Minggu, 11 Januari 2015

Wuxia Character : Huang Rong dari Masa Ke Masa

Masih membahas seputar serial Wuxia populer favorite saya “Legend Of The Condor Heroes”. Kali ini kita akan membahas tentang aktris utamanya yaitu Huang Rong (Oey Yong), putri dari si Sesat Timur dan Pemilik Pulau Bunga Persik, Huang Yao Shi (Oey Yok Shu). Tapi yang saya bahas adalah para pemerannya dari masa ke masa, bukan tentang karakternya yang kita semua pasti sudah tahu donk Huang Rong (Oey Yong) itu seperti apa.

Di antara Trilogy Condor Heroes, saya  PALING SUKA dengan “THE LEGEND OF THE CONDOR HEROES” ini, karena karakternya yang kuat kali dan tidak membosankan. Huang Rong (Oey Yong) yang cerdas, centil, jahil, lincah, periang, nakal,dan manja ini  sangat berbanding terbalik dengan sang kekasih yaitu Guo Jing (Kwee Cheng) yang bodoh, lugu, polos dan baik hati. Pasangan yang sebenarnya bagai bumi dan langit hehehe =) Dan sekarang kita mulai dari si gadis cerdas yang cantik dan banyak akal, Huang Rong (Oey Yong).

Li Yi Tong as Huang Rong (Oey Yong) 2017






Berhubung Huang Rong (Oey Yong) adalah karakter wanita favorite saya dalam serial Wuxia, jadi saya memutuskan untuk memulai artikel pemeran serial "Legend Of The Condor Heroes" ini dari sang aktris utama. 

Dari sejak pertama kali dibuat pada tahun 1976, "Legend Of The Condor Heroes" telah dibuat 7 kali remake mulai dari tahun 1976, 1983, 1988, 1994, 2003, 2008 dan yang terakhir pada tahun 2017. Dari 7 adaptasi remake yang pernah dibuat dan sudah ditayangkan secara resmi) mengingat versi 2017 masih belum ditayangkan secara resmi di stasiun TV Indonesia), sebenarnya saya hanya menonton 4 di antaranya yaitu :

1. Legend of the Condor Heroes 1983-TVB HK, dengan para pemain :
Felix Wong (Guo Jing/Kwee Cheng), Barbara Yung (Huang Rong/Oey Yong), Michael Miu Kiu Wai (Yang Kang/Yo kang), Sharon Yeung (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



2. Legend of the Condor Heroes 1994-TVB HK, dengan para pemain :
Julian Cheung (Guo Jing/Kwee Cheng), Athena Chu (Huang Rong/Oey Yong), Gallen Luo (Yang Kang/Yo Kang), Sherly Kwan (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



3. Legend of the Condor Heroes 2008-Chinese Entertainment Shanghai (Mainland China), dengan para pemain :
Hu Ge (Guo Jing/Kwee Cheng), Ariel Lin (Huang Rong/Oey Yong), Justin Yuan Hong (Yang Kang/Yo Kang), Cecilia Liu (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).


4. Legend of the Condor Heroes 2017 - Chinese Huace Media (Mainland China), dengan para pemain :
William Yang Xu Wen (Guo Jing/Kwee Cheng), Li Yi Tong (Huang Rong/Oey Yong), Chen Xing Shu (Yang Kang/Yo Kang), Meng Chi Yi (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).

 


Yang versi 1976, 1988 dan 2003 saya sama sekali TIDAK BERMINAT UNTUK MENONTON !!!
1. Legend Of The Condor Heroes 1976, dengan para pemain :
Jason Pai (Guo Jing/Kwee Cheng), Michelle Yim (Huang Rong/Oey Yong), Bruce Leung (Yang Kang/Yo Kang), Mang Chau (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).

Masak Guo Jing tampangnya kayak penjahat gitu? -__-

Jason Pai (pemeran Guo Jing) dan Bruce Leung (pemeran Yang Kang), TIDAK SEDAP DIPANDANG MATA !!! Jeleknya gak ketulungan, bikin sepet mata aja... They lack of looking. Sorry If I’m too harsh, but I just try to be honest. Sebagai penonton awam, tentu bagiku yang paling penting adalah wajah artisnya baru akting nomor sekian. Kalau wajahnya aja uda bikin gak nafsu, mana bisa tahan nonton film segitu panjang? Gak perlu munafik, semua orang pasti menilai dari wajahnya dulu, dari mata baru turun ke hati, bener gak? Jason Pai adalah om-om ketuaan yang dipaksa berakting menjadi remaja -__-

2. Legend Of The Condor Heroes 1988, dengan para pemain :
Howie Huang (Guo Jing/Kwee Cheng), Idy Chan (Huang Rong/Oey Yong), Poon Wang Ban (Yang Kang/Yo Kang), Chiu Su Yi (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).


Kalau versi yang ini, Howie Huang (pemeran Guo Jing) dan Poon Wang Ban (pemeran Yang Kang) uda enak dipandang mata. Gak cakep amat, tapi juga gak jelek amat. Tapi enak dipandang mata pokoknya. Namun sayang, pemeran ceweknya SALAH CASTING !!! Idy Chan (pemeran Huang Rong), jujur saja, wajahnya yang sendu mendayu-dayu membuatnya GAK COCOK berperan menjadi gadis remaja berusia 15-16 tahun yang cerdas dan ceria, dia juga memiliki wajah keibuan dan rasanya lebih pantes kalau dia dapet peran BIBI aja daripada peran seorang gadis remaja berusia 15-16 tahunan. 

Idy Chan terlihat seperti tante-tante yang dipaksa berakting menjadi seorang gadis remaja -__- Usia 15 tahun umumnya masih duduk di bangku kelas 3 SMP, tapi mana ada anak SMP wajahya uda kayak ibu-ibu gini? T__T
 

Di samping itu, karena saya eneg dengan karakter yang pernah diperankan IDY CHAN sebelumnya yaitu Bibi Lung di Return Of The Condor Heroes bareng Andy Lau, dan karena saya GAK SUKA atau bisa dibilang BENCI BANGET dengan kisahnya sang pahlawan kesiangan yaitu Yoko dan Bibi Lung yang bagi saya, mereka berdua adalah pahlawan yang super duper EGOIS (dalam hati saya, gak pantes sih disebut HERO atau Pahlawan), LEBIH MEMENTINGKAN KEBAHAGIAAN PRIBADI daripada NASIB JUTAAN RAKYAT CHINA yang mengalami penjajahan. 


So karena eneg ma IDY CHAN-nya, males banget nonton Huang Rong (Oey Yong) versi dia. Denger-denger juga kalau “Legend Of The Condor Heroes 1988” versi IDY CHAN ma Howie Huang adalah LEGEND OF THE CONDOR HEROES PALING ANCUR SEPANJANG SEJARAH !!!
 
3. Legend Of The Condor Heroes 2003, dengan para pemain :
Li Ya Pheng (Guo Jing/Kwee Cheng), Zhou Shun (Huang Rong/Oey Yong), Zhou Jie (Yang Kang/Yo Kang), Shui Ling (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu)

 

Satu lagi remake yang MEMAKSAKAN para om-om dan tante-tante berakting menjadi remaja. Satu-satunya versi remake yang dipenuhi para pemeran berwajah tua yang dipaksa berperan menjadi anak remaja -__- 

Versi LOCH yang ENGGAK BANGET bagiku !!! Karena aku gak suka Li Ya Pheng dan Zhou Shun yang sama sekali GAK COCOK jadi Guo Jing (Kwee Cheng) maupun Huang Rong (Oey Yong), mereka sama sekali GAK GOOD LOOKING alias gak enak dipandang mata, plus kostumnya yang dekil abis, serta setting dan pencahayaan yang gelap dan muram, membuatku jadi ilfil walau cuma liat iklannnya aja hehehe =) 


Walaupun digambarkan dalam novel, Guo Jing bukan pemuda yang tampan tapi setidaknya jangan ancur-ancur banget kayak Li Ya Pheng lah...He is very Lack of Looking, kalau gak mau dibilang UGLY !!! Masak gak bisa sih cari yang agak sedap dipandang mata kayak Felix Wong atau Hu Ge? 

Mereka memang tidak setampan Julian Cheung, tapi setidaknya, wajah mereka enak dipandang mata, gak bikin sepet mata, gak bikin bete yang liat, dan bisa memberikan hiburan bagi penonton awam sepertiku. Maaf ya Fansnya Li Ya Pheng dan Zhou Xun. Walau settingnya bagus pun, tetep ilfil. Liat iklan dan fotonya aja uda eneg !!! Mending gak nonton deh hehehe =)

Huang Rong (Oey Yong) dari masa ke masa :
1. Michelle Yim as Huang Rong (Oey Yong) versi 1976.
Dia adalah Huang Rong (Oey Yong) yang pertama, tapi entah kenapa popularitasnya kalah banget ma Barbara Yung (1983). Padahal seharusnya, siapa yang pertama, merekalah yang lebih dulu dikenang fans dan meninggalkan kesan mendalam. Menurutku sih Michelle Yim lumayan cantik, tapi sayang Jason Pai yang jadi Guo Jing (Kwee Cheng) jelek banget. Gak pantes aja bersanding ma Michelle.


Kalau menurutku, gagalnya serial ini disebabkan oleh terlalu jeleknya wajah sang pemeran utama pria yaitu Jason Pai. Maaf, bukan ingin menghina fisik seseorang tapi di dunia hiburan yang ketat dengan persaingan, wajah adalah syarat mutlak bagi seorang artis yang tidak bisa dibantah. Sebagai seorang penonton awam, pastilah yang jadi perhatian utama adalah wajah para artisnya, khususnya sang pemeran utama. Kalau artisnya jelek dan gak enak dipandang mata, buat apalah habisin waktu liat? Bener, kan? Buang-buang waktu, tenaga dan uang aja buat liat -__-

Michelle Yim and Jason Pai as Huang Rong (Oey Yong) and Guo Jing (Kwee Cheng) 1976.
Nilai sendiri gimana Guo Jing (Kwee Cheng)-nya. Tar kalau saya bilang "Jelek" dibilang menghina orang -_-

Bagiku pribadi, pemilihan artis turut menentukan dalam sukses atau tidaknya sebuah film atau drama, baru kemudian menyusul aspek lain seperti : akting pemainnya atau alur cerita. 


Karena kalau tampilan luarnya aja uda gak EYES CATCHING, gimana bisa menarik penonton untuk melihat akting mereka? Bagaimana seseorang bisa menilai akting seseorang kalau gak liat filmnya? Dan bagaimana seseorang tertarik liat filmnya kalau pemain yang dipasang GAK GOOD LOOKING semua?


2. Almarhum Barbara Yung as Huang Rong (Oey Yong) versi 1983.
Barbara Yung adalah versi yang paling terkenal. Mayoritas orang (jaman dulu) menganggap bahwa Barbara Yung adalah Huang Rong (Oey Yong) yang tidak bisa tergantikan. Dia adalah Huang Rong (Oey Yong) yang terbaik. Sah-sah saja bila ada yang berpikir seperti itu, karena melihat kegagalan versi 1976 dan versi 1988, sebelum dan sesudah Barbara tak ada yang berhasil sukses alias GAGAL TOTAL semua, tidak salah kalau orang di jaman itu menganggap Barbara lah yang terbaik. 

Tapi seiring dengan perkembangan jaman, secara pribadi aku agak kurang setuju, mengingat ada beberapa karakter Barbara yang sebenarnya membuatku merasa “TERGANGGU” saat melihat Huang Rong (Oey Yong) versinya. Uuuppzz,, Sorry Barbara Fans =)

 
 

Untuk ukuran artis di era tahun 1980an, Barbara Yung memang terbilang cantik, apalagi jaman dulu jarang ada operasi plastik jadi wajah Barbara dijamin asli dan gak tersentuh pisau bedah apa pun. Tapi sayang dia meninggal dalam usia muda. Walau begitu, aku lebih suka cantiknya Athena Chu yang terkesan lebih kalem. Karena cantiknya Barbara terkesan lebih judes, sedangkan kalau Athena lebih kalem. Itu menurutku sih, orang punya selera, kan? Tapi mereka berdua memang yang PALING CANTIK dibandingkan para pemeran Huang Rong (Oey Yong) yang lain.

 
 


Yang membuatku sedikit “TERGANGGU” adalah Huang Rong (Oey Yong) versi Barbara Yung SANGAT SADIS dan berkesan JAHAT, dia juga terlihat sangat Childish alias ngambekan dan cemburuan. Ada banyak scene di mana Huang Rong (Oey Yong) meminta bantuan Mei Chao Feng (Bwee Tiao Hong) untuk membunuh 6 pendekar Jiang Nan yang adalah guru Guo Jing (Kwee Cheng). Walau gagal, tapi dia ada niat buat membunuh karena guru Guo Jing (Kwee Cheng) ingin menjodohkan Guo Jing (Kwee Cheng) dengan Mu Nian Chi (Bok Liam Chu).



Kedua, Huang Rong (Oey Yong) versi Barbara Yung waktu pertama kali bertemu Hong Chi Khong (Ang Cit Khong) alias Pengemis Utara, dia terkesan jahat. Banyak scene yang membuatku merasa "terganggu" dan berpikir "pantes keenam gurunya Guo Jing gak suka sama Huang Rong, orang Huang Rongnya jahat gitu." Seperti misalnya : tidak mengijinkan Hong Chi Khong (Ang Cit Khong) tidur, dia malah dengan tanpa perasaan mengusir pengemis tua itu, lalu mengambil makanannya, melucuti pakaiannya kemudian diikat di tepi laut agar tenggelam kalau ada air pasang. JAHAT banget, kan? Gak suka. Gak suka. Lakon tuh gak boleh jahat. Itu sebabnya aku kurang suka dengan karakter Huang Rong (Oey Yong) yang ini !!!



Secara pribadi, aku kurang suka jika melihat aktris utama yang jahat dan sadis kayak gitu. Dikit-dikit nyuruh Mei Chao Feng orang bunuh. Nyawa kok kayak gak ada harganya bagi dia? EGOIS dan SEMAU GUE BANGET karakternya Huang Rong (Oey Yong) yang satu ini. 
 


Aktris utama kan harusnya baik. Mungkin aku adalah satu-satunya orang yang gak suka dengan Huang Rong (Oey Yong) versi Barbara Yung. Huang Rongnya memang terlihat cerdas, lincah, nakal, tapi CHILDISH dan SADISNYA itu yang bikin ILFIL. 

 
 

Andaikan versi Barbara gak sadis dan berkesan jahat alias suka nyuruh Mei Chao Feng bunuh orang, aku setuju dialah yang terbaik, tapi karena aku gak suka artis utama sadis dan jahat, so Athena is Better than Barbara. Sorry to say, I DONT LIKE BARBARA YUNG VERSION dan kalau dibandingkan dengan Athena Chu, I Choose Athena Chu (1994).



3. Idy Chan as Huang Rong (Oey Yong) versi 1988.
Mendapat predikat sebagai VERSI LOTCH yang PALING GAGAL adalah sebuah fakta yang menyakitkan, apalagi sebelumnya Idy Chan dianggap sukses memerankan Xiao Lung Ni (Bibi Lung) dalam "Return Of The Condor Heroes 1983" bareng Andy Lau. Tapi mungkin peran Bibi Lung yang kalem dan sendu mendayu-dayu itulah yang memicu anggapan para penonton bahwa dia gak pantes berperan sebagai Huang Rong (Oey Yong) yang lincah dan nakal, ditambah dengan Face-nya Idy yang emang kalem dan keibuan. Gak cocok banget mendapatkan peran gadis remaja nakal yang lincah dan ceria. Kesannya MAKSA. Idy adalah tante-tante yang dipaksa berakting menjadi remaja.


Matanya yang terkesan sedih dan wajahnya yang berbentuk bulat, gak mengeluarkan aura cerdas dan nakal sama sekali, yang ada malah kesan sendu mendayu-dayu. Umumnya orang yang terlihat cerdas adalah mereka yang memiliki bentuk wajah runcing atau lancap. Lihat saja wajah Barbara dan Athena Chu yang runcing dan lancap, cocok banget kan jadi peran cewek cerdas? 


Usia Idy saat memerankan Huang Rong (Oey Yong) adalah 28 tahun, masak seorang gadis remaja yang cantik dan cerdas yang berusia 15-16 tahun tapi yang muncul malah TANTE-TANTE? Wajahnya terlalu tua untuk memerankan seorang gadis berumur 15-16 tahun -___- GAK COCOK BLAS !!

Idy Chan as Huang Rong (Oey Yong).
Masak gadis 15-16 tahun wajahnya kayak tante-tante gini? 
Gak ada kesan pinter sama sekali..
Obyektif deh..
Idy Chan cocoknya peran BIBI, kayak Bibi Lung baru pantes =)

Bandingkan dengan Chiu Su Yi sebagai Mu Nian Chi, terlihat lebih pintar, lebih cantik dan lebih muda Chiu Su Yi, kan? Padahal harusnya Mu Nian Chi itu lebih tua dari Huang Rong (Oey Yong), kok malah Huang Rong (Oey Yong)-nya keliatan lebih tua dari Mu Nian Chi? Lucu banget membayangkan si Idy (Huang Rong/Oey Yong) memanggil Chiu Su Yi (Mu Nian Chi) dengan sebutan "Mu Jie-jie" aka "Kakak Bok" wkwkwk =) Yang dipanggil "Kakak" kok wajahnya malah lebih cantik dan lebih muda *Hadeh...* Gak salah casting tuh Sutradara? -____-

Chiu Su Yi as Mu Nian Chi/Bok Liam Chu.
Lebih cantik, lebih pintar dan lebih muda dia kan face-nya?
Obyektif deh, 
Aku rasa dia lebih cocok jadi Huang Rong (Oey Yong) ketimbang IDY CHAN !!
Gak cocok membayangkan Idy Chan (Huang Rong/Oey Yong) harus memanggil Chiu Su Yi (Mu Nian Chi) dengan sebutan "Kakak", secara wajahnya IDY terlihat LEBIH TUA kayak tante-tante -__-

Chiu Su Yi as Mu Nian Chi/Bok Liam Chu
Dia LEBIH CANTIK dan LEBIH MUDA dari IDY, lebih cocok jadi remaja berusia 15-16 tahun.
I think she is more suitable as Huang Rong (Oey Yong).
Tapi sayangnya Sutradara SALAH CASTING -___-

Selain itu, secara pribadi aku GAK SUKA KARAKTER BIBI LUNG, dia egois, mau menang sendiri, nyebelin, so semua pemeran Bibi Lung, aku gak suka, bukan cuma Idy aja. Maklum, aku gak suka karakter utama yang mementingkan kepentingan pribadi (dalam hal ini cinta pribadi) di atas kepentingan umum atau bangsa sama kayak karakter Yoko dan Bibi Lung serta Thio Bu Kie dan Thio Beng. Karena sejak awal terbayang image Bibi Lung yang menyebalkan jadi akibatnya ilfil duluan.


4. Athena Chu as Huang Rong (Oey Yong) versi 1994.
Huang Rong (Oey Yong) versi Athena Chu terkesan lebih dewasa dan ramah, walau tetap terlihat cerdas dan lincah. Gak pernah sekalipun Huang Rong (Oey Yong) menyuruh Mei Chao Feng (Bwee Tiao Hong) untuk membunuh orang, justru dia lebih berpihak pada ke-6 guru Guo Jing (Kwee Cheng) alias 7 Pendekar Jiang Nan untuk mengalahkan Mei Chao Feng. 




Di episode 12 waktu Mei Chao Feng datang ke Desa Guan Fei, kediaman Tetua Lu Chen Feng dan menantang ke-6 Pendekar Jiang Nan, Huang Rong (Oey Yong) justru membela guru kekasihnya dengan berkata “Kakak Mei, kau sangat tidak tahu diri! 6 Pendekar Jiang Nan sudah melepaskanmu tapi kau malah ingin membalas dendam.” Dengan tujuan agar Mei Chao Feng tidak melukai guru kekasihnya.  

BEDA BANGET kan karakternya? Huang Rong (Oey Yong) yang ini LEBIH “BAIK” dan lebih Manis. She is too cute !!! Membuatku merasa sama sekali gak ada alasan bagi ke-6 gurunya Kwee Cheng menentang hubungan mereka, Huang Rong (Oey Yong) kan baik banget. Gak jahat sama sekali !!!

 
 


Lalu saat pertama kali bertemu dengan Hong Chi Khong (Ang Cit Khong), Huang Rong (Oey Yong) yang langsung tahu kalau pengemis tua itu adalah Pendekar Besar yang sangat terkenal, Pengemis Utara, Huang Rong (Oey Yong) langsung bersikap manis dengan membuatkan banyak makanan untuknya. 

Walau disertai motif tertentu agar Hong Chi Khong (Ang Cit Khong) mau mewariskan ilmunya pada Guo Jing (Kwee Cheng), tapi sikap Huang Rong (Oey Yong) yang manis akhirnya membuat Hong Chi Khong (Ang Cit Khong) luluh dan sayang padanya. See? Huang Rong (Oey Yong) versi Athena Chu tidak terlihat culas, sadis or jahat sama sekali seperti versinya Barbara.



Athena berhasil membuatku menyukai karakter Huang Rong (Oey Yong) yang cerdas, lincah, banyak akal, cerewet, namun tetap baik hati dan manis pada semua orang khususnya pada Kakak Cheng-nya. Sama ke-6 guru Guo Jing (Kwee Cheng) yang awalnya gak setuju pun, Huang Rong (Oey Yong) hanya memaki seperti : memaki Guru ke-3 dengan sebutan si labu gendut atau berteriak kesal pada Guru ke-1 “Kalau kau buta, apa anakmu juga buta? Jangan selalu menghubungkan sikap ayahku denganku” tapi dia sama sekali gak pernah menyuruh Mei Chao Feng (Bwee Tiao Hong) untuk membunuh mereka.



Dari segi wajah, Athena adalah Huang Rong (Oey Yong) yang paling cantik. Barbara Yung memang cantik, tapi cantiknya berkesan judes. Sorry Barbara...Bentuk wajah Athena yang runcing dan lancap, memberikan kesan cerdas dan pintar, namun tetap baik hati.




5. Zhou Shun as Huang Rong (Oey Yong) versi 2003.
Satu lagi, tante-tante yang dipaksa berakting menjadi seorang gadis remaja. Dalam novel, Huang Rong (Oey Yong) adalah seorang gadis mungil yang baru berusia 15-16 tahun.  Dia adalah gadis muda yang cerdas, lincah, periang, manja, nakal dan jahil, walau dalam versi Barbara dibuat agak sadis dan mau menang sendiri. 

 

Tapi melihat Huang Rong (Oey Yong) versi Zhou Shun, sama sekali tidak terlihat Huang Rong (Oey Yong) yang nakal, jahil, ataupun berkesan cerdas. Huang Rong (Oey Yong) versi Zhou Shun malah terkesan lembut dan tenang pembawaannya. Lah? Huang Rong (Oey Yong) atau Mu Nian Chi tuh? Gak salah ta? Yang lembut dan tenang tuh Mi Nian Chi kale, BUKAN HUANG RONG (OEY YONG )!!! Gak tahu deh kenapa Loius Cha malah bilang Huang Rong (Oey Yong) versi Zhou Shun adalah Huang Rong (Oey Yong) yang Terbaik. Terbaik apanya?  

Karakternya malah berbanding terbalik dengan Novel gitu loh !!! Jangan-jangan tuh Louis Cha HANYA KASIHAN melihat ZHOU SHUN yang MENDAPAT HUJAN KRITIK dan dibashing sana sini. Jadi curiga nih. Ada yang bilang juga kalau Louis Cha memilih Zhou Shun karena mereka berasal dari kampung halaman yang sama, yaitu Zhe Jiang. Apa-apaan nih? Penilaian gak obyektif donk.



Setelah Idy Chan, dia adalah Huang Rong (Oey Yong) yang paling GAK BANGET menurut saya. HUANG RONG (OEY YONG) TERPARAH KEDUA setelah Idy. Huang Rong yang KETUAAN, tante-tante yang dipaksa menjadi remaja. 

Duh! wajahnya itu loh “MENGGANGGU” banget liatnya. Matanya kayak orang ngantuk, hidungnya pesek, wajahnya yang bulat gak memberikan kesan cerdas sama sekali 0__0 Seperti yang kubilang di atas kalau wajah artis tuh turut menentukan kesan pertama dari sebuah film untuk diminati atau tidak. Kalau yang main ancur semua gini, penonton males lah liat filmnya.

 
 
Rambutnya yang cuma dicepol doank malah bikin makin ilfil -___-

Maaf, bukan ingin menghina fisik seseorang tapi di dunia hiburan yang ketat dengan persaingan, wajah adalah syarat mutlak bagi seorang artis yang tidak bisa dibantah. Apalagi untuk penonton awam sepertiku, yang BUKAN JURI FESTIVAL FILM atau PENGAMAT FILM, jadi sudah tentu melihat film pasti melihat wajah artisnya lebih dulu, kalau artisnya jelek dan gak enak dipandang mata, buat apalah menghabiskan waktu untuk menontonnya? Rugi waktu, tenaga, uang buat beli DVD, rugi segala-galanya. Bener, kan?


So, bagiku pribadi, pemilihan artis turut menentukan dalam sukses atau tidaknya sebuah film atau drama, baru kemudian menyusul aspek lain seperti : akting pemainnya atau alur cerita. Karena kalau tampilan luarnya aja uda GAK EYES CATCHING, bagaimana mungkin bisa menarik penonton untuk melihat akting mereka? 

Bagaimana seseorang bisa menilai akting seorang artis kalau gak liat filmnya? Dan bagaimana seseorang tertarik liat filmnya kalau pemain yang dipasang GAK GOOD LOOKING semua? Baru iklan doank uda eneg bawaannya. 

Lagipula, denger-denger komentar di luar sana, banyak banget yang kecewa dengan Huang Rong (Oey Yong) versi ini, bukan cuma Huang Rong (Oey Yong)-nya sih tapi seluruh pemainnya. Walau gosipnya alur ceritanya mirip dengan Novel, tapi kalau yang main kayak gitu, Sorry To Say, aku gak minat.


Kalau alasan menonton versi 2003 hanya karena mirip dengan novel, maka versi remake terbaru yaitu "Legend Of The Condors Heroes 2017" adalah pilihan yang tepat. Setting yang memanjakan mata, para pemain yang cakep semua, alur cerita 95% mirip dengan novel dan berjalan cepat membuat VERSI 2017 layak disebut sebagai VERSI REMAKE LOTCH TERBAIK yang pernah ada. 

Atau pilihan kedua, tonton saja versi 1994 yang juga mirip dengan novelnya, kecuali settingnya yang kebanyakan fake, kostum pemain yang jarang ganti, juga tak ada kuda merah, tapi setidaknya kita memiliki Julian Cheung yang super duper manis semanis gula dan Athena Chu yang cantik, adalah nilai tambahan yang membuatnya LEBIH BAIK dari versi 2003 ini.



Bentuk wajah Zhou Shun yang bulat, hidungnya yang pesek, matanya yang kayak orang ngantuk, gak memancarkan sinar kecerdasan dan kelincahan seorang Huang Rong (Oey Yong) yang selama ini tercipta di otakku. Dia dan Li Ya Pheng benar-benar sangat “MENGGANGGU”

Walau gosipnya, si Penulis Novel sendiri, Louis Cha (Jin Yong) bilang kalau Zhou Xun adalah Huang Rong (Oey Yong) yang terbaik, tapi menurutku dia berkata seperti itu karena KASIHAN melihat ZHOU XUN mendapat HUJAN KRITIK dan ada yang bilang pula karena mereka berdua berasal dari kampung halaman yang sama, yaitu Zhe Jiang. Lagipula, aku hanya orang awam, yang menonton TV untuk hiburan, jadi jelas bagiku, wajah artis pemainnya adalah point utama yang harus dipertimbangkan.


6. Ariel Lin as Huang Rong (Oey Yong) versi 2008.
Setelah liat Zhou Shun yang “ANCUR” di tahun 2003, setidaknya Ariel JAUH LEBIH BAIK dari Zhou Shun. Ya walaupun aku pribadi agak terganggu dengan pipi tembemnya Ariel Lin yang membuatnya terlihat gendut, tapi setidaknya mendinglah daripada Zhou Shun yang gak enak dilihat sama sekali. 

Kabarnya, Ariel pun mendapat hujan kritik dan makian seperti : Huang Rong (Oey Yong) yang paling gendut, Huang Rong (Oey Yong) yang jarang beradegan silat, Huang Rong (Oey Yong) yang aktingnya kaku, Huang Rong (Oey Yong) yang akting pintarnya justru terlihat mengganggu, Huang Rong (Oey Yong) yang kurang lincah, kurang terlihat pintar dan lain sebagainya. 


But for me, she is better than Zhou Shun and IDY CHAN, jadi bagi yang bilang Ariel terlihat kurang pintar dan kurang lincah, apa kalian pikir si Zhou Shun dan Idy Chan keliatan pintar dan lincah? HELL, NO !!! Wajahnya Zhou Shun yang kayak orang ngantuk dan wajahnya Idy yang kayak tante-tante sama sekali gak keliatan pintar dan lincah. Ariel is BETTER THAN ZHOU XUN !!! Hanya saja pipinya yang nggelember (terlalu tembem) memang sangat mengganggu, karena membuatnya terlihat gendut -__-



Satu lagi kelebihan versi 2008, yaitu ostnya yang easy listening. Sebut saja "Ying Xiong Mo (Hero Solitude)" sebagai Opening Song, "Wu Yun Ran (by : Hu Ge)" sebagai ending song dan "Wo Zhe Neng Ai Ni (I Can Only Love You)" yang selalu muncul setiap adegan sedihnya Huang Rong (Oey Yong).


UPDATE : 16.09.2016
7. Li Yi Tong as Huang Rong (Oey Yong) versi 2017.
So, please Welcome, the new Huang Rong (Oey Yong) 2017 yang diperankan oleh Li Yi Tong. Kalau dilihat dari fotonya, Li Yi Tong si pemeran Huang Rong (Oey Yong) 2017 ini memiliki kantung mata yang kadang membuatnya terlihat seperti orang ngantuk jika dilihat dari angle yang salah. Tapi jika dilihat dari angle yang tepat, dia keliatan imut, masih cocok berperan sebagai gadis remaja berusia 15-16 tahunan. Bentuk wajahnya yang runcing membuatnya terlihat pintar bila dilihat dari angle yang tepat.

 Dia imut kalau kayak gini

Namun walau begitu, Li Yi Tong jelas masih lebih baik dari Idy Chan, Zhou Shun dan Ariel Lin dari segi penampakan wajah. Idy Chan seperti tante-tante ketuaan, Zhou Shun dilihat dari angle manapun tetep terlihat seperti orang mengantuk dan Ariel Lin dengan pipinya yang tembem alias chubby terlalu mengganggu karena memberikan kesan terlalu gendut.



Ada lagi, aku suka gaya rambut dan kostum dari Huang Rong (Oey Yong) versi 2017 ini. Walau ada yang berkomentar kostumnya terlalu memberikan kesan feminim dan mewah, tapi itu wajar saja mengingat Huang Rong adalah putri orang kaya yang ayahnya memiliki sebuah pulau pribadi. Masak sih bapaknya punya pulau pribadi tapi anaknya bajunya jelek dan dekil kayak Zhou Shun? -__- 

Justru versi 2017 ini yang cocok. Karena bagaimanapun juga Huang Rong (Oey Yong) adalah Nona Besar, putri dari pemilik Pulau Bunga Persik, kan? Jadi cocoklah kalau kostumnya bagus. Bukankah Barbara Yung juga kostumnya bagus-bagus? Kok gak ada yang ngritik Barbara, ya? Terus rambutnya Li Yi Tong juga bagus, setidaknya jauh lebih bagus dari rambutnya Zhou Shun yang cuma dicepol doank ala mbok jamu. Ampun deh 0_0 Untuk Li Yi Tong, dari kostum dan hairdo semua sesuai dengan seleraku. 

Guo Jing (Kwee Cheng), Zhou Bo Tong (Chiu Pek Tong) and Huang Rong (Oey Yong)

Huang Yao Shi (Oey Yok Shu), Feng Heng (Huang Rong's Mom) and Huang Rong (Oey Yong)

Kalau kayak gini, matanya kayak orang ngantuk 0_0

UPDATE : 24 September 2018

Meski tidak secantik Athena Chu (1994) atau Barbara Yung (1983), setidaknya dia masih lebih enak dilihat daripada Chou Shun (2003) dan Idy Chan (1988) yang seperti tante-tante yang dipaksa berakting muda, juga lebih enak dilihat daripada Ariel Lin (2008) yang gendut.



Li Yi Tong as Huang 2017.
Bila dilihat dari foto ini, face-nya masih memiliki kesan nakal seorang Huang Rong 
 
Harus diakui jika Huang Rong adalah karakter yang susah diperankan. Banyak aktris yang mendapatkan kehormatan memerankan karakter legendaris ini, mereka masing-masing menampilkan Huang Rong sesuai dengan pemahaman mereka masing-masing dan kebanyakan selalu gagal.

* Barbara Yung (1983) menampilkan Huang Rong yang sadis, kejam, nakal, manja, kekanak-kanakan dan semau gue

* Athena Chu (1994) menampilkan Huang Rong yang pintar, lincah, manis, ceria dan mudah membuat orang menyukainya.

* Chou Shun (2003) menampilkan Huang Rong yang lebih terlihat belagu, ngantuk dan menye-menye (kata netijen sih. Saya gak niat nonton karena uda ilfil duluan).

* Ariel Lin (2008) yang gendut, kaku dan terkesan membosankan, akting pintarnya justru terlihat sangat “mengganggu” (masalahnya Huang Rong-nya Ariel gak terlihat pintar, cerdik, nakal dll. Datar aja gitu. Jadi bingung nulisnya).

* Li Yi Tong (2017) menampilkan sosok Huang Rong yang baik hati, ceria, pintar, banyak akal dan menurut pada kata “Jing Gege-nya”, dia juga Huang Rong yang romantis dan melankolis, namun di lain sisi juga sangat cerewet, bermulut manis dan jago merayu. Singkatnya, Huang Rong versi Li Yi Tong adalah Huang Rong yang baik hati, jago merayu, romantis, melankolis dan paling menurut pada Guo Jing. Dia memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari versi Huang Rong yang lain.



Huang Rong versi Li Yi Tong pun sama sekali tidak membuatku merasa "terganggu", sebaliknya aku menikmati menonton Huang Rong versi Li Yi Tong karena walaupun ekspresi wajah dan matanya belum mampu "berbicara" tapi setidaknya dia adalah Huang Rong yang baik hati, menurut pada Kakak Jing, banyak akal, pintar merayu, bermulut manis, romantis, walaupun kadang tampak melankolis. 

Tapi setidaknya, Huang Rong versi Li Yi Tong memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya berbeda dari Huang Rong yang lain, yaitu sedikit melankolis, romantis dan sangat penurut pada Guo Jing.



Meski ekspresi wajah dan tatapan matanya tidak bisa menampilkan sosok cerdas dan nakal, dan saat mengerjai orang pun ekspresinya biasa saja, namun saya lebih menyukai Huang Rong versi Li Yi Tong daripada Ariel Lin dan bahkan Barbara Yung (yang saya gak suka karena terlalu sadis dan jahat). 


Ada kalanya juga bila dilihat dari angle tertentu, wajah Li Yi Tong kadang terkesan nakal. Li Yi Tong adalah Huang Rong terfavorite kedua setelah Athena Chu.

Dalam pose ini, wajah Li Yi Tong terlihat nakal

Walaupun pemeran Huang Rong yaitu Li Yi Tong masih kurang cantik bila dibandingkan dengan Athena Chu (Huang Rong 1994) dan Barbara Yung (Huang Rong 1983), tapi setidaknya dia lebih enak dipandang mata daripada Chou Shun (Huang Rong 2003) dan Idy Chan (Huang Rong 1988) yang seperti TANTE-TANTE yang DIPAKSA BERAKTING MUDA atau Ariel Lin (Huang Rong 2008) yang terlihat gendut.

Selain itu, juga ada yang berkomentar bahwa Li Yi Tong masih terlihat lebih tua daripada William Yang (karena umur aslinya memang lebih tua Li Yi Tong), bahkan mengomentari kalau “WAJAH GAK BISA BOHONG”, Hei, coba liat Huang Rong 2003 (Chou Shun) dan Huang Rong 1988 (Idy Chan) dong! Lebih keliatan tua mereka atau Li Yi Tong?

Setidaknya di mata saya, Li Yi Tong masih cocok berdandan sebagai gadis remaja. Saat Li Yi Tong tersenyum dan jika dilihat dari angle yang tepat, dia masih terlihat manis dan imut, dan wajahnya yang runcing pun sebenarnya sudah menunjukkan kesan pintar dan ceria. 


Hanya saja, mungkin karena pengalamannya di dunia akting masih belum terlalu banyak mengingat dia masih pendatang baru, jadi Li Yi Tong belum terlalu bisa mengekspresikan kecerdasan dan kejahilan seorang Huang Rong. Juga matanya yang kadang terlihat seperti “mengantuk” justru kadang menunjukkan kesan kalem dan lembut. Tapi walau begitu, Huang Rong versi Li Yi Tong lebih enak ditonton daripada Huang Rong versi yang lain (kecuali Athena Chu yang memang Huang Rong terbaik di hati saya).


Jangankan Li Yi Tong yang seorang pendatang baru, Chou Shun (Huang Rong 2003), Idy Chan (Huang Rong 1988 dan Bibi Lung versi Andy Lau) dan bahkan Ariel Lin (Huang Rong 2008) yang sudah cukup terkenal di Taiwan sana, mereka juga BELUM MAMPU MENGEKSPRESIKAN karakter Huang Rong dengan tepat alias GAGAL juga.

Idy dan Chou Shun terkesan termehek-mehek dan ngantuk, mereka adalah HUANG RONG YANG KETUAAN dan TERLALU KALEM, GAK ADA KESAN CERDAS SAMA SEKALI, sedang Ariel terlalu gendut, sama sekali tak terlihat pintar dan aktingnya pun masih kaku. 


Padahal bila dibandingkan dengan Li Yi Tong, ketiga artis di atas memiliki JAM TERBANG LEBIH TINGGI, yang tentunya sudah memiliki banyak pengalaman di dunia akting. Tak adil rasanya jika kalian hanya mengadili Li Yi Tong yang notabene-nya hanya seorang pendatang baru dan tidak memiliki banyak pengalaman di dunia akting. Yang senior aja gak bisa.

Kita harus mengakui bahwa kalau dari segi penggambaran karakter Huang Rong, HANYA 2 ARTIS yang menurut saya cukup sukses menggambarkan karakter seorang Huang Rong, yaitu Barbara Yung (Huang Rong 1983) dan Athena Chu (Huang Rong 1994). Walaupun mereka mengintepretasikan Huang Rong dengan berbeda pula. Barbara dengan Huang Rongnya yang licik, kejam dan semau gue sementara Athena dengan Huang Rong-nya yang ceria, cerdas dan baik hati.


Ada pula yang berkomentar jika Huang Rong yang ini mudah menangis, tapi saya rasa adegan menangis itu memang dilakukan pada saat yang tepat. Seperti saat dia akan berpisah dengan Guo Jing saat Guo Jing memilih untuk menepati janjinya menikah dengan Hua Cheng daripada memilih cintanya.

Walau ada adegan menangis yang tak perlu seperti saat pertama kali Guo Jing dan Huang Rong bertemu di atas perahu ketika Huang Rong membuka jati dirinya sebagai seorang gadis. Huang Rong yang tersentuh dengan kebaikan Guo Jing tiba-tiba meneteskan air mata. Adegan ini sebenarnya tak ada dalam novel dan entah kenapa harus dilakukan. Namun sisanya, adegan menangis tersebut dilakukan pada saat yang tepat.


Walau tidak seindah kostum wuxia era tahun 1980-an yang berwarna-warni dan banyak kunciran rambutnya. Namun bila dibandingkan dengan kostum remake LOTCH versi yang terdahulu (dari 1994, 2003 hingga 2008), tentu versi 2017 ini akan keluar sebagai pemenang.

Coba bandingkan dengan LOTCH 2003 dengan kostum mereka yang serba dekil, bernuansa gelap, serta gaya rambut dicepol seperti mbok jamu (baik pria ataupun wanita), tentu gaya rambut Li Yi Tong yang berganti gaya rambut sekitar 4-5 kali lebih enak dilihat. Setidaknya gaya rambut Li Yi Tong terlihat seperti gaya rambut gadis remaja, bukan gaya rambut emak-emak mbok jamu seperti Huang Rong 2003. 


Kostum Huang Rong pun terlihat berganti beberapa kali dan dari caranya berpakaian, Huang Rong 2017 menunjukkan identitasnya sebagai Nona Muda dari keluarga kaya Putri pemilik Pulau Persik. Tidak seperti Huang Rong 2003 yang kostumnya dekil dan gak modis atau seperti Huang Rong 1994 yang hanya berganti kostum 2 kali sepanjang 35 episode. Logikanya, masak sih anaknya yang punya pulau tapi bajunya gak pernah ganti? Kesannya kok miskin amat?

Untuk versi 1994 mungkin penonton harus memaklumi karena versi 1994 memang dibuat dengan low budget alias budget yang terbatas. Jika bukan karena TVB memilih Julian Cheung dan Athena Chu sebagai pemeran utama, entah apa jadinya dengan serial ini.

Tapi bagaimana dengan versi 2008 buatan Tangren Media? Kenapa kostum Huang Rong tidak menarik dan gaya rambut Ariel justru membuatnya semakin terlihat gendut? Tidak bisakah mencari gaya rambut yang menyamarkan pipi gembul Ariel? Bila dibandingkan dengan versi setelah 2003 dan 2008, tentu LOTCH 2017 lebih unggul dalam hal kostum dan hairdo (tata rambut) para pemainnya.
  

=========

Kesimpulan :
My Favorite Huang Rong (Oey Yong) character is Athena Chu (1994), Li Yi Tong ((2017) dan Barbara Yung (1983)
1. Athena Chu versi 1994.
Oey Yong versi Athena lah yang TERBAIK !!! Athena bisa membawakan karakter Huang Rong (Oey Yong) yang cerdas, lincah, banyak akal, cerewet, namun tetap baik hati dan manis pada semua orang khususnya pada Kakak Cheng-nya. 



2. Li Yi Tong versi 2017.
Walau dibandingkan versi Barbara dan Athena emang kurang kelihatan cantik, karena kadang mata Li Yi Tong terlihat seperti orang mengantuk jika dilihat dari angle yang tidak tepat. Tapi dari segi face, kostum dan rambut, Li Yi Tong jelas lebih baik dari Idy Chan, Zhou Shun ataupun Ariel Lin. 

Dia memiliki face yang masih muda dan imut (kalau dilihat dari angle yang tepat), setidaknya Li Yi Tong tidak berhidung pesek seperti Zhou Shun dan pipinya gak tembem seperti Ariel Lin.
  


Huang Rong versi Li Yi Tong pun sama sekali tidak membuatku merasa "terganggu", sebaliknya aku menikmati menonton Huang Rong versi Li Yi Tong karena walaupun ekspresi wajah dan matanya belum mampu "berbicara" tapi setidaknya dia adalah Huang Rong yang baik hati, menurut pada Kakak Jing, banyak akal, pintar merayu dan bermulut manis, romantis, walaupun kadang tampak melankolis. Tapi setidaknya, Huang Rong versi Li Yi Tong memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya berbeda dari Huang Rong yang lain, yaitu sedikit melankolis, romantis dan sangat penurut pada Guo Jing. 


Sangat berbeda dengan Huang Rong versi Barbara Yung yang bebal dan sadis hingga membuat Guo Jing harus panjang sabar menghadapi kekasihnya ini. Huang Rong versi Li Yi Tong membuatku berpikir, "Huang Rong sangat baik hati dan menurut pada Guo Jing, dia sangat manis, kenapa semua orang tidak menyukainya? Kenapa keenam guru Guo Jing menjulukinya Iblis Kecil?' Huang Rong yang manis seperti inilah yang kusukai.

3. Barbara Yung versi 1983
Andaikan versi Barbara gak sadis dan berkesan jahat alias suka nyuruh Mei Chao Feng bunuh orang, saya setuju dialah yang terbaik, tapi karena saya gak suka artis utama sadis dan jahat, so Athena is Better deh than Barbara. Huang Rong (Oey Yong) versi Barbara emang keliatan cerdas, lincah, nakal, tapi CHILDISH dan SADISNYA itu yang bikin ILFIL.




You dont agree with me ?? Well, its up to you...People have taste, right ? Saya hanya menulis apa yang saya rasain so kalau ada yang gak setuju, ya sah-sah aja. Setiap orang punya selera kan? Peace...

Credit Pictures : As Tagged (All photos belongs to the owners) + CREDIT WEIBO ON LOGO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads