Jumat, 19 April 2013

BELLATRIX, Pejuang Wanita Yang Perkasa Di Langit Utara



Masih ingat dengan sepupu Sirius Black di film “HARRY POTTER AND THE ORDE OF PHOENIX” ?? Seorang pelahap maut wanita yang di akhir cerita tega membunuh saudara sepupunya sendiri demi kesetiaannya pada Pangeran Kegelapan.. Yup, dia adalah BELLATRIX LESTRANGE !!! Seorang Pelahap maut wanita yang sangat setia pada Voldemort sepanjang sisa hidupnya. Tahukah Anda bahwa nama BELLATRIX juga merupakan nama sebuah bintang di Langit Utara ??



“BELLATRIX, Pejuang Wanita Yang Perkasa Di Langit Utara”
 




Dalam kisah Harry Potter, Bellatrix Lestrange (1951-2 Mei, 1998) yang juga dikenal sebagai Bella, adalah seorang penyihir berdarah-murni, Putri dari Cygnus dan Druella Black dan kakak dari Andromeda Black dan Narcissa Malfoy. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang Bellatrix Lestarnge dalam kisah Harry Potter tetapi membahas tentang asal mula nama ini, yang adalah nama sebuah bintang, sama seperti halnya Sirius Black, Regulus Arcturus Black, Andromeda Black, Draco Malfoy, bahkan Cygnus Black ( Ayah dari Bellatrix).



Seperti yang sebutkan di atas, kali ini saya akan kembali membahas bintang yang bersinar terang di Langit Utara, tepatnya di Rasi Orion atau Sang Pemburu, yaitu Bintang Bellatrix. 



Seperti dalam kisah Harry Potter, dimana Bellatrix Lestrange di gambarkan sebagai satu-satunya pejuang wanita, dalam ilmu astronomi pun, Bintang Bellatrix pun merupakan satu-satunya bintang yang di lukiskan sebagai seorang wanita di rasi Orion, dimana Rasi Orion sendiri digambarkan sebagai seorang pemburu laki-laki.



Bintang Bellatrix atau Gamma Orionis (γ Ori / γ Orionis) adalah bintang tercerah ketiga di rasi Orion, setelah Rigel dan Betelgeuse, dan bintang paling cerah ke 27 di langit malam. Bintang ini berada pada jarak 243 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bintang kelas B2III. Bintang ini memiliki magnitudo sebesar 1.64.


Bellatrix Star, The Giant BLUE Star

Bintang Bellatrix, berasal dari bahasa Latin yang berarti “Female Warrior” atau "Pejuang Wanita". Nama lainnya untuk bintang ini adalah : Amazon Star atau Bintang Amazon.

Bintang Bellatrix muncul setiap tanggal 30 Januari di 80 derajat langit utara.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads