Senin, 29 Desember 2014

The Legend Of The Condor Heroes (Review)

Siapa sih yang tidak kenal dengan serial Wuxia Legend Of The Condor Heroes atau yang lebih dikenal dengan judul “Pendekar Pemanah Rajawali” ini? Yang pertama dari Trilogy Condor Heroes karangan Jin Young ini sudah diremake berkali-kali sejak tahun 1976 hingga yang terakhir 2008 lalu. Diantara Trilogy Condor Heroes, gue  PALING SUKA ama “THE LEGEND OF THE CONDOR HEROES” ini, mungkin karena karakternya yang kuat kali ya? Huang Rong aka Oey Yong yang cerdas, centil, jahil, lincah, periang, nakal, manja walau kadang sadis dan cemburuan  sangat berbanding terbalik dengan Kwok Ching aka Kwee Cheng yang bodoh, lugu, polos dan baik hati.


“The Legend Of The Condor Heroes (Review)”


The Legend Of The Condor Heroes 1983 : Felix Wong and Barbara Yung

The Legend Of The Condor Heroes 1994 : Julian Cheung and Athena Chu

The Legend Of The Condor Heroes 2008 : Hu Ge and Ariel Lin


The Story :
Legend of  The Condor Heroes yang terkenal dengan  “Pendekar Pemanah Rajawali merupakan bagian pertama dari Trilogi Rajawali yang menceritakan petualangan  Kwee Cheng (Kwok Ching) dan Yo Kang (Yang Kang) bersama pasangan mereka masing-masing. Mengambil setting pada masa Dinasty Sung (Song), saat awal-awal invasi penyerangan pasukan Chin (Jin) ke China. Cerita diawali dari dua orang sahabat kental yang kemudian saling mengangkat saudara : Yo Thian Shin (Yang Tie Shin) dan Kwee Xiao Thien (Kwok  Xiao Thien), dimana keduanya sangat membenci penyerangan pasukan Chin ke daratan China. Karena persaudaraan mereka yang sangat erat akhirnya mereka berdua memutuskan menjadikan anak mereka yang masih belum lahir dan masih dalam kandungan istri masing-masing, untuk kelak menjadi saudara seperti mereka bila berjenis kelamin sama dan akan menikahkan mereka bila berjenis kelamin berbeda.

Sampai kemudian tragedi itu dimulai. Wang Yen Hung Lieh, Pangeran ke-6 dari Kerajaan Chin secara tidak sengaja bertemu dengan Bao Shi Ruo, istri  Yang Tie Shin yang cantik, saat terluka parah dalam pengejaran Pendeta Khu Chi Khe (Qiu Qu Chi). Bao Shi Ruo yang baik hati tidak tega dan menolong sang pangeran. Sang Pangeran langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Maka demi mendapatkan Bao Shi Ruo, dirancanglah sebuah siasat keji untuk membunuh Yo Thian Shin & Kwee Xiao Thien, hingga Kwee Xiao Thien tewas dan Yo Thien Shin hilang entah kemana.


Kwee Cheng versi 1994, diperankan oleh Julian Cheung


Beberapa tahun kemudian, Putra dari Kwee Xiao Thien, Kwee Cheng (Kwok Ching), tumbuh dan besar bersama ibundanya di Padang Mongolia di bawah perlindungan Jenghis Khan. Sedangkan Yo Kang (Yang Kang), putra dari Yo Thien Shin (Yang Tiexin) tumbuh & besar bersama ibundanya, justru dalam Kerajaan Chin yang serba mewah & menjadi putra dari Pangeran Wang Yen Hung Lieh, pembunuh ayahnya.

Kwee Cheng  tumbuh menjadi seorang pemuda yang tangguh dengan budi pekerti yang baik namun agak lambat dalam mempelajari sesuatu. Satu hal yang menjadi bakat alamiahnya adalah kemampuan memanahnya yang sangat hebat yang ia pelajari dari Guru Jebe. Kwee Cheng mempelajari ilmu silat pertama kali lewat 7 Pendekar aneh dari Jiangnan. Sementara itu, Yo Kang tumbuh menjadi anak yang cerdas namun jahat dan licik. Yo Kang mempelajari ilmu silat pertama kali dari Pendeta Khu Chi Khe, namun diam-diam juga mempelajari ilmu keji dari Mei Cao Feng, yaitu Cakar Tengkorak Putih dari kitab Sembilan Bulan.


Menurut saya, Julian Cheung adalah Kwee Cheng PALING TAMPAN sepanjang sejarah hehehe =)


Petualangan  Kwee Cheng ke China daratan untuk membalas dendam atas kematian ayahnya dan menuntaskan perjanjian gurunya dengan guru Yo Kang, membawanya bertemu dengan pujaan hatinya yang kelak menjadi istrinya, Oey Yong (Huang Rong). Petualangan Kwee Cheng dan Oey Yong di dunia persilatan  inilah yang membawa mereka bertemu dengan para Pendekar Hebat dunia persilatan seperti : Pengemis Utara Ang Cit Khong (Hong Chi Khong) yang menjadi guru mereka, Sesat Timur Oey Yok Shu (Huang Yao She) yang merupakan ayah Oey Yong, Racun Barat Ao Yang Feng yang merupakan musuh bebuyutan Ang Cit Khong (Hong Chi Khong), Kaisar Selatan Tuan Shi Ching dan Bocah Tua Nakal Chiu Pek Tong (Chao Bo tong) yang menjadi saudara angkat Kwee Cheng.


Kwee Cheng dan Oey Yong versi 1994, THE BEST COUPLE for me.. Julian yang tampan dan Athena yang cantik cocok banget ^.^


Perjumpaan dengan mereka-mereka inilah yang menghiasi sebagian besar kisah ini. Yo Kang menemukan pujaan hatinya pada gadis manis Bok Liam Chu (Mu Nian Chi) lewat sebuah adu silat 'mencari jodoh', yang ternyata Liam Chu ini adalah anak angkat dari ayah kandung Yo Kang - Yo Thian Shin. Yo Kang yang akhirnya mengetahui jati dirinya, justru memilih mengingkarinya dan lebih memilih berada pada pihak Kerajaan Chin yang menjadi musuh negerinya sendiri, Sung. Ketika pada akhirnya Kerajaan Chin hancur di tangan Bangsa Mongolia dengan Kwee Cheng sebagai salah satu panglimanya, Jenghis Khan justru kemudian mengincar Kerajaan Sung sebagai target pemusnahan berikutnya. Kwee Cheng yang merasa dirinya adalah rakyat bangsa Sung, akhirnya membelot dari Jenghis Khan dan berjuang untuk mempertahankan tanah airnya dari serangan Bangsa Mongolia.


Kwee Cheng and Oey Yong versi 1994 : Julian Cheung dan Athena Chu


Hal inilah yang membedakan antara Kwee Cheng dengan Yo Kang, Yoko juga Thio Bu Kie. Kwee Cheng tetap bisa memilih mana yang benar dan mana yang harus dibela mati-matian kalau perlu sampai dengan darah tertumpah, namun tidak mengkhianati bangsanya sendiri, sedangkan Yo Kang justru lebih memilih mengkhianati bangsanya sendiri demi harta dan kemewahan. Yo Kang akhirnya menemui ajal dengan meninggalkan seorang putra buah cintanya dengan Bok Liam Chu (Mu Nian Chi). Putra Yo Kang : Yoko (Yang Kuo) inilah yang menjadi tokoh utama dari Trilogi Rajawali kedua "Return of the Condor Heroes".


Kwee Cheng dan Oey Yong versi 1983, Barbara memang cantik tapi Felix kurang tampan menurut saya... So many people like them but I prefer Julian and Athena in 1994's Version ^.^


Yang sayangnya YOKO pun sama seperti ayahnya, JAHAT, LICIK, dan PENGKHIANAT BANGSA, Yoko lebih memilih wanita (Xiao Lung Ni) daripada melindungi negaranya dari serangan musuh. SANGAT EGOIS SEKALI !! Jadi bingung, karakter egois kayak gini kok banyak yang suka? Apa karena dulu yang main Andy Lau? Halloo,, Yoko tuh PENGKHIANAT BANGSA guys, sama seperti THIO BU KIE yang juga lebih memilih wanita (Thio Beng si Putri Mongol) daripada membela negaranya. Hadoh... SETALI TIGA UANG deh mereka semua, PENGKHIANAT kok disukai? Heran... Pahlawan sejati tuh Kwee Cheng !!!

Sekembalinya dari Mongolia, Kwee Cheng pergi ke Gunung Hua untuk mengikuti turnamen pedang. Ia bertarung dengan mertua dan juga gurunya. Pertarungan  yang sangat lama dan tidak ada yang kalah atau menang. Akhirnya Kwee Cheng menjadi salah satu dari 5 pendekar besar. Setelah pertarungan tersebut, ia melangsungkan pernikahan dengan Oey Yong (Huang Rong) dan hidup bahagia di pulau Persik.

(Bersambung ke postingan berikutnya...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads