Selasa, 10 Februari 2015

Wuxia Character : Ou Yang Khe dari Masa Ke Masa dalam "Legend Of The Condor Heroes"

Back to Wuxia Favoritku, “Legend Of The Condor Heroes” aka “Pendekar Pemanah Rajawali”. Diantara Trilogy Condor Heroes, aku PALING SUKA ama “THE LEGEND OF THE CONDOR HEROES” ini, mungkin karena karakternya yang kuat kali ya? Huang Rong aka Oey Yong yang cerdas, centil, jahil, lincah, periang, nakal,dan manja ini  sangat berbanding terbalik dengan Guo Jing aka Kwee Cheng yang bodoh, lugu, polos dan baik hati. Pasangan yang sebenarnya bagai bumi dan langit tapi bisa saling melengkapi. Tapi kali ini kayaknya bukan para main leadnya yang akan dibahas melainkan salah satu tokoh antagonisnya.

Well, tak lain dan tak bukan adalah Ou Yang Khe, Rival cinta Guo Jing (Kwee Cheng) dalam memperebutkan Huang Rong (Oey Yong) adalah sosok yang dalam novel digambarkan sebagai pemuda yang tampan, berusia antara 25-30 tahun, jago kungfu, menguasai sastra, musik, literatur, singkat kata Ou Yang Khe adalah seorang pria muda yang tampan, berpendidikan dan berbakat. 

So, lets see, diantara ke-3 pemeran Ou Yang Khe dari berbagai adaptasi ini, siapakah yang lebih cocok atau setidaknya mendekati penggambaran dalam novelnya? Lets check it out !!!

Li Jie as Ou Yang Khe 2008

Kali ini aku hanya membandingkan Legend Of The Condor Heroes 1983, 1994 dan 2008 saja? Simple... Karena dari 6 adaptasi remake yang pernah dibuat, sebenarnya aku hanya menonton 3 diantaranya yaitu : 

Note : Untuk versi 2017, akan diupdate bila sudah menemukan foto-fotonya.

1. Legend Of The Condor Heroes 1983 - TVB HK, dengan para pemain :
Felix Wong (Guo Jing/Kwee Cheng), Barbara Yung (Huang Rong/Oey Yong), Michael Miu Kiu Wai (Yang Kang/Yo Kang), Sharon Yeung (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



2. Legend Of The Condor Heroes 1994 - TVB HK, para pemain :
Julian Cheung (Guo Jing/Kwee Cheng), Athena Chu (Huang Rong/Oey Yong), Gallen Luo (Yang Kang/Yo Kang), Sherly Kwan (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



3. Legend Of The Condor Heroes 2008 - Chinese Entertainment Shanghai (Mainland China), dengan para pemain :
Hu Ge (Guo Jing/Kwee Cheng), Ariel Lin (Huang Rong/Oey Yong), Yuan Hong (Yang Kang/Yo Kang), Cecilia Liu (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



Yang versi 1976, 1988 dan 2003 aku sama sekali GAK MINAT NONTONNYA!
1. Legend Of The Condor Heroes 1976, dengan para pemain : Jason Pai (Guo Jing), Michelle Yim (Huang Rong), Bruce Leung (Yang Kang) dan Mang Chau (Mu Nian Chi).

Michelle Yim dan Jason Pai.
Masa Guo Jing kayak penjahat gitu?

Jason Pai (pemeran Guo Jing) dan Bruce Leung (pemeran Yang Kang), TIDAK SEDAP DIPANDANG MATA! Jeleknya gak ketulungan, bikin mata sepet aja. They lack of looking. Sorry If I’m too harsh, but I just try to be honest... Sebagai penonton awam, tentu bagiku yang paling penting adalah wajah artisnya baru akting nomor sekian. Kalau wajahnya aja uda bikin gak nafsu, mana bisa tahanlah nonton film segitu panjang? Gak perlu munafik, semua orang pasti menilai dari wajahnya dulu, dari mata baru turun ke hati, bener gak?

2. Legend Of The Condor Heroes 1988, dengan para pemain : Howie Huang (Guo Jing), Idy Chan (Huang Rong), Poon Wang Ban (Yang Kang) dan Chiu Su Yi (Mu Nian Chi).


Kalau versi yang ini, Howie Huang (pemeran Guo Jing) dan Poon Wang Ban (pemeran Yang Kang) uda enak dipandang mata. Gak cakep amat, tapi juga gak jelek amat. Tapi enak dipandang mata pokoknya. Namun sayang, pemeran ceweknya SALAH CASTING! 

Masa sih gadis remaja 16 tahun wajahnya kayak tante-tante gini?
Idy Chan lebih cocok jadi Bibik daripada Huang Rong!
Wajah loe uda tua, sadar umur dong, Tante!

Idy Chan (pemeran Huang Rong), jujur aja, wajahnya yang sendu mendayu-dayu membuatnya GAK COCOK berperan jadi gadis remaja 16 tahun yang cerdas dan ceria, dia juga memiliki wajah keibuan dan rasanya lebih pantes kalau dia dapet peran BIBI aja daripada peran seorang gadis muda. Nilai sendiri deh, gak usah fanatik. Kalaupun kalian fansnya Bibi Lung, secara obyektif bisa keliatan kalau dengan face mendayu-dayu dan wajah keibuan gitu, dia gak cocok jadi Huang Rong. 

Chiu Su Yi as Mu Nian Chi.
Nian Chi tuh lebih cocok jadi gadis remaja, cantik keliatan muda.

Sebaliknya, Chiu Su Yi (pemeran Mu Nian Chi) terlihat lebih cantik, lebih pintar, lebih ceria, dan lebih muda dari Idy Chan. Tanpa perlu melihat akting mereka, dari foto aja uda keliatan mana yang lebih pantes jadi Huang Rong dan mana yang lebih pantes jadi Mu Nian Chi. Chiu Su Yi yang lebih cocok untuk peran Huang Rong. Denger-denger juga kalau “Legend Of The Condor Heroes 1988” versi IDY CHAN ma Howie Huang adalah LEGEND OF THE CONDOR HEROES PALING ANCUR SEPANJANG SEJARAH!

3, Legend Of The Condor Heroes 2003, dengan para pemain : Li Ya Pheng (Guo Jing), Zhou Shun (Huang Rong), Zhou Jie (Yang Kang) dan Shui Ling (Mu Nian Chi)


Balik lagi ke masalah pemilihan casting. Semua pemainnya TIDAK SEDAP DIPANDANG MATA! Aku sebagai penonton awam, penilaian awal untuk menentukan akan menonton sebuah film atau tidak adalah dari wajah pemainnya. Kalau pesek semua kayak gini, gak nafsu deh -__- 

Li Ya Pheng dan Zhou Xun sama sekali GAK COCOK jadi Guo Jing (Kwee Cheng) maupun Huang Rong (Oey Yong), mereka sama sekali GAK GOOD LOOKING (hidungnya pesek semua, ngancurin image Kwee Cheng dan Oey Yong yang selama ini tercipta di otakku), plus kostumnya yang dekil abis, jadi ilfil deh walau cuma liat iklannya aja. Maaf ya Fansnya Zhou Xun. Walau settingnya bagus pun, aku tetep ilfil. Liat aja uda eneg! Mending gak nonton deh!

Li Ya Pheng as Guo Jing 2003.
Guo Jing itu umur 18 tahun, tapi kenapa wajahnya kayak bapak-bapak setengah baya?

Walaupun digambarkan dalam novel, Guo Jing bukan pemuda yang tampan tapi setidaknya jangan ancur-ancur banget kayak Li Ya Pheng lah. He is very Lack of Looking, kalau gak mau dibilang UGLY! Masa gak bisa sih cari yang agak sedap dipandang mata kayak Felix Wong atau Hu Ge? Mereka memang tidak setampan Julian Cheung atau William Yang Xuwen, tapi setidaknya, wajah mereka enak dipandang mata, gak bikin sepet mata, gak bikin bete yang liat, dan bisa memberikan hiburan bagi penonton awam sepertiku.

Pemeran Ou Yang Khe dari Masa ke masa :
Ou Yang Khe, putra haram Ou Yang Feng, yang diakuinya sebagai keponakannya. Rival Guo Jing dalam memperebutkan Huang Rong. Ou Yang Khe yang awalnya seorang Playboy jatuh cinta pada Huang Rong setelah terpesona pada kecantikannya dan kecerdasannya. 

Dia benar-benar mencintai Huang Rong hingga dia menuruti apa pun perintah Huang Rong padanya saat mereka terdampar di Pulau terpencil. Tapi karena frustasi tidak bisa mendapatkan hatinya, Ou Yang Khe hampir saja memperkosa Huang Rong andai saja Hong Chi Khong tidak di sana untuk mencegahnya. 


Tewas dibunuh oleh Yang Kang karena mencoba menodai Mu Nian Chi, tapi sebenarnya dia melakukan hal itu untuk memaksa Huang Rong yang saat itu bersembunyi di ruang rahasia bersama Guo Jing, agar mau keluar menemuinya.

Ou Yang Khe, Rival cinta Guo Jing (Kwee Cheng) dalam memperebutkan Huang Rong (Oey Yong) adalah sosok yang dalam novel digambarkan sebagai pemuda yang tampan, berusia antara 25-30 tahun, jago kungfu, menguasai sastra, musik, literatur, singkat kata Ou Yang Khe adalah seorang pria muda yang tampan, berpendidikan dan berbakat. 

Itu sebabnya dia juga dikenal sebagai seorang Playboy yang punya banyak kekasih, berhubung kata “simpanan” kurang enak didengar. So, lets see, diantara ke-3 pemeran Ou Yang Khe dari tiga adaptasi ini, siapakah yang lebih cocok atau setidaknya mendekati penggambaran dalam novelnya.

1. Wong Wai Choi as Ou Yang Khe versi 1983 :
Kalau anda liat versi 1983, astaga, nih Ou Yang Khe kok kayak om-om ya? Parah amat castingnya. Ou Yang Khe digambarkan berusia 25-30 tahun, seorang Playboy yang tampan, pintar, jago kungfu, jago musik dan juga sastra, singkat cerita dia sangat tampan dan berpendidikan. Tapi kok yang main kayak om-om ketuaan gini? Hhhmm...No comment deh. Kalau menurutku sih gak cocok banget ya untuk memerankan seorang Playboy yang tampan dan berbakat.



2. Vincent Lam Wai as Ou Yang Khe versi 1994 :
Di versi 1994, Ou Yang Khe mengalami peningkatan. Walau gak ganteng-ganteng amat seperti sang aktor utama, Julian Cheung (pemeran Guo Jing) tapi setidaknya dia gak tampak seperti om-om ketuaan, masih cocok lah jadi Ou Yang Khe si Playboy yang tampan. 

Apalagi di versi 1994, Ou Yang Khe keliatan banget dia beneran cinta ma Huang Rong (Oey Yong), dia selalu bicara pada Huang Rong (Oey Yong) dengan pandangan mata yang lembut. Pengen ketawa waktu denger Ou Yang Khe manggil si Huang Rong (Oey Yong) dengan panggilan “Rong Mei Mei (adik Rong)” tapi dijawab sinis ma Huang Rong (Oey Yong) dengan ekspresi kesal “She sei Rong Mei Mei? (Siapa yang kau panggil Adik Rong?)


Lalu waktu sebuah batu besar menimpa Ou Yang Khe saat mereka berada di sebuah Pulau terpencil, saat Huang Rong (Oey Yong) berkata “Kau tak marah padaku? Aku yang menjatuhkan batu besar itu agar jatuh menimpamu,” tapi Ou Yang Khe dengan tersenyum menjawab “Jangan keras-keras! Kalau pamanku tahu, dia bisa membunuhmu,” dengan ekspresi takut jika pamannya tahu yang sebenarnya, maka Huang Rong (Oey Yong) bisa dibunuh. 


See? Giliran si Ou Yang Khe beneran suka ma Huang Rong (Oey Yong), eh malah pemainnya kurang tampan dan kurang sedap dipandang mata -___- Tapi giliran si Ou Yang Khe suka ma Mu Nian Chi dan bukan suka ma Huang Rong, eh pemainnya malah cakep alias sedap dipandang mata. Bikin gak sreg aja nih nontonnya -__-


3. Li Jie as Ou Yang Khe versi 2008 :
Harus diakui, dialah Ou Yang Khe yang paling tampan diantara kedua versi lainnya dan yang paling mendekati penggambaran di novelnya. Li Jie pas banget memerankan karakter Ou Yang Khe yang digambarkan tampan, berpendidikan, jago kungfu, pintar dan menguasai literatur, musik dan sastra. 

Dengan wajah yang tampan, dia cocok jadi playboy. Well, bukankah cowok yang playboy memang umumnya berwajah tampan? Kan gak lucu aja kalau playboy wajahnya jelek ^_^ Dan sialnya dalam versi 2008, lebih gantengan Li Jie coba. Ini semua karena rambut Hu Ge seperti orang yang bertahun-tahun gak keramas, gimbal pol *sigh* Dan kalau dibandingkan dengan semua pemeran Ou Yang Khe, tentu si Li Jie menang telak.



Tapi sayang, di versi ini, Ou Yang Khe justru mencintai Mu Nian Chi (Bok Liam Chu), ini yang membuatku kurang nyaman. Apalagi pemeran Ou Yang Khe yaitu Li Jie adalah artis dengan wajah yang “Sedap dipandang mata” alias lumayan tampan. 

Sayang banget karena waktu Ou Yang Khe dipilih yang tampan, jatuh cintanya malah sama Mu Nian Chi (Bok Liam Chu), tapi giliran si Ou Yang Khe jatuh cinta ma Huang Rong (Oey Yong) seperti dalam novel aslinya, eh pemainnya malah “Gak sedap dipandang mata” ckckck... Secara aku lebih menyukai karakter Ou Yang Khe yang mencintai Huang Rong (Oey Yong) seperti dalam novel aslinya. 


Karena aku sukanya sama Huang Rong (Oey Yong) jadi kalau Huang Rong (Oey Yong) gak ada yang naksir lagi selain Guo Jing (Kwee Cheng) kok rasanya gak seru, ya? Kesannya kayak lakon kok gak ada yang mau? Gak asyik aja kalau Guo Jing (Kwee Cheng) gak punya saingan, sementara si Huang Rong (Oey Yong) tetep punya saingan yaitu Hua Zheng (Go Chin).


Walau Versi 2008 adalah versi yang bertaburan dengan para artis yang cukup enak dipandang mata, soundtrack yang easy listening, special efek yang canggih, kostum yang lebih berwarna, pencahayaan yang lebih terang, yang memang adalah kelebihan versi 2008, tapi ceritanya yang TERLALU BANYAK MODIFIKASI dan rambutnya Hu Ge yang seperti orang gak keramas sebulan, agak membuat kurang nyaman.


Scene Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) juga rasanya lebih banyak dari Guo Jing (Kwee Cheng) dan Huang Rong (Oey Yong). Well, i didnt like that! But, Nothing is perfect, right? Tak ada yang sempurna di dunia ini. Ini yang membuat versi 2008 agak kurang nyantol di hati.

Tapi walo agak kurang sreg dengan modifikasi yang kelewat banyak, tapi gak papalah selama wajah pemainnya sedikit lebih baik dari versi sebelumnya (2003), jadi gak terlalu sia-sia gitu duduk di depan tv mantengin sampe 50 episode. 


Wajah pemain yang enak dipandang mata akan mengobati kekecewaan penonton andaikan sebuah film/drama tidak berhasil memenuhi ekspetasi penonton. Gak usah munafiklah, siapa sih yang gak suka disuguhi wajah-wajah tampan dan cantik? Bukankah pepatah mengatakan “Dari mata turun ke hati”? Bagi penonton awam, akting dan setting adalah urutan sekian, yang penting wajah pemainnya dulu enak dipandang atau nggak hehehe ^_^

-----00000-----

Ou Yang Khe favoritku adalah :
1. Vincent Lam Wai as Ou Yang Khe 1994.
Memang tidak setampan Li Jie, tapi dari segi karakter dialah yang sesuai dengan penggambaran di novelnya. Cintanya pada Huang Rong memberikan nilai plus untuk Ou Yang Khe versi ini, karena dia terlihat sangat manis dan tulus bila berada di dekat Huang Rong (Oey Yong).


2. Li Jia as Ou Yang Khe versi 2008.
Li Jie memang tampan diantara semua pemain Ou Yang Khe yang lain, tapi karakternya yang jatuh cinta pada Mu Nian Chi dan bukan pada Huang Rong (Oey Yong) membuatku merasa kurang sreg menontonnya. Kenapa harus jatuh cinta pada Mu Nian Chi?

Dalam novel tidak seperti itu! Modifikasi yang kelewat banyak, kadang membuat penonton kurang nyaman, itu sebabnya walau versi 2008 bertabur banyak bintang yang cukup enak dipandang mata, soundtrack yang easy listening dan spesial efek yang canggih, tetap kurang nyantol di hati. Sorry to say, walau yang ini paling tampan, tapi sepertinya dia hanya pantas berada di posisi kedua hehehe =)


You dont agree with me? Well, its your choice.. People have taste right?

Credit : All Pictures belong to owners.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads