Rabu, 03 Oktober 2012

HARRY POTTER & ASTRONOMY

By : LIANA HUI



                                                                                                         HARRY POTTER

Mendengar judul postingan ini, kalian pasti berpikir apa Hubungan antara Harry Potter, sebuah Karya Masterpiece dari Penulis Ternama, JK ROWLING dengan Astronomi atau Perbintangan ?? Jawabnya.. BANYAK SEKALI.

Seorang Harry Potter Mania sejati pasti hapal nama-nama tokoh atau karakter dalam film tersebut, tapi pernahkah Anda sadari kalau beberapa nama tokoh tersebut ada yang merupakan nama BINTANG yang cukup terkenal dalam Dunia Astronomi ?? Sepertinya JK ROWLING, Sang Pengarang memang menyukai Astronomi aka Ilmu Perbintangan, terbukti di dalam Karya Materpiece-nya ini beliau banyak sekali menamakan tkoh-tokoh dalam ceritanya seperti nama Bintang yang bersinar di langit malam. 


                                                                                HARRY POTTER POSTER

Pernahkah kalian dengar tentang Bintang SIRIUS ?? Bintang yang paling terang di langit malam ?? Lalu ingatkah kalian pada Ayah Baptis Harry Potter di kisah “HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN “ ?? Jika kalian ingat, tidakkah kalian sadari bahwa nama SIRIUS BLACK, ayah BAptis Harry Potter tersebut sama dengan nama sebuah Bintang di Langit Selatan ??

SIRIUS BLACK adalah salah satu contohnya. Faktanya masih banyak tokoh-tokoh fiktif lainnya dalam Kisah HARRY POTTER yang juga diambil dari nama Bintang.. Siapa sajakah mereka ??

Lets Check It Out … 

1.SIRIUS BLACK.
Seperti yang telah di bahas diatas, Sirius Black adalah ayah baptis Harry, sahabat dari James dan Lily Potter. Karakter ini muncul pada Seri Ketiga Harry Potter yaitu “HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN”. Diceritakan saat itu, Sirius adalah tawanan yang lari dari Penjara Sihir Azkaban dan semua orang percaya bahwa Sirius Black adalah Pengikut Voldemort yang paling setia, dan tujuan pelariannya dari Penjara adalah karena dia ingin membunuh Harry Potter, yang ternyata di akhir cerita diketahui bahwa tuduhan yang dibebankan padanya adalah Fitnah yang kejam. Sayangnya sampai akhir, tidak ada seorangpun yang percaya padanya. Sirius Black diceritakan sebagai seorang ANIMAGUS, yaitu seorang Penyihir yang mampu berubah wujud menjadi binatang. Saat dalam keadaan terdesak, Sirius Black mampu mengubah wujudnya menjadi Seekor Anjing Hitam yang besar.

                                                                                                     SIRIUS BLACK


Tahukah Anda kenapa JK ROWLING memilih Anjing sebagai wujud penampakan Sirius Black yang lain ?? Well, tidak lain dan tidak bukan ini karena Bintang SIRIUS sendiri, dimana nama tersebut diambil adalah merupakan salah satu bintang yang bersinar terang pada RASI CANIS MAYOR atau ANJING BESAR aka GREAT DOG. Sirius = “the dog star”. Oleh karena itu, perwujudan Sirius saat Ia sedang menyamar jadi bentuk lain (animagus) adalah seekor anjing.

Sirius adalah bintang paling terang di langit malam yang berwarna biru yang terletak di Rasi CANIS MAJOR. Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara. Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam. Pada kondisi yang sesuai, Sirius dapat dilihat dengan mata telanjang saat Matahari masih berada di atas horison. Ketika berada di atas kepala, bintang ini dapat dilihat pada kondisi cuaca sangat bersih, asalkan pengamat berada di tempat yang tinggi, dan posisi Matahari cukup rendah.


                                                              SIRIUS STAR, BINTANG YANG PALING TERANG DI LANGIT MALAM


                                                                                                         SIRIUS STAR

Selain Sirius Black, ternyata masih ada beberapa karakter lain pada keluarga Black yang diambil dari nama bintang atau rasi bintang. Apakah kalian ingat pada salah satu adegan film HARRY POTTER AND THE ORDE OF PHOENIX, saat Sirius memperlihatkan kepada Harry, pohon keluarga Black yang tergambar di dinding rumah Black? Kalau kalian perhatikan, dapat dilihat bahwa sebagian nama dari keluarga Black merupakan nama bintang atau rasi bintang.


2. BELLATRIX (BLACK) LESTRANGE

Sepupu Sirius yang telah membunuh Sirius dalam HARRY POTTER AND THE ORDER OF PHOENIX “, salah satu anak buah Voldemort yang paling setia, anggota Death Eater alias Pelahap Maut. Sama seperti Sirius Black, Bellatrix juga sempat dikurung di Penjara Sihir Azkaban, tetapi kemudian melarikan diri dari sana dan bergabung dengan Para Pelahap Maut yang lainnya dan membuat kekacauan.

Bellatrix merupakan bintang terang ketiga pada rasi ORION (GREAT HUNTER), setelah Rigel dan Betelgeuse. Dalam bahasa Latin, Bellatrix berarti “FEMALE WARRIOR”. Sesuai dengan arti tersebut, Bellatrix merupakan satu-satunya prajurit wanita yang setia pada Voldemort. Seperti pada astronomi, Bellatrix satu-satunya bintang yang digambarkan sebagai seorang wanita pada rasi Orion dimana bintang-bintang yan lainnya digambarkan sebagai seorang laki-laki.

3. REGULUS ARCTURUS BLACK

Ingatkah kalian dalam seri HARRY POTTER AND THE HALF BLOOD PRINCE, dalam adegan dimana Harry dan Dumbledore mencari salah satu Horcrux Voldemort yang tersimpan di dalam sebuah kalung, tapi ternyata setelah berbagai perjuangan untuk mendapatkan klaung tersebut, kalung tersebut ternyata Palsu. Seseorang yang misterius telah mencuri kalung tersebut dan mengganti kalung tersebut dengan kalung palsu untuk mengelabui siapapun yang ingin mencuri Horcrux tersebut. Alih-alih jiwa Voldemort, Harry dan Dumbledore justru hanya menemukan selembar kertas berinisial “R.A.B”.

Pada  kisah HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS”, perlahan diketahui kalau inisial nama tersebut ternyata merujuk pada “ REGULUS ARCTURUS BLACK”, Adik laki-laki Sirius, seorang Death Eater, Seseorang yang mencuri kalung Horcrux yang sedang dicari oleh Harry, Ron, dan Hermione. Mereka menemukan arti dari R.A.B pada salah satu pintu kamar di rumah Sirius, yang menunjukkan kepanjangan dari Regulus Arcturus Black.

Nama Regulus Arcturus Black adalah perpaduan 2 nama bintang, Bintang REGULUS dan ARCTURUS.  

Regulus (α Leo / α Leonis / Alpha Leonis) adalah bintang paling terang di rasi Leo dan termasuk bintang yang cemerlang di langit malam. Bintang ini berada pada jarak 77.5 tahun cahaya dari Bumi. Regulus merupakan sistem multi bintang yang terdiri dari empat bintang yang tergabung dalam dua pasang bintang. Regulus A terdiri dari bintang biru keputihan dan pasangannya yang belum diobservasi, berkemungkinan adalah bintang katai putih (white dwarf). Di depan Regulus A terdapat pasangannya yang terdiri dari Regulus B dan Regulus C, yang merupakan bintang redup.

        Regulus memiliki massa 3.5 kali Matahari dan merupakan bintang dengan usia muda, yaitu sekitar beberapa ratus juga tahun. Bintang ini berputar sangat cepat, yaitu 15.9 jam, menyebabkan perubahan warna yang sangat cepat.

Rēgulus berasal dari bahasa Latin yang berarti pangeran atau raja kecil. Orang menyebutnya Basiliscus yang berarti sama.



                                                                                             REGULUS STAR

Arcturus atau bintang Biduk adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam setelah Sirius dan Canopus. Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara. Mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh dari ekuator langit, Arcturus hampir dapat dilihat oleh semua orang di permukaan Bumi, kecuali bagi mereka yang tinggal di atas lintang 70,818° selatan. Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April, di saat bintang ini mencapai meridian pada tengah malam.


                                              ARCTURUS STAR, BINTANG YANG PALING TERANG DI LANGIT UTARA





4.DRACO MALFOY
Musuh Harry Potter sejak seri Pertama Harry Potter muncul. Penghuni asrama Slytherin, sangat iri dengan keberuntungan yang dimiliki Harry Potter dan akhirnya menjadi salah seorang Death Eater alias Pelahap Maut. Anak laki-laki dari Lucius Malfoy dan Narcissa Malfoy. Narcissa adalah saudara perempuan dari Bellatrix, sehingga Draco Malfoy merupakan salah satu anggota keluarga Black. 

Draco adalah rasi bintang di langit utara yang biasa digambarkan dengan bentuk naga. Dalam bahasa latin berarti Dragon. Rasi bintang Draco merupakan rasi bintang ‘circumpolar’ yaitu rasi bintang yang tidak pernah tenggelam (tidak pernah berada di bawah horizon), selalu terlihat setiap malam pada lintang utara, karena letaknya berada di sekitar kutub. Rasi bintang ini terletak dekat dengan rasi Little Dipper atau Ursa minor.

5.ANDROMEDA BLACK
      Andromeda Black, salah satu anggota keluarga Black yang juga berprofesi sebagai Pelahap Maut alias the Death Eater. Meski tidak pernah diceritakan dalam kisah Harry Potter tapi keberadaan Andoremeda Black diperlihatkan dalam Pohon Keluarga Black sebagai sepupu jauh dari Sirius Black.
Andromeda (IPA: /ˌanˈdrɒmədə/) adalah suatu rasi bintang yang melambangkan putri Andromeda, di langit utara dekat Pegasus. Rasi ini cukup panjang dan redup, membentuk huruf "A". Rasi ini terkenal dengan Galaksi Andromedanya.


                                                                                 ANDROMEDA, THE PRINCESS

Itulah karakter-karakter pada novel Harry Potter yang ternyata berasal dari nama bintang yang telah kita kenal dan bahkan dapat di amati dari Indonesia. Seorang novelis terkenal J.K Rowling yang novelnya dibaca di berbagai belahan dunia ‘sepertinya’ menyukaii astronomi sehingga Ia mengambil nama-nama tersebut sebagai karakter pada novelnya.
 

2 komentar:

  1. Uwa. . . . . jie2, mian bru aq bka n aq bca skarang, coz dlu wkt bca tlisan.a kcil2 jie,

    wah hebat bnget, jie2 mpe tw detail.a jga, udah dech, gx bsa ngomong pa pa lgi jie, skaking WAW.a, ^o^

    BalasHapus
  2. @ Novie : yup, I LIKE STAR.. I LIKE HARRY POTTER too.. JK Rowling kykny suka astronomi kyk aku hehehe ^^
    sayang bgt karakter Andromeda Black gak di critain,, cm dsebut namanya doank -.-

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.