Selasa, 02 April 2024

15 Lokasi Syuting Drama Korea “Extraordinary You (2019)”

“Extraordinary You”, drama yang diadaptasi dari webtoon popular berjudul “July Found By Chance” ini sempat menjadi bahan perbincangan hangat di tahun 2019 silam. Ada banyak alasan kenapa drama korea sepanjang 32 episode (Full Episode 16) ini menjadi favorite banyak orang, khususnya kaum muda di Korea bahkan di seluruh dunia.


Credit : LilyTravelling @Youtube


Selain karena alur ceritanya yang cukup unik yaitu berlartar belakang dunia manhwa (komik), para pemain utama yang enak dipandang, soundtrack yang easy listening, dan yang tak kalah penting adalah settingnya yang indah dan memanjakan mata.

Drama yang mengangkat nama SF9 Rowoon ini adalah drama bertema anak sekolah, lebih tepatnya masa-masa SMA, jadi sudah tentu adegan pengambilan gambar paling banyak pastilah berada di sekolah. Namun tahukah kalian kalau untuk pengambilan gambar untuk setting di sekolah saja, tak cukup dilakukan di satu tempat, melainkan harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya?

Credit : LilyTravelling @Youtube




Benar-benar sangat totalitas, karena ternyata untuk adegan halaman sekolah, lalu lapangan olahraga, lalu jembatan di mana lubang hitam dalam cerita muncul, perpustakaan, kemudian pohon tempat Dan Oh dan Haru saling mengutarakan perasaan, ternyata diambil di tempat yang berbeda. Bisa dibayangkan betapa repotnya saat para pemain dan staf produksi harus boyongan ke sana kemari? Namun bukan Korea namanya jika semua hal tidak dilakukan secara totalitas, bukan?

Tak hanya setting gedung sekolah yang tampak indah dan memanjakan mata, namun juga setting untuk adegan-adegan lainnya pun tak kalah indah dipandang mata.

Credit : LilyTravelling @ Youtube


Ingin tahu di mana sajakah lokasi syuting serial ini? Let’s check this out below!

1. Yonsei University, Seoul.
Sebenarnya tak hanya “Extraordinary You” yang mengambil gambar di Universitas yang satu ini, namun drama “True Beauty” juga mengambil gambar di lokasi yang sama.


Universitas Yonsei juga memiliki tiga gedung kampus yaitu, kampus utama yang terletak di Sinchon dan kampus internasional di Songdo yang terletak di Seoul. Sedangkan Mirae Campus terletak di Wonju dan disebut juga sebagai kampus kedua Universitas Yonsei. Universitas Yonsei punya 3 program, mulai dari Sarjan, Pascasarjana, dan program non-degree.


Bagian Gedung yang sering muncul dalam drama ini adalah Underwood Hall yang terletak di Universitas Yonsei, Sinchon Campus. Universitas ini mempunyai cerita panjang sebelum akhirnya menjadi sebuah universitas.

Yonsei University adalah lokasi syuting yang terlihat pertama kali saat drama ini dimulai. Beberapa adegan yang diambil di kampus ini di antaranya adalah :

A. Saat Eun Dan Oh yang menyadari bahwa dirinya adalah karakter dalam manhwa (komik) berpikir bahwa dialah sang tokoh utama. Adegan tersebut menunjukkan Eun Dan Oh yang berjalan masuk dengan percaya diri ke dalam sekolah dengan menyapa tiga cowok popular di sekolah, A3 seolah-olah dialah yang menjadi pusat perhatian.


B. Saat Dan Oh dan Haru berbicara berdua setelah Haru menyeret Dan Oh pergi, tak lama setelah Haru menghajar Baek Kyung. Di sana Haru mengakui bahwa dia sudah mengingat semuanya.



C. Saat Haru mengantar Dan Oh pulang menuju mobil yang sudah menjemputnya ketika hari sudah malam. (tonton video di bawah ini bila ingin mengetahui adegan yang mana)

D. Adegan di pagi hari setelah Dan Oh dan Haru resmi berpacaran dan Haru menyapa Dan Oh di gerbang dengan penuh senyuman sementara Dan Oh tampak malu-malu saat teringat ciuman mesra mereka malam sebelumnya.



E. Juga saat Dan Oh dan Haru berjalan sambil bergandengan tangan setelah mereka resmi pacaran.




Semua adegan itu diambil di Yonsei University. Dan masih banyak adegan lain yang tidak bisa kuingat satu per satu.

Jika ingin tahu lebih jelas adegan mana saja, kalian bisa menonton videonya di bawah ini :
               

                   

2. Keimyung University, Daegu.
Keimyung University [계명대학교] juga menjadi lokasi syuting drama bergenre fantasy romance ini. Adegan di kampus ini bisa terbilang cukup banyak bila dibandingkan dengan kampus-kampus yang lain.




Universitas Keimyung ini didirikan tahun 1954 oleh tiga orang Pendeta yaitu Pendeta Edward Adams, seorang misionaris Amerika dari Gereja Presbiterian Utara Amerika Serikat, dan oleh Pendeta Choi Jae Hwa dan Kang In Gu, dua pemimpin Gereja Presbiterian setempat.



Universitas Keimyung ini memiliki dua kampus : Daemyeong and Seongseo, yang mana keduanya berlokasi di kota Daegu. Universitas ini mulai berkembang pesat pada tahun 1980, ketika bergabung dengan Rumah Sakit Dongsan dan mulai membuat kampus baru dan membuka program Faculty of Health and Medical Science, yang hingga hari ini disebut sebagai Kampus Dongsan.


Di kampus Daemyeong dan Seongseo inilah lokasi syuting “Seuli High School” di drama “Extraordinary You” diambil.

Di kampus Daemyeong inilah 60% adegan dalam drama diambil, berikut di antaranya :
A. Adegan di mana Haru membantu mengambil payung milik Dan Oh yang tersangkut di antara ranting bunga.







B. Adegan payung di mana Dan Oh mengejar Haru dan saat itulah untuk pertama kalinya Dan Oh melihat wajah Haru.






C. Adegan saat Haru berdiri termenung seorang diri seraya menatap bunga-bunga Terompet yang sedang mekar.


D. Adegan saat Eun Dan Oh yang kehilangan ingatannya, tanpa sengaja tiba di tempat di mana bunga-bunga terompet yang sedang mekar seolah ada sesuatu yang menariknya untuk ke tempat ini dan saat itulah dia bertemu Haru.


E. Adegan saat Dan Oh dan Haru duduk berdua dan pada saat itu, Dan Oh menyadari bahwa tag name Haru perlahan-lahan memunculkan namanya.




F. Saat di mana Haru yang mulai dikenal publik, dikerubuti oleh para gadis yang ingin meminta nomor ponselnya.


G. Adegan saat Haru menyatakan cintanya kepada Dan Oh dan mereka berciuman di bawah sebuah pohon tua.






H. Saat Dan Oh dan Haru beberapa kali duduk berdua di bawah pohon tua ini sambil bercerita dan kadang berpelukan.





I. Saat Baek Kyung dan Dan Oh mendapatkan adegan di atas "panggung" bertepatan dengan saat Haru tiba di sana dan melihatnya, hingga akhirnya kedua pemuda itu terlibat perkelahian sekali lagi.


J. Adegan saat Dan Oh yang kehilangan ingatannya setelah meninggal dalam “Shadow/bayangan” mendapatkan kembali ingatannya. Dan Oh dan Haru juga tampak berpelukan di depan pohon ini.





K. Di pohon tua itu jugalah, Dan Oh tak sengaja menemukan buku sketsa Haru yang berisi lukisan semua kebersamaannya bersama Dan Oh.


L. Lalu adegan Haru menghajar Baek Kyung hingga tersungkur ke tanah saat hari hujan.





M. Juga adegan Ibu Nam Joo datang ke sekolah dan semua murid berdatangan untuk menyambutnya.

Sementara di kampus Seongseo dipakai untuk beberapa adegan di antaranya adalah :
A. Di episode 1 ketika Eun Dan Oh berdiri di tengah jalan saat dalam perjalanan ke sekolah.

B. Saat Dan Oh bertemu Haru di tangga ketika perjalanan karya wisata sekolah.




C. Di episode 7, saat adegan perjalanan karyawisata sekolah, di mana saat itu Dan Oh dan Haru duduk-duduk di sebuah rumah kuno dan di sana mereka tak sengaja menemukan sebuah kotak yang berisi sebuah gantungan baju berbentuk Bunga Terompet.




D. Di episode 17 (Full episode 9), ketika Haru mendapatkan kembali ingatannya tentang Dan Oh dan mereka bertemu di tengah jalan kemudian berpelukan.





Jika ingin tahu lebih jelas adegan mana saja, kalian bisa menonton videonya di bawah ini :

                   

3. Busan University of Foreign Studies, Busan.
Busan University of Foreign Studies juga menjadi salah satu lokasi penggambaran “Seuli High School”. Busan University of Foreign Studies adalah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1981 oleh Chung Tae-sung, dengan tujuan agar anak-anak muda bisa menjadi pemimpin international sehingga Universitas ini unggul dalam Pelajaran Bahasa asing.


Busan University of Foreign Studies pada awalnya adalah sebuah perguruan tinggi untuk mempelajari bahasa asing dengan siswa pertamanya belajar bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Cina, Jerman, Indonesia, Melayu, dan Thailand. Pada 2009, Busan University of Foreign Studies memiliki  program pertukaran akademik dengan 94 universitas di 24 negara.


Beberapa adegan yang diambil di kampus ini di antaranya adalah :
A. Adegan saat Haru melihat sebuah lubang hitam yang muncul secara ajaib di atas jembatan itu. 


B. Adegan saat Haru menepuk kepala Dan Oh dan mengambil foto polaroid yang sedang dia genggam saat itu.




C. Lalu adegan Haru berjalan seorang diri di area ini pada episode 5-6 (Episode 3 Full). Fotonya gak nemu, jadi liat aja di video di bawah ini, adegan saat Haru berjalan masuk ke dalam sebuah ruangan yang ada di atas jembatan, saat itu Haru mengenakan seragam putih (tanpa jas) dan berjalan seorang diri.

Adegan saat Haru masuk ke dalam ruangan itu tapi hanya mengenakan seragam putih tanpa jas, tapi gak nemu fotonya. Biar lebih jelas, nonton di video bawah aja ^_^

D. Juga adegan saat Haru yang kehilangan ingatannya berdiri menatap Dan Oh dan Baek Kyung yang sedang mengobrol di atas jembatan dengan perasaan aneh dalam hatinya.


E. Adegan saat Dan Oh yang kehilangan ingatan menatap Haru yang berdiri di atas jembatan, sedangkan dia ada di bawah.


F. Haru dan Lee Do Hwa juga pernah mengobrol di atas jembatan ini, yang mana saat itu Lee Do Hwa mengatakan bahwa Dan Oh juga sangat menderita saat Haru melupakannya.


Para pemeran dan kru drama rela bepergian jauh ke Busan hanya untuk mengambil gambar di area ini dan memberikan kesan sekolah elite yang prestige.

Jika ingin tahu lebih jelas adegan mana saja, kalian bisa menonton videonya di bawah ini :

                  

4. Tongwon University, Gwangju.
Universitas Tongwon terletak di Gyonggi, Korea Selatan dan didirikan pada tahun 1993. Hingga sekarang Universitas Tongwon memiliki lebih dari 15 department dengan 8 Fakultas yang terdiri dari : IT Convergence, School of Architecture and Fire, Social Management, Faculty of Welfare, Hotel Tourism, Faculty of Health and Medical Science, Faculty of Beauty and Arts, dan Liberal Arts.




Adegan yang paling banyak diambil di lokasi ini adalah adegan olahraga, selain itu, beberapa adegan lain di antaranya adalah :

A. Episode 1, saat Eun Dan Oh melihat A3 berjalan ke arahnya dan berpikir bahwa dialah sang tokoh utama yang akan diperebutkan oleh mereka dalam cerita.


B. Saat adegan di mana Haru melindungi Dan Oh Ketika gadis itu hampir terkena lemparan bola.



C. Adegan saat Dan Oh begitu putus asa untuk menemukan Haru ketika Haru tiba-tiba saja menghilang.

D. Saat Dan Oh dan Baek Kyung berada di “panggung” untuk bermain lomba bersama tapi karena kondisi jantung Dan Oh yang lemah akhirnya Dan Oh terjatuh karena sepatunya terlepas dan Baek Kyung menghinanya habis-habisan, dan setelah itu Haru yang awalnya menghilang tiba-tiba muncul Kembali dan memberikan Dan Oh sepatunya yang terlepas.


E. Lalu ada juga adegan di mana Lee Do Hwa dan Yeo Ju Da duduk mengobrol di tepi lapangan.


F. Yeo Ju Da dan Oh Nam Joo juga pernah memiliki adegan yang sama, di mana saat itu Ju Da memberikan kepada Nam Joo susu stroberi miliknya.



5. Hoseo University.
Lokasi syuting berikutnya adalah saat Dan Oh dan Haru sedang berada di sebuah taman dengan dikelilingi oleh dedaunan yang berguguran. Taman ini terletak di kampus Asan, Universitas Hoseo. 


Universitas Hoseo adalah universitas swasta Kristen yang memiliki dua kampus yang terletak di Asan dan Cheonan, Korea Selatan. Universitas Hoseo memiliki dua program studi yaitu Sarjana dan Pascasarjana dengan beberapa fakultas yang menaungi banyak divisi.

6. Dongdeok Women University, Asan.
Dongdeok Women University dikenal sebagai kampus berbunga. Dongdeok Women's University adalah sebuah universitas swasta di Seoul, Korea Selatan. Didirikan oleh Cho Dong Sik yang bermula dari sebuah sekolah perempuan Dongwon pada tahun 1950.



Universitas ini juga telah memiliki program Internasional dan pertukaran mahasiswa Internasional dengan beberapa negara. Lulusan universitas ini juga banyak dikenal oleh masyarakat, seperti Kim Yura member Girl's Day, Soobin Cosmic Girl, Park Gyuri KARA, dan masih banyak lagi.



Adegan yang diambil di kampus ini adalah adegan saat Eun Dan Oh dan Lee Do Hwa memandang Haru yang duduk di sebuah kursi seorang diri sambil melukis sesuatu di buku sketsanya, saat itu Dan Oh dan Do Hwa diam-diam memandangnya dari jendela kelas yang berada di lantai atas.




7. Gyeonggi English Village Paju Camp.
Lokasi ini adalah tempat untuk mempelajari budaya dan Bahasa inggris. 




Adegan yang dipakai di lokasi ini adalah Rooftop yang beberapa kali muncul dalam drama, di antaranya :

A. Ketika Eun Dan Oh mendapatkan penglihatan tentang adegan yang terjadi berikutnya yaitu saat dia akan meninggal di meja operasi karena operasinya telah gagal. Dan Oh yang ketakutan memeluk Haru dengan erat.




B. Dan Oh dan Haru juga sering terlihat mengobrol bersama di rooftop ini dalam beberapa adegan.



C. Adegan saat Peri Cumi Kering terlihat membakar manhwa (komik) "Trumpet Creeper/Bunga Terompet (Neong Seo Hwa)" dan membuangnya ke tempat sampah namun tertangkap basah oleh Baek Kyung yang kemudian mengambil dan memungutnya. 

8. Grand Walkerhill Hotel dan Resort, Seoul.
Terletak di lereng Gunung Acha, Grand Walkerhill Hotel and Resort, Seoul menawarkan lapangan jogging 2 km, kasino, lapangan golf, serta 8 gerai makanan dan minuman.




Adegan yang diambil di lokasi ini adalah saat hari ulang tahun Oh Nam Joo, di mana Haru yang ingin membantu Lee Do Hwa mengutarakan cinta, mengubah adegan dalam cerita. Alhasil, bukan Oh Nam Joo yang akan menyatakan cinta kepada Yeo Ju Da namun justru berbalik menjadi pengakuan cinta Baek Kyung kepada Dan Oh.



9. The Ananti Cove Resort, Busan.
Ananti Cove adalah resort yang terletak di tepi teluk Busan. Di tempat seluas 270.000 meter persegi ini, terdapat hotel, mata air panas, kolam renang, toko-toko, restoran dan lain sebagainya.





Adegan yang diambil di sini adalah adegan karyawisata sekolah yang berhubungan dengan kamar hotel, laut dan tepi pantai. Beberapa di antaranya adalah :

A. Adegan saat Eun Dan Oh memaki sang penulis cerita dan Lee Do Hwa tampak membungkam mulutnya agar makian Dan Oh tidak terdengar.

B. Adegan saat Dan Oh mengambil batu yang dilemparkan oleh Baek Kyung ke dalam laut dan dia berjalan masuk ke dalam air tersebut untuk mengambilnya. Saat itu Dan Oh berharap Haru datang menyelamatkannya namun Haru yang masih belum mengerti arti tatapan Dan Oh hanya berdiri menatapnya dari kejauhan.



C. Adegan di mana Haru membantu Dan Oh menyusun batu harapan untuk menebus rasa bersalahnya karena tidak membantu gadis itu sebelumnya.




D. Adegan Baek Kyung sedang berenang dan Oh Nam Joo datang dan memberitahunya bahwa Eun Dan Oh sedang mencarinya karena ingin memberikan sesuatu padanya.

10. Uhwajeong Pavillion.
Pavillion Uhwajeong ini berada di tengah-tengah danau di taman nasional Naejangsan. Di sekitar pavilion dan danau ini banyak terdapat pohon-pohon, bunga-bunga dan daun-daun yang berjatuhan yang membuat pemandangannya semakin indah.



Lokasi ini digunakan sebagai lokasi syuting untuk adegan saat Dan Oh bicara berdua dengan Haru dan dia bilang kalau dia tidak mau menikah dengan Pangeran Baek Kyung karena yang dia cintai adalah Haru.



Juga saat adegan terakhir Haru di “Trumpet Creeper/Bunga Terompet” di mana dia tampak menyesal dan sangat sedih setelah melihat Dan Oh tewas di tangannya, tanpa tahu bahwa Baek Kyung-lah yang sebenarnya menusukkan pedang itu ke jantung Dan Oh.


11. Okjeongho Lake Gujeolcho Theme Park.
Okjeongho Lake Gujeolcho Theme Park atau biasa disebut sebagai Gujeolcho Theme Park adalah sebuah taman serbaguna yang dikenal karena pohon pinusnya yang dipenuhi oleh bunga krisan putih. Selain hutan pohon pinus, di lokasi ini juga terdapat lapangan olahraga, tempat pameran flora asli dan beberapa fasilitas lainnya.



Lokasi ini muncul di beberapa adegan masa lalu dalam komik “Trumpet Creeper” di mana Baek Kyung mengajak Eun Dan Oh berkencan menikmati bunga, Haru-pun mengikuti dan mengawal di belakang mereka.



Lalu saat kemudian Haru menemani Dan Oh karena Baek Kyung menolak untuk berkencan lagi dengan Dan Oh dengan alasan sibuk, sehingga meminta pengawalnya untuk menyampaikan pesan tersebut, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah Baek Kyung tak pernah menyukai Dan Oh.



12. Jade Garden.
Dalam drama “Extraordinary You” ini, Jade Garden digambarkan sebagai bangunan rumahnya Eun Dan Oh. Jade Garden ini terletak di daerah Chuncheong, Gangwon-do. 




Tempat ini adalah tempat budidaya aneka bunga, pohon dan tanaman yang disetting bergaya eropa. Di sini pengunjung bisa mencoba berkebun atau hanya sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan alam.


13. Rivendell Prestige Guesthouse.
Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah Guesthouse yang unggul dalam bidang arsitekturnya. Lokasi ini digunakan sebagai adegan pertemuan dan juga makan malam antara keluarga Baek Kyung dan Eun Dan Oh.


14. State Tower Namsan.
Tak hanya Rivendell Prestige Guesthouse, lokasi ini juga digunakan sebagai lokasi syuting untuk adegan makan malam antara keluarga Baek Kyung dan keluarga Eun Dan Oh. Bangunan ini terletak di Myeongdong dan di dalam gedung ini terdapat perkantoran, restoran dan berbagai fasilitas lainnya.


15. Yongin Park.
Tempat ini merupakan tempat pemakaman yang sering banget muncul di drama-drama termasuk “Extraordinary You”. Tempat ini adalah lokasi pemakaman terbesar yang ada di Korea Selatan. Adegan yang diambil di tempat ini adalah adegan di mana Baek Kyung yang bolos sekolah tampak mengunjungi kotak abu sang Ibu.

Inilah beberapa lokasi syuting drama korea “Extraordinary You”, namun sayangnya hingga saat artikel ini diposting, aku belum berhasil menemukan lokasi syuting untuk adegan perpustakaan, ruang kelas ataupun koridor kelas yang justru paling banyak muncul di dalam drama.

Mungkin jika suatu hari nanti aku berhasil menemukannya, artikel ini akan segera diperbarui.

Written By : Liana Hwie.
Credit : Berbagai sumber + All Pictures belong to owners.

Artikel Terkait :
* Sinopsis : Extraordinary You, Saat karakter komik ingin mengubah takdir mereka.
* Review : Extraordinary You (2019)
* Kumpulan Soundtrack Drama Extraordinary You beserta terjemahannya
* Haru si "Nomor 13", figuran tanpa nama (The Nameless Extra) yang mampu mengubah alur cerita dalam "Extraordinary You."
* 7 Kali Haru mengubah alur cerita dalam "Extraordinary You".

-----------0000000----------

Note : Dilarang MENG-COPY PASTE TANPA IJIN TERTULIS DARI PENULIS! Siapa yang berani melakukannya, aku akan menyumpahi kalian SIAL 7 TURUNAN!

Semua artikel dan terjemahan lagu dalam blog ini adalah murni hasil pikiranku sendiri, kalau ada yang berani meng-copy paste tanpa menyertakan credit dan link blog ini sebagai sumber aslinya dan kemudian mempostingnya ulang di mana pun, apalagi di Youtube, kalau aku mengetahuinya, aku gak akan ragu untuk mengajukan "Strike" ke channel kalian. Dan setelah 3 kali Strike, bersiaplah channel kalian menghilang dari dunia Per-Youtube-an!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads