Selasa, 20 Agustus 2013

Sinopsis & Review : MARS (2004), Dibalik Sosok Sang Dewa Perang

MARS atau Zhan Shen, yang memiliki Arti “DEWA PERANG” dalam legenda Romawi kuno. Mars, merupakan salah satu drama Taiwan favoritku. Drama Taiwan yang sampai saat ini tetap bertengger di urutan No 5 serial dengan Rating Paling Tinggi di Taiwan dibintangi oleh artis Taiwan favoritku, Barbie Hsu dan Vic Zhou. 

Sejak menonton Meteor Garden 2 dan melihat bagaimana Tau Ming Tze dengan kejamnya meninggalkan dan melupakan San Chai dan jatuh cinta pada wanita lain yaitu Ye Sha, membuatku perlahan mulai tidak menyukai karakter Tao Ming Tze (diperankan oleh Jerry Yen) dan mulai menjadi simpati dan kasihan pada karakter San Chai dan Hua Zhe Lei. 

Terlebih lagi pada Hua Zhe Lei, sosok Pangeran Berkuda Putih yang selalu ada saat San Chai butuh bantuan, selalu menjadi sandaran saat San Chai dalam kesulitan, sosok yang diam-diam mencintai San Chai tapi sayangnya hati San Chai hanya menjadi milik Tao Ming Tze.. Hua Zhe Lei adalah karakter Taiwan dari YOON JI HOO (Boys Before Flower).

Aaarggghhh! Andai aku penulis skenarionya, akan kubuat Hua Zhe Lei dan San Chai bersatu. Sejak saat itulah aku ngefans dengan yang namanya Vic Zhou dan berharap di kehidupan nyata, dia benar-benar pacaran dengan Barbie Hsu. Mereka memang pacaran tapi akhirnya putus dan sekarang Barbie Hsu menikah dengan orang lain *sigh*

Alasanku menonton MARS memang adalah karena Vic Zhou dan Barbie Hsu, disamping judul filmnya yang penuh teka-teki, MARS. Kupikir awalnya ini adalah drama fiksi ilmiah, ternyata aku salah hehehe ^^ ingin tahu apa itu MARS? Bagi yang tidak pernah melihat drama ini, akan kuberi sedikit ulasan.



Pertama kali ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia, yaitu INDOSIAR pada tahun 2004 setiap hari Senin-Jumat pukul 19.00-20.00 WIB. Aku ingat aku masih SMU saat itu. MARS atau Zhan Shen merupakan sebuah drama terpopuler Taiwan di Tahun 2004 dan bahkan berhasil meraih  penghargaan Golden Bell Awards. Sama seperti Meteor Garden, MARS juga diadaptasi dari Manga karya Fuyumi Soryo yang berjudul sama. MARS menceritakan tentang sepasang saudara kembar. Chen Ling dan Chen Sheng yang keduanya diperankan oleh Vic Zhou, walau tokoh Chen Sheng hanya dikisahkan sebagai kenangan karena Sheng sudah meninggal.

“MARS, pahlawan yang membawa pasukannya keluar dari kegelapan”, itulah definisi MARS, Sang Dewa Perang Romawi Kuno yang di kisahkan oleh Han Chi Luo (diperankan oleh Barbie Hsu).


Dua orang yang sama-sama memiliki masa lalu yang kelam, bersama memulai hidup baru yang lebih cerah dan melupakan kelamnya masa lalu mereka, itulah mungkin inti dari MARS. Masalah psikologis setiap karakternya adalah sesuatu yang yang diangkat dalam serial ini.

Sinopsis :
Han Chi Luo, seorang gadis pemalu, pendiam dan tertutup yang memiliki trauma terhadap laki-laki karena pernah mengalami kekerasan seksual saat masih remaja, yaitu diperkosa oleh ayah tirinya. Sejak itu, Chi Luo membenci yang namanya pria. Tapi siapa sangka, gadis pemalu dan pendiam ini perlahan jatuh cinta pada pemuda berandalan yang tampan tapi punya pacar di mana-mana alias playboy. Dan siapa sangka pula jika akhirnya pemuda inilah yang akhirnya menyembuhkan Chi Luo dari trauma masa lalu yang selalu menghantuinya sejak dia masih remaja.


Ling dan Chi Luo sendiri bertemu saat Ling menanyakan alamat RS kepada Chi Luo saat gadis itu sedang asyik melukis di sebuah taman. Dari pertemuan itulah, muncullah pertemuan-pertemuan lain yang membuat mereka semakin dekat satu sama lain dan akhirnya saling mencintai.


Chen Ling sendiri juga memiliki traumatis terhadap cermin. Dia tidak mampu memandang cermin dan selalu memecahkan cermin yang ada di dekatnya, karena jika dia memandang cermin maka dia akan melihat bayangan saudara kembarnya yang sudah meninggal, yaitu Chen Sheng. 

Ling selalu merasa bahwa dialah yang menyebabkan saudara kembarnya meninggal,  walau akhirnya diketahui bahwa Sheng meninggal bukan karena Ling melainkan karena Sheng menganggap bahwa dirinya sendiri adalah orang jahat, dan bila dia tetap hidup, dia akan menyakiti orang-orang di sekitarnya.


Singkat cerita, Chen Ling dan Chi Luo akhirnya berpacaran . Tetapi hubungan mereka diwarnai oleh keanehan watak Chen Ling yang sukar ditebak, masalah psikologis dampak dari pengalaman di Rumah Sakit Jiwa ketika saudara kembarnya, Chen Sheng, melakukan bunuh diri. Selain itu juga, mantan pacar Ling, Lai Ching Mei (diperankan oleh Megan Lai) juga awalnya berusaha merintangi cinta mereka, walau akhirnya Ching Mei mengerti dan merelakan Ling untuk Chi Luo.


Seorang gadis lain, Sha Shi, yang tampaknya mengetahui masa lalu Ling juga berusaha menghalangi kisah cinta mereka. Ling merasa Sha Shi-lah penyebab kematian Sheng, dialah yang membocorkan rahasia tentang ayah mereka kepada Sheng yang rapuh dan lemah. Karena inilah akhirnya Sheng bunuh diri dengan terjun dari lantai atas gedung sekolahnya, dan inilah yang membuat Ling terpaksa dirawat di Rumah Sakit Jiwa untuk menyembuhkan traumanya.



Masalah lain muncul saat Fan Tong Tao (diperankan oleh An Jun Chan, personil Comics Boys) yang memiliki gangguan kejiwaan muncul dan mengganggu hubungan Ling dan Chi Luo. Tong Tao yang lemah lembut merasa Ling adalah teman yang senasib dengannya yang ditakdirkan memiliki sifat yang sadis. Dia berusaha mempengaruhi Ling tapi ternyata tidak berhasil, itu sebabnya dia ingin melukai Chi Luo karena merasa Chi Luo-lah yang telah membuat Ling Berubah.


Di episode-episode terakhir akhirnya Ling mengetahui penyebab kematian Sheng melalui lukisan yang ditemukan Chi Luo di rumah ayah Ling. Ling kembali pada ayahnya dan secara resmi melamar Chi Luo dan menyembuhkan Chi Luo dari traumanya terhadap laki-laki. 

Tapi ternyata Tong Tao tidak berhenti, dia menusuk Ling menjelang hari pernikahan Ling dengan Chi Luo, untung saja Ling tidak mati dan akhirnya polisi menangkap Tong Tao dan mengembalikannya ke Rumah Sakit Jiwa. Chen Ling dan Chi Luo pun akhirnya menikah dan hidup bahagia. Happy Ending.


Oh ya, Ling memiliki impian menjadi pembalap profesional, sebuah profesi yang tidak menjanjikan masa depan yang cerah, tapi walau begitu Chi Luo dengan setia mendukungnya. Dua orang yang memiliki masa lalu yang kelam akhirnya bisa bersama memulai hidup baru dan melupakan masa lalu mereka. Chi Luo pun tidak perlu takut diperkosa lagi oleh ayah tirinya karena dia punya Ling yang akan melindunginya.

Inti dari MARS :
“Tau chu hei an se cie, kai she sing te ming thien, sing te se cie 
( Meninggalkan dunia yang gelap, untuk memulai hari esok yang lebih cerah, dunia yang lebih cerah)”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.