Sabtu, 06 April 2024

Haru “Si Nomor 13”, figuran tanpa nama (The Nameless Extra) yang mampu mengubah alur cerita dalam “Extraordinary You”

Pertama kali mengenalnya saat stasiun Televisi Swasta Indonesia yaitu NET TV menayangkan untuk pertama kalinya drama bergenre Romance School Fantasy berjudul “Extraordinary You” di tahun 2021 silam, bertepatan dengan lockdown pandemi Covid-19.

Haru, tokoh utama pria berwajah tampan dan bertubuh tinggi tegap ini dikisahkan sebagai “karakter figuran tanpa nama (The Nameless Extra)” yang dikenal sebagai “Nomor 13” dalam drama “Extraordinary You”.



Bingung gak nih? Katanya “tokoh utama pria” tapi kok juga “figuran tanpa nama”? Jadi alur drama "Extraordinary You" ini berkisah tentang para karakter dalam sebuah manhwa (komik) yang menyadari bahwa diri mereka sebenarnya hanyalah karakter komik semata dan mereka hidup dalam dunia fiksi remaja ciptaan seseorang.

A. Haru dalam “Secret”.
Ha Ru dalam “Secret” diceritakan sebagai siswa yang tampan, tinggi dan pendiam, si “Nomor 13” tanpa nama.





“Nomor 13 (Sib Sam Beon)”, begitu Dan Oh memanggilnya, adalah karakter figuran tanpa nama, yang mana dalam manhwa (komik) “Secret”, tak ada seorangpun yang menyadari keberadaannya. Hal yang cukup aneh mengingat dia adalah seorang pria muda yang berparas tampan serta tinggi dan tegap. Tak hanya itu, pemuda tampan itu juga bahkan tak bisa berbicara pada awalnya, karena penulis tidak memberikannya dialog sama sekali.



Peran Haru dalam komik “Secret” awalnya hanyalah karakter tanpa nama yang berfungsi sebagai pelengkap kelas 2-7, kelas di mana para pemeran utama dan sekaligus pemeran pendukung komik “Secret” menuntut ilmu. Yup, hanya sekedar sebagai pelengkap kelas 2-7 di Seuli High School, itulah fungsi keberadaan Haru.  



Namun semuanya berubah saat karakter figuran tampan tanpa nama ini berkali-kali menyelamatkan teman sekelasnya sendiri, yaitu Eun Dan Oh yang dalam komik “Secret” diceritakan sebagai pemeran figuran yang menderita penyakit jantung bawaan dan kehadirannya dalam komik tersebut hanya berfungsi sebagai jembatan cinta para tokoh utama, Oh Nam Joo dan Yeo Ju Da.


Sama seperti Dan Oh, Haru juga menyadari bahwa mereka hanyalah sebuah karakter komik yang berada dalam dunia fantasi ciptaan seseorang, dan semua hal yang mereka lakukan hanyalah atas perintah dari penulis komik tersebut.


Haru, yang saat itu belum mengenal Dan Oh, sengaja melintas di depannya saat Dan Oh diceritakan akan terjatuh dari atas tangga karena terdorong oleh Yeo Ju Da. Dan Oh yang seharusnya diceritakan mengalami patah kaki, tiba-tiba saja mengalami perubahan cerita dan hanya mengalami cedera ringan di lututnya.




Menyadari bahwa perubahan cerita tersebut terjadi karena keberadaan seorang murid pria yang wajahnya tidak terlihat jelas karena selalu tertutupi oleh cahaya, Eun Dan Oh bertekad akan menemukan murid pria misterius tersebut.

Nantinya, saat acara karyawisata sekolah, Dan Oh yang akan memberinya nama Haru (하루, Haru) yang artinya “Hari”. Karena bagi Dan Oh, Haru adalah orang yang akan mengubah hari-hari Dan Oh yang kelam menjadi lebih indah.




Karakter Haru dalam “Secret” digambarkan sebagai seorang pemuda yang tampan, tinggi, baik hati, introvert, pendiam, tidak banyak bicara, tidak sombong, ramah, pintar dalam segala hal (akademis, musik, melukis, tennis, sepakbola), perhatian, lembut, setia kawan, setia pada gadis yang dicintainya dan selalu melindungi gadis yang dia cintai dengan sepenuh hatinya. Singkat kata, Haru is Green Flag character in Kdrama Land.


Namun sayang, tak ada gading yang tak retak, tak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna. Haru pun memiliki kekurangan, yaitu Haru tidak memiliki identitas sama sekali. Haru tidak memiliki rumah, keluarga, uang, bahkan nama pun, dia tak punya. Benar-benar si tampan yang malang.

Walau digambarkan tidak memiliki identitas dan tidak memiliki finansial yang bisa dibanggakan, Haru termasuk seorang siswa yang pintar, dia pintar dan sangat jago dalam segala hal seperti : akademis, olahraga (sepakbola dan tenis), melukis, dan juga musik.


Ada satu adegan di mana Haru mendapatkan nilai 100 dalam semua ujiannya kecuali Bahasa Inggris, yang mana ini membuat Dan Oh dan seluruh murid di kelas 2-7 menjadi sangat kagum padanya.


Haru juga diceritakan pandai melukis dan bermain musik. Untuk membantunya mengingat setiap kejadian yang dia alami (dimulai dari pertemuan pertamanya dengan Eun Dan Oh), Haru melukis semua kejadian itu di sebuah buku gambar.


Salah satu lukisan Haru yang melukis kejadian antara Dan Oh dan dirinya sendiri.

Tak hanya melukisnya di buku, Haru pun menempelkan lukisan yang dia buat, termasuk lukisan wajah Dan Oh di sudut tersembunyi di perpustakaan sekolah yang jarang dikunjungi oleh orang lain.

Haru yang melukis wajah Dan Oh.

Lukisan Haru pun tampak sangat indah dan mirip dengan aslinya, menunjukkan betapa berbakatnya seorang Haru, yang sayangnya hanya seorang figuran tanpa nama yang keberadaannya bahkan tidak disadari oleh siapapun.

Haru juga pernah bermain seruling dalam pelajaran musik dan membuat semua orang termasuk guru mereka menjadi kagum.


Tak hanya pintar dalam pelajaran akademis, jago bermain musik dan melukis, Haru juga diceritakan pandai dalam bidang olahraga, seperti sepakbola (diperlihatkan di awal episode) dan bermain tenis. Dalam permainan sepakbola, Haru terlihat selalu menyumbangkan gol untuk kelasnya, namun sayang karena dia hanya sekedar figuran tanpa nama, tak ada yang bersorak untuknya dan mengapresiasi keberhasilannya, hanya Oh Nam Joo yang menjadi sorotan, dan itu membuat Dan Oh menjadi miris.


Dalam manhwa (komik) "Secret" pun, setelah kemunculannya kembali, di mana Haru mulai mendapatkan peran yang lumayan berarti hingga membuat keberadaannya akhirnya disadari oleh orang lain, Haru pun mulai menunjukkan taringnya.

Saat olahraga tenis, begitu "panggung" dimulai, Haru digambarkan kalah dari Baek Kyung, namun begitu "Panggung" berakhir, Haru dapat mengalahkan Baek Kyung hanya dalam satu serangan, hingga membuat Baek Kyung menjadi marah, karena selama ini dia merasa dialah yang terhebat, namun tiba-tiba saja Haru muncul dan mengalahkannya dalam segala hal (kecuali soal harta dan uang).




Haru juga digambarkan sebagai siswa yang sangat pintar. Di salah satu adegan dalam manhwa (komik), Haru diceritakan menjadi Juara 1 di semester itu dan dia diminta oleh wali kelas mereka untuk mengajari Eun Dan Oh yang telah absen lama karena dirawat di Rumah Sakit untuk mengejar semua ketertinggalan.

Saat itu diceritakan jika Juara 1 semester sebelumnya adalah Baek Kyung, Namun tiba-tiba saja Haru muncul dan merebut gelar Juara 1 dari si jahat Baek Kyung. Jika dulu kepintaran Haru tak ada yang menyadari selain Dan Oh, karena teman-teman sekelas mereka segera melupakan kehadiran Haru begitu "panggung" berganti, namun kini semua orang mengakui dan melihatnya.



Uda ganteng, tinggi, baik hati, tidak sombong, ramah, pintar dalam segala hal (akademis, musik, melukis, tennis, sepakbola), perhatian, setia kawan, setia dan selalu melindungi gadis yang dia cintai pula. Green Flag banget, kan? Well, Haru really set my standard too high ^_^

Dan selain semua sifatnya yang mempesona tersebut, Haru pun adalah satu-satunya karakter yang dapat mengubah “panggung” menjadi seperti yang dia inginkan. Sejak pertemuannya dengan Dan Oh, Haru telah beberapa kali mengubah adegan atas permintaan Dan Oh, yang menyadari bahwa si karakter tanpa nama inilah yang mampu mengubah takdirnya yang menyedihkan.



Hal ini karena dia adalah karakter yang tidak disadari keberadaannya oleh si penulis jadi dia bisa bergerak bebas tanpa mengikuti alur yang dibuat oleh penulis cerita dan tidak terikat dengan alur yang telah ditetapkan. Keberadaannya yang hanya sebagai pelengkap kelas, memberikannya keuntungan itu.


Sayangnya karakter Haru sampai akhir diceritakan sebagai karakter yang malang karena tidak memiliki orang tua, rumah atau satupun keluarga. Hanya Dan Oh dan Lee Do Hwa yang benar-benar baik dan perhatian padanya. Haru adalah karakter paling malang karena tidak memiliki siapapun di sampingnya selain Eun Dan Oh. Poor Haru! A good boy without a home and family T.T Luckily, he have Dan Oh by his side.

B. Haru dalam "Trumpet Creeper (Bunga Terompet/Neung Seo Hwa)"
Dalam manhwa (komik) sebelumnya, yaitu manhwa (komik) bergenre Kerajaan berjudul “Bunga Terompet/Trumpet Creeper (Neung Seo Hwa/능소花), mereka bertiga : Dan Oh, Haru dan Baek Kyung adalah karakter utamanya.


Haru berperan sebagai seorang pengawal pribadi dari Pangeran Baek Kyung, yang memiliki niat untuk merayu dan menikahi Putri Perdana Menteri Eun, yaitu Dan Oh untuk mendapatkan dukungan militer agar bisa merebut tahta dari kakak tirinya (dalam Trumpet Creeper diperankan oleh Jin Mi Chae), yang adalah Putra Mahkota dan pewaris tahta yang sah, sementara si jelek, jahat dan nyebelin Baek Kyung adalah putra seorang selir yang ngelunjak dan berambisi untuk merebut tahta.


Itulah sebabnya dia membutuhkan dukungan militer dari Perdana Menteri yang sebelumnya sangat setia pada Kerajaan, termasuk setia pada Putra Mahkota. Dan satu-satunya cara untuk mendapatkan dukungan dari Sang Perdana Menteri adalah dengan memacari putri tunggalnya yaitu Dan Oh. Dan setelah misinya selesai, Pangeran Baek Kyung akan membunuh Dan Oh dan menghabisi semua keluarganya.

(Udah jahat, serakah, jelek pula. Herannya banyak yang dukung T_T Aku gak pernah simpati blas sama karakter brengsek kayak Baek Kyung. Wajahmu seburuk hatimu, Baek Kyung >_< )


Pangeran Baek Kyung yang jahat memerintahkan pengawal pribadinya, Haru untuk mengawasi kegiatan Dan Oh dan mencari tahu semua kegiatan gadis muda itu, apa yang disukainya, apa yang dibencinya, ke mana Dan Oh sering pergi dan lain-lain, agar bisa mencari celah untuk mendekati gadis itu dan merayunya.



Saat itulah Haru menyadari bahwa dia selalu melakukan sesuatu yang sama sekali tidak diinginkannya, namun anehnya tubuhnya bergerak sendiri tanpa bisa dia kendalikan. Dia tahu dan sadar bahwa majikan yang dia layani adalah orang jahat namun dia tidak kuasa untuk menolak semua perintahnya, karena setiap kali dia ingin melakukan sesuatu untuk mencegahnya, tubuhnya tak bisa digerakkan dan seolah tertancap di tanah.




Lambat laun Haru akhirnya menyadari bahwa dirinya adalah karakter dalam sebuah manhwa (komik) setelah menemukan sebuah buku aneh di perpustakaan di tengah tugasnya mengikuti dan mengawasi Dan Oh. Haru membaca alur cerita di buku tersebut dan ingin membantu Dan Oh mengubah takdirnya agar terhindar dari niat jahat Pangeran Baek Kyung.



Haru berusaha menyadarkan Dan Oh dan memberitahunya bahwa mereka hanyalah karakter dalam sebuah buku dan harus mengubah takdir mereka untuk menghindari tragedi yang mengerikan.



Dan Oh pun sebenarnya merasakan sesuatu yang aneh terjadi pada dirinya, namun dia masih tidak mengetahui alasan yang sebenarnya, hingga Haru menunjukkan pada Dan Oh sebuah buku yang tak sengaja dia temukan itu dan membuat Dan Oh percaya bahwa mereka memang hanyalah karakter dalam sebuah komik fiksi bertema Kerajaan.






Perlahan namun pasti, mereka berdua pun jatuh cinta seiring kebersamaan mereka. Dan Oh pun berkata sambil menangis kalau dia tidak pernah mencintai Baek Kyung karena yang dia cintai adalah Haru.




Namun apa daya, penulis tidak merestui mereka dan berusaha menghalangi cinta Dan Oh dan Haru. Entah kenapa sepertinya penulis komik tersebut sangat menyayangi si brengsek Baek Kyung dengan berkali-kali membuatnya menjadi pemenang dalam setiap komiknya. Mungkin penulis komik “Secret” punya jiwa Sadomasokis kale, ya? Dia lebih suka dikasarin cowok daripada diperlakukan seperti Princess. Heran karena selalu memenangkan orang jahat -__-


Melalui Baek Kyung, penulis komik “Trumpet Creeper (Bunga Terompet)" itu berusaha menghalangi cinta mereka. Tidak peduli walau Dan Oh dan Haru berusaha mengubah alur cerita, sang penulis sepertinya lebih menyukai Baek Kyung yang brengsek, karena selalu membantunya. Akhirnya alur cerita tetap berjalan sebagaimana mestinya, di mana Haru akhirnya menusuk dan membunuh Dan Oh dengan pedang miliknya.




Haru yang menyesal dan patah hati akhirnya pergi menuju sebuah tempat yang gelap dan sepi untuk menangisi kematian kekasihnya. Tidak diperlihatkan bagaimana akhir nasib Haru dalam komik “Trumpet Creeper (Bunga Terompet)” itu, bisa jadi Haru memilih bunuh diri karena merasa hidupnya tidak berarti dan merasa bersalah karena telah “membunuh” kekasihnya sendiri.


Namun nantinya fakta akan terungkap bahwa Baek Kyung-lah yang menggerakkan tangan Haru agar menusuk Dan Oh. Haru berusaha menahan pedang itu, itulah yang menyebabkan luka di tangannya hingga sekarang.


Heran sama pendukung Baek Kyung yang bilang kalau penulis komik jahat sama Baek Kyung karena gak dikasih jadian sama Dan Oh. Woi, justru yang dijahatin sama penulis komik sejak awal tuh si Haru kale. Udah cintanya gak direstui sejak komik "Trumpet Creeper", di komik "Secret" terulang lagi seperti itu, plus Haru gak dikasih identitas pula, gak punya keluarga, gak punya rumah, gak punya uang, gak punya teman, bahkan nama pun gak punya. Kehadiran Haru bahkan gak disadari oleh siapapun. Haru yang paling ngenes di sini, BUKAN BAEK KYUNG YANG JAHAT! Gak usah playing victim dong, fansnya Baek Kyung!

C. Haru dalam “The Duinos Elegies”.
Setelah sang penulis menghapus karakter Haru dari manhwa (komik) “Secret” sebagai hukuman karena selalu mengacaukan alur cerita, sehingga menyebabkan Haru menghilang menjadi butiran debu dan hilang dari ingatan semua orang, kecuali dari ingatan Eun Dan Oh, Lee Do Hwa, Baek Kyung dan Jin Mi Chae, Haru kembali muncul dengan ajaib di kisah berikutnya.


Saat itu diperlihatkan adegan Eun Dan Oh yang kini berambut panjang, tampak berjalan menuju ke sebuah universitas. Setelah menghadiri kelas, Dan Oh berjalan ke arah perpustakaan di mana dia berselisih jalan dengan seorang pria misterius yang berperawakan tinggi dan tegap, mirip seperti Haru.



Pria itu mengembalikan sebuah buku novel berjudul “The Duinos Elegies” yang entah mengapa menarik perhatian Dan Oh. Dan Oh pun meminjam buku novel itu dan membawanya pergi. Saat dalam perjalanan pulang, Dan Oh melihat lukisan-lukisan yang dipajang di sepanjang jalan di kampus, sepertinya sedang ada lomba melukis yang sedang diadakan saat itu.




Dan Oh yang tampak mengenali salah satu lukisan itu, karena mirip dengan lukisan Haru segera berjalan mendekatinya. Dan tiba-tiba saja dari dalam buku novel yang dipinjamnya, muncul seekor kupu-kupu yang beterbangan di sekitarnya dan seolah-olah meminta Dan Oh mengikutinya.


Dan Oh pun berjalan mengikuti kupu-kupu itu terbang ke arah sebuah pohon tua. Di sanalah, dari balik pohon itu, Haru muncul dengan setelan berwarna coklat yang senada dengan miliknya.




Dan Oh yang terkejut mencoba memanggil namanya, “Haru-ya, akhirnya aku menemukanmu,” namun Haru tetap terdiam dan memandangnya dengan ekspresi sulit ditebak. Dan Oh yang mengira bahwa Haru sekali lagi melupakannya, berbalik pergi dengan hati terluka.




Namun tiba-tiba saja Haru berlari ke arahnya dan memeluknya dengan erat dari arah belakang seraya memanggil namanya dengan penuh kerinduan, “Dan Oh-ya.”


Dan Oh yang kini meneteskan air mata bahagia akhirnya memutar tubuhnya dan sepasang kekasih yang sempat terpisah itupun saling berpelukan erat sambil mencurahkan kerinduan mereka.



Apakah “The Duinos Elegies” ini adalah karya baru sang penulis? Apakah sang penulis akhirnya memberikan restu pada Dan Oh dan Haru agar mereka dapat bersatu di karya terbaru ini, setelah mencoba memisahkan sepasang kekasih ini lagi dan lagi di dua karya yang sebelumnya? Entahlah, karena kita sebagai penonton hanya bisa mengira-ngira.

Written By : Liana Hwie
Credit Pict : All Pictures belong to owners.

Artikel Terkait :
* Sinopsis : Extraordinary You (2019), saat karakter komik ingin mengubah takdir mereka.
* 7 Kali Haru Mengubah Alur Cerita dalam "Extraordinary You".

---------000000---------

Warning :
Dilarang MENG-COPY PASTE TANPA IJIN TERTULIS DARI PENULIS! Siapa yang berani melakukannya, aku akan menyumpahi kalian SIAL 7 TURUNAN!

Semua artikel dan terjemahan lagu dalam blog ini adalah murni hasil pikiranku sendiri, kalau ada yang berani meng-copy paste tanpa menyertakan credit dan link blog ini sebagai sumber aslinya dan kemudian mempostingnya ulang di mana pun, apalagi di Youtube, kalau aku mengetahuinya, aku gak akan ragu untuk mengajukan "Strike" ke channel kalian. Dan setelah 3 kali Strike, bersiaplah channel kalian menghilang dari dunia Per-Youtube-an!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads