Sabtu, 05 September 2015

Sinopsis & Review : At The Dolphin Bay (2003), Janji cinta di teluk lumba-lumba

Lagi pengen mengulas tentang drama Taiwan yang dulu pernah aku tonton di masa lalu. Jika sebelumnya, aku membahas mengenai “Ying Ye San Jia Yi”, kali ini “At The Dolphin Bay”, pertama kalinya mengenal Wallace Huo adalah melalui drama ini. Tokoh pria kedua yang jauh lebih ganteng dari tokoh utama dan jauh lebih menarik secara karakter. Bagi yang sudah nonton drama ini, anggap saja sekedar mengenang, tapi bagi yang belum, tak ada salahnya turut menyimak...






Judul : 海豚灣戀人 / 海豚湾恋人 (Love At The Dolphin Bay / At The Dolphin Bay)
Genre : Drama, romance
Sutradara : Lin He Long
Cast :
Angela Zhang as Yi Tian Bian / Xiao Pin Kai (Tutup Botol Kecil)
Ambrose Hui as Xu Zhe Ya
Wallace Huo as Zhong Xiao Kang
Jill Hsu as Mandy Chen Man Ching
Penny Lin as Xu Shan Ni
Liang Xiu Shen as Xu Ruo Gu
Ge Wei Ru as Xiang Li Hong
Linda Liu as Li Hui Lan
Deric Wan as Eddy

Soundtrack :
Opening Song : I Dont Want To Know
Performed By : Chen Wei
Ending Song : Yi She Te Mei Hao
Performed By : Angela Zhang
Insert Song : Journey
Performed By : Angela Zhang

Country : Taiwan, China
Language : Mandarin
Number Of Episode : 28
Produser : Chun Yu Shan
Broadcast : SETTV (Taiwan) dan SCTV (Indonesia)
Years : 2003



Sinopsis :
Di teluk lumba-lumba, ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa seekor ikan lumba-lumba dapat mempertemukan kembali kekasih yang telah terpisah. Oleh karena itu, binatang itu disebut-sebut sebagai pelindung cinta.


At Dolphin Bay, berkisah tentang persahabatan di masa kecil, pencarian cinta pertama, takdir dan pentingnya memenuhi sebuah janji

Adegan dibuka dengan dua orang anak kecil bernama Xu Zhe Ya dan Xiao Pin Kai bertemu di sebuah panti asuhan. Ibu Xiao Pin Kai meninggal karena ditabrak mobil di depan mata Xiao Pin Kai dan juga di depan Zhe Ya dan seorang wanita yang memang berencana membawa Zhe Ya ke Panti Asuhan. 

Dan akhirnya karena tak memiliki siapa-siapa lagi, Xiao Pin Kai-pun diantar ke Panti Asuhan oleh wanita tersebut. Xiao Pin Kai yang pendiam selalu diganggu oleh anak-anak yang ada di panti asuhan itu, dan hanya Zhe Ya-lah yang menolongnya dan melindunginya. Sebagai satu-satunya teman, Zhe Ya dan Xiao Pin Kai pun menjadi akrab.



Pada suatu hari, seorang kakek datang ke Panti Asuhan tersebut untuk menjemput cucunya atau anak yang dikira cucunya. Kakek itu kemudian membawa Xu Zhe Ya pergi dari sana, karena mengira Zhe Ya adalah cucunya yang berasal dari selingkuhan anak laki-lakinya. Kelak diketahui bahwa Xiao Pin Kai-lah cucu kandung yang sebenarnya. 

Jadi ceritanya tuh Ayah kandung Xiao Pin Kai sudah memiliki seorang istri sah dan seorang anak perempuan bernama Xu Shan Ni (Penny Lin) tapi kemudian ayahnya selingkuh lagi dan akhirnya lahirlah Xiao Pin Kai. Tapi karena ibu kandung Xiao Pin Kai hanya selingkuhan ayahnya, maka keluarga besar Xu tidak bersedia menerima Xiao Pin Kai dan ibunya. 


Jadi Xiao Pin Kai sebenarnya adalah anak haram yang lahir di luar nikah. Tapi Kakek Xiao Pin Kai yang salah mengira bahwa anak haram putranya tersebut adalah laki-laki akhirnya memutuskan untuk memelihara anak tersebut setelah ibu kandungnya meninggal karena ditabrak mobil. 

Sebelum pergi, Zhe Ya dan Xiao Pin Kai berjanji bahwa setelah Zhe Ya pulang ke rumahnya, tak lama nanti dia akan kembali lagi untuk menjemput Xiao Pin Kai. Mereka berjanji dengan saling melingkarkan kelingking.


Tapi saat Zhe Ya kembali ke panti asuhan tersebut, Xiao Pin Kai pun sudah diadopsi oleh keluarga lain. Mereka berselisih jalan. Takdir belum ingin mempertemukan mereka. 

20 tahun kemudian, Zhe Ya kembali lagi ke Panti Asuhan tersebut hanya untuk melihat bahwa Panti Asuhan tersebut sudah tidak ada lagi dan sudah tergantikan oleh Gedung Bertingkat. Xiao Pin Kai pun menghilang entah ke mana. 


Sebenarnya, Xiao Pin Kai yang sudah berganti nama menjadi Yi Tian Bian diadopsi oleh keluarga miskin dan hidup menderita selama 20 tahun lamanya. Tian Bian dan ibu angkatnya harus selalu mencari cara untuk membayar hutang pada Lintah Darat yang kejam. Itulah sebabnya, Yi Tian Bian ingin menjadi seorang penyanyi agar bisa melunasi hutang itu dan memperbaiki kehidupan mereka.



Namun takdir kembali mempertemukan mereka atas sebuah kebetulan saat ban mobil Zhe Ya kempes dan dia meminta bantuan Yi Tian Bian (Xiao Pin Kai yang sudah berganti nama) untuk membantunya. 

Berikutnya mereka kembali bertemu lagi saat Tian Bian ingin mengikuti audisi untuk menjadi seorang penyanyi yang diadakan di stasiun televisi SETTV. Xu Zhe Ya yang merasa berhutang budi karena Tian Bian pernah menolongnya akhirnya membantunya untuk lolos audisi.



Dari sinilah kisah yang sesungguhnya dimulai. Saat sang Produser tampan, Zhong Xiao Kang (Wallace Huo) ternyata tidak hanya tertarik pada suara emas Yi Tian Bian tapi juga pada kebaikan hatinya. Di sisi lain, ada Mandy Chen Man Ching (Jill Hsu) yang merupakan mantan kekasih Xiao Kang dan juga penyanyi andalan SETTV merasa iri pada Tian Bian, yang sejak kehadiran Yi Tian Bian di sana, perlahan Tian Bian mulai menarik perhatian semua orang dan membuatnya merasa tersaingi. 




Mandy berusaha melakukan segala cara untuk membuktikan bahwa dialah yang terbaik, dia juga ingin merebut kembali Xiao Kang dari Tian Bian. Tian Bian pun awalnya menyukai Xiao Kang, tapi sejak dia tahu bahwa Mandy adalah mantan kekasih Xiao Kang, Tian Bian yang baik hati memilih mundur dan melupakan perasaannya.




Saat Tian Bian mulai berpaling pada Zhe Ya, dan saat kedua sejoli itu mulai saling mencintai. Sebuah rahasia besar terkuak saat Tian Bian mengetahui bahwa dialah yang sesungguhnya cucu keluarga Xu, dan bukan Zhe Ya. 

Juga tentang kenyataan bahwa Zhe Ya adalah sahabat masa kecilnya yang selama ini dia cari. Tapi fakta menyedihkan yang lain juga terungkap saat dia tahu bahwa kakaknya, Xu Shan Ni (Penny Lin) mengidap penyakit kanker yang akan membuatnya kehilangan nyawa. 

Ingin membuat kakak satu-satunya bahagia, Yi Tian Bian yang baik hatipun sekali lagi mengalah. Demi kakak yang hidupnya takkan lama, dia merelakan Xu Zhe Ya menikah dengan kakaknya, Shan Ni.





Saat akhirnya impiannya untuk menjadi penyanyi terkenal terwujud, dia mempersembahkan sebuah lagu untuk kakaknya di atas panggung konser. Semua orang yang mendengarnya menangis terharu, termasuk sang kakak sendiri. 

Dan setelah konser itu berakhir, Zhong Xiao Kang segera mengirim Tian Bian ke luar negeri untuk melakukan sejumlah tour dan terlebih lagi agar dia tidak sedih dan terluka saat melihat kakaknya dan Zhe Ya menikah. 





Beberapa tahun berlalu, Tian Bian yang telah menjadi bintang tenar kini kembali ke tanah airnya. Sang kakak pun telah meninggal. Tian Bian mengunjungi tempat di mana dulu Panti Asuhannya berada. Dia berjalan sambil mengenang tanpa tahu bahwa tepat di sampingnya sebuah mobil melintas, mobil yang di dalamnya membawa Xu Zhe Ya yang juga tersenyum mengenang kenangan masa kecil mereka. 

Tian Bian tidak melihatnya, tapi syukurlah Zhe Ya menyadari kehadirannya. Zhe Ya turun dari mobilnya dan memanggil namanya. Kini tak ada lagi halangan yang merintangi kisah cinta mereka. Kedua sejoli itupun akhirnya bisa saling menepati janji yang dulu pernah mereka ucapkan. Zhong Xiao Kang pun kembali berpacaran dengan Mandy dan semuanya berakhir bahagia.



=====

My Review :
Ada satu yang tidak masuk akal menurutku. Bukankah sejak kecil, Xu Zhe Ya sudah bernama Zhe Ya? Namanya gak pernah berubah, kan? Beda dengan Yi Tian Bian yang namanya diganti dari Xiao Pin Kai menjadi Yi Tian Bian, setelah dia diadopsi oleh keluarga lain. 

Tapi kenapa Yi Tian Bian aka Xiao Pin Kai tidak bisa mengenali teman masa kecilnya hanya dari namanya saja? Harusnya saat dia mendengar nama General Manager Xu Zhe Ya, Tian Bian inget donk kalau nama teman masa kecilnya dulu juga adalah Zhe Ya, iya kan? Dan dari sana mungkin dia bisa menyelidiki tentang kehidupan masa lalu Zhe Ya. 


Tapi mencoba berpikir positif aja, anggap saja kalau nama Zhe Ya tuh pasaran di Taiwan sana. Sama seperti nama "Ayu, Andi, Budy dll" yang merupakan nama yang sangat pasaran di Indonesia, jadi karena namanya pasaran itulah jadi Yi Tian Bian hanya menganggap nama GM Zhe Ya dan nama teman masa kecilnya hanya SEBUAH KEBETULAN, kebetulan memiliki nama yang sama.


Dari segi alur cerita memang bagus. Tapi jujur, Angela Zhang kurang cantik di mataku, Jill Hsu yang berperan sebagai Mandy Chen Man Ching jauh lebih cantik dari Angela. Angela kayak nyaprut gitu bibirnya hehehe =) *nyaprut tuh bahasa Indonesianya apa, ya?* 

Ambrose Hui pun masih kalah ganteng dibanding Wallace Huo. Dont kill me, Fans...Itulah sebabnya sejak awal saya ngarepnya Yi Tian Bian ma Xiao Kang aja, habisnya kasihan liat si ganteng ditolak cintanya hehehe =) Ngarep aktor utamanya ditukar aja xixixi =) 

Angela Zhang as Yi Tian Bian. Si bibir nyaprut.

Ambrose Hui as Xu Zhe Ya.

Wallace Huo vs Ambrose Hui. Bisa gak ya aktor utamanya ditukar?

Wallace Huo, si ganteng yang cintanya ditolak.

At The Dolphin Bay memiliki sederetan soundtrack yang sayangnya mayoritas soundtracknya justru berbahasa Jepang. Kok Jepang, ya? Ini kan serial Taiwan, harusnya soundtracknya dalam bahasa mandarin donk, ya? Aneh aja gitu dengernya. 

Dan dari sederetan soundtrack itu, aku paling suka dengan "I Dont Want To Know, Journey dan Yi She The Mei Hao"-nya Angela Zhang. Nice song. My favorite song till now, Jill Hsu pun menyanyikan Journey versi dia, yang menurut saya terdengar lebih ceria dan memberikan kesan lebih segar dibanding Journey versi Angela yang lebih melankolis. Tapi keduanya aku suka kok ^.^ Cuma bibirnya Angela Zhang yang nyaprut aja yang bikin kurang sreg hehehe ^.^

Oh ya, waktu acara konser Yi Tian Bian di episode terakhir, ada boyband Taiwan yang saat itu sedang naik daun yaitu 5566 yang ikutan menyumbang lagu dan ikut tampil sejenak menyanyikan original soundtrack dari “Westside Story” yaitu “Chuan Shuo” yang merupakan opening songnya. 

Mungkin numpang promosi kale, ya? Tapi walau cuma 3 menit doank, lumayan dah liat 5566 nyanyi dan ngedance di panggung, secara aku juga suka lagunya hehehe =) Well, inilah review singkat tentang drama Taiwan yang sempat booming di tahun 2003 silam.. Bagi yang penasaran, silakan dicari aja dvdnya, gak tahu deh masih ada atau gak. Kalau gak penasaran ya uda, masak aku mau  maksa? 

Credit : All pictures belongs to owners.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.