 4, mereka berempat menjadi wakil battle dance JYP sedangkan YG Ent ada trainee dari “Team A dan Team B” yang nantinya menjadi Winner dan Ikon.

2. Di Real GOT7 Episode 2 (making film) :  
* Jackson dan Young Jae menirukan dance “Ringa Linga” milik Taeyang BigBang. 
* Jin Young (Jr) menyanyikan lagu-lagunya Tae Yang 
* JB menirukan gerakan dance “Crooked” milik GD (padahal itu adalah Making Film lagu mereka sendiri)

Hingga banyak mendapat komentar di You Tube seperti : “Ini benar syuting acaranya JYP kan? Kok malah ngedance lagu milik Agensi lain?” dan masih banyak komentar lain dengan kata-kata serupa.
 
3. Pada akhir Januari 1994, JB, Jin Young (Jr) dan Young Jae pernah didiagnosa menderita flu babi. 
4. Tiga member GOT7 berulang tahun di Bulan September : Mark pada 4 September 1993, Young Jae pada 17 September 1996, dan Jin Young (Jr) pada 22 September 1994.



5. Pembagian kamar dalam Dorm GOT7 : 
* Mark dan Jackson (Martial Art Team) 
* JB dan Young Jae (Vocal Team) 
* Bambam dan Yugyeom (Maknae Team) 
* Sedangkan Jin Young (Jr) tidur sendiri. 


Tapi sekarang rumornya pengaturan kamar sudah diganti menjadi : 
* Mark dan Young Jae 
* JB dan Jackson 
* Bambam dan Yugyeom (Maknae Team) 
* Sementara Jin Young (Jr) masih tetap sendiri. 

( Menurut aku sih yang harusnya mendapat kesempatan tidur sendirian tuh JB, karena sebagai Leader harusnya dia berhak mendapatkan Hak Istimewa, seperti contohnya gak perlu berbagi kamar dengan member lain, bukan malah Jin Young yang bukan siapa-siapa yang mendapatkan hak istimewa itu. Tapi ya sudahlah, mungkin JB orangnya terlalu baik, jadi dia mengalah dan rela berbagi kamar dengan member lain atau mungkin juga JB gak berani tidur sendiri hehehe =) Tapi masak sih cowok uda gede gak brani tidur sendiri? Menurutku sih karena dia sengaja ngalah sama yang lebih muda kale ya...Kalau bener gitu berarti JB benar-benar baik *hug JB*



Update 24 April 2017 :
Dalam acara radio beberapa saat yang lalu, para member GOT7 berkata bahwa sekarang mereka telah pindah ke asrama baru yang lebih besar dan masing-masing member memiliki kamar sendiri, kecuali Bambam dan Yugyeom yang masih tidur bersama dalam satu kamar. Hal itu karena Bambam dan Yugyeom menginginkan kamar yang paling besar jadi mereka memutuskan untuk tetap tinggal bersama dalam satu kamar. Young Jae juga dikabarkan telah meninggalkan asrama GOT7 dan lebih memilih tinggal bersama kakak kandungnya di apartment kakaknya di Seoul. 

JB dan Nora

Dan setelah Young Jae meninggalkan asrama, JB membawa kembali kucing kesayangannya - Nora untuk tinggal di sana. Tak hanya Nora, JB juga mengadopsi 2 kucing lain yaitu : Kunda dan Odd. Namun JB berkata bahwa dia hanya mengijinkan kucing-kucingnya untuk berkeliaran di dalam kamar dan tidak membiarkan member yang lain memasuki kamarnya.

6. Semua member GOT7 rata-rata memiliki tindik di kedua daun telinga mereka, kecuali mungkin Jin Young (Jr) dan Young Jae yang sepertinya hanya di telinga kirinya.
7. HP semua member GOT7 adalah I-phone, kecuali Jin Young (Jr) yang memakai HP Samsung Galaxy. 

8. Tips cara cepat berbahasa Korea versi Member GOT7 : 
* Mark : Datang dan tinggal saja di Korea selama beberapa tahun. 
* Jangan stress atau tertekan jika tidak fasih berbahasa Korea, kalian hanya perlu mengatakan apa yang ingin dikatakan, jika salah, itu baik untuk pembelajaran. 
* Bambam : Kalian harus banyak berteman dan bicara dengan orang Korea.

9. Kadang-kadang ketika syuting Real GOT7 atau acara-acara live atau Off-live, GOT7 sering menggunakan Empat bahasa : Korea, Inggris, Mandarin dan Thailand. 

10. Saat GOT7 menjadi bintang tamu di KBS “Best FM Gayo Plaza” dan yang menjadi DJ-nya adalah Lee Sora, GOT7 sempat ditanya siapakah idol group selain dari JYP Ent yang GOT7 inginkan untuk tampil bersama? Semua member kompak menjawab “2NE1” karena mereka adalah Idol Group yang sangat menakjubkan dan GOT7 ingin tampil bersama mereka.


11. Di acara tersebut, GOT7 juga mengatakan bahwa mereka sering melakukan perang bantal yang bisa menjadi serius ketika seseorang memukul terlalu keras.

12. Ketika GOT7 menjadi bintang tamu di KBS “Kiss The Radio”, dan yang menjadi DJ-nya adalah Ryu Wook Super Junior, JB dan Jin Young (Jr) mengatakan bahwa walau sekarang mereka berdua menjadi member GOT7 tetapi mereka juga member JJ Project, dan juga harus diingat dan GOT7 adalah 2 grup yang terpisah, dan JJ Project bukanlah sub Unit dari GOT7.

13. Ketika ditanya mengenai panutan mereka di dunia musik : 
* JB : D’Angelo ( Siapa lagi ini? Aku gak pernah denger, padahal aku lebih tua dari JB loh hehehe ^.^) 
* Mark : Kanye West 
* Jackson : Dr. Dre ( Ini juga siapa lagi coba? ) 
* Jin Young (Jr) : Park Jin Young (Their CEO), karena ia selalu bekerja keras dalam mengejar impiannya di dunia musik. 
* Young Jae : ‘The Voice’ Javier ( Duh, nggak tahu juga nih siapa ) 
* Bambam : G-Dragon BigBang 
(Cuma dia doang yang pernah denger namanya, pernah denger tapi gak tahu orangnya kayak gimana, maklum, gak terlalu suka ma idol yang image-nya suka pamerin otot, lebih condong ke idol dengan image cute. Makanya aku gak suka 2PM, kan image-nya macho dan pake otot tuh hehehe ^.^ Seleraku yang cute-cute dan ganteng kayak GOT7) 
* Yugyeom : Chris Brown ( Gak tahu juga dia siapa )


14. Lagu yang dicover saat audisi : 
* JB : Rain – I Do 
* Mark : Eminem – When I’m Gone 
* Jackson : R Kelly – I Believe I Can Fly 
* Jin Young (Jr) : Lee Seung Gi – You’re My Woman 
* Young Jae : JYP – Honey 
* BamBam : Lagu Wajib Nasional 
* Yugyeom (Absen) : Dia sakit saat interview berlangsung

15. Lama Trainee : 
* JB : 4 tahun ( 2,5 tahun sebelum debut bersama JJ Project dan 1,5 tahun sebelum debut bersama GOT7, totalnya 4 tahun terhitung sejak dia memenangkan juara 1 audisi JYP di tahun 2009) 
* Mark : 3,5 tahun 
* Jackson : 2,5 tahun 
* Jin Young (Jr) : 4 tahun ( 2,5 tahun sebelum debut bersama JJ Project dan 1,5 tahun sebelum debut bersama GOT7, totalnya 4 tahun terhitung sejak dia memenangkan juara 1 audisi JYP di tahun 2009) 
* Young Jae : 7 bulan 
* Bambam : 3,5 tahun 
* Yugyeom : 3 tahun

 
16. Yang ingin ditemui saat di ruang tunggu : 
* JB : Minah Girl’s Day (untung bukan Jiyeon T-ara. I hate her since Dream High 2. Si mata kucing yang sombong dan sok Princess >_< ) 
* Mark : Bora Sistar 
* Jackson : Sunny SNSD 
* Jin Young (Jr) : Bomi Apink 
* Young Jae : Nine Muses 
* Bambam : Taeyeon SNSD 
* Yugyeom : Kristal F(x)

17. Type wanita ideal : 
* JB : Wanita yang bisa membuatku jatuh cinta pada pandangan pertama. 
* Mark : Wanita yang pertama bertemu, membuatku ingin bertemu lagi di hari-hari berikutnya. 
* Jackson : Wanita yang cocok denganku dan mengerti apa pekerjaanku. 
* Jin Young (Jr) : Wanita yang cantik saat tersenyum dan suka pada pekerjaannya (tapi gak tahu kata “nya” di sini menunjuk pada pekerjaan si Jin Young atau pekerjaan si wanita) 
* Young Jae : Wanita yang tidak akan pernah berubah sifatnya. 
* Bambam : Wanita yang cantik saat dia tersenyum dan berambut pendek. 
* Yugyeom : Wanita yang wajahnya terlihat polos dan cute.

18. Role Model GOT7 di dunia entertainment Korea adalah Shinhwa, itu karena semua member Shinhwa masih bersatu bahkan di luar agensi mereka yang dulu.


19. GOT7 merupakan senjata rahasia JYP karena 2PM menampilkan acrobatik dalam penampilannya sedangkan GOT7 menampilkan Martial Art Tricking (Trik Seni Beladiri) yang mana jauh lebih sulit (bisa dibilang levelnya di atas akrobatik karena ditambah gerakan-gerakan taekwondo)




Update 24 April 2017 : 
“Flight Log : Arrival” yang resmi dirilis pada tanggal 13 Maret 2017 lalu dengan single andalan "Never Ever" sepertinya akan menjadi penutup Trilogi “Flight Log Series” yang manis karena telah mencatatkan prestasi yang membanggakan sejak hari pertama dirilis.

Beberapa prestasi yang dicatatkan oleh “Never Ever” dan bisa dibilang telah menciptakan sejarah bagi karir GOT7 adalah : 
1. Album “Flight Log: Arrival” berhasil menjadi No. 1 Billboard “World Album Chart”. 


2. Album “Flight Log: Arrival” berhasil menjadi No. 3 Billboard “Heatseekers Album”. 
3. GOT7 menjadi No 16 Billboard “Social 50”. 


4. Lagu “Never Ever” berhasil menjadi No. 3 Billboard “World Digital Song Sales”.


5. MV “Never Ever” telah ditonton oleh lebih dari 4 juta orang dari seluruh dunia dalam waktu 1 hari. Single utama dari album sebelumnya, “Hard Carry” baru mendapatkan 4 juta penonton lebih pada hari ke-2.



6. MV “Never Ever” telah ditonton oleh lebih dari 10 juta orang dari seluruh dunia dalam waktu 4 hari, Sekali lagi melebihi pencapaian single andalan GOT7 sebelumnya yaitu “Hard Carry” yang baru meraih 10 juta penonton pada hari ke-11.


7. Album “Flight Log : Arrival” terjual sebanyak 40,810 copy selang 1 hari dirilis, sedangkan “Departure” dan “Turbulence” masing-masing terjual sebanyak 9,458 copy dan 20,852 copy di hari pertama penjualan.


8. Album “Flight Log : Arrival” telah terjual sebanyak 87.019 copy dalam waktu 2 hari setelah dirilis dan 100,000 copy setelah 3 hari dirilis. Di mana sebelumnya, tercatat dalam seminggu penjualan, Flight Log – Departure berhasil menjual sebanyak 56,391 copy album sedangkan Flight Log – Turbulence berhasil menjual sebanyak 80,737 copy album. Namun ternyata Flight Log : Arrival  mampu memberikan hasil yang jauh lebih baik, yaitu dalam waktu 2 hari sudah meraih angka penjualan album yang melebihi seri Flight Log sebelumnya. GOT7 berhasil memecahkan rekor mereka sendiri. Luar biasa. Selamat GOT7.


9. Album “Flight Log : Arrival” telah menjadikan GOT7 menjadi Kpop Group TERCEPAT ke-3 (The 3’rd Fastest Group) yang berhasil meraih angka penjualan 100.000 dalam waktu 3 hari setelah dirilis.

10. Album “Flight Log : Arrival” sukses meraih angka pre-order sebanyak 220.000 copy album, dan membuat mereka menduduki chart Hanteo dalam minggu pertama perilisan. Dan juga berhasil menjual sebanyak 240.000 copy dalam waktu 5 hari sejak dirilis.



11. Album “Flight Log : Arrival” juga berhasil membuat sejarah tersendiri dalam karir GOT7 karena sukses terjual sebanyak 159.456 copy album dalam kurun waktu 1 minggu setelah dirilis (Biggest First Week Since Debut)


12. GOT7 juga menduduki posisi 1 chart iTunes Album Chart di 6 negara termasuk : Hong Kong, Indonesia, Philipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Selain itu, GOT7 juga berhasil menduduki Top 5 di 11 negara.


13. GOT7 dengan single andalan “Never Ever” berhasil mendapatkan tropi kemenangan selama 4 hari berturut-turut dalam acara musik yang berbeda dimulai sejak tanggal 21 Maret – 24 Maret 2017 yaitu melalui SBS The Show, MBC Show Champion, MBC M!Countdown dan KBS Music Bank. Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan mengingat GOT7 tak pernah mendapatkan tropi kemenangan secara beruntun selama 4 hari berturut-turut.



14. GOT7 dengan album terbaru mereka “Flight Log: Arrival” telah berhasil menjual sebanyak lebih dari 200,000 copy dalam waktu 17 hari setelah dirilis, yaitu dengan total 201,615 copy pada tanggal 29 Maret 2017 pukul 17.30 waktu Seoul.


15. GOT7 dengan album terbaru mereka “Flight Log: Arrival” berhasil menduduki Ranking 1 dalam Gaon Chart Music Awards untuk Bulan Maret 2017 dengan memecahkan rekor penjualan sebanyak 278,103 copy album. “Flight Log: Arrival” berhasil memecahkan rekor album GOT7 sebelumnya yaitu “Flight Log: Turbulence” yang saat itu terjual sebanyak 172,083 copy album.




16. Pada tanggal 12 April 2017, berdasarkan situs Gaon Chart tercatat GOT7 sekali lagi berhasil memecahkan rekor mereka sendiri dengan sukses menjual sebanyal 300,000 copy album dan pada tanggal 14 April 2017 berhasil menjual 310,000 copy.


 
17. GOT7 dengan single andalan “Never Ever” berhasil duduk di posisi Nomor 2 dalam Billboard + Twitter Top Track.





Bersambung ke Part 2...

Credit : GOT7 Indonesia @ Facebook dengan perubahan bahasa baku + berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.