Rabu, 06 Maret 2024

Han Ling Sha (Chinese Paladin 4), Pemeran Utama Wanita Paling Tidak Berguna dalam “Chinese Paladin Universe” Yang Tidak Pantas Menjadi First Billing!

Satu kata yang tepat untuk menggambarkan pemeran utama wanita Chinese Paladin 4 adalah TIDAK BERGUNA. Sejak awal cerita ini dimulai sudah diperlihatkan adegan orang tua Yun Tian He, lalu kemudian Yun Tian He remaja, BUKAN HAN LING SHA!

Kisah keluarga Han Ling Sha pun hanya diceritakan satu episode saja, tidak seperti kisah keluarga Yun yang sudah dibahas sejak episode 1 dan menjadi inti kisah Chinese Paladin 4 ini.
Kisah mengenai keluarga Han Ling Sha hanya diperlihatkan secara sekilas alias selayang pandang dan hanya sebagai bumbu pelengkap semata.


SETIDAK PENTING itu PERAN HAN LING SHA dalam “Chinese Paladin 4”. Itu sebabnya aku sangat bingung dan tidak habis pikir, bagaimana bisa PERAN SETIDAK PENTING ITU MASIH NGOTOT dan NGEYEL minta FIRST BILLING?

Yup, sebenarnya nama Ju Jing Yi-lah yang berada di urutan pertama dalam credit title di akhir penayangan drama, dialah yang pada akhirnya memenangkan "drama" perebutan billing. Namun sejujurnya aku merasa JU JING YI TIDAK PANTAS MENDAPATKAN POSISI FIRST BILLING mengingat perannya yang sama sekali tidak berguna.

Uda dapet First Billing walo PERANNYA GAK PENTING-PENTING AMAT, eh tapi fansnya masih nyinyir bin julid pula. Mi Ju alias Fans Ju Jing Yi malah berlagak sok playing victim dan menuduh Yuan “Jangan sampai ada Ju Jing Yi kedua!”


Tapi ya, ada benernya juga sih. “Jangan sampai ada Ju Jing Yi kedua!” yang begitu gak tahu dirinya ngotot minta First Billing padahal perannya GAK PENTING-PENTING AMAT. Bahkan walau di cut banyak pun gak masalah.

Karena kisah tentang Chinese Paladin 4 ini sejak awal adalah tentang kisah Yun Tian He, BUKAN HAN LING SHA! CHEN ZHEN YUAN-lah yang LEBIH PANTAS MENDAPATKAN POSISI FIRST BILLING jika dilihat dari alur cerita.

Namun dengan bantuan Fans Militan Ju Jing Yi yaitu MI JU yang selalu menyerang Chen Zhe Yuan dan menghujatnya dengan kejam, bahkan walau drama sudah selesai tayang, membuat Yuan mau tidak mau harus mengalah dan mendapatkan posisi kedua walaupun YUN TIAN HE-lah PAHLAWAN YANG SESUNGGUHNYA. Emang repot sih kalau berurusan dengan Fans Militan yang barbar dan gila, ditambah artisnya gak tahu diri dan sombong pula.

Sesungguhnya, peran Han Ling Sha sama sekali tidak berguna, selain sebagai :

1. Pacar Tian He.

Karena sebagaimana serial drama, tentu tidak akan lengkap bila tidak ada bumbu-bumbu Love Story di dalamnya. Bagaikan makanan kurang garam, itulah yang terjadi pada serial drama bila tak ada bumbu kisah cinta di dalamnya. Walau dalam drama ini, aku sama sekali tidak bisa menikmati kisah cinta antara Yun Tian He dan Han Ling Sha karena sudah ilfil duluan melihat kesombongan Ju Jing Yi dan mulut Mi Ju yang nyinyir bin culas.


Namun syukurlah kisah cinta dalam Chinese Paladin 4 ini bisa dibilang sangat tipis dan bukan menjadi fokus utama dalam drama. Adegan ciuman pun hanya sekali dan aku sama sekali tidak merasakan chemistry di antara mereka berdua.

2. Membujuk Yun Tian He turun gunung dengan membawa serta Pedang Wang Shu bersamanya.

Dengan membohongi Yun Tian He dan mengatakan “mencari masa lalu sang ayah dan rahasia kenapa Pedang Wang Shu diperebutkan oleh banyak orang”, Ling Sha membujuk Yun Tian He yang polos dan lugu agar bersedia turun gunung dan pergi bersamanya.

Ling Sha tahu bahwa bila dia tidak bisa memegang pedang Wang Shu tersebut, maka satu-satunya cara agar misinya berhasil adalah dengan membawa serta satu-satunya orang yang mampu memegang pedang tersebut yaitu Yun Tian He ikut serta bersamanya menuju Sekte Qiong Hoa dan mengantarkan sendiri pedang tersebut.


Han Ling Sha adalah karakter BEBAN. Sepanjang alur cerita, penonton hanya ditunjukkan bagaimana Han Ling Sha selalu dijebak, diculik dan disandera agar Yun Tian He menyerahkan pedang Wang Shu di tangannya.

Atau kalau tidak, pasti menangis dan pingsan. Harus diakui kalau Han Ling Sha adalah karakter PALING MEMBOSANKAN dan TIDAK BERGUNA dalam Chinese Paladin Universe, bahkan melebihi Ketidakbergunaan Zhao Ling Er.


Ling Sha yang kerapkali dijadikan sandera lalu kemudian pingsan. Benar-benar definisi BEBAN.

Kisah hidup Han Ling Sha pun hanya sebatas diceritakan sebagai keturunan Keluarga Han yang sejak jaman leluhur berprofesi sebagai perampok makam, namun terkena kutukan berumur pendek karena telah berani menerobos makam terlarang dan mencuri benda pusaka di dalamnya.

Tak ada yang istimewa dari background keluarga Han Ling Sha. Berbeda dengan Zhao Ling Er “Chinese Paladin 1” yang adalah keturunan Dewi Nuwa ataupun Tang Xue Jian “Chinese Paladin 3” yang merupakan jelmaan buah ajaib dari Dewi cantik penghuni kahyangan, Dewi Xi Yao.

Background Han Ling Sha bukanlah siapa-siapa. Bahkan walaupun dia diceritakan sebagai penguasa Pedang Wang Shu yang baru pun, Ling Sha tak pernah benar-benar mampu memegang pedang itu karena selalu merasa pusing saat memegangnya.


Sangat mengecewakan karena untuk karakter yang diceritakan sebagai Penguasa Pedang Wang Shu yang baru, Han Ling Sha justru sama sekali tidak bisa mengangkat Pedang Wang Shu dengan tangan kosong secara langsung, dan selalu merasa pusing saat menyentuhnya.

Di episode awal, Han Ling Sha diperlihatkan menggunakan kain merah yang dililitkan di pegangan pedang saat dia mencoba mencuri pedang itu, sebelum akhirnya ketahuan oleh Yun Tian He dan niatnya untuk mencuri Pedang Wang Shu tersebut digagalkan oleh Yun Tian He.

Lalu apa gunanya dia jadi Penguasa Baru Pedang Wang Shu jika untuk memegang saja dia tidak mampu? Tidak ada gunanya! Selain diserap kekuatannya oleh Su Yao. See? Salahkah jika aku mengatakan bahwa Peran Han Ling Sha tidak berguna?


Hanya Yun Tian He satu-satunya orang yang sejak awal hingga akhir memiliki kemampuan memegang dan memakai pedang Wang Shu ataupun Pedang Xi He.

Itu karena Yun Tian He terlahir dengan kekuatan spiritual Yin Yang Zhi Que yaitu memiliki tubuh yang PALING YANG dan PALING YIN. Jadi walaupun dia bukan penguasa Pedang Wang Shu maupun Pedang Xi He, dia tetap mampu memegang kedua pedang tersebut dengan mudah tanpa kesulitan apa pun.


Yun Tian He yang memegang Pedang Wang Shu dan Pedang Xi He sekaligus.

Dan sepertinya, Han Ling Sha diceritakan sebagai penguasa pedang Wang Shu pun hanya sekedar untuk menunjukkan pada penonton bahwa penguasa Pedang Wang Shu itu HARUS WANITA sementara penguasa Pedang Xi He HARUS PRIA, agar terlihat seperti Pedang Ganda Sepasang, Yin dan Yang.

Jika seandainya dibuat Yun Tian He sebagai penguasa Pedang Wang Shu, maka jadinya akan Yang dan Yang, gak cocok dengan konsep SEPASANG, karena kata “sepasang” itu umumnya untuk pria dan wanita.

Peran Han Ling Sha dalam drama ini tak lebih dari pingsan, menangis, diculik, disandera dan diselamatkan, agar Yun Tian He menyerahkan pedang Wang Shu miliknya. Han Ling Sha berkali-kali hampir terbunuh (emang dasar cewek beban) dan Yun Tian He berkali-kali menyelamatkan dan berkorban demi dirinya, bahkan pernah hampir mati demi menyelamatkan nih cewek beban.


Saat Yun Tian He hampir mati karena menyelamatkan si cewek Beban -__-

Dan kalau dilihat dari kekuatan spiritual keempat tokoh utama, Han Ling Sha adalah yang paling lemah dan tidak berguna. Terbukti berkali-kali dijadikan sandera dan sedikit-sedikit pingsan. Sebaliknya, Yun Tian He adalah yang paling kuat.

Saat episode terakhir, ketika Yun Tian He bertarung seorang diri dan terluka parah, bahkan nyawanya pun sempat tercabut dari tubuhnya di tengah pertempuran, yang dilakukan First Billing Han Ling Sha hanya menangis terisak.

See? Hanya MODAL NANGIS doang, saudara-saudara! FIRST BILLING CUMA MODAL NANGIS! Uda gitu nangisnya kaku pula, gak bisa bikin orang tersentuh. Akting nangis aja gak bisa, kaku, tapi ngotot minta First Billing pula. Benar-benar definisi GAK TAHU DIRI.


Han Ling Sha yang tiba-tiba pingsan di tengah pertempuran di episode terakhir yang membuat Yun Tian He harus memberinya kekuatan spiritual padanya untuk menyelamatkannya.

Modal nangis dan hampir pingsan hingga Tian He sempat menyalurkan kekuatan spiritual padanya (foto di atas!)

Benar-benar tidak berguna. Uda karakter gak guna, beban tim, ngotot minta First Billing pula. Pantaskah Han Ling Sha mendapatkan posisi First Billing?  SANGAT TIDAK PANTAS.

Jika bukan karena Fans Militan Barbar milik Ju Jing Ji alias MI JU yang menyerang dan menghujat Chen Zhe Yuan habis-habisan, Ju Jing Yi tidak akan mendapatkan First Billing itu, karena menurut alur cerita dalam drama, CHEN ZHE YUAN YANG PALING PANTAS MENDAPATKAN FIRST BILLING, BUKAN HAN LING SHA!


Untuk apa mendapatkan posisi First Billing kalau adegannya kalah banyak dari Chen Zhe Yuan? Karakter Han Ling Sha memang pantas dijadikan bahan lelucon abad ini. Lawak banget karakter Han Ling Sha ini.

First Billing namun kehadirannya sama seperti pemeran pendukung, uda adegannya kalah banyak dari Yun Tian He (sudah jelas dong karena CP4 memang kisahnya Yun Tian He), ditambah tidak ada perkembangan karakter yang berarti dari Han Ling Sha, dia masih tetap sama seperti di awal yaitu selalu pingsan dan diselamatkan.

Kupikir dengan diceritakan sebagai penguasa Pedang Wang Shu, Han Ling Sha pada akhirnya akan diberikan kesempatan memegang atau bahkan memakai Pedang itu untuk menunjukkan kepemilikannya. Namun ternyata tidak, sampai akhir pun, Ling Sha bahkan tak pernah menyentuh Pedang Wang Shu tersebut.

Perannya sebagai penguasa baru Pedang Wang Shu hanyalah agar Su Yao bisa menyerap kekuatan Yang dalam dirinya. Udah, itu aja. Gak guna, kan?


Seharusnya Ju Jing Yi sadar diri sejak awal kalau alur cerita Chinese Paladin 4 ini BUKAN TENTANG HAN LING SHA! Jadi kalaupun dia memenangkan perebutan Billing sekalipun, perannya tetap tidak sebanyak Yun Tian He karena Chinese Paladin Universe memang selalu menceritakan tentang karakter utama pria, BUKAN WANITA!

Dalam berbagai adaptasi sebelumnya, SELALU TOKOH UTAMA PRIA yang berada di urutan pertama alias FIRST BILLING.

Lalu kenapa Ju Jing Yi dengan tidak tahu diri ngotot ingin menjadi yang pertama?

Kenapa Chinese Paladin 4 Harus berbeda, jika kisahnya masih sama-sama menceritakan tentang Tokoh Utama Pria?

Kenapa Chinese Paladin 4 harus berbeda hanya demi memenuhi ego dan keangkuhan setinggi langit seorang Ju Jing Yi yang merasa paling senior, paling terkenal dan memiliki basis fans militan paling banyak?


Bahkan Yang Mi dan Liu Yi Fei saja tidak keberatan nama mereka berada di belakang Hu Ge. Mereka sadar diri kalau peran mereka hanyalah sebagai kekasih/istri tokoh utama pria dan hanya berperan untuk membantu menyelesaikan misi.

Tidak seperti Ju Jing Yi yang sama sekali tidak rendah hati. Bagiku INI SANGAT TIDAK MASUK AKAL dengan menggunakan kontrak sebagai alasan. Pernahkah ada yang melihat kontrak aslinya? Yakinkah itu bukan editan? Bukan Hoax? Bahkan pihak Chen Zhe Yuan pun mengatakan bahwa dalam kontrak pun dituliskan bahwa posisi mereka setara. Namun pada akhirnya, Chen Zhe Yuan yang mengalah berada di urutan kedua.


Kurang baik apa coba Chen Zhe Yuan? Drama ini bercerita tentang dirinya, adegannya yang paling banyak, eh malah namanya ada di urutan kedua. Tapi masih aja Mi Ju yang resek menghujatnya hingga sekarang. Emang dasar Like Idol like Fans. Fans sama seperti idolanya. Idolanya sombong, fansnya juga sombong. Star Syndrom, Playing Victim, barbar dan tukang hujat, itulah Mi Ju.

Lalu ada yang komen juga, “Jangan jadi Ju Jing Yi kedua!”

Kenapa dengan Ju Jing Yi? Dia memenangkan First Billing untuk Chinese Paladin 4 walaupun perannya gak berguna dan walau kisahnya bukan menceritakan soal Han Ling Sha (karakter yang diperankannya). Yuan sudah mengalah loh dengan membiarkan Ju Jing Yi menjadi yang pertama walaupun seluruh kisah Chinese Paladin 4 adalah tentang Yun Tian He.

Kurang cukupkah itu? Gak usah playing victim dong, Mi Ju! Uda menang tapi masih belum puas juga ckckck… Like idol, like Fans. Artisnya sombong, fansnya juga.


Harusnya daripada “Jangan jadi Ju Jing Yi kedua!” lebih cocok “Jangan jadi Chen Zhe Yuan kedua!”

Di mana Yuan yang jadi penggerak dalam cerita, tokoh utama, sang Pahlawan, orang yang kisah hidupnya dibahas sejak menit pertama drama tayang, eh tapi namanya malah berada di nomor dua, di belakang karakter pacarnya yang perannya hanya menangis, pingsan, diculik dan disandera (Han Ling Sha).

Kasihan banget jadi Yuan, diinjek-injek mulu karena kalah popular dari sang wanita. Ceritanya tentang dia, eh tapi namanya malah muncul di belakang karakter pacarnya yang gak ngapa-ngapain selain nangis?


Untuk aktor-aktor lain di China sana, hati-hati kalau mau main drama sama Ju Jing Yi. Doyan nginjek-nginjek soalnya. Dia yang nginjek tapi playing victim nuduh pihak lain yang nginjek.

Awas! “Jangan sampai jadi Chen Zhe Yuan kedua!”

Jika memang Ju Jing Yi menginginkan First Billing, seharusnya sejak awal JANGAN MENERIMA PERAN HAN LING SHA! TOLAK SAJA! Sejak awal Ju Jing Yi pasti tahu kan kalau karakter Han Ling Sha memang tidak berguna?

Jadi kenapa masih menerima peran Han Ling Sha namun kemudian sok playing victim dengan melempar berita tentang Perebutan First Billing, yang menyebabkan Chen Zhe Yuan terus dihujat bahkan hingga saat ini? Dikatain gak tahu diri sama Mi Ju.


Yang gak tahu diri itu JU JING YI! Apa GAK MALU tuh NGOTOT MINTA FIRST BILLING walaupun ceritanya BUKAN TENTANG HAN LING SHA? Tapi yang namanya orang narsis sih bodo amat ya. Apalagi yang merasa paling terkenal, paling nomor satu, paling cantik sejagat raya bahkan mungkin se-akherat sekalian.

Itulah sekilas tentang karakter Han Ling Sha, karakter PALING TIDAK BERGUNA dalam Chinese Paladin Universe. The First Billing yang sepanjang drama kerjaannya hanya menangis, pingsan, dijebak, diculik, disandera dan diselamatkan oleh Yun Tian He. Bahkan saat pertarungan terakhir pun, saat Yun Tian He nyawanya tercabut, Han Ling Sha menangis tersedu, sementara Yun Tian He sampai terluka berdarah-darah dan sempat meninggal (walau dihidupkan kembali oleh Naga Dewa).




Benar-benar tidak berguna. Selamat untuk Ju Jing Yi dan Han Ling Sha, karena telah berhasil menghancurkan rating Chinese Paladin 4 di Douban. Bukankah First Billing adalah orang yang dipercaya bisa membawa drama?

Dan First Billing-nya adalah Ju Jing Yi, kan? Jadi sudah tentu kehancuran rating Chinese Paladin 4 (di Douban) adalah salah JU JING YI. Bisa membawa drama? Tentu. Bisa membawa Drama menuju kehancuran maksudnya -__- Selamat sekali lagi untuk Ju Jing Yi *sodorin piala*

Credit Pict : All pictures belongs to owners.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads