Minggu, 14 April 2013

Rasi Bintang Langit Utara



Setelah menjelajah Langit Selatan, sekarang giliran kita untuk menengok gugusan bintang di Langit Utara. Walau tidak memiliki gugusan bintang sebanyak Langit Selatan, tapi Langit Utara juga menawarkan pemandangan Langit yang luar biasa indah.

Salah satu Bintang favorit saya, POLARIS, yang merupakan symbol dari HARAPAN dan KEABADIAN juga menjadi bagian dari Langit Utara yang indah. Bintang POLARIS yang merupakan bintang yang paling terang di rasi URSA MINOR atau Beruang Kecil adalah BINTANG YANG DI JADIKAN PENANDA ARAH UTARA oleh para pelaut jaman dahulu hingga sekarang. Hal ini karena POLARIS tetep diam ditempatnya meskipun bintang-bintang lain seolah terlihat berpindah tempat.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas soal POLARIS karena pembahasan soal POLARIS sudah saya posting di postingan sebelumnya. Berikut saya akan membahas berbagai jenis Rasi-rasi bintang di Langit Utara, sekedar untuk menambah pengetahuan kita.



”Rasi Bintang Langit Utara”



Langit utara jauh dari pusat galaksi kita. Itu sebabnya Rasi-rasi di langit Utara ini tidak dapat dilihat manusia yang tinggal di lintang selatan. Sebaliknya, di Eropa Utara dan Amerika Utara, beberapa rasi seperti Ursa Mayor aka Rasi Beruang Besar dan Rasi Ursa Minor aka Rasi Beruang Kecil dapat dilihat setiap malam sepanjang tahun.

Rasi lainnya yang relatif mudah untuk dikenali diantaranya Rasi bintang Pegasus, yang dibentuk oleh empat bintang yang terang. Sedangkan Di rasi Cygnius terdapat Deneb, sebuah bintang yang bersinar 70.000 kali lebih terang dari mtahari kita.


Andromeda, The Princess

Berikut adalah nama-nama rasi bintang yang sering terlihat di Langit Utara :
1. Pisces
2. Cetus
3. Aries
4. Triangulum
5. Andromeda
6. Pegasus
7. Equuleus
8. Delphinus
9. Aquila
10. Sagitta
11. Cygnus
12. Lacerta
13. Cepheus
14. Cassiopeia
15. Perseus
16. Taurus
17. orion
18. Auriga
19. Cammelopardalis
20. Lynx
21. Ursa Minor
22. Draco
23. Lyra
24. Ophiuchus
25. Hercules
26. Serpens
27. Corona Borealis
28. Bootes
29. Virgo
30. Coma Berenices
31. Canes Venatici
32. Ursa Mayor**
33. Leo Minor
34. Leo
35. Hydra
36. Cancer
37. Canis Minor
38. Gemini
39. Vulpecula
 

(Credit : Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads