Sabtu, 09 Februari 2019

William Yang (Guo Jing 2017) Rank 4 Untuk ‘The Most Rising Star for 1990’s Line’ (Aktor Pendatang Baru kelahiran 1990-an Paling Bersinar)

Masih seputar serial kungfu favorite penulis yaitu “Legend Of The Condor Heroes 2017” atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai “Pendekar Pemanah Rajawali 2017”. Bicara tentang “Pendekar Pemanah Rajawali”, pasti tak jauh-jauh mengenai pemeran utama serial ini yaitu William Yang Xuwen yang berperan sebagai Guo Jing (Kwee Cheng).

Walaupun di Indonesia, ada cukup banyak penggemar wuxia Indonesia yang kurang menyukai model rambut poni lempar William Yang (berdasarkan komen salah satu Fanpage di FB), namun untunglah, bisa dibilang HANYA penonton Indonesia saja yang “sangat cerewet”. Terbukti, dari berbagai forum Internasional maupun forum di negara asalnya yaitu China, mayoritas penonton tampak TIDAK MERASA TERGANGGU dan nyaman-nyaman saja dengan model rambut poni lemparnya yang manis.

Bahkan ada beberapa fans yang awalnya sempat sangsi saat melihat rambut poninya, namun setelah melihat akting William yang briliant sebagai Guo Jing, fans tersebut langsung berpendapat bahwa rambut poninya memang sangat pas untuk karakter Guo Jing yang polos dan lugu. Begitupun dengan para fans di China. Terbukti dengan selalu munculnya nama William Yang dalam berbagai polling (Voting) yang diadakan di China sana. Logikanya, kalau penonton gak suka, gak mungkin dia masuk dalam polling dan banyak yang vote, kan? Salah satu alasan vote adalah karena SUKA.






Bagaikan bintang yang bersinar terang di langit malam, mungkin itulah perumpamaan yang tepat untuk seorang aktor muda berwajah tampan kelahiran 2 April 1994 dan memiliki tinggi badan 188 cm ini. William Yang Xuwen, dari seorang aktor pendatang baru yang kurang dikenal menjadi idola baru masa kini, dan semua ini berkat aktingnya yang cemerlang sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) dalam “Legend Of The Condor Heroes 2017” (Pendekar Pemanah Rajawali 2017).

Sebelum diadakan polling (voting) untuk memilih “Aktor Favorite” dalam serial adaptasi Jin Yong di mana William Yang berhasil duduk manis di posisi ke-3, telah ada polling (voting) yang lain untuk memilih “Siapa sajakah aktor muda kelahiran 1990-an yang paling bersinar?"


Dari sekian banyaknya aktor pendatang baru kelahiran 1990-an yang  bermunculan di dunia perfilman China, nama William Yang Xuwen yang sukses memerankan karakter Pahlawan Legendaris Guo Jing dalam “Legend Of The Condor Heroes 2017” seperti telah diduga masuk dalam jajaran 10 Besar dan duduk manis di Posisi ke-4. (Pokoknya selalu Top 5 deh)

Hal yang sangat membanggakan mengingat aku sendiri awalnya menganggap bahwa mungkin yang masuk dalam daftar 10 besar “Risisng Star” tersebut adalah para aktor pendatang baru yang “Sepertinya” memiliki lebih banyak fans dibandingkan William Yang Xuwen, seperti : Yang Yang, yang sebelumnya sukses memerankan karakter Xiao Nai dalam “Love020” atau seperti F4 China (Dylan Wang dkk) yang memberikan kesan mereka lebih terkenal (di Indonesia) daripada William Yang Xuwen yang notabene-nya kurang dikenal di Indonesia tercinta karena berbagai alasan.

 William Yang as Guo Jing (Kwee Cheng) 2017

Seperti misalnya karena mengingat para generasi muda milenial Indonesia hampir tak ada yang menyukai serial bergenre silat/kungfu, terlebih lagi mengingat “Legend Of The Condor Heroes 2017” BELUM PERNAH ditayangkan di stasiun TV manapun di Indonesia.

Jadi wajar kalau banyak yang tidak mengenal siapa itu William Yang Xuwen. Berbeda dengan “Meteor Garden 2018” yang pernah ditayangkan di SCTV (walaupun penulis hanya pernah nonton 3 hari saja kemudian berhenti nonton karena gak suka T_T)

 William Yang Xuwen, si ganteng pemeran Guo Jing (Kwee Cheng) 2017
 
Namun penulis lupa, bahwa polling (Voting) tersebut diadakan di China dan bukan Indonesia, jadi pendapat fans Chinalah yang sangat menentukan. Jadi gembira rasanya saat melihat nama William Yang Xuwen yang tidak dikenal di Indonesia justru sangat terkenal di negara asalnya yaitu China.

Dan sangat mengejutkan karena tidak ada nama Yang Yang ataupun Dylan Wang dkk dalam daftar. (Jujur, awalnya aku kira mereka berlima lebih terkenal dari William Yang tapi ternyata gak masuk dalam daftar yang itu berarti karirnya mereka biasa saja di China).
 
 William Yang Xuwen, pemeran Guo Jing (Kwee Cheng) termuda

William Yang Xuwen bisa dibilang sebagai salah satu aktor yang beruntung karena terpilih untuk memerankan karakter legendaris Guo Jing (Kwee Cheng) dalam adaptasi terbaru “Legend Of The Condor Heroes 2017” karangan Jin Yong (Louis Cha). Seperti yang telah diketahui oleh publik secara luas, bahwa berperan dalam karya legendaris Jin Yong  apalagi sebagai karakter utama adalah impian bagi setiap aktor China.

Bahkan mediapun menyebut bahwa tidak peduli seterkenal dan sepopuler apa pun seorang artis namun bila belum pernah memerankan karakter dalam novel karangan Jin Yong yang legendaris maka dapat dikatakan pasti ada yang kurang dalam karir mereka. Seperti ada sebuah lubang yang tidak terlihat.


Kesan seperti, “Percuma terkenal kalau belum pernah berperan dalam karya Jin Yong, minimal pemeran pembantu gpp” akan muncul dalam benak setiap artis China. Karena memerankan karakter Legendaris adalah sebuah kehormatan bagi mereka.

Itulah sebabnya William Yang Xuwen dapat dikatakan SANGAT SANGAT BERUNTUNG karena terpilih untuk memerankan karakter Legendaris Guo Jing (Kwee Cheng) pada saat usianya masih terbilang muda yaitu 22 tahun. Dibanding para pendahulunya yang mendapat kesempatan memerankan karakter Legendaris tersebut di usia yang tak lagi muda, William Yang Xuwen justru dapat meraih mimpi itu di usia yang masih sangat muda.


Sebelumnya, para pemeran Guo Jing (Kwee Cheng) pastilah dipilih aktor yang sudah memiliki jam terbang tinggi seperti contohnya : Felix Wong 1983, Julian Cheung 1994, Li Ya Pheng 2003 dan Hu Ge 2008. Jadi memang sangat mengejutkan saat pihak Rumah Produksi Huace Media justru memilih aktor pendatang baru yang masih sangat muda dan kurang dikenal publik seperti William Yang Xuwen daripada aktor berpengalaman yang sudah dikenal publik secara luas.

Namun syukurlah karena keputusan tersebut ternyata sangat tepat karena William Yang Xuwen justru memberikan kesan FRESH dan menyegarkan. Jujur, jika seandainya Huace Media memilih aktor yang “itu-itu aja”, wajah yang “itu-itu” lagi, justru akan memberikan Kesan MEMBOSANKAN.



Perasaan seperti, “China begitu luas, masak iya sih aktornya cuma itu-itu aja?” pasti muncul di benak para penonton awam yang mengharapkan sesuatu yang baru yang menyegarkan mata. Sama seperti saat melihat acara penghargaan musik Korea dan yang menang membawa piala Daesang selalu si “itu-itu” mulu, BTS, BTS, BTS dan BTS atau kalau gak, EXO, EXO, EXO dan EXO mulu, pasti bosen kan yang lihat?

Kesan seperti : “Emang Boygroup di korea gak ada lagi? Kok lagi-lagi mereka sih? Gantian kek sekali-kali. Bosen mereka terus T__T” pasti muncul dan menimbulkan kesan membosankan. Jadi selain fans mereka sendiri, para penonton awam jadi merasa gak punya alasan kenapa harus menonton acara tersebut, acara yang seolah pemenangnya sudah diatur. (Itu hanya contoh loh, Army dan EXO-L gak usah baper. Faktanya memang cuma idol kalian doank yang dapet Daesang tiap tahun, bosen, kayak gak ada yang lain?)


Seperti itulah rasanya jika seandainya Huace Media memilih aktor China yang sudah populer alias yang “Itu-itu aja”. Syukurlah hal tersebut tidak terjadi karena Huace Media membuat keputusan yang tepat dengan memilih para artis pendatang baru yang sebelumnya kurang dikenal publik untuk memberikan kesan FRESH dan Tidak menjenuhkan.

Dan walaupun William Yang Xuwen berstatus sebagai pendatang baru saat memerankan karakter Guo Jing, William dapat berakting secara maksimal dan menepis semua tudingan miring yang kerapkali diarahkan padanya sejak awal syuting serial ini.

 William Yang Xuwen, pemeran Guo Jing (Kwee Cheng) yang paling imut

William dengan sangat brilliant berhasil membuktikan bahwa dia layak memerankan karakter legendaris Guo Jing. Bahkan membuatku yang awalnya begitu setia pada Julian Cheung (Guo Jing 1994) selama 23 tahun lamanya, langsung berpaling pada William Yang Xuwen setelah melihat Guo Jing versinya.

William Yang dapat membawa keluar secara sempurna aura lugu, jujur, polos, sabar dan baik hati (serta sedikit posesif) seorang Guo Jing. Aktingnya terlihat sangat pas dan tidak berkesan berlebihan. Penonton dapat melihat ketulusan dan kejujuran seorang Guo Jing dari akting William Yang.

 William Yang Xuwen sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) 2017 yang tak hanya baik hati,
jujur, polos, lugu dan sabar, namun juga sangat rupawan

William Yang Xuwen was awesome as Guo Jing because he was able to portray the innocent personality of Guo Jing really well.

Bagaikan Meteor yang melesat cepat, dalam sekejap, dengan parasnya yang rupawan dan posturnya yang tinggi semampai, William Yang Xuwen dengan mudah menarik perhatian para penonton khususnya para gadis-gadis muda dan generasi Millenial. Dari seorang aktor pendatang baru yang kurang dikenal publik secara luas, kini berubah menjadi idola baru China.


Bukan hanya aktingnya yang brilliant, wajahnya yang sangat rupawan juga merupakan salah satu daya tarik William Yang sehingga pantas dijadikan idola baru oleh para gadis-gadis muda. Hal itu jugalah yang membuat nama William Yang Xuwen kerapkali mondar-mandir dalam berbagai polling (voting) yang diadakan di China sana. Perlahan tapi pasti, aktor muda dengan tinggi badan 188 cm ini mulai menunjukkan eksistensinya di dunia entertainment China dan mungkin bahkan dunia tak lama lagi.

Sebagai contohnya, William Yang Xuwen berhasil duduk manis di posisi ke-4 dalam “Aktor Pendatang Baru kelahiran 1990-an Paling Bersinar” melalui perannya sebagai si lugu Guo Jing dalam “Legend Of The Condor Heroes 2017”. Tak hanya William Yang, aktor muda pemeran Yang Kang (Yokang) 2017 yaitu Chen Xing Shu juga duduk manis di posisi ke-9.


Dari ketiga adaptasi terbaru Trilogi Pendekar Rajawali HANYA nampak nama William Yang (Guo Jing 2017) dan Chen Xing Shu (Yang Kang 2017) yang ada dalam daftar, dan tak ada nama Yang Guo 2019 ataupun Thio Bu Kie 2018. Hal ini membuktikan bahwa penonton China lebih menyukai karakter Guo Jing (Kwee Cheng) dibandingkan dengan kedua tokoh utama trilogi lainnya dan popularitas Guo Jing (Kwee Cheng) jauh di atas Yoko ataupun Thio Bu Kie. (Orang China sama kayak aku ^_^)

Selamat untuk William Yang Xuwen ^_^ Semoga setelah ini karirmu akan semakin menanjak dan menghasilkan lebih banyak karya hebat, mendapatkan banyak penghargaan serta lebih terkenal lagi dibandingkan sebelumnya, kalau perlu dikenal hingga ke seluruh dunia, amin.

Written by : Liliana Tan

NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!
Credit Pict : WEIBO ON LOGO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads