Jumat, 06 Februari 2015

Wuxia Stars : Julian Cheung (Guo Jing 1994) Profile

Dikenal dengan perannya sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) yang lugu, polos, baik hati, setia, jujur walau agak bodoh dan lamban, Julian Cheung pertama kali menyapa penonton Indonesia dengan wajah tampannya lewat penampilannya yang sempurna dalam “Legend Of The Condor Heroes 1994” atau yang lebih dikenal dengan “Pendekar Pemanah Rajawali” tahun 1996 silam. Yup, walau serial ini diproduksi pada tahun 1994 di Hongkong sana, tapi di Indonesia sendiri serial ini baru ditayangkan pada tahun 1996.



“Wuxia Stars : Julian Cheung (Guo Jing 1994) Profile”








Nama Mandarin : Cheung Chilam (Zhang Zhi Lin)
Nama Barat : Julian Cheung
Nama Beken : Chilam
Tempat / Tgl Lahir : HongKong, 27 Agustus 1971
Tinggi / Berat : 180 Cm / 64 Kg
Bintang : Virgo
Shio : Babi
Golongan Darah : A
Kewarganegaraan : Australia
Warna Favorit : Hitam, Putih, Abu-abu
Olah Raga Favorit : Tenis
Penyanyi Favorit : Jacky Cheung, Michael Jackson







After 5 minutes you meet Julian’s Guo Jing, you will fall in love with him, like me hehehe =) he is handsome, amazing and like the best friend you always wanted. Julian makes the PERFECT GUO JING (KWEE CHENG). Personally to me, he is very handsome. I guess I’m still stuck on Julian Cheung as Jing Gege hehehe =)

Julian Cheung as Guo Jing dalam kostum Mongol


Benar sekali. Julian Cheung atau lebih dikenal dengan nama Chilam ini adalah seorang penyanyi sekaligus aktor papan atas yang terkenal berkat perannya sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) dalam serial populer Legend of the Condor Heroes 1994. Di Indonesia, serial ini sendiri baru ditayangkan pada tahun 1996 silam, tepatnya 2 tahun setelah dibuat di negara asalnya.




 

Aktor yang menyukai buah-buahan sebagai makanan favoritnya itu memulai karirnya sebagai seorang penyanyi Cantopop atau Pop Canton. Aktor yang menghabiskan masa kecilnya di HongKong itu sejak usia 13 tahun sudah harus merasakan pahitnya kehidupan karena kedua orang tuanya bercerai. Akibat perceraian kedua orang tuanya itu, Chilam muda yang kala itu berusia 15 tahun diajak hijrah oleh ayahnya ke Australia.Oleh sang ayah, Chilam muda di masukkan ke sekolah Epping Boys High School di Sydney. Menyadari bakat seni dari sang putra, ayah Chilam memasukkannya ke sebuah sekolah akting.

 

Debut awal dari aktor yang menyukai Kartun Ding Dong ini terjadi pada tahun 1990.Ketika itu Chilam yang menginjak usia 19 tahun sedang mengunjungi HongKong dalam rangka liburan musim panasnya. 





Dalam rangka menemui saudara sepupunya dan teman masa kecilnya - Anna Ueyama, Chilam mulai terlibat dalam dunia selebritis. Oleh Anna Ueyama, Chilam diperkenalkan oleh manajer pertamanya yang bernama Tony.Terkesan oleh suara apik Chilam, Tony langsung menggaet Chilam untuk masuk dalam managemennya di IFPI dan langsung membimbingnya bagaimana cara menjadi seorang penyanyi yg baik.

Selesai di training oleh sang manajer-Tony, Chilam akhirnya mengeluarkan debut single lagu pertamanya berduet dengan penyanyi HongKong Maple Hui. Single pertama Chilam-Maple Hui yang berjudul 'A Modern Love Story' ternyata sukses besar ketika rilis pertama kali di tahun 1991.Single pertama Chilam ini ternyata mampu bertahan dalam chart lagu-lagu HongKong selama 11 minggu berturut-turut...luar biasa...dan hal ini ternyata merupakan rekor tersendiri yang belum terpecahkan sampai sekarang sebagai new comer singer  dengan debut single pertamanya. Sukses dengan single lagu pertamanya, Chilam langsung di gaet oleh salah satu stasiun tv terbesar di HongKong yaitu TVB dan langsung membintangi serial televisi pertamanya yaitu Peak of Passion yang dirilis tahun 1992. Setelah itu Chilam juga bermain di film layar lebar pertamanya yang berjudul A Warrior's Tragedy bersama aktor besar Timmy Ti Lung.





Memang di debut film pertamanya itu Chilam hanya kebagian peran kecil sebagai pemeran pembantu saja, namun tentu pengalaman bermain bersama aktor besar seperti Timmy Ti Lung ini tentu sangat berharga buat karir Chilam ke depannya.

Selesai bermain di serial TVB Peak of Passion di tahun 1992 dan dalam film layar lebar A Warrior's Tragedy tahun 1993, Chilam mencapai puncak popularitasnya sebagai seorang aktor ketika dia di daulat untuk memerankan tokoh Guo Jing (Kwee Cheng) di serial populer Legend of the Condor Heroes atau She Diao Ying Xiong Zhuan atau yang dikenal dengan nama “Pendekar Pemanah Rajawali” di tahun 1994.








Bersama serial Legend of the Condor Heroes 1994 keluaran TVB inilah, nama Julian Cheung semakin ngetop dan menjadikannya sebagai salah satu aktor favorit di masa itu. Peran Chilam sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) di serial itu dianggap bisa dibawakannya dengan baik sebaik apa yang telah di lakukan oleh pendahulu sebelumya yaitu aktor Felix Wong. Chilam dianggap mampu membawakan peran Guo Jing (Kwee Cheng) dengan gayanya sendiri dan terlepas dari bayang-bayang Felix Wong. Awalnya seperti diakui oleh Chilam sendiri, dia sempat stress dan tertekan ketika harus membawakan peran berat itu karena orang tentu akan membanding-bandingkan dia dengan Felix Wong. Beruntung karena Chilam sendiri adalah fans dari serial ini dan dia juga sangat menggemari novel karangan Jin Yong ini, akhirnya Chilam berhasil menunaikan tugas beratnya itu sebagai Guo Jing yang baru dan lepas dari bayang-bayang Felix Wong.







Dan dia bisa menarik perhatian pada generasi muda waktu itu dan membuat namanya semakin bersinar dan dikenal banyak orang. Walau berbudget rendah, tapi serial ini mampu membuat Julian dan Athena mengalami sukses besar, membuat nama mereka semakin dikenal banyak orang, membuat banyak orang berbondong-bondong menjadi penggemar mereka, bagaikan Meteor yang melesat cepat, serial ini mampu membuat bintangnya berada dalam jajaran artis papan atas Hongkong saat itu. Bisa dibilang bahwa Legend Of The Condor Heroes ini telah menjadi titik balik karir kedua bintang utamanya yaitu Julian dan Athena.


Julian dan Athena



Sukses luar biasa sebagai Guo Jing dalam Legend of the Condor Heroes 1994, Chilam kembali sukses dalam serial drama televisi berikutnya yang berjudul Cold Blood Warm Heart 1996. Pada serial keluaran TVB tahun 1996 itu, Chilam kembali membuat namanya semakin bersinar dan semakin di perhitungkan dalam industri hiburan di HongKong.Namanya mulai di sejajarkan dengan aktor-aktor besar pada masa itu. Chilam mulai di percaya untuk membawakan peran-peran utama baik di serial televisi maupun di film-film layar lebar.  





Selesai membintangi serial Cold Blood Warm Heart, Chilam di percaya untuk bermain di film layar lebar Perfect Match dan Film Comic King bersama aktris Ruby Lin . Selesai dengan kedua film layar lebar itu, Chilam kembali membintangi serial televisi TVB Return of the Cuckoo tahun 2000 yang ternyata lagi-lagi sukses luar biasa. Serial ini mencapai puncak rating tertinggi dalam pertelevisian HongKong. Statusnya sebagai bintang besar dan ketenarannya sebagai aktor menjadi semakin cemerlang dan namanya semakin di kenal oleh para fans nya sampai keluar HongKong seperti ke negara-negara Singapura, malaysia, Vietnam, Thailand, Taiwan, China dan tentu saja Indonesia.

Ditahun 2001, Julian kembali bertemu dengan Athena Chu dalam serial wuxia "Palm Of Rulai" dimana dalam serial ini mereka diharuskan untuk beradegan ranjang. Serial sepanjang 40 episode ini juga sempat ditayangkan di Indonesia pada tahun 2004 silam.





Kesuksesannya ini membawanya kembali memperolah penghargaan di TVB Award Ceremony. Chilam memenangkan 'My Favorite Couple' -bersama Charmaine Shieh dan 'My Favorite Themesong'. Performanya bersama Charmaine Shieh di tahun 2004 dalam serial drama Point of No Return  juga kembali memenangkan The Best Onscreen Couple Award di Festival Astro Award 2005 Malaysia. Chilam juga mencatatkan sukses di Mainland China yang di tandainya dengan membintangi serial-serial sukses macam Treacherous Waters, Lu Xiao Feng dan Red Powder.

Sukses dalam seni peran ternyata tidak membuatnya lupa dengan dunia tarik suara yang telah membesarkan namanya. Baru-baru ini Chilam sukses menggelar konser akbar nya di HongKong Coliseum tanggal 27 Maret 2011 yang di beri judul  'I am Alien'.

Dikutip sebagian dari : Kaypang Gallery @FB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads