Selasa, 07 Mei 2024

DBSK – Why (Wae/Mengapa?/왜) ~ “Keep Your Head Down” Lyrics Translation

Translation By : Liana Hwie (許仙)
Song By : DBSK (U-Know Yunho and Max Chang Min)
Lyrics/작사: 유영진
Composer/작곡: 유한진
Arranger/편곡: 유한진
Taken From : “Why (Keep Your Head Down)" 2011.01.05

          

Video Credit : SMTown @ Youtube

Lyrics Translation :









Yunho :
Keep your head down! U-Know time!
Jangan sombong! Kau tahu saatnya (pengertian ganda : Sekarang saatnya U-know/Yunho)

(Max)

Yunho :
You know what time it is?
Kau tahu saat apakah ini?

This is return of the king
Sekarang adalah saat kembalinya sang Raja…


Chang Min :
* 모두 끝나버렸다
Modu ggeutna beoryeotda
Semuanya sudah berakhir...

Yunho :
시작도 해봤는데
Nan sijakdo anhae bwatneunde
Aku bahkan belum sempat memulainya…

Chang Min :
헤어져 버렸다
Haeyeo jyeo beoryeotda
Tapi kita sudah putus lebih dulu...

Yunho :
이유조차 듣고
Nan ihyu jocha motdeutgo
Aku bahkan belum sempat mendengar alasannya...

주변 사람들 모두 하나같이 날보고
Jubyeon saramdeul modu hanagachi nal beogo
Semua orang di sekitarku terus saja bertanya padaku...

그래? 그래? 그래?
Neo wae geurae? Wae geurae? Wae geurae?
Kau, mengapa seperti itu? Mengapa seperti itu? Mengapa seperti itu?

이미 나쁜
Nan imhi nappeun neom
Aku mendadak menjadi orang jahat...

Chang Min :
죄라면
Jwae ramyeon
Jika itu dosa...

사랑한 죄라면
Neol saranghan gae jwae ramyeon
Jika mencintaimu adalah sebuah dosa...

Yunho :
그게 죄라면
Geuge jwae ramyeon
Jika itu adalah dosa...

Chang Min :
진실했다는 죄라면
Jinsil haetdaneun gae jwae ramyeon
Jika kejujuran adalah sebuah dosa...

Yunho :
나는 Keep it low 나는, 나는 Keep it low
Naneun Keep it low naneun, naneun Keep it low
Aku akan pelan-pelan saja… Aku akan pelan-pelan saja...

Chang Min :
참아내고 자릴 지켜
Nan chamha nae gonae jaril jikyeo
Aku akan menahannya dan tetap berdiri di tempat semula...


# All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Yunho :
정말 예쁘지만 너무 다른 너의 속이
Neon jeongmal yeppeujiman neomu dareun neoye seoghi
Kau memang benar-benar cantik, namun sayangnya hatimu sangat berbeda...

너무 두려워
Nan neomu duryeowo
Aku benar-benar sangat takut...

All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Chang Min :
사랑했다 하지만 이제 놓겠다
Saranghaetda hajiman nan ihje neol neogaetda
Aku mencintaimu, namun sekarang aku akan memilih melepaskanmu...


REFF :
All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
그렇게 쉽게 떠났니
Nal geureohke swibge ddeonatni
Kau meninggalkan aku begitu saja?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
내가 쉬워 보였던 거니
Naega swiwo boyeotdeon geoni
Apa aku terlihat seperti pria gampangan?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
가슴은 찢어지잖아
Nae gaseumeun jijeo jijanha
Hatiku rasanya bagaikan tercabik-cabik...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
모두 한순간의 꿈이었다면
Modu hansun ganhe kkeumhi eotdamyeon
Andai saja semua itu hanyalah mimpi sesaat...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
바로잡을 시간이 있었다면
Barojabeul siganhi isseotdamyeon
Andai saja aku memiliki waktu untuk memperbaikinya...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
제발 네가 행복하길 바랬다
Jebal nega haengbok hagil baraetda
Kumohon kau harus bahagia...


Yunho :
## 언제나 언제나, 너를 가진 걸로 충분했고
Na eonjena eonjena, neoreul gajin geollo chungbun haetgo
Aku selalu merasa puas hanya dengan memilikimu di sisiku, bagiku itu sudah cukup...

세상이 뭐래도 같은
Saesanghi mworaedo gatteun
Tidak peduli apa yang dikatakan oleh dunia...

꿈을 꿔서 행복했고
Kkumeul kkwoseo haengbok haetgo
Aku senang karena memiliki Impian yang sama denganmu...

지금은 보내게 됐지만
Jigeumeun neol bo naege dwaetjiman
Tapi sekarang aku memutuskan untuk membiarkanmu pergi...

어차피 길을 뿐이고
Eochapi nae gireul gal ppeunigo
Lagipula aku hanya melangkah ke tempat di mana seharusnya aku berada...

Chang Min :
Now I’m just chillin’, Feel like I’m healing
Sekarang aku hanya akan bersantai, rasanya seperti sedang menyembuhkan (hatiku)...


** Chang Min :
늦어버렸다
Neu jeobeo ryeotda
Sudah terlambat...

Yunho :
다시 돌아갈 없단다
Neon dasi deoragal su eobtdanda
Kau tak bisa kembali lagi...

Chang Min :
네가 없다면
Nega eobtdamyeon
Kau selalu percaya...

Yunho :
무너질 거라 믿겠지
Nan muneojil geora midgetji
Percaya bahwa tanpamu aku akan hancur...

예전부터 그건 착각이라고
Yejeon butteo neon geugeon chakgak ihrago
Sejak dulu, sepertinya itu adalah ilusi yang kau ciptakan sendiri...

내가 그래? 그래? 그래?
Naega wae geurae? Wae geurae? Wae geurae?
Mengapa aku harus seperti itu? Mengapa seperti itu? Mengapa seperti itu?

타일렀잖아
Neol tta ireotjanha
Sudah kukatakan aku tidak akan seperti itu...


Chang Min :
Hey 정말, 정말 슬펐다
Hey nan jeongmal, jeongmal seulpeotda
Hey, aku benar-benar sangat sedih...

철이 없던 네가
Cheori eobtdeon naega
Karena kau sama sekali tidak dewasa (dalam menghadapi masalah)...

혹시라도 나쁜 사람 만날까 Why, Baby?
Hoksirado nappeun saram mannalkka Why, Baby?
Aku takut suatu hari nanti kau akan bertemu orang jahat…Mengapa, sayang?

All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Yunho :
정말 예뻐 근데
Neon jeongmal yeppeo geunde
Kau memang benar-benar cantik, tapi...

그뿐이야 가슴에
Geuppuniya nae gaseumhae
Hanya kecantikan saja yang kau punya, sayangnya dalam hatiku...

중요한 없는걸
Jungyohan gae eomneun geol
Kecantikan itu tidak terlalu penting...

All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Chang Min :
사랑의 아픔을 참는 가슴에 박고
Saranghwi appeumeul chamneun gaseumhae meot bakgo
Aku tidak akan terpaku pada cinta yang hanya memberiku penderitaan...


REFF :
All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
그렇게 쉽게 떠났니
Nal geureohke swibge ddeonatni
Kau meninggalkan aku begitu saja?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
내가 쉬워 보였던 거니
Naega swiwo boyeotdeon geoni
Apa aku terlihat seperti pria gampangan?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
가슴은 찢어지잖아
Nae gaseumeun jijeo jijanha
Hatiku rasanya bagaikan tercabik-cabik...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
모두 한순간의 꿈이었다면
Modu hansun ganhe kkeumhi eotdamyeon
Andai saja semua itu hanyalah mimpi sesaat…

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
바로잡을 시간이 있었다면
Barojabeul siganhi isseotdamyeon
Andai saja aku memiliki waktu untuk memperbaikinya...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
제발 네가 행복하길 바랬다
Jebal naega haengbok hagil baraetda
Kumohon kau harus bahagia...


Yunho :
### , 그렇게 사람 갖고, 장난, 장난 치지 마라!
Hah… Geureohke neo saram gatgo, Jangnan, jangnan chiji mara!
Hah… Jangan mempermainkan orang seperti itu!

앞에선 요래조래, 거짓말만을 늘어놓고
Nae apphae seon yorae jorae, geojit mal maneul neureo nohgo
Di depanku, yang selalu kau lakukan hanyalah mengatakan kebohongan...

누가 봐도 누가 봐도
Nuga bwado nuga bwado
Tidak peduli siapa yang melihatnya, tidak peduli siapa yang melihatnya...

정말 이중적이야
Neon jeongmal ihjung jeogiya
Kau hanyalah manusia bermuka dua...

Chang Min :
? ? ?
Wae? Wae? Wae?
Mengapa? Mengapa? Mengapa?

Yunho :
수정 같던 마음들이, 언제 그렇게 탁해졌니
Sujeong gatdeon ma eum deuri, Eonje geureohke ttakhae jyeonni
Sejak kapan hatimu yang sebening kristal berubah menjadi segelap awan mendung?

Chang Min :
사랑을 끝냈다
Sarangeul ggeutnaetda
Cinta kita sudah berakhir...

보낸 가슴이 비워졌다
Neol bonaen gaseumhi tteong biwo jyeotda
Setelah melepaskanmu pergi, hatiku menjadi kosong...

하지만
미래는 마치
Hajiman nae mirae neun machi
Tapi masa depan masih terbentang di hadapanku...

일어나서 웃으라고 손짓한다
Ihreonaseo useurago seon jithanda
Dia memanggilku agar mulai tersenyum dan kembali bangkit...

Yunho :
너를 보낸다 정말 행복하게 살아
Neoreul bo naenda jeongmal haengbokhage sara
Aku melepaskanmu pergi agar kau bisa benar-benar hidup dengan bahagia...

Chang Min :
? ? ?
Wae? Wae? Wae?
Mengapa? Mengapa? Mengapa?

Yunho :
훗날에 훗날에
Meon hutnare meon hutnare
Kelak di masa depan, di masa depan...

그냥 편하게 웃고 싶다! 하하!
Geunyang pyeonhage eutgo sipda! Haha!
Aku hanya ingin tertawa dengan nyaman dan bahagia...Hahaha!


REFF ** :
All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
?????????
Wae???????
Mengapa??????

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
사랑을 그렇게 쉽게 놔버리는 너를
Sarangeul geureohke swibge nwa beorineun neoreul
Kau melepaskan cinta kita dengan begitu mudahnya?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
누군가 걱정할 거란 생각은 해봤나
Nugun ga geokjeonghal, georan saenggak eun haebwatna
Apakah kau pernah berpikir bahwa akan ada seseorang yang merasa khawatir?

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
네가 버린 너는 뭔지
Naega nwa beorin gae neoneun mwonji
Kau tidak menyadari apa yang sudah kau lepaskan...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Yunho :
아직 모르는 같아
Ajik moreuneun geotgatta
Kupikir sepertinya kau belum mengetahuinya...

All :
(?)
(Wae?)
(Mengapa?)

Chang Min :
그대로 머물러 나를 지켜봐
Geudaero meo mulleo nareul jikyeobwa
Tetaplah di sana dan lihatlah perubahanku!

All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Yunho :
지워졌다, 사라졌다 가슴에 네가 죽어
Jihwo jyeotda, sarajyeotda nae gaseumhae nega jugeo
Dalam hatiku, kau mulai terhapus dan menghilang, terbakar hingga mati...

Chang Min :
모두 타버렸다
Modu tta beoryeotda
Semuanya telah musnah...

All :
(Keep your head down)
(Jangan sombong!)

Yunho :
지워졌다, 사라졌다 가슴에 네가 죽어
Jihwo jyeotda, sarajyeotda nae gaseumhae nega jugeo
Dalam hatiku, kau mulai terhapus, menghilang dan perlahan-lahan mati...

Chang Min :
너는 이제 없다
Neoneun ihje eobtda
Sekarang kau tak lagi ada!

Credit Pictures : All Pictures belongs to owners

---------000000---------

Warning :
Dilarang MENG-COPY PASTE TANPA IJIN TERTULIS DARI PENULIS! Siapa yang berani melakukannya, aku akan menyumpahi kalian SIAL 7 TURUNAN!

Semua artikel dan terjemahan lagu dalam blog ini adalah murni hasil pikiranku sendiri, kalau ada yang berani meng-copy paste tanpa menyertakan credit dan link blog ini sebagai sumber aslinya dan kemudian mempostingnya ulang di mana pun, apalagi di Youtube, kalau aku mengetahuinya, aku gak akan ragu untuk mengajukan "Strike" ke channel kalian. Dan setelah 3 kali Strike, bersiaplah channel kalian menghilang dari dunia Per-Youtube-an!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Native Ads