Minggu, 13 Maret 2016

Boyband Taiwan : 183 Club Profile

Masih ingin membahas seputar Boyband Legendaris dari Taiwan. Bodo ah walo sekarang jamannya Kpop. I come from the past, so what? Bagaimanapun juga para boyband Taiwan pernah sempat digandrungi oleh para penikmat musik Mandarin di tanah air, apalagi setelah “The Prince Who Turn Into A Frog” serial drama populer yang dibintangi oleh para personil 183 Club dan 7 Flowers berhasil meraih rating tinggi baik di Indonesia ataupun di negara asalnya, Taiwan. Bahkan “The Prince Who Turn Into A Frog” berhasil memecahkan rating Meteor Garden, walaupun setelah itu pada tahun 2008, “Fated To Love You” memecahkan ratingnya Frog Prince. Sekedar untuk menggali kembali ingatan tentang Boyband populer dari Taiwan ini, maka tak ada salahnya jika turut menyimak profile mereka di bawah ini...

Boyband Taiwan : 183 Club Profile”






Pertama kali mengenal dan suka ma 183 Club memang sejak serial “The Prince Who Turn Into A Frog” yang dibintangi oleh Ming Dao sebagai San Jun Hao/Tang Oh dan Joe Chen Qiao En sebagai Ye Tian Yu diputar di layar kaca Indosiar pada tahun 2006 lalu. Begitu populernya serial ini, bahkan ada sinetron Indonesia yang mengadaptasinya dengan judul “Impian Cinderella” yang dibintangi Indra L Brugman. Sinetron tersebut telah mengaku jika diadaptasi dari “The Prince Who Turn Into A Frog” jadi saya tidak akan menuduh menjiplak, kan uda ngaku kalau di adaptasi, beda kalau gak mau ngaku kayak sinetron yang lain.


Dalam serial “The Prince Who Turn Into A Frog” tersebut, semua member 183 Club turut mengambil bagian dalam serial. Ming Dao sebagai San Jun Hao/Tang Oh, Ehlo Huang sebagai Li Da Wei (asisten San Jun Hao), Sam Wang sebagai Xu Chi Chien (sahabat San Jun Hao sejak kecil), dan Jacky Chu serta Johnny Yen turut tampil sebagai bintang tamu.

Walau saya sempat membenci Johnny Yen karena perannya sebagai Chi Xing Feng dalam Snow Angel yang selalu merusak hubungan antara Ji Teng (Toro) dan Xue Tung (Margaret Wang), tapi tetap dia adalah bagian dari 183 Club jadi mau gak mau ya kalau liat 183 Club ya harus liat dia juga -___- Berbeda dengan Energy yang murni terkenal karena musik, para member 183 Club dikenal karena membintangi banyak sekali serial populer poduksi SETTV.

Johnny Yen as Chi Xing Feng @ Snow Angel

183 Club adalah sebuah boyband yang berada dalam Agensi Jungiery Star alias J-Stars, Agensi yang juga menaungi 5566, K-One, La La, 7 Flowers dan TORO. Tapi setidaknya nasib 183 Club tidak semengenaskan TORO, di mana setelah banyak lagu yang dia tulis untuk 5566, K-One, 183 Club dan 7 Flowers, karena sebuah skandal asmara dan dengan tuduhan “melanggar peraturan”, TORO “ditendang keluar” oleh Sun De Rong selaku pimpinan J-Stars, setelah sebelumnya sempat dibekukan. Damn You J-Star, suka banget “bekuin” orang -___-


Awalnya, 183 Club hanya kehilangan 2 membernya yaitu Jacky Chu dan Johnny Yen. Jacky Chu, sang vokalis utama 183 Club “ditendang keluar” oleh Sun De Rong setelah tertangkap basah menggunakan narkotika. Jacky sempat menjalani terapi agar bisa sembuh dari ketergantungannya pada obat terlarang itu, tapi tetap tak ada jalan kembali ke 183 Club, Saat Jacky Chu keluar, 183 Club seolah kehilangan rohnya. Walau Ming Dao populer dengan dramanya dan dia adalah “Face Of The Group”, tapi saat menyanyikan lagu, tanpa Jacky, 183 Club kehilangan kekuatannya. Karena yang memiliki kualitas suara diatas rata-rata memang hanya Jacky Chu seorang. Dan setelah Jacky Chu pergi pun, 183 Club tak lagi merilis album baru hingga detik ini. Tak lama setelah skandal Jacky Chu, Johnny Yen – Sang Leader pun memutuskan untuk hengkang dari group. Dengan alasan ingin beristirahat dari hiruk pikuk dunia hiburan, Johnny memilih pergi. 

Ming Dao, Face Of The Group. Sama seperti TORO, dia yang paling populer dalam grup

Dan setelah Johnny Yen pergi, Ming Dao pun mengikuti jejaknya. Pada tahun 2010, Ming Dao meninggalkan J-Stars dan mendirikan Agensi sendiri yaitu MID. Gino dari K-One dan Anthony dari La La (Ye Tian Yu younger brother) juga ikut bergabung dalam agensinya. Nih Ming Dao ujung-ujungnya bikin Agensi sendiri kayak TORO hehehe =) Dengan perginya 3 member, kini 183 Club hanya menyisakan Sam Wang dan Ehlo Huang dan secara tidak langsung (walau tak ada pengumuman resmi dari J-Stars) menyiratkan bahwa nasib 183 Club sudah berakhir alias bubar T___T




Profile :
Origin : Taiwan
Genre : Pop Music
Years Active : 2004-present (walau fakta bahwa dengan keluarnya 3 member, 183 Club sudah tak aktif lagi)
Labels : Warner Music
Member :
Ehlo Huang
Sam Wang
Former Member :
Jacky Chu
Johhny Yen
Ming Dao 


Members

Current

Stage name
Birth name
Date of birth
English
Chinese
Romanized
Chinese
Sam Wang
王少偉
Wang Shao Wei
王少偉
December 18, 1976 (age 38)
Ehlo Huang
黃玉榮
Huang Yu Jung
黃玉榮
April 1, 1977 (age 38)

 

Former

Stage name
Birth name
Date of birth
English
Chinese
Romanized
Chinese
Jacky Chang
張又天
Chu Fan Kang
祝釩剛
August 22, 1979 (age 36)
顏行書
Yen Hsing Shu
顏行書
September 8, 1976 (age 39)
Ming Dao
明道
Lin Chao Chang
明道
February 26, 1980 (age 35)


Filmography


Discography

  • La Robe De Mariage Des Cieux (Heaven's Wedding Gown) OST (2004)
  • The Prince Who Turns into a Frog OST (2005)
  • The Magicians of Love OST (2006)
  • The First Album (2006)
  • Angel Lover OST (2007)
  • Love Miracle 1
  • Love Miracle 2
  • Love Miracle 3


Sesuai dengan namanya, 183 Club berdiri dengan 5 anggota yang memiliki tinggi rata-rata 183 cm. Walaupun sebenarnya hanya Johnny Yen yang benar-benar memiliki tinggi 183 cm. 183 Club adalah boyband yang merupakan bagian dari Jungiery Star alias J-Stars. Sebenarnya nama asli mereka adalah “183 Yu Le Bu” yang berarti “183 Entertainment Group”, tapi karena namanya terlalu panjang jadi akhirnya diputuskan untuk menyingkatnya dan menggunakan tinggi rata-rata dari para membernya sebagai nama grup mereka.


Berbeda dengan Energy yang murni meraih kesuksesan dari musik, 183 Club meraih popularitas mereka sebagian besar dari drama. Drama yang paling populer adalah The Prince Who Turn Into A Frog dan The Magician Of Love, yang mana semua soundtrack serial drama tersebut diciptakan oleh TORO dan Magician Of Love Original Soundtrack memenangkan penghargaan “Best Original Soundtrack” pada tahun 2007 dalam 2007 HITO Radio Music Awards, yang dipersembahkan oleh stasiun radio HIT FM Taiwan, setelah kesuksesan serial tersebut di tahun 2006.


Hhhhhhmmmm...Lagunya sukses harusnya thank to Composer donk ya *lirik TORO* tapi sayangnya, para pencipta lagu tersebut kebanyakan dilupakan orang karena para fans umumnya hanya mengingat artis yang menyanyikannya. Poor TORO -__- Well, jadi itulah sejarah singkat 183 Club bagi kalian yang tidak tahu, tidak kenal atau sekedar ingin mengenal boyband yang dulu sempat populer di tanan air Indonesia.


Oia, tahun 2013 lalu, 183 Club sempat reuni dan muncul dalam sebuah acara di Taiwan dan mereka menyanyikan lagu hits mereka yang berjudul "Yi Ba San" alias "Sebuah Payung", membuktikan walau bahwa grup mereka sudah "bubar" tapi para membernya masih tetap berkawan baik. Seneng liatnya walaupun tak mungkin kembali seperti dulu.

Photos Credit : ON LOGO
Profile Credit : Dikutip sebagian dari wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads