Senin, 22 Desember 2014

PENJIPLAKAN JUDUL NASKAH oleh #ShintaLestari41, bentuk Kekecewaan lain Terhadap #Gramedia_Writing_Project BATCH 2 Bulan Desember 2014



Gramedia Writing Project adalah sebuah kompetisi terbuka untuk mencari 10 penulis berbakat untuk akhirnya dipilih agar bisa dibimbing secara langsung oleh Para Penulis Utama Gramedia dimana pemilihan naskah tersebut dipilih secara langsung oleh Editor diantara banyaknya naskah yang masuk. Sekilas terlihat sangat menjanjikan, banyak sekali keuntungan yang didapat dari mengikuti kompetisi terbuka seperti ini, seperti misalnya : dapat saling mengenal sesama penulis dan bertukar pandangan tentang hobi yang sama, selain itu juga dapat melihat bagaimana reaksi pasar terhadap karya kita dan seberapa banyak nama kita dikenal.

Tapi itu semua ternyata hanya terjadi di awal-awal kompetisi saja. Perlu diketahui jika kompetisi ini berlangsung sejak tanggal 20 November hingga 20 Desember 2014, walau pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 20 Oktober 2014. Tapi ternyata persaingan sehat, HANYA TERJADI DI BULAN OKTOBER dan NOVEMBER Saja. 

Setelah masuknya bulan Desember dan banyak penulis baru yang berdatangan, situasi kompetisi di Gramedia Writing Project berubah menjadi ajang persaingan KOTOR untuk menjadi yang terbaik aka Penulis nomor 1, point yang bertambah secara ajaib HANYA DALAM 1 MALAM saja, itu adalah salah satu contohnya. Tapi yang paling membuat sakit hati adalah saat mengetahui bahwa ada satu peserta yang memakai username : ShintaLestari41 ternyata memakai judul naskah yang SAMA PERSIS dengan saya. Well, saya rasa saya tidak bisa diam lagi kan? Bagaimana jika Anda ada di posisi saya?


“PENJIPLAKAN JUDUL NASKAH oleh #ShintaLestari41, bentuk Kekecewaan lain Terhadap #Gramedia_Writing_Project BATCH 2 Bulan Desember 2014”





Gramedia Writing Project Batch 2 yang diselenggarakan sejak tanggal 20 November dan berakhir tanggal 20 Desember 2014 ini meninggalkan BANYAK SEKALI LUKA dalam HATI saya. Bagaimana tidak? Setelah saya dikalahkan dengan cara curang oleh salah satu peserta yang dengan ajaib bisa menambah jumlah pointnya HANYA DALAM 1 MALAM saja (Well, saya punya buktinya dan akan saya beberkan di postingan berikutnya... Karena menuduh tanpa bukti adalah Fitnah, benarkan? Tapi saya punya BUKTI kok, tenang aja hehehe ^.^ ) Sekarang giliran seorang peserta baru yang baru saja memposting karyanya yang PERTAMA tanggal 21 Desember 2014 kemarin dengan judul naskah yang SAMA PERSIS dengan naskah saya yaitu  “THE TWINS PRINCESS”.


Liliana Tan "THE TWINS PRINCESS" upload tanggal 5 November 2014...

 ShintaLestari41 "THE TWINS PRINCESS" upload tanggal 21 Desember 2014... Orang bodoh pun bisa lihat siapa yang PENJIPLAK !!!!


Hhhhmmm.... Saya update naskah itu tanggal 5 November loh, berarti saya donk yang pertama. Apalagi saya adalah penulis nomor 2 di Bulan Desember dan Penulis Nomor 1 di bulan November, itu berarti gampang donk anda melihat profil saya dan melihat semua naskah saya. Jadi salahkah saya jika saya berkata, “SHINTA LESTARI MENJIPLAK JUDUL NASKAH SAYA” ?? Ini buktinya....



Liliana Tan "THE TWINS PRINCESS" Part 2 upload tanggal 2 Desember 2014...

 Liliana Tan "THE TWINS PRINCESS" Part 5 - 7 upload tanggal 19 Desember 2014...


Sang pelaku tentu bisa berdalih dengan kalimat “HANYA KEBETULAN”, tapi coba pikir deh, mana ada kebetulan yang begitu kebetulan? Sebagai seorang Penulis, masak sih gak bisa bikin judul lain? Saya yakin Anda tidak akan sebodoh itu sampai gak bisa mencari judul yang lain dan menggunakan JUDUL YANG SAMA PERSIS dengan karya LILIANA TAN...

Saya bahkan sudah meninggalkan komentar ketidakpuasan saya di ceritanya di GWP2 tapi masih belum mendapat tanggapan. Seorang peserta lain bahkan juga sudah meninggalkan komentar yang intinya serupa dengan saya “KENAPA HARUS MEMAKAI JUDUL YANG SAMA PERSIS DENGAN LILIANA TAN?” Tapi juga belum mendapat tanggapan. 
Ini Screenshotnya :





So, what do you think readers? Pantas tidak jika saya marah? Saya merasa GWP2 SUDAH MERAMPAS HAK INTELEKTUAL Saya sebagai seorang Penulis dengan membiarkan seorang PENJIPLAK BERKELIARAN SEPERTI INI !!! Walau mungkin hanya judulnya saja, tapi ini jelas melanggar UU Hak Cipta. Tidak bisakah SI SHINTA LESTARI itu menggunakan judul lain yang mencerminkan ciri khas dia sendiri? Dari segi ceritanya pun hampir mirip tentang seorang gadis yang memiliki wajah yang mirip dengan seorang Putri dan menyamar menjadi Putri Yang Hilang itu. Tema “PUTRI YANG HILANG dan PUTRI YANG MENYAMAR” pun hampir mirip.

TOLONGLAH HARGAILAH SESAMA PENULIS, bisa kan? Bagaimana jika seandainya karya anda yang dijiplak? Relakah Anda? Jika hal sederhana seperti JUDUL saja HARUS MENJIPLAK, apalagi ceritanya? TIDAK MALUKAH ANDA? Kecuali kalau urat malu anda udah putus sih,, gak tahu lagi saya...

Yang Pasti, GRAMEDIA WRITING PROJECT BATCH 2 BENAR-BENAR MENGECEWAKAN !!! Karena adminnya terlihat masa bodoh dalam menangani keluhan para peserta. Terima kasih atas pengalamannya yang menyakitkan ini. Tahun depan saya tak sudi ikut kompetisi KOTOR seperti ini.

Salam,

Dari Peserta yang merasa Hak Intelektualnya dirampas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads