Kamis, 05 September 2013

Drama Korea Paling Menguras Airmata



Drama Korea. Pertama kali saya mengenal Drama Korea saat masih duduk di bangku SMA kelas 2, lebih tepatnya tahun 2002 saat salah satu stasiun televisi swasta – Indosiar menayangkan sebuah drama Korea yang bertema “Putri Yang Tertukar” yaitu Endless Love aka Autumn In My Heart. Yup, Endless Love adalah drama Korea pertama yang penulis lihat, kemudian setelah itu disusul oleh Winter Sonata yang juga tayang di salah satu stasiun televisi swasta – SCTV pada hari kamis malam setiap pukul 22.30 malam. Gila nih SCTV, masak drama Korea ditayangkan malam hari? ckckck...Penulis sampai harus telat berangkat sekolah gara-gara nonton nih drama hehehe ^.^ Mungkin itulah awal dari Korean Wave di Indonesia, karena setelah itu Indosiar berturut-turut terus menayangkan drama Korea. Yang sayangnya belakangan ini mulai menghilang...

UPDATE From Blogger : Sekedar informasi bahwa bloggernya adalah generasi 1990-an jadi tentu saja drama-drama yang disuka adalah drama di sekitar tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, jadi drama Korea/Taiwan terbaru di tahun 2010 ke atas seperti Goblin dll, tidak akan ada di blog ini karena penulis sudah tidak mengikuti lagi perkembangan drama Korea alias gak update. 

Kalaupun ada judul-judul yang lumayan baru yang pernah dibahas di blog ini seperti : "Who Are You (School 2015), Dream High 2 atau Yongpal", itu karena ada stasiun TV yang menayangkan serial-serial tersebut di jam tayang utama alias sore/malam hari, karena sebagai pekerja kantoran, penulis tak mungkin menonton TV di siang hari. Dengan kata lain, bloggernya hanya menonton drama Korea yang disajikan di TV di jam tayang sore hari, sama seperti drama-drama Korea di bawah ini yang pernah tayang di jam tayang sore/malam hari ^_^


“Drama Korea Paling Menguras Airmata”
 




Dari sekian banyaknya drama Korea yang pernah ditayangkan oleh stasiun televisi swasta Indonesia, ada beberapa yang masih teringat jelas dalam ingatan penulis, karena bukan hanya akting pemainnya patut diacungi jempol tapi juga kisah yang diangkat benar-benar menguras airmata penonton.
Berikut ini adalah 5 Drama Korea Paling Menguras Airmata VERSI "Asian Stars" :
1. Autumn In My Heart 

Berlatar belakang musim gugur yang indah, Autumn In My Heart atau yang lebih dikenal sebagai Endless Love oleh penonton Indonesia adalah drama yang mengisahkan tentang kisah cinta antara sepasang kekasih yang sebelumnya dibesarkan dari keluarga yang sama, Yoon Joon Suh (Song Seung Heun) dan Yoon Eun Suh (Song Hye Gyo).

 


Awalnya hubungan mereka murni kakak dan adik, namun pada akhirnya semuanya berubah saat sebuah rahasia besar terungkap bahwa ternyata mereka berdua tidak sedarah, karena kenyataan yang mengatakan kalau Yoon Eun Suh ternyata telah tertukar sewaktu bayi. Akhirnya Eun Suh pun dikembalikan kepada orang tua aslinya yang miskin.  

 

Sejak saat itu Eun Suh hidup dalam kemiskinan dan serba kekurangan. Dan setelah kejadian itu keluarga Joon Suh berangkat ke Amerika dan meninggalkan Eun Suh dengan keluarganya yang miskin dan hidup menderita.

Bertahun-tahun setelah itu akhirnya Joon Suh kembali ke Korea dan dia pun dipertemukan kembali dengan Eun Suh. Kisah cinta mereka semakin rumit dengan kehadiran tunangan Joon Suh dan seorang pemuda yang mencintai Eun Suh yaitu Han Tae Suk (Won Bin). Ditambah lagi, Eun Suh ternyata mengidap penyakit mematikan yaitu kanker darah (Leukimia) dan hidupnya tak lama lagi.


Namun walaupun mengetahui bahwa Eun Suh menderita kanker darah dan hidupnya takkan lama, Ayah Joon Suh yang keras kepala tetap tidak bersedia merestui cinta mereka, hingga akhirnya Eun Suh harus menghembuskan napas terakhir dalam gendongan sang “Kakak”.


Adegan terakhir diperlihatkan Joon Suh sedang menyeberang jalan dan kemudian terdengar suara decitan mobil yang membuat penonton berasumsi bahwa Joon Suh meninggal karena tertabrak, sama seperti saat Eun Suh kecil tertabrak truk hingga membuat identitas aslinya terungkap. Kisah cinta yang mengharu biru dan ending yang tragis, membuat drama ini mencatat rating tinggi saat ditayangkan di Korea. 


Di drama ini sebenarnya penulis lebih menyukai dan kasihan dengan tokoh Han Tae Suk yang diperankan oleh Won Bin. Bukan hanya karena wajah tampannya tapi karakternya yang tulus mencintai Eun Suh, selalu melindungi dan selalu ada yang membuat penulis merasa sangat tersentuh. Andai penulis menjadi Eun Suh, penulis pasti akan memilih Tae Suk hehehe ^^


2. Winter Sonata 
Winter Sonata...Dinginnya salju, hangatnya cinta...Berlatar belakang musim dingin dengan hamparan salju yang terlihat hampir sepanjang drama. Pelopor Korean Wave dan salah satu drama yang mengharu biru lainnya, seperti kebanyakan drama Korea yang lain, Winter Sonata merupakan kisah percintaan yang mampu membius penontonnya. 

 

Kisah tentang cinta pertama yang tidak lekang dimakan waktu meski bertahun-tahun telah berlalu dan meski semua orang menganggap bahwa sang cinta pertama telah berada di Surga. Jung Yoo Jin (Choi Ji Woo) tetap percaya bahwa kekasihnya masih hidup di luar sana, dan pada akhirnya penantian Yoo Jin tidak sia-sia karena sang cinta pertama, yaitu Kang Jun Sang (Bae Young Jun) tiba-tiba muncul di hadapannya, walau pun pria itu mengaku tidak ingat apa-apa dan mengaku bernama Lee Min Hyung.

Hal itu ternyata karena 10 tahun yang lalu, Sang Ibu sengaja memalsukan kematian Jun Sang dan memberikan ingatan yang baru pada anaknya agar Jun Sang tidak malu karena menjadi anak yang lahir di luar nikah. 

 

Jung Yoo Jin dan Kang Jun Sang pertama kali bertemu saat mereka masih SMU, namun karena sebuah kesalahpahaman, Jun Sang mengira bahwa Yoo Jin adalah adiknya yang berasal dari Ibu yang berbeda namun memiliki ayah yang sama. Ironisnya, mereka berdua saling jatuh cinta. Patah hati dan tidak bisa menerima kenyataan, Jun Sang ingin mencari Ayah Yoo Jin untuk meminta penjelasan, namun di tengah jalan dia mengalami kecelakaan yang menghapus ingatannya.

Namun sang Ibu memalsukan kematiannya dan mengatakan kepada seluruh teman-teman Jun Sang bahwa Jun Sang telah meninggal. 10 tahun kemudian, Jun Sang dan Yoo Jin kembali bertemu saat tak sengaja mereka berdua terlibat dalam sebuah proyek pembangunan Resort di Nami Islands.  


Takdir kemudian kembali membuat mereka jatuh cinta untuk yang kedua kalinya. Walaupun Jun Sang yang sekarang tidak ingat apa pun tentang masa lalunya namun hatinya masih tetap mencintai Yoo Jin. Kecelakaan kedua yang menimpa Jun Sang, tak hanya membuatnya mendapatkan kembali ingatannya, namun juga membuat nyawanya terancam setelah diketahui ada penyumbatan pembuluh darah di otak yang bisa membahayakan nyawanya.

Hidupnya juga semakin tidak menentu setelah berpisah dengan Yoo Jin, yang disangka sebagai adik tirinya. Akhirnya setelah melalui tes DNA, barulah kemudian diketahui bahwa ayah kandung Jun Sang adalah ayah Sang Hyuk.


Setelah tiga tahun berlalu, Jun Sang kembali ke Korea dengan kondisi buta pasca operasi. Rumah yang dibangunnya menarik perhatian Yoo Jin, yang mendatangi lokasi untuk melihat langsung. Yoo Jin terkejut saat melihat pria yang telah dikenalnya dengan baik ada di dalam rumah tersebut. Kali ini tidak ada lagi yang bisa memisahkan keduanya. Namun sayang, kisah keduanya harus terputus sampai di sini.

3. Memories Of Bali
Satu lagi drama Korea berakhir tragis, “Memories Of Bali” atau yang lebih dikenal dengan nama “Something Happened In Bali” ini memang mengambil setting di bagian awal dan akhir drama di Pulau Dewata, Bali – Indonesia. Drama sepanjang 20 episode ini berkisah tentang seorang pemandu wisata bernama Lee Soo Jung (Ha Ji Won) yang ditipu mentah-mentah oleh bosnya sendiri yang tega mencuri seluruh uang tabungan Soo Jung.



Saat tengah memandu wisata di Bali, Soo Jung bertemu dengan 3 wisatawan asal Korea Selatan yaitu Jung Jae Min (Jo In Sung), Kang In Wook (So Ji Sub) dan tunangan Jae Min, Choi Young Joo (Park Ye Jin). Segera, mereka berempat terlibat kisah segi empat yang sangat rumit. 

Lee Soo Jung yang awalnya menyukai Kang In Wook, sengaja mendekati Jung Jae Min yang kaya raya, mulanya murni karena uang, Begitu juga dengan Jae Min yang awalnya hanya mendekati Soo Jung karena ingin membuat sang tunangan, Choi Young Joo cemburu karena memang awalnya, Young Joo dan In Wook berpacaran.
  

Jae Min yang sakit hati dan merasa diselingkuhi oleh tunangannya berniat membalas dendam dengan memanfaatkan Soo Jung. Tapi tanpa disangka, Jae Min sungguh-sungguh jatuh cinta pada Soo Jung yang malang dan baik. Soo Jung pun tanpa sadar mulai jatuh hati pada Jae Min. 



Tapi sayangnya kisah cinta mereka tidak direstui kedua orang tua Jae Min karena Soo Jung adalah orang miskin. Ingin melindungi Soo Jung, Jae Min pun terpaksa menikahi Young Joo agar sang Ayah tidak menyakiti Soo Jung lagi. Tapi ternyata cintanya pada Soo Jung semakin besar, dan Jae Min pun memutuskan untuk melepaskan segalanya agar bisa bersama Soo Jung. 



Tapi ternyata takdir berkata lain, orang-orang suruhan Ayah Jae Min ingin melenyapkan Soo Jung selamanya, dan untuk melindungi Soo Jung akhirnya In Wook membawa Soo Jung kembali ke Bali, ke tempat mereka bertemu pertama kali.  

 

Jae Min yang mengetahui hal ini segera mengejar Soo Jung ke Bali, tapi betapa hancurnya dia saat melihat wanita yang dicintainya ternyata tidur di samping pria lain yang tidak lain adalah saingannya sendiri, Kang In Wook. Tanpa pikir panjang, Jae Min pun langsung menembak mati mereka berdua lalu kemudian dia bunuh diri dengan pistol yang sama. Tapi untunglah karena sedetik sebelum Lee Soo Jung meninggal, dia mengatakan bahwa Jung Jae Min lah pria yang dicintainya.



Adegan saat Jung Jae Min bunuh diri itulah yang membuat penulis nangis guling-guling... Astaga! Kok endingnya mati semua? Penulis tahu bahwa hidup itu memang kejam, tapi gak sekejam itu juga kale... Itu yang penulis pikirkan saat itu. Lee Soo Jung dari awal hingga akhir gak pernah hidup enak, bahkan dia harus mengakhiri hidupnya di tangan pria yang dia cintai dan juga mencintainya. takdir memang kejam, benarkan? Masih ada yang bilang "Hidup tak seindah drama Korea"? Drama Korea yang mana dulu nih? "Something Happened In Bali" gak indah, loh hehehe ^_^

 


4. Stairway To Heaven

Serial Korea yang paling menguras airmata, Stairway To Heaven. Bagaikan Cinderella yang harus mendapat siksaan dari Ibu tiri dan saudara tiri yang kejam. Han Jung Soo (Choi Ji Woo) yang awalnya hidup bahagia berdua dengan Sang Ayah mendadak hidup bagaikan Cinderella yang selalu disiksa oleh Ibu Tiri dan saudara tirinya sejak Sang Ayah menikah dengan seorang aktris ternama, Tae Mi Ra.



Tidak cukup disiksa, Han Yoo Ri (Kim Tae Hee), sang saudara tiri yang kejam juga merebut semua milik Jung Soo, mulai dari pakaian, boneka hingga cinta pertama Jung Soo yaitu Song Ju. Yoo Ri yang kejam sengaja menabrak Jung Soo di suatu malam yang gelap sehingga gadis itu mengalami amnesia. Tapi tidak peduli terpisah sejauh apa pun, cinta sejati tetap akan bertemu pada akhirnya. Jung Soo yang amnesia akhirnya dapat bertemu kembali dengan cinta pertamanya, Cha Song Ju dan perlahan ingatannya mulai pulih.


Bukan hanya itu, kejahatan Yoo Ri dan Mi Ra pun mulai terbongkar. Semuanya mulai tampak indah, Cinderella sudah bertemu dengan "Pangeran"-nya dan akan hidup dengan bahagia seperti dalam kisah dongeng. Tapi sayangnya, kenyataan tidak seindah dongeng karena Han Jung Soo divonis menderita kanker mata sama seperti Ibunya dulu, dan hidupnya pun sudah tidak lama lagi.


Adegan paling sedih saat Han Jung Soo berjalan-jalan di tepi pantai dan perlahan-lahan menjadi buta. Choi Ji Woo, Sang Ratu Drama Melankolis, begitu saya menyebutnya, begitu sempurna saat berakting sedih, sehingga membuat semua penonton pun ikut menangis bersamanya. Apalagi saat adegan terakhir di mana Han Jung Soo (diperankan oleh Choi Ji Woo) meninggal dalam pelukan suaminya. Walau hanya sesaat, setidaknya dia sempat merasakan kebahagiaan, kan?

5. Sorry I Love You 
Sorry I Love You, serial mengharu biru lainnya, serial yang juga meraih rating tinggi di Korea sana dan merupakan saingan berat dari Memories Of Bali ini juga menghadirkan ending yang tak kalah tragisnya. Sorry I Love You, kisah tentang seorang pria yang ditelantarkan berulang kali dan sejak awal sudah ditakdirkan akan mati.
 

Cha Mo Hyuk (So Ji Sub) adalah seorang pria yatim piatu yang sejak kecil dibuang oleh orang tuanya tapi dia selalu berpikir positif bahwa orang tuanya membuangnya karena mereka terlalu miskin. Tumbuh menggelandang di Australia karena orang tua angkatnya mengusirnya, Mo Hyuk bertekad mencari banyak uang agar bisa mencari ibu kandungnya dan memberikan beliau banyak uang. Di Australia-lah Mo Hyuk bertemu dengan Song Eun Chae, seorang gadis lugu yang kelak akan dicintainya sepenuh hati.

 

Mo Hyuk awalnya memiliki seorang kekasih yang kemudian mencampakkannya karena lebih memilih menikahi pria kaya. Mo Hyuk yang ingin menghentikan pernikahan itu justru menjadi sasaran penembakan dari musuh calon suami mantan pacarnya, hasilnya 2 peluru bersarang di kepalanya. 

Tapi mantan pacarnya bukan bersimpati justru menyuruhnya pergi setelah memberinya sekoper uang. (Ni cewek kejam sangat, uda ninggalin demi orang yang lebih kaya, sekarang mantannya tertembak dan hampir mati, dia malah cuma ngasih sekoper uang. Benar-benar gak punya hati T__T)

 

Mo Hyuk mengambil uang itu dan kembali ke Korea untuk mencari Ibu kandungnya karena hidupnya divonis Dokter hanya tersisa 3 bulan lagi. Singkat cerita, akhirnya dia mengetahui kalau Ibu kandungnya adalah orang kaya dan bahkan memiliki seorang Putra yang merupakan seorang penyanyi terkenal. Mo Hyuk yang marah memutuskan untuk membalas dendam pada Ibu dan saudaranya. dia kemudian mendekati Yoon dan menjadi Manajernya. Bukan hanya itu, dia juga mengadu domba Ibu dan anak ini. 

Dia juga mendekati Min Joo, kekasih Yoon dan merayunya. Dia juga yang menyebabkan Yoon kecelakaan dan menyebabkan Yoon mengalami masalah dengan jantungnya dan harus segera dioperasi. Tapi sayang rencananya berantakan saat dia menyadari dia telah jatuh cinta pada Eun Chae. Kehadiran Mo Hyuk di hati Eun Chae perlahan mengobati patah hatinya terhadap Yoon. Mo Hyuk mengalami dilema saat menyadari semua prasangkanya salah. 


Ternyata Mo Hyuk adalah buah cinta Ibunya dengan seorang pria beristri, yang demi untuk melindungi reputasi sang Ibu yang seorang artis, Ayah Eun Chae (manajer Sang Ibu) memutuskan diam-diam membuang Mo hyuk dan saudari kembarnya yang memiliki keterbelakangan mental dan mengatakan kalau mereka sudah meninggal. Dan untuk mengobati sakit hati karena kehilangan anaknya, Ibu Mo hyuk mengadopsi Yoon. 

Setelah mengetahui kebenaran, Mo hyuk tetap menjaga rahasia ini demi menjaga perasaan sang Ibu yang pastinya akan sedih jika mengetahui hidup sang anak yang sudah tidak lama lagi. Akhirnya sampai Mo Hyuk mati, sang Ibu tetap tidak mengetahui kebenaran soal anak kandungnya.


Mo Hyuk akhirnya meninggal saat sedang mengendarai motornya, dan sebelum meninggal dia sempat memanggil nama Eun Chae mengatakan "Sorry, I Love You". Adegan terakhir memperlihatkan Eun Chae yang meminum racun dan meninggal tepat di samping makam Mo Hyuk.


Bonus : 
6. The Great Queen Seon Deok

Kisah tentang Ratu pertama bangsa Korea dan Putri Yang Terbuang, yang terlahir kembar namun harus terusir dari Istana demi untuk menghindarkan Kerajaan dari bencana. Ketika itu ada sebuah ramalan yang menyebutkan bahwa Kerajaan akan dilanda bencana bila Raja memiliki anak kembar, maka Sang Raja membuang salah satunya dan memberikannya kepada salah satu pelayannya yang bernama So Hwa. 




Beberapa tahun kemudian, Sang Putri yang terbuang, yang diberi nama Deok Man, kembali ke istana dengan menyamar menjadi Nang Do (prajurit). Setelah berbagai macam rintangan terjadi, akhirnya Deok Man mengetahui jati dirinya yang sebenarnya dan bersama saudara kembarnya – Putri Cheon Myeong, mereka mencoba melawan Mishil. Tapi sayangnya Putri Cheon Myeong terbunuh dalam salah satu pertempuran. 


Dalam melawan Mishil, Deok Man tidak sendiri. Dia didampingi oleh sederetan Hwarang yang setia. Sebut saja contohnya : Hwarang Bidam, putra Mishil dari Raja Jinji yang diam-diam jatuh hati pada Deok Man dan selalu melindunginya. 




Walau kisah mereka berakhir tragis, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Bidam-lah yang menjadi salah satu daya tarik drama ini sehingga menjadi sangat sukses. Karakternya yang unik, yang berada di antara baik dan jahat, cintanya yang tulus pada Sang Putri dan jalan hidupnya yang tragis, membuat banyak penonton bersimpati pada karakter ini, termasuk penulis sendiri.


Pendukung Putri yang lain adalah Jendral Kim Yu Shin, Hwarang Alcheon, Hwarang Wolya, Pangeran Kim Chun Chu dan Pangeran Kim Yong Shun juga turut andil dalam penobatan Sang Putri menjadi Ratu Korea. Sejarah mencatat bahwa Ratu Seon Deok dari Shila-lah yang mencetuskan paham bersatunya 3 Kerajaan, yaitu Baekje, Shilla dan Gogoryeo.

Adegan saat Bidam berjuang untuk menemui Sang Ratu hanya untuk meminta maaf dan mengatakan cinta adalah adegan yang membuat saya harus bercucuran airmata. Bagaimana tidak? Hanya untuk mengatakan cinta saja, Bidam harus dihadang Ribuan pengawal yang salah paham dan menganggap bahwa Bidam ingin menemui Ratu karena ingin membunuhnya. 


 

 

Woi !!! Tuh Bidam cuma mau ngomong cinta, masak ngomong cinta pun gak diijinin? Dan akhirnya sudah bisa ditebak kalau Bidam yang saat itu dikeroyok massa pun tidak bisa melawan dan mati dengan tragis di hadapan wanita yang sangat dicintainya tanpa sempat mengatakan cinta, dan yang lebih tragis lagi Bidam meninggal dengan tubuh tertusuk ribuan panas hiks T.T

 

 

Bidam adalah tokoh PALING KASIHAN SEPANJANG DRAMA INI. Bagaimana tidak? Dibuang oleh Mishil saat masih bayi, tidak pernah disayang oleh gurunya, diremehkan oleh Ibu kandungnya sendiri dan terakhir dia jatuh cinta pada wanita yang salah, yaitu Ratunya sendiri dan harus mati dengan tragis di hadapan wanita itu tanpa sempat mengatakan cinta.

 

Well, itulah drama Korea yang menurut penulis PALING MENGURAS AIRMATA. Bagaimana menurut Anda?

Written by : Liliana Tan
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads