Rabu, 15 April 2015

Wuxia Character Names & The Meaning

Name alias nama. Walaupun ada pepatah yang mengatakan “Apalah artinya sebuah nama?” tapi jika kita tidak memiliki nama, bagaimana orang lain akan mengenal kita? Bukankah setiap makhluk hidup, khususnya manusia dikenal karena namanya? Kita tidak bisa memanggil seseorang dengan “Si A, Si B, Si C” dst kan? Begitu juga dalam sebuah film.. Nama suatu karakter adalah hal yang sangat penting. Saya sebagai penulis novel juga kadang kesulitan dalam menentukan sebuah nama. Walau saya cenderung lebih menyukai nama-nama yang mengandung unsur alam, seperti dalam novel “Rain and Tears”, saya menamai tokoh utama saya dengan Tian Yu () dimana Tian () adalah Langit dan Yu () adalah Hujan, karena Tian Yu ditemukan terluka parah saat Langit sedang turun Hujan. Juga Yun Feng () untuk tokoh utama prianya, dimana Yun () disini adalah awan dan Feng () adalah Angin. Jika bagi seorang penulis amatir seperti saya saja sebuah nama sangat berarti, apalagi untuk sebuah produksi film yang populer?






Dalam salah satu adegan dalam Chinese Paladin 3 ada sebuah kalimat yang berkesan antara Xue Jian dan Jing Tian yang saat itu sama-sama merasa saling mencintai tapi masing-masing belum memiliki keberanian untuk mengutarakan perasaan masing-masing.


Xue Jian : “Pendekar Xu pernah berkata, bahwa seseorang yang ditakdirkan untukku adalah seseorang yang namanya memiliki unsur alam dan saat aku mengangkat kepala dan melihat ke atas, aku akan bisa melihatnya dengan jelas. Tapi saat aku mengangkat kepala dan melihat keatas aku bisa melihat banyak hal : Bintang, awan, matahari, bulan dan langit.”

Jing Tian : “Itu pasti Langit (Tian).” Jing Tian menunjuk pada dirinya sendiri. Tapi Xue Jian masih mencoba menolak kemungkinan itu, dia berkata menentang.
Xue Jian : “TIDAK! Itu pasti Awan (Yun) dan yang dimaksud Pendekar Xu adalah Lei Yun Ting.”
Jing Tian : “Tapi kau tidak selalu bisa melihat awan. Saat hari terlalu cerah, justru tak ada awan diatas sana,” Jing Tian bersikeras menyangkal. Xue Jian yang masih tak percaya lalu berlari begitu saja.


Malamnya mereka berdua bertemu lagi setelah melihat pesta kembang api yang disiapkan Lei Yun Ting untuk Xue Jian. Tapi kali ini Xue Jian tidak mencoba menyangkal lagi.
Xue Jian : “Gigi sayur, saat aku mengangkat kepala dan melihat ke atas yang kulihat adalah...”
Jing Tian : “Langit (Tian) dan itu adalah aku. Aku menyukaimu. Benar-benar menyukaimu.”


Dari kalimat itu saya menyadari bahwa kebanyakan karakter dalam film China memiliki nama-nama yang bila diartikan memang memiliki sebuah arti tersendiri dan bahkan cenderung berkesan. Ingin tahu karakter mana saja dan dari film manakah? Bagi anda yang hobi nonton film apalagi jika film yang Anda tonton adalah Ancient Chinese Series alias wuxia pasti tak asing lagi dengan nama-nama ini.. Let’s check it out :

Note : -Er secara umum berarti anak. Biasanya panggilan ini digunakan untuk seseorang yang lebih muda atau anak kecil. Banyak tokoh dalam Ancient Chinese Series yang menggunakan panggilan ini dalam nama nama mereka, contohnya : Rong Er, Jing Er dan Kang Er dalam Legend Of The Condor Heroes, dimana panggilan ini ditujukan untuk Huang Rong (Rong Er), Guo Jing (Jing Er) dan Yang Kang (Kang Er).

From Chinese Paladin 1 & 3 :
1. Jing Tian (景天) : Pemandangan Langit. Di mana Jing () dari kata “Scenery” yang berarti pemandangan dan Tian () dari kata “Langit”.
Jing Tian selalu memperkenalkan dirinya dengan kalimat : “Wo se Jing Tian. Jing Tian te Jing, Jing Tian te tian” yang artinya “Aku adalah Jing Tian. Jing dari kata pemandangan dan Tian dari kata Langit.”


2. Long Yang (龙阳) : Dragon Sunshine. Naga melambangkan Sang Kaisar dimana Pangeran Long Yang lahir sebagai Putra Mahkota Kerajaan Jiang. Dan kata “Yang () ” disini berasal dari kata “Tai Yang (太阳)” yang artinya “Matahari”. Karena Long Yang lahir bertepatan dengan fajar menjelang dan Sang Raja berharap sang Pangeran kecil kelak bisa bersinar terang seperti matahari.


3. Xue Jian () : Melihat Salju, di mana “Xue ()” di sini adalah “Salju” dan “Jian ()” yang berarti “Melihat”. Hal ini karena bayi Xue Jian ditemukan pada saat hari turun salju.


4. Xi Yao (夕瑶) : Dusk Jade alias Giok Senja. Mungkin ini karena Xi Yao digambarkan sebagai seorang Dewi yang sangat cantik bagaikan Giok di waktu senja.

=
5. Long Kui (龙葵) : Dragon Sunflower. Long Kui adalah karakter yang diceritakan sangat menyukai bunga matahari, mungkin ini ada hubungannya dengan namanya sendiri. Sesaat sebelum Pangeran Long Yang gugur di medan perang, Sang Pangeran memberikannya bibit bunga matahari dan berharap kelak bila mereka bertemu lagi, mereka bisa bertemu di sebuah tempat yang indah yang penuh dengan bunga matahari kesukaan Long Kui.


6. Hua Ying (花楹): Flower Pillar alias Bunga Pilar.


7. Xiao Yao (逍遥) : Carefree. Well, karakter Li Xiao Yao memang seorang pria yang carefree alias bebas kan? Bebas disini adalah dia sangat menikmati hidup, seolah tak ada tekanan atau kesulitan apapun dalam hidupnya. Selalu bercanda dan suka main-main. Mungkin nama ini memang menunjukkan karakter Li Xiao Yao dalam drama.


From Fairy From Wonderland/Seven Of The Sky :
1. Xiao Chi (小七) : Little Seventh. 
Karena dia adalah putri ketujuh alias putri terkecil Kaisar Langit. Mungkin sama seperti kasusnya Putra Keluarga Yang dalam The Young Warrior Of The Yang Clan di mana anak-anak Keluarga Yang dipanggil berdasarkan urutan kelahiran mereka, sebagai contoh : Yang Liu Lang, di mana Liu di sini adalah 6 (enam) dan Lang adalah anak laki-laki, jadi artinya anak laki-laki keenam Keluarga Yang. Mungkin kayak gitu kale ya?


2. Di Gua (地瓜) : Sweet potato alias Kentang Manis. Tak tahu pasti kenapa karakter Hu Ge disini sampai dijuluki Kentang Manis. Well, maybe Dong Yong is really sweet like potatoes hehehe ^.^


3. Xiang Xue Hai (香雪海) : Fragrant sea of snow alias Keharuman Salju di tengah Laut. Pemandangan paling indah yang ingin dilihat Xue Hai saat berada di dunia manusia.

From Legend Of The Condor Heroes :
1. Huang Rong (黄蓉) : Yellow Lotus alias Lotus Kuning. 
Di mana Huang () disini adalah kuning, dan Rong (蓉) adalah Lotus. Mungkin ini karena karakter Huang Rong (Oey Yong) dalam novel memang digambarkan secantik bunga, jadi Lotus di sini menggambarkan bahwa Huang Rong adalah seorang gadis yang secantik bunga.


2. Mu Nian Chi (穆念慈) : Solemn thinking Loving alias Selalu serius dan penuh kasih. 
Well, memang seperti ini kan karakter Mu Nian Chi. Dia adalah gadis baik hati yang selalu tampak serius tapi sangat penuh kasih pada orang lain. Nama ini sangat cocok menggambarkan karakter Mu Nian Chi dalam novel.


From Putri Huan Zhu aka Princess Returning Pearl :
1. Xia Che Wei (夏紫薇) : Summer myrtles. 
Dalam novel, Che Wei memang dikisahkan lahir pada musim panas, tapi kurang yakin dengan kata “Myrtles”-nya. Secara Myrtle tuh artinya merana. Aneh banget hahaha ^.^ Mungkin merana karena awalnya kan ayahnya ninggalin dia dan ibunya sejak dia belum dilahirkan dan hanya meninggalkan sebuah lukisan.


2. Xiao Yan Chi (小燕子) : Little Swallow alias Walet Kecil. Nama ini mencerminkan karakternya yang suka terbang ke sana kemari alias bebas dan ceria.


3. Han Xiang (含香) : Contain fragrance alias Mengandung Aroma. Han Xiang memang diceritakan bahwa dia dilahirkan dengan aroma harum yang membuat kupu-kupu beterbangan ke arahnya setiap kali dia bergerak atau menari.

From Xuan Yuan Sword :
1. Jian Chi (剑痴) : Sword maniac alias Maniak Pedang. Hu Ge’s character in Xuan Yuan Sword.
2. Jing Chou (靖仇) : Quiet Enmity or hatred alias permusuhan atau kebencian yang tenang. Dia dinamai seperti ini karena dia membawa dendam ingin mengembalikan kerajaannya.
3. Yu’er  (玉儿) : Jade alias giok.
4. Xiao Xue (小雪) : Little Snow alias Salju Kecil. Salju yang putih identik dengan kebaikan dan kemurnian, dan warna putih salju memang sesuai dengan karakter Xiao Xue yang polos dan baik hati.
5. Yue Er (月儿) : Moon alias Bulan. Dia dan Tian Ming sebenarnya melambangkan sinar bulan yang terang dalam Qin Dinasty.

From Another Ancient Chinese Series :
1. Guihai Yidao (归海一刀) : The blade which belongs to the sea alias Pisau Milik Laut. Gak ngerti maksudnya apa sih. Cuma artinya berkesan aja hehehe ^.^

2. Dong fang Bubai (东方不败) : Invincible East alias Timur Yang Tak Terkalahkan. Yang ironisnya, dia justru dikalahkan oleh cinta pada akhirnya.

3. Abbess Miejue (灭绝师太) : Annihilate alias memusnahkan. Nama ini sangat cocok untuknya karena dia sangat ingin memusnahkan sekte Ming.

4. Tian Ming (天明) : Dawn alias Fajar.
5. Shao Yu (少羽) : Young Feather alias Bulu Muda. Shao dipakai karena pada saat itu dia sangat muda, namanya yang sesungguhnya adalah Xiang Yu. Mungkin bulu melambangkan karakternya yang walau terlihat lembut dan lemah dari luar tetap sebenarnya sangat kuat karena tanpa bulu, seekor burung tak dapat terbang.

6. Xue Nu (雪女) : Snow lady alias Gadis Salju. Sangat sesuai dengan karakter Xue Nu karena dia sangat dingin dan terlihat seperti salju lengkap dengan rambut putihnya.

7. Bai Yunfei (白云) : White Clouds Flying alias Awan Putih yang Beterbangan.
8. Qing Xue (晴雪) : Clear Snow alias Salju yang Bening. Dia adalah karakter dari “Legend of the Ancient Sword”.

Banyak banget sebenarnya arti nama karakter dalam chinese khususnya Wuxia yang bagus dan berkesan, tapi untuk sementara ingetnya cuma itu aja hehehe ^.^ Ada yang bisa menambahkan ??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads