Sabtu, 13 April 2013

REGULUS, Sang Pangeran Utara

Masih ingat dengan adik dari Sirius Black di Film Harry Potter and the Half Blood Prince ?? Yeah right !!! Adik dari Sirius Black tersebut bernama “REGULUS ARCTURUS BLACK dan dia merupakan salah satu dari Pelahap Maut anak buah Voldemort.. 

Dalam kisah Harry Potter, di kisahkan bahwa REGULUS ARCTURUS BLACK telah mencuri salah satu Horcrux Voldemort yang disembunyikan di dalam sebuah kalung milik Salazar Slyterin.. Tapi kali ini saya tidak ingin membahas soal kisah Harry Potter, karena saya yakin kebanyakan dari kalian, pasti sudah tau jalan ceritanya.. Kali ini saya ingin membahas asal mula nama “REGULUS ARCTURUS BLACK” tersebut...




“REGULUS, Sang Pangeran Utara”






Tahukah Anda bahwa  nama “REGULUS ARCTURUS BLACK” adalah nama yang diambil dari gabungan 2 bintang di langit ?? Regulus dan Arcturus masing-masing adalah sebuah bintang yang bersinar sangat terang di konstelasi bintangnya masing-masing. Di pembahasan sebelumnya, saya sudah menulis soal bintang SIRIUS dan Bintang ARCTURUS, jadi kali ini saya akan membahas soal bintang REGULUS.

Rēgulus berasal dari bahasa Latin yang berarti Pangeran atau Raja Kecil. Nama Regulus diberikan oleh astronom terkenal Polandia, Nicholaus Copernicus. Dalam peradaban Sumeria kuno, Regulus berarti bintangnya Raja. Orang Yunani menyebutnya Basiliscus yang berarti sama. 




Regulus (α Leo / α Leonis / Alpha Leonis) adalah bintang paling terang di rasi Leo dan termasuk bintang yang cemerlang di langit malam. Memiliki magnitudo (skala kecerlangan bintang) 1.4, diameter dan massanya tiga kali lebih besar dari matahari. Temperatur permukaannya sekitar 12.500 K, bandingkan dengan matahari kita yang “hanya” 6.000 K. Regulus dapat bersinar 160 kali lebih terang daripada matahari kita. Regulus termasuk salah satu bintang yang mudah kita kenali di langit malam.




Bintang ini berada pada jarak 77.5 tahun cahaya dari Bumi. Regulus merupakan sistem multi bintang yang terdiri dari empat bintang yang tergabung dalam dua pasang bintang. Regulus A terdiri dari bintang biru keputihan dan pasangannya yang belum diamati, berkemungkinan adalah bintang katai putih (white dwarf).[1] Di depan Regulus A terdapat pasangannya yang terdiri dari Regulus B dan Regulus C, yang merupakan bintang redup.

Regulus A adalah bintang yang cemerlang di langit malam dengan magnitudo yang mengesankan. Regulus B merupakan bintang katai kelas K2 yang jauh lebih redup dibandingkan komponen A. Komponen terakhir, Regulus C, adalah bintang merah kecil dan yang paling redup di antara tiga komponen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads