Sabtu, 13 Oktober 2012

Roaming in China – Welcome to BEIJING


By : Liana Hui

Maraknya Korean Wave telah membuat Generasi Muda menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan Korea, entah itu dramanya, lagunya, artisnya yang notabene dengan Boyband/Girlband Korea, atau bahkan sampai kebudayaan Korea yang meliputi makanan khas, pakaian tradisonal, bahkan sampai obyek wisatanya. Blog-blog yang membahas tentang Obyek Wisata Korea pun tidak terhitung berapa banyak jumlahnya.

Itulah sebabnya, kali ini saya tidak akan membahas Korea lagi yang notabene-nya sudah sangat sering di bahas di blog-blog tetangga. Bukan saya tidak menyukai Korea, justru sebaliknya, saya sangat menyukai Korea Selatan dan bahkan idola saya, SS501 juga merupakan BOYBAND PAPAN ATAS KOREA SELATAN, tapi berhubung Korea Selatan sudah terlalu sering di bahas, kali ini saya memilih untuk membahas tentang Negara Tetangga mereka, yaitu CHINA. My Friend told me, DIFFERENT IS SPECIAL hehehe.. *lirik Iren Kei*


“ Welcome to BEIJING “

China yang merupakan Negara Adikuasa Kedua setelah Amerika Serikat tidak bisa dipungkiri juga memiliki banyak sekali obyek wisata yang indah dan ibukota China, BEIJING akan menjadi pembahasan saya kali ini . Korea mungkin akan saya bahas lain kali…


                                                                             BEIJING, CHINA

Kota Beijing adalah kota metropolitan yang terletak di bagian utara China. Beijing merupakan satu dari empat kotamadya yang terdapat di China. Penduduknya sekitar 14 juta jiwa dan merupakan kota terbesar kedua setelah Shanghai. 

                                                                       BEIJING NIGHT VIEW

Sebagai Ibukota Negara China, Beijing dijadikan sebagai titik utama untuk tempat penerbangan internasional ke China, dan merupakan pusat segala dari politik, pendidikan, dan kebudayaan. 


                                                                                 BEIJING, CHINA

Selain Sebagai Ibukota Negara, Beijing pun memiliki banyak obyek wisata yang sangat indah untuk di kunjungi. Bahkan ada beberapa Obyek Wisata tersebut ada yang di jadikan lokasi Syuting beberapa serial TV atau Film.

Wisata Di Kota Beijing (China) :

1.  GREAT WALL OF CHINA
GREAT WALL atau TEMBOK BESAR CHINA adalah Maskot China yang paling populer. Jika Anda ingin berkunjung ke Beijing, maka Tembok Besar China sangat sayang untuk dilewatkan. The Great Wall Of China yang dibangun pada masa Kaisar Shih Huang Ti ini merupakan salah satu dari 7 keajaiban Dunia yang terkenal sejak zaman dulu.

                                                                    GREAT WALL OF CHINA
 
Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (Tionghoa Tradisional: 長城; Tionghoa Sederhana: 长城; pinyin: Chángchéng), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹ (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina.

Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.

Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Semula, diperkirakan Kaisar Shi Huang Thi yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Chin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada Zaman Negara-negara Berperang. Kaisar Chin – Shi Huang Ti kemudian meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.

                                                                        GREAT WALL OF CHINA

Lima Dinasti yang turut andil dalam pembangunan Tembok Besar China :
  1. 208 SM (Dinasti Qin)
  2. Abad ke-1 SM (Dinasti Han)
  3. Abad ke-7 (Dinasti Sui)
  4. 1138 - 1198 (Zaman Lima Dinasti dan Sepuluh Negara)
  5. 1368 - 1640 (Dari Maharaja Hongwu sehingga Maharaja Wanli pada Dinasti Ming)
Sepeninggal Kaisar Shi Huang Thi, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming tadi. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok.

Sejarah pembangunan Tembok Besar Tiongkok dapat dilacak sampai abad ke-9 sebelum Masehi. Pada waktu itu, pemerintahan di bagian tengah Tiongkok menyambung benteng dan menara api yang merupakan pos penjagaan tentara di perbatasan menjadi satu tembok panjang dalam rangka menangkis serangan etnis-etnis dari bagian utara Tiongkok. Sampai pada Masa Chunqiu dan Negara-negara Berperang, pertempuran berkecamuk di antara negara-negara kepangeranan yang saling berkonfrontasi.

        Negara-negara itu demi pertahanannya sendiri berturut-turut membangun tembok besar di atas bukit dan gunung yang terletak di daerah perbatasan. Pada tahun 221 sebelum Masehi, Kaisar Chin, Shi Huang Thi menyatukan Tiongkok. Setelah itu, Kaisar Shi Huang Thi memerintahkan agar tembok-tembok yang dibangun oleh berbagai negara kepangeranan itu disambung menjadi satu tembok besar sebagai kubu pertahanan untuk menangkis serangan pasukan kavaleri etnis nomadik di padang rumput Monggolia bagian utara Tiongkok.

        Tembok Besar pada waktu itu panjangnya mencapai 5000 kilometer lebih. Tembok Besar pada Dinasi Han setelah runtuhnya Dinasti Chin diperpanjang sampai 10 ribu kilometer lebih. Dalam sejarah selama 2000 tahun yang lalu, penguasa di berbagai zaman tak pernah berhenti membangun Tembok Besar sehingga panjang totalnya mencapai 50 ribu kilometer, yang cukup untuk mengitari bumi satu kali lebih.

        Tembok Besar yang kita sebut sekarang kebanyakan adalah tembok besar yang dibangun pada masa Dinasti Ming yang berkuasa antara tahun 1368 dan 1644. Ujung baratnya berpangkal dari Benteng Jiayu di Provinsi Gansu Tiongkok Barat dan ujung timurnya terletak di pinggir Sungai Yalu Provinsi Liaoning Tiongkok Timur Laut setelah melewati 9 provinsi, kota dan daerah otonom sepanjang 7300 kilometer, atau sama dengan 14 ribu li Tiongkok. Dengan demikian, Tembok Besar itu disebut sebagai "tembok panjang 10 ribu li" di Tiongkok.


        Sebagai kubu pertahanan, Tembok Besar dibangun dengan mengikuti jalannya puncak pegunungan. Topografi yang dilewatinya sangat rumit, antara lain, gurung pasir, padang rumput dan rawa. Untuk menyesuaikan diri dengan berbagai topografi, pelaksana pembangunan Tembok Besar menerapkan struktur yang luar biasa dan berbeda-beda. Kesemua ini menunjukkan kecerdasan nenek moyang bangsa Tionghoa.

        Tembok Besar yang berliku-liku memanjang menyusuri puncak pegunungan hampir mustahil ditaklukkan oleh musuh pada zaman kuno karena gunung dan lereng yang menjadi dasar tembok itu terlalu terjal untuk didaki.


                                                                            GREAT WALL OF CHINA

       Tembok Besar dibangun dengan batu besar disisipi dengan tanah dan batu pecahan. Tingginya kira-kira 10 meter dan lebarnya kira-kira 5 meter,  cukup untuk 4 ekor kuda berjalan berdampingan. Dengan demikian, sangat mudah untuk manuver tentara dan pengangkutan bahan pangan dan senjata. Di sisi dalam tembok dibangun pintu dan tangga untuk naik turun.

      Tembok Besar disambung dengan benteng atau menara api setiap sektor, di mana tersimpan senjata dan bahan pangan. Benteng dan menara api itu digunakan sebagai tempat istirahat bagi prajurit pada waktu damai dan sekaligus merupakan kubu pertahanan untuk menangkis serangan musuh pada waktu berperang. Selain itu, begitu diketahui terjadinya agresi musuh, di menara api itu akan dinyalakan api pada waktu malam dan asap pada siang hari sehingga kabar tentang serangan musuh dapat tersebar ke seluruh negeri dalam waktu dekat.

       Di sektor penting Tembok Besar, misalnya lintasan strategis, celah gunung dan perbatasan gunung dengan laut biasanya dibangun loteng gerbang besar. Loteng-loteng gerbang itu tidak hanya kelihatan megah, tapi juga mencerminkan seni arsitektur cemerlang zaman kuno Tiongkok. Sekarang sebagian loteng gerbang itu telah berubah menjadi obyek wisata, misalnya Loteng Gerbang Shanhaiguan di ujung timur Tembok Besar yang dijuluki sebagai loteng gerbang nomor satu Tiongkok dan Loteng Gerbang Juyongguan sektor Badaling Tembok Besar di sekitar Beijing.  

      Fungsi Tembok Besar sebagai kubu pertahanan militer sekarang sudah tidak ada lagi, namun keindahan arsitekturnya tetap sangat mengagumkan.


      Keindahan Tembok Besar tercermin pada kemegahan, kekuatan dan kebesarannya. Melepas pandang dari tempat jauh ke Tembok Besar, tembok besar tinggi yang memanjang selama ribuan kilometer itu tampak serupa naga mahabesar yang menggeliang-geliut menyusuri pegunungan; jika dilihat dari jarak dekat, maka tembok itu penuh dengan daya tarik seni dengan arsitekturnya yang aneka ragam.





                                                                GREAT WALL OF CHINA


    Tembok Besar adalah hasil jerih payah yang dibasahi keringat dan darah serta diresapi kecerdasan rakyat Tiongkok pada zaman kuno. Betapa beratnya proyek pembangunan Tembok Besar pada zaman kuno yang masih rendah tenaga produktif memang sulit dibayangkan.

Referensi:
7 Keajaiban Dunia  Baru:
  adalah tempat/obyek di dunia  yang  merupakan keajaiban pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon seluler, yang diadakan oleh Swiss Foundation yang bernama The New7Wonders Foundation berkolaborasi dengan beberapa badan/yayasan dunia lainnya.  Terpilihnya tujuh keajaiban dunia diumumkan di Lisbon, Portugal, pada tanggal 7 Juli 2007.

Sumber : www.new7wonders.com, www.maitreya.or.id/forums, id.wikipedia.org, indonesian.cri.cn 

2. FORBIDEN CITY
Selain Tembok Besar China, Salah satu tempat favorit untuk berwisata di kota Beijing adalah sebuah tempat yang dinamakan Museum Istana Kuno atau bisa disebut juga dengan Kota Terlarang atau FORBIDDEN CITY. 

                                                                      NIGHT VIEW OF FORBIDDEN CITY

Forbidden City dibangun pada masa Dinasti Ming mempunyai wilayah seluas 720 000 meter persegi dan mempunyai kamar sebanyak 999 buah. Menurut sejarah, Kaisar memang sengaja membangun 999 buah kamar. 

Forbidden City, Temple of Heaven, dan Tombs of Ming Dynasty merupakan satu rangkaian sejarah yang tidak terputus. Kebetulan ketiganya masuk dalam UNESCO World Heritage Sites.

Ketiga tempat itu dibangun pada jaman Dinasti Ming dan dilanjutkan oleh Dinasti Qing (baca: Cing).
Forbidden City dan Temple Of Heaven dibangun pada tahun 1406 sampai 1420 oleh Kaisar Yongle, kaisar ke tiga dari Dinasti Ming. Kaisar ini memang terkenal sebagai Scholar Emperor karena tingkat intelegensianya yang tinggi.


                                                             FORBIDDEN CITY YANG RAMAI PENGUNJUNG

Kaisar ini pula yang memindahkan ibukota kekaisaran dari Nanjing di Utara ke Beijing sekarang. Oleh karena itu semua di rencanakan dari awal oleh Kaisar Yonle ini.

Akhirnya, bangunan ini menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal resmi kaisar Kerajaan Cina selama 500 tahun.

Selama 500 tahun itu pula, kompleks kerajaan ini tidak bisa tersentuh oleh rakyat jelata. Oleh sebab itu dinamakan Forbidden City alias KOTA TERLARANG. Kaisar yang terakhir tinggal di Fobidden City adalah Kaisar Puyi dari Dinasti Qing.

Forbidden City ini luas sekali. Dari jalan raya di depan (Xichang’An Street) masuk melewati gerbang dengan foto Mao Ze Dong, masih harus melewati alun-alun kecil di dalam tembok merah. Dan Itupun belum masuk wilayah Forbidden City. Tetapi Masih di pelatarannya. Tetapi Dari sana sudah terlihat tembok besar merah.

Bangunan itulah yang dinamakan Meridien Gate yang merupakan pintu masuk Forbidden City. Sampai ke Meridien Gate, masih free entry. Tiket masuk ke Forbidden City seharga RMB40 dan RMB60 untuk tiket terusan. Karena masih ada museum-museum dan tempat-tempat lain yang bisa dikunjungi.

Hanya, karena luasnya wilayah dan padatnya orang yang berkunjung ke Forbidden City, maka tiket RMB40 lah yang pantas.

Untuk masuk ke istana intinya, pengunjung diharuskan masuk lewat beberapa gerbang. Diantaranya adalah Supreme Harmony, Preserving Harmony, dan masih banyak lagi.

Di dalam kompleks Central Harmony inilah terdapat jam matahari Cina yang terbuat dari batu.Ada satu bagian di salah satu bangunan yang ada di Forbidden City yang berdindingkan tegel porselein berwarna hijau jade.

Selayaknya bangunan-bangunan di China, semua berukuran Besar sekali. Dan yang mengagumkan, selain ukurannya, adalah teknologi, detail bangunan, warna, dan konsep dibelakangnya.

                                                              EMPEROR PALACE IN FORBIDDEN CITY


Konsep disini adalah konsep yin-yang dan feng shui. Kesimbangan di dunia ini selalu tercermin dalam pola arsitektur bangunan-bangunan ini.

Pola arsitektur bisa diamati adalah adanya tiga pintu di setiap gapura bangunan. Pintu tengah hanya untuk kaisar. Pintu kanan hanya untuk Permaisuri dan pintu kiri untuk orang pemerintahan. Di setiap pintu gerbangnya selalu bermotifkan pentol-pentol yang berjumlah 81. 9 pentol horisontal dan 9 pentol vertikal. 9 kali 9 sama dengan 81. 8 ditambah 1 sama dengan sembilan. Angka sempurna.

Kemudian, sungai yang membelah Forbidden City mengalir dari Timur ke Barat.
Di setiap bangunan selalu ada patung singa, entah dari marbel atau dari batu. Ini bukan simbol kerajaan, tapi singa dipercaya sebagai penghalau energy negatif masuk.


                                                                       KOMPLEKS FORBIDDEN CITY

Simbol kerajaan adalah naga dan phoenix. Naga bagi kaisar, dan phoenix bagi permaisuri. Di semua relief, posisi naga memang selalu bersanding dengan phoenix. Tapi posisi naga selalu lebih tinggi ketimbang pheonix.

Kesamaan satu lagi adalah, adanya sebuah axis disetiap bangunan dari pintu gerbang menuju bangunan utama. Axis ini terbuat dari potongan marble utuh. Khusus bagi jalan kaisar. Apabila sudah mencapai bangunan utama, marmer itu langsung diukir naga dan phoenix. Cantik sekali.

Alkisah, marble ini didatangkan dari gunung di utara Beijing. Karena tidak ada metode transportasi yang memadai selain gajah dan kuda, maka cara memindahkan marble-marble ini ke Beijing adalah dengan cara membekukan jalan dari gunung tersebut ke Beijing pada waktu musim dingin. Dan potongan marble-marbe tersebut dilalui jalan biasa yang sudah menjadi licin karena sudah menjadi es. Ajaib. Teknologi kuno yang menginspirasi terciptanya conveyer belt.

Satu lagi, kalau ditarik garis lurus antara Forbidden City dan Temple of Heaven, mereka terletak sebujur garis lurus utara-selatan. Ada deviasi sedikit antara 0 - 2 derajat. Kalau garis itu diteruskan lebih ke Utara, maka akan melintasi sebuah kuil namanya Drum and Bell Tower di utara.


                                                                      FORBIDDEN CITY

Sedemikian presisi tingginya semua arsitektur bangunan itu, maka tidak heran pembangunan bangunan-bangunan besar tersebut memakan waktu yang tidak sebentar. Forbidden City dan Temple of Heaven dibangun dalam kurun waktu yang bersamaan sebagai satu paket dengan lama pembangunan hampir 15 tahun. Satu paket antara pusat pemerintahan dan pusat pemujaan spiritual.

3.    TEMPLE OF HEAVEN

          NIGHT VIEW OF TEMPLE OF HEAVEN

Dengan wilayah yang luas dan terdiri dari beberapa pintu masuk, Temple of Heaven pun mencerminkan keadidayaan bangsa China pada masa Dynasti Ming dan Qing. Dengan tata atur ruang yang cantik, Temple of Heaven menjadi tempat yang sangat asri di musim panas. Dimana banyak bunga dan pohon yang tumbuh.

         Di Temple of Heaven, untuk masuk ke dalam kompleks ini pengunjung harus membayar tiket. Dan untuk masuk ke dalam Templenya, pengunjung masih harus dikenakan tiket masuk lagi.

                                                         TEMPLE OF HEAVEN TAMPAK ATAS

Begitu menginjakkan kaki di Temple of Heaven, pengunjung akan merasakan nuansa yang sama dengan Forbidden City. Dari mulai batu-batuan di lapangan dalam, design pagar batu, warna bangunan, dan jalan tengah untuk Kaisar. Semua persis sama dengan Forbidden City.
Kuil ini merupakan kuil dari langit-langit (bumi, matahari dan bulan). Menjadikan bangunan ini sebagai tempat ibadah terbesar pada zaman kuno yang masih ada di China. Kuil Langit adalah bangunan dengan karya yang sangat indah, tidak ada duplikasi atau tiruannya diseluruh dunia, diliat dari segi struktur, mekanika dan estetikanya.


                                                                                TEMPLE OF HEAVEN

Pada design awal, Kaisar akan mengunjungi kuil ini pada setiap kesempatan terutama dalam proses pengambilan keputusan yang cukup pelik. Tempat dupa/insence berukuran besar pun tersedia disana. Sama persis seperti di Forbidden City.

Bangunan inti di kawasan Temple of Heaven ini adalah sebuah bangunan bundar besar yang ditopang oleh tiang-tiang kayu berukiran dan bercat meriah. Berdiri diatas tiga lapis marmer. Bangunan pemujaan ini adalah konstruksi kayu terbesar di dunia yang masih berdiri kokoh. Perlu dicatat, dalam pembuatannya, tidak digunakan paku. Hanya pasak dari kayu.

Karena bangunan inti ini bertujuan untuk memuja para dewa dan leluhur yang direpresentasikan dengan “surga/heaven”, maka semua yang ada di kawasan khusus ini berbentuk lingkaran. Sedangkan yang bersifat duniawi/kekuasaan, senantiasa berbentuk persegi. 

                                                                TEMPLE OF HEAVEN TAMPAK ATAS

Berdasarkan konsep ini, maka tepatlah keadaan di Forbidden City yang notabene adalah “pusat kekuasaan kekaisaran”. Semua yang ada di Forbidden City berbentuk persegi. Sampai ke bangunan-bangunan dan layout bangunan itu sendiri. Semua persegi.

4.   MING TOMBS

Kuburan kaisar di jaman Dynasti Ming. Semacam Imogiri-nya China. Areal pemakaman ini terletak di utara Beijing. Hampir mendekati Tembok Cina. Kompleks makam kaisar ini menurut feng shui adalah tempat yang paling ideal. Karena sisi Utara adalah gunung dan di sisi Selatan adalah sungai.

                                                                           MING  TOMBS

Kompleks pemakaman ini diawali dengan sebuah Gapura yang menseleksi antara kaum jelata dan Kaisar. Para rakyat biasa yang akan masuk ke kompleks makam, harus memberhentikan “kendaraannya” di gapura ini. Kendaraan pada saat itu ya kuda dan berjalan sejauh 7.3 km sampai ke dalam kompleks makam. Hanya Raja yang boleh masuk dengan kuda.

                                                                          GAPURA MING TOMBS

Sejak gapura itu, sebenarnya banyak kompleks makam-makam dari kaisar-kaisar Dynasti Ming. Semua berjumlah 13 kompleks makam. Berarti ada 13 kaisar yang dimakamkan disana. Padahal, menurut sejarah ada 15 kaisar di Dynasti Ming. Ternyata penjelasannya sederhana. Karena 2 kaisar pertama belum dimakamkan di sini. Pada awalnya, Ibukota Kekaisaran masih berada di Nanjing. Belum di Beijing. Setelah Kaisar Yongle-lah ibukota pindah ke Beijing. Dan beliau lah yang mendesign tiga bangunan inti. Dan Kaisar Yongle pulalah yang “mendiami” kompleks pemakaman ini untuk yang pertama kalinya.

                                                            KOMPLEK PEMAKAMAN RAJA-RAJA MING

                                                                                                      MING TOMBS AREA

                                                                                      MAKAM RAJA MING


5.   GERBANG TIAN AN MEN


                                                                        TIAN AN MEN SQUARE  

Selain ke 4 Obyek wisata yang sudah dipaparkan diatas, masih ada 1 tempat lagi yang merupakan Gerbang bersejarah yaitu Gerbang TIAN AN MEN. Gerbang Tian An Men yang sudah berdiri sejak tahun 1417. Merupakan gerbang depan kota kerajaan pada zaman Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Gerbang ini sempat terjadi dua kali mengalami kemusnahan akibat terbakar, dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1651. Pada tanggal 1 Oktober 1949, China memproklamirkan sebagai Republik Rakyat Tiongkok pada gerbang ini.
                
                                                                   TIAN AN MEN SQUARE NIGHT VIEW


                                 PATUNG SIMBOL KEMERDEKAAN RAKYAT CHINA IN TIAN AN MEN SQUARE

6.   BEIJING OLYMPIC STADIUM 2008

                                                                        BEIJING OLYMPIC STADIUM 2008

Pada tahun 2008, Beijing pernah di percaya menjadi TUAN RUMAH OLIMPIADE yang merupakan Pesta Olahraga Terbesar Di Dunia yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Beberapa Theme Song Olimpiade Beijing 2008 pun memakai nama “BEIJING” dalam lirik lagu mereka. 

Contohnya : Theme Song yang dibawakan oleh Boyband Terkenal Taiwan 5566 dalam lagu Theme Song mereka yang berjudul “ BEIJING HE ZAI” atau yang artinya “ WELCOME TO BEIJING”.. Juga lagu Theme Song yang dibawakan para Artis senior ternama diantaranya Andy Lau yang berjudul “ BEIJING HUAN YING NI”, yang artinya “ BEIJING WELCOME YOU”. Lagu ini diciptakan oleh Pencipta Lagu dari Hong Kong, Lam Jik, yang dinyanyikan oleh 100 artis China ternama, yang meliputi Penyanyi dan Bintang Film, termasuk Bintang Hollywood, Jackie Chan.


                                                  BEIJING OLYMPIC GAMES OPENING CEREMONY 2008

                                           BEIJING OLYMPIC GAMES OPENING CEREMONY 2008 WITH FIREWORK

                                        BEIJING OLYMPIC GAMES OPENING CEREMONY 2008 INSIDE STADIUM

                                                                   BEIJING OLYMPICS STADIUM 2008

                                                  BIRDS NEST STADIUM, BEIJING OLYMPICS STADIUM 2008


       Punya stadium Olahraga yang begitu bagus dan keren seperti ini, tidak salah jika atlit Bulutangkis China sangat hebat dan menjadi raksasa Bulutangkis yang sangat di takuti di mata Dunia. Pemerintah sangat memberikan dukungan penuh kepada para atlitnya, bukan hanya dalam hal pembangunan Gedung dan Fasilitas Olahraga tapi juga tunjangan hidup yang didapat para atlit saat mereka pensiun nantinya. Itulah yang tidak ada di Indonesia, kurangnya kepedulian Pemerintah terhadap para atlit membuat Perbulutangkisan di Indonesia semakin lama semakin terpuruk. Sungguh sangat di sayangkan..

       Pada Olimpiade Beijing 2008 lalu, Pemain Bulutangkis Favorit Saya yaitu LEE YOUNG DAE dari KOREA SELATAN, BERHASIL MEMBAWA PULANG MEDALI EMAS dalam Sektor GANDA CAMPURAN bersama LEE HYO JUNG, yang sayangnya saat ini sudah pensiun.. Great Job, Young Dae !!!

       Inilah sekilas tentang BEIJING, CHINA yang bisa saya bagikan. Tertarik Untuk mengunjungi Beijing ?? Jika Anda berencana untuk mengunjungi KoTa Beijing, China maka berbagai tempat wisata di atas sangat sayang untuk dilewatkan.



6 komentar:

  1. Wow. . Beijing emank KEREN BGT !!! smw bangunan.a tertata rapi & indah . . gede2 lagi, kek.a emnk bangsa China ska ssuatu iian berukuran gede iia he9. . . Great Wall dbwt clma 5 Dinasti, , lma bgt. . jelas lh, org gede gtoe, gag mkgn dlm semalam da jd xixixi. . . GREAT JOB jie, Serasa jln2 ke China bnrn he9. . .

    kpn iia bs ke China ?? #tatap kagum phutuw2na#
    _Veli_

    BalasHapus
  2. dapat pengetahuan baru, keren eon! B)

    BalasHapus
  3. Summer Palace bkn.a ad di China jg ?? Beijing low gag slh . . . kug gag ad ?? or bkn Beijing ea ?? Lupa he9. . . nice info Lee. . . WELCOME TO BEIJING !!! 北京歡迎你 ^^ . .
    -Anna-

    BalasHapus
  4. @ Veli : org China kn emk suka yg gede2 wkwkwkwk,, liat aj bangunanny,, gede smw kn ?? *tnjuk2 foto* Great Wall segede gtu gk mgkn 1 Dinasti selesai, pasti bth wkt ribuan thn lah bwt bangunnya,, dgr2 aj smpe memakan ribuan korban tuh dlm pembuatannya.. gak salah klo ni tembok sll jadi 7 KEAJAIBAN DUNIA.. 501 jempol bwt bangsa China yg uda bwt bangunan segini hebat..

    BalasHapus
  5. @ Nonie : ne, gomawo saeng.. gak bahas Korea kali ini.. Korea ud bnyk di blog tetangga hehe,, lain kali aj mgkn.. skrg lg pgn keliling China hehehe.. smg bs membantu menambah pengetahuanmu saeng ^^ trma kasih sll berkunjung *hug Nonie*

    @ Anna : yup, krg Summer Palace.. tar aj ku tmbh lagi... kelupaan hehe,, Summer Palace ad di Beijing kok, bener.. lain kali aj klo da dpt infonya, bkl ku tmbh lagi yg ini.. Makasi da berkunjung *hug Jie2*

    BalasHapus
  6. sama - sama eonni :) *hug back eonni*

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads