Sabtu, 13 April 2013

LEO, Sang Singa Raja Langit



Leo, zodiac favorit saya diantara 12 zodiak lainnya. Kenapa ?? Karena saya lahir pada tanggal 17 Agustus tepat di bawah Naungan Bintang Leo.. Itulah sebabnya saya mendadak ingin menulis postingan soal Rasi Bintang Leo karena Leo adalah bintang saya sendiri hehehe ^^ Leo, Sang Singa Raja Rimba, memang identik dengan keperkasaan dan kekuatan, bahkan dalam berbagai mitologi di dunia, Leo yang dilambangkan dengan Singa adalah hewan yang sangat di takuti.. Tapi seperti apakah Rasi Leo di dalam Astronomi ?? 


 “LEO, Sang Singa Raja Langit”
 




Sepertinya, sejak zaman dahulu, singa telah menjadi lambang kekuatan dan kekuasaan bagi banyak peradaban manusia. Orang-orang Mesir kuno menyembah Dewa Singa, dewa yang sangat berpengaruh dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mereka percaya bahwa dunia diciptakan ketika matahari terbit di Rasi Leo, dekat Bintang Denebola.

Orang-orang Sumeria sejak dahulu juga telah melihat bentuk singa pada rasi ini. Orang-orang Persia menyebut rasi ini sebagai Ser. Orang-orang Turki menamainya Artan. Orang-orang Syria menyebutnya Aryo. Orang-orang Yahudi menyebut rasi ini Arye dan orang-orang Babylonia menyebutnya Aru. Beragam sebutan tetapi maknanya tetap satu, yaitu singa.

Dan seperti halnya, ke 12 rasi bintang yang lain, Rasi Bintang Leo juga memiliki mitos sendiri. Mitos ini adalah mitos yang sangat popular yang berasal dari Mitologi Yunani.

Mitologi Leo :
Jelmaan dari the Nemean Lion yang dibunuh oleh Hercules.
Juno atau Dewi Hera dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga tanpa sadar, Hercules membunuh ketiga putranya dari Princess Megara of Thebes.

Untuk menebus kesalahannya Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaenea serta menunaikan 12 tugas berat. Tugas I yg harus ditunaikan adalah membunuh the Nemean Lion yg telah menerror penduduk Nemea selama bertahun-tahun.


The Nemean Lion memiliki kulit yg kebal senjata sehingga Hercules kesulitan menghadapinya. Begitu perkasanya Singa Nemea itu, hingga panah Hercules pun mental, tak menggoresnya sedikit pun. Pedangnya terbelah menjadi dua dan senjata kayunya hancur berkeping-keping. Itu Karena konon, Singa Nemea memiliki kulit yang tak dapat ditembus oleh besi, perunggu, dan kayu.

Namun akhirnya ketika sang singa lelah Hercules berhasil mencekik lehernya sampai mati. Setelah itu dengan menggunakan cakar sang singa sendiri Hercules menguliti sang singa & mengenakan kulitnya sebagai busana pelindung yang membuat Hercules sulit dilukai senjata apapun.

Hera sangat marah mendengar kemenangan Herkules. Ia mengirim jiwa Singa Nemea itu jauh ke atas langit untuk mengenang pertarungan hebat itu dan hingga saat ini dapat dilihat sebagai Rasi Leo yang indah, tidak lagi mematikan.

Astronomi
Leo (Singa) adalah suatu rasi bintang dari zodiak. Leo berada di antara Cancer di sebelah barat dan Virgo di sebelah timur. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Leo, terlahir pada 23 Juli hingga 22 Agustus, ketika matahari ada pada bintang Leo.

Rasi Leo adalah salah satu dari sekian banyak rasi bintang yang terlihat hampir sesuai dengan namanya, yaitu singa. Oleh karena itu, Rasi Leo ini termasuk rasi yang mudah dikenali. 




Rasi Leo berbatasan dengan Rasi Ursa Mayor, Leo Minor, Cancer, Hydra, Sextans, Crater, Virgo, dan Coma Berenices. Rasi Leo tampak jelas dilihat pada bulan April di langit belahan bumi utara.

Sama halnya seperti Bintang Polaris yang merupakan bintang paling terang di Langit Utara tepatnya di Rasi Bintang Ursa Minor, di rasi Leo pun terdapat bintang yang paling terang. Bintang itu tak lain adalah REGULUS, yang merupakan bintang yang paling terang di Rasi Leo. 

Nama Regulus, yang artinya Pangeran atau Raja Kecil, diberikan oleh astronom terkenal Polandia, Nicholaus Copernicus. Dalam peradaban Sumeria kuno, Regulus berarti bintangnya Raja. Regulus termasuk salah satu bintang yang mudah kita kenali di langit malam.

Selain Regulus, rasi Leo juga memiliki bintang lain yang juga bersinar sangat terang yaitu Bintang Denebola. Bintang Denebola adalah bintang kedua paling terang pada Rasi Leo setelah REGULUS. Nama Denebola artinya ekor singa, yang memang sesuai dengan letaknya.

Selain Regulus dan Denebola, bintang-bintang yang lebih redup pada Rasi Leo pun telah mempunyai nama. 

Bintang-bintang itu adalah :


1.Algieba  
2.Zosma
3.Adhafera
4.Chort
5.Algenubi
6.Chertan
7.Elased Borealis, dan
8.Subra

Selain bintang-bintang yang telah disebutkan di atas, terdapat juga Galaksi yang berada di sekitar Rasi Leo. Yang terkenal di antaranya adalah galaksi-galaksi spiral M65, M66, M95, M96, dan galaksi elips, M105.
  


Galaksi Spiral M66

Hujan Meteor Leonid :


Leonid Meteor Shower, dinamakan demikian karena meteor-meteor tersebut seolah-olah berasal dari suatu titik pada Rasi Leo. Leonid meteor shower ini adalah hujan meteor yang pertama kali menarik orang-orang untuk mempelajarinya. Kebanyakan hujan meteor diproduksi oleh komet. Dalam hal Leonid meteor shower, komet asalnya yang dinamakan Tempel-Tuttle tampak di langit sekitar 33 tahun sekali. Leonid meteor shower biasanya terjadi pada 14-21 November. Dan Rentang waktu Hujan Meteor Leonid berlangsung lebih cepat daripada hujan meteor lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.