Senin, 01 April 2024

Review : Extraordinary You (2019)

Rating :
My Rating : 9/10.
MyDramaList : 8,4/10.

--------000000-------

Pertama-tama aku ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyak untuk NET TV yang telah berbaik hati menayangkan serial ini untuk yang pertama kalinya di tahun 2021 silam, dan bahkan tak hanya itu, NET TV pun kembali berbaik hati menayangkan ulang serial ini sebanyak dua kali setelahnya.




Thank you so much, NET. Terima kasih karena telah memperkenalkan padaku karakter utama pria paling Green Flag di dunia perdrakoran. Yup, dia adalah HARU, si karakter tanpa nama yang hanya dipanggil “Nomor 13” oleh Dan Oh.



Sebelumnya, karakter utama pria dalam dunia perdrakoran mayoritas didominasi oleh karakter-karakter Red Flag yang dikisahkan sombong, dingin, kasar dan pertemuannya dengan karakter utama wanita mayoritas didominasi oleh pertengkaran, lalu kemudian perlahan-lahan karena pertengkaran itu, mereka justru saling cinta. Singkat kata, tema “BENCI JADI CINTA”. Ya macem Gu Jun Pyo "Boys Before Flower", Prince Lee Shin "Princess Hourse" atau Lee Young Jae "Full House" gitu deh.

Ada sih Pemeran Utama cowok yang Green Flag contohnya Ahn Min Hyuk di “Strong Woman Do Bong Soon”, tapi itupun bisa dihitung jari, kan?



Dalam dunia perdrakoran, karakter pria Green Flag justru mayoritas berakhir mengenaskan, karena selalu ditakdirkan menjadi second male lead alias orang ketiga pria, yang dikisahkan selalu berada di samping si Pemeran Utama wanita, menemaninya, menghiburnya, menjadi sandarannya, sweet, caring, cute abiz, namun sialnya, si Pemeran Utama wanita sudah terlanjur cinta dengan si Pemeran Utama pria yang dingin, kasar dan arogan tersebut.

Itulah sebabnya muncul istilah “Second Lead Syndrome”. Karena karakter cowok yang baik hati, lembut dan penyayang justru hanya berakhir sebagai Second Male Lead alias orang ketiga pria dalam hubungan kedua pemeran utama.




Namun akhirnya, stereotype tersebut terpatahkan juga dengan munculnya Ahn Min Hyuk dalam "Strong Woman Do Bong Soon", kemudian disusul oleh HARU sebagai tokoh utama pria dalam “Extraordinary You” ini. Ganteng, tinggi, tegap, baik hati, pintar, lembut, perhatian dan selalu melindungi gadis yang dicintainya. Siapa coba yang gak jatuh cinta dengan karakter Green Flag seperti ini? 


Baiklah, sebelum memulai review-nya, aku hanya ingin mengingatkan kalau yang namanya Review itu tergantung sudut pandang penulisnya. Review tidak selalu positif, jadi kalau ada beberapa di antara kalian yang merasa tersinggung dengan apa yang kutulis, daripada kalian sakit hati, disarankan untuk menutup blog ini dan carilah review yang sesuai dengan keinginan kalian.



Okay, let’s start the Review :

1. Karakter :
A. SF9 Rowoon as Haru (Nomor 13).
Awalnya aku sama sekali gak tertarik dan gak paham dengan ceritanya saat awal diputar di NET TV karena banyaknya adegan yang dipotong oleh NET sehingga membuat ceritanya lompat-lompat gak jelas.





Namun setelah episode kemunculan si pria misterius yang selalu tiba-tiba datang menyelamatkan Dan Oh saat gadis itu dalam kesulitan namun wajahnya selalu tertutupi oleh “Cahaya Ilahi”, mendadak aku jadi penasaran siapakah aktor di balik “Cahaya Ilahi” tersebut dan seperti apakah wajahnya?




Tidak sabar menanti episode selanjutnya, aku segera beralih ke aplikasi nonton drakor yang ada di ponselku dan langsung mendownload seluruh episodenya sejak awal karena bingung dengan alur ceritanya yang kebanyakan di cut oleh NET TV.




Dan akhirnya rasa penasaranku terjawab juga setelah melihat betapa tampannya aktor yang memerankan Haru. Well, dia sama sekali tidak menghancurkan ekspektasiku, melebihi ekspektasiku malah.


Kesengsem dengan wajahnya yang tampan, aku segera men-googling semua tentang dirinya dan aku baru tahu kalau pemeran Haru adalah seorang member Kpop Idol yang cukup ternama yaitu SF9 (namun sudah mundur dari SF9 sejak September 2023), dan namanya adalah Kim Rowoon, seorang pria muda kelahiran 1996 dengan tinggi badan 192 cm. WOW! Tiang Listrik, men ^_^

He is really my type! PD-nim, thank you for choosing him as the main lead. You did a great job! Really! Rowoon did a great job portraying Haru’s character. He was beyond my expectations!



Rowoon mampu membawakan dengan baik karakter si figuran tanpa nama, “Nomor 13” yang misterius dan tidak banyak bicara. Walau tidak banyak dialog yang dia ucapkan di awal-awal episode namun dia mampu mengeluarkan semua emosi dalam tatapan matanya.

Justru ini adalah akting yang sangat susah di mana tanpa dialog terucap, seorang aktor dituntut untuk mengeluarkan emosi dari karakter yang dia mainkan.


Justru akting marah-marah dan teriak-teriak seperti Baek Kyung itu sangat mudah, buktinya artis Indonesia kalau disuruh akting marah bagus banget, giliran akting lain kaku. Itu membuktikan kalau akting marah itu sangat gampang.

Yang susah adalah bagaimana cara berakting tanpa dialog terucap, seperti saat pertama kalinya Haru bertemu dengan Dan Oh dan hanya berkomunikasi dengan tatapan mata. But Rowoon did a great job!



Perkembangan karakter Haru pun bisa dibilang sangat signifikan. Dari karakter seorang figuran tanpa nama yang tidak memiliki dialog sama sekali, yang menyebabkannya tak bisa bicara di awal episode, perlahan Haru bukan hanya bisa bicara tapi juga bahkan bisa bersikap tegas saat membela Dan Oh ketika Dan Oh bertengkar dengan Baek Kyung. Tak hanya membela Dan Oh, namun juga menghajar si cowok sombong, jelek dan kasar itu hingga tersungkur ke tanah.


Mantap Haru! Hajar aja si Baek Kyung songong itu! Jangan remehkan diemnya introvert, ya! Begitu marah langsung serem dan mengguncang dunia hahaha ^_^ Puas banget ngeliat Baek Kyung yang jelek dan songong dihajar. Rasain! Siapa suruh kasar sama cewek! Uda jelek, kasar, herannya pemujanya banyak. Sakit jiwa yang memuja cowok kasar dan suka bentak modelan Baek Kyung >_<


Haru yang dari luar terlihat tenang, ternyata bisa marah bila menyangkut gadis yang disukainya. Haru akan membela dan melindunginya mati-matian. Tak hanya sekali Haru terlihat menghajar Baek Kyung namun beberapa kali jika kekasaran Baek Kyung sudah tidak bisa ditolerir lagi.

Terakhir sebelum Haru menghilang dan kembali dalam keadaan hilang ingatan (amnesia), Haru juga sempat melempar Baek Kyung ke kolam renang. Lalu saat ingatannya kembali pun, Haru tak segan-segan kembali menghajar Baek Kyung yang kasar.




Haru menjadi seekor kucing kecil yang manis saat di hadapan Dan Oh, namun berubah menjadi Harimau Jantan yang galak bila berhadapan dengan Baek Kyung.

Karakter Haru memang digambarkan sebagai seorang pemuda yang tampan, tinggi, baik hati, introvert, pendiam, tidak banyak bicara, tidak sombong, ramah, pintar dalam segala hal (akademis, musik, melukis, tennis, sepakbola), perhatian, lembut, setia kawan, setia pada gadis yang dicintainya dan selalu melindungi gadis yang dia cintai dengan sepenuh hatinya.

Kurangnya Haru hanya satu : Haru tidak memiliki identitas. Haru tidak memiliki rumah, keluarga, uang, bahkan nama pun, dia tak punya. Benar-benar si tampan yang malang.


Walau digambarkan tidak memiliki identitas dan tidak memiliki finansial yang bisa dibanggakan, Haru termasuk seorang siswa yang pintar, dia pintar dan sangat jago dalam segala hal seperti : akademis, olahraga (sepakbola dan tennis), melukis, dan juga musik. Ada satu adegan di mana Haru mendapatkan nilai 100 dalam semua ujiannya kecuali Bahasa inggris, yang mana ini membuat Dan Oh dan seluruh kelas menjadi sangat kagum padanya.

Haru juga pandai melukis dan bermain musik. Dia pernah bermain seruling dalam pelajaran musik dan membuat semua orang termasuk guru mereka menjadi kagum.


Tak hanya pintar dalam pelajaran akademis, jago bermain musik dan melukis, Haru juga diceritakan pandai dalam bidang olahraga, seperti sepakbola (diperlihatkan di awal episode) dan bermain tenis. 


Haru saat membantu kelasnya memenangkan lomba Sepakbola antar kelas.

Lalu saat Haru kembali muncul dan di plot sebagai sahabat Baek Kyung di Club Tenis, ada adegan di mana Haru digambarkan kalah dari Baek Kyung, namun begitu "Panggung" berakhir, Haru dengan mudah mengalahkan Baek Kyung dalam sekali serang.



Dalam manhwa (komik) "Secret" pun, Haru digambarkan sebagai siswa yang sangat pintar. Di salah satu adegan dalam manhwa (komik), Haru diceritakan menjadi Juara 1 di semester itu dan dia diminta oleh wali kelas mereka untuk mengajari Dan Oh yang telah absen lama karena dirawat di Rumah Sakit untuk mengejar semua ketertinggalan.

Saat itu diceritakan jika Juara 1 semester sebelumnya adalah Baek Kyung, Namun tiba-tiba saja Haru muncul dan merebut gelar Juara 1 dari si jahat Baek Kyung.


Uda ganteng, tinggi, baik hati, tidak sombong, ramah, pintar dalam segala hal (akademis, musik, melukis, tennis, sepakbola), perhatian, setia kawan, setia dan selalu melindungi gadis yang dia cintai pula. Green Flag banget, kan?



He is really my type! Haru really set my standard too high! Baru kali ini aku sangat puas menonton drakor setelah di 2017 lalu juga ada Ahn Min Hyuk di “Strong Woman Do Bong Soon” yang juga Green Flag banget. Thank you, Rowoon! I Love Your Haru! I think Haru is your best role so far! ^_^



Sayangnya karakter Haru sampai akhir diceritakan sebagai karakter yang malang karena tidak memiliki orang tua, rumah ataupun satupun keluarga. Hanya Dan Oh dan Lee Do Hwa yang benar-benar baik dan perhatian padanya. Poor Haru! A good boy without a home and family T.T

B. Kim Hye Yoon as Eun Dan Oh.
Akting Kim Hye Yoon juga bagus banget saat memerankan karakter Eun Dan Oh yang cerewet abiz, kuat, berani, selalu ceria, penuh semangat dan selalu optimis dalam hidupnya, tidak peduli walau dia tahu kalau hidupnya di ujung tanduk, namun dia tetap berusaha kuat dan penuh semangat, selalu pantang menyerah dalam menjalani hidup.



Walau memiliki penyakit jantung bawaan, namun Dan Oh tetap tidak menyerah untuk mengubah nasibnya, dia bukan type pemeran utama yang begitu punya penyakit mematikan langsung bersikap menye-menye, manja, menangis sepanjang hari dan mengharapkan belas kasihan orang lain.



Dan Oh tetap ceria dan penuh semangat dalam menjalani hidup. Dia bahkan selalu berpura-pura kuat dan sehat di depan Haru walau faktanya dia selalu kesakitan. 


Bersama dengan Haru dan Lee Do Hwa, Eun Dan Oh menjadi trio gibah yang lucu. Apalagi kalau udah ngegibah dan memaki penulis komiknya, bacotannya Dan Oh bikin mood booster.


I Like Dan Oh’s character. Suka banget dengan semangatnya yang tidak kenal menyerah, baik dalam meraih cinta maupun berjuang untuk untuk mengubah hidupnya.

Ikutan kesal setiap kali melihat Dan Oh dipermalukan, dibentak dengan kasar dan dihina-hina oleh Baek Kyung. Aku selalu berharap semoga aja Dan Oh dikasih cowok lain yang sayang sama dia dengan tulus dan bikin si "nappeun namja" Baek Kyung kebakaran jenggot dan kalang kabut, menyesal tujuh turunan, padahal aku gak tahu ceritanya, belum nonton lengkap di aplikasi nonton drakor, tapi uda berharap seperti ini.


Baek Kyung, hatimu seburuk wajahmu >_<

Dan akhirnya harapanku terkabul saat Haru akhirnya muncul, ditambah lagi waktu Haru dengan tanpa ragu-ragu terus menunjukkan kedekatannya dengan Dan Oh, apalagi Dan Oh juga terang-terangan mengatakan kalau dia sangat mencintai Haru.

Aku otomatis langsung bersorak girang, "Rasain loe, Baek Kyung! Mampus! Nyesel kan sekarang? Makanya jadi cowok jangan kasar! Udah jelek, banyak tingkah pula. Giliran uda diambil orang, nangis! Well, sesuatu itu memang terlihat sangat berharga bila sudah dirampas orang, bener kan? Menangislah dalam penyesalan! It's too late now!"




Walaupun sebenarnya jika dipikir lagi, Haru sama sekali tidak merebut Dan Oh dari Baek Kyung, karena pertunangan antara Dan Oh dan Baek Kyung murni karena pengaturan dari sang penulis manhwa (komik) "Secret", bukan karena atas keinginan Dan Oh sendiri.




Dan Oh TERPAKSA MENYUKAI BAEK KYUNG, karena penulis yang membuatnya seperti itu. Setelah Dan Oh sadar diri, barulah dia menyadari bila dia sama sekali tak pernah menyukai Baek Kyung dan pria yang Dan Oh cintai sejak awal adalah Haru. Hanya Haru! Jadi buat pendukung Baek Kyung gak usah playing victim dan nuduh Haru merebut Dan Oh dari Baek Kyung, ya! Karena Dan Oh yang sebenarnya, sama sekali tak pernah menyukai Baek Kyung!

C. Lee Jae Wook as Baek Kyung.
Wajahnya yang jelek, giginya yang tonggos dan bibirnya yang mencong (miring ke kanan kalau senyum), sangat pas memerankan karakter antagonis yang jahat, kasar, sombong, suka menindas, menghina, merendahkan dan mempermalukan seorang gadis yang lemah di depan umum. Pas banget gitu loh dalam memilih pemerannya. Hati dan kelakuan Baek Kyung memang seburuk wajahnya.


Namun anehnya dia memiliki banyak pendukung atau pemuja di Indonesia. Ehhm, mungkin hanya para cewek yang suka dikasarin kale ya yang gak suka Haru dan lebih suka Baek Kyung? Mengingat ada lumayan banyak juga penonton Indonesia yang lebih menyukai Baek Kyung yang sombong, kasar dan selalu mempermalukan dan menghina tunangannya di depan umum, jika kubaca dari kolom komentar di akun instagram NET waktu drama ini tayang.

Aneh aja sih menurutku! Standar ganda! Dulu waktu ada  Second Lead yang baik hati dan lembut modelan Haru gini, begitu gagal dapetin ceweknya, mereka dipuja-puja dan dikasihani, bahkan sampai muncul istilah “Second Lead Syndrome” karena berharap si cowok baik hati itu yang menang.

Karakter jahat dan kasar kayak gini masih dibela dan dipuji? Situ waras?
Gak habis thinking, di luar nurul. Sukanya dikasarin cowok ya di kehidupan nyata?
Atau kalian penggemar sadomasokis? >_<

Sekarang giliran uda dikasih Male Lead alias Pemeran Utama cowok yang baik hati dan lembut dan memiliki karakteristik seperti “Second Lead” jaman dulu, eh mereka malah gak suka dan lebih suka sama karakter cowok kasar dan jahat seperti Baek Kyung yang notabene-nya kali ini adalah “Second Lead”.

Berarti emang dasarnya penonton Indonesia itu sangat gak jelas dan memang lebih berpihak pada Second Lead tidak peduli karakternya baik atau jahat. Terbukti dengan dikasih Second Lead baik, mereka mengklaim “Second Lead Syndrome” dan sekarang Second Lead jahat, kasar dan sombong modelan Baek Kyung, eh juga tetap aja ngebela Second Lead dan istilah “Second Lead Syndrome” tetap digaungkan.


Benar-benar di luar nurul, gak habis fikri dengan pola pikir para penonton wanita Indonesia yang lebih menyukai cowok kasar, jahat dan sombong yang hobi mempermalukan dan menghina tunangannya sendiri di depan umum >_<

Apa jangan-jangan itu karena di kehidupan nyata, para pendukung Baek Kyung juga lebih suka dijahatin, dipermalukan dan dikasarin sama cowoknya? Makanya mereka menganggap cowok kasar, sombong dan jahat seperti Baek Kyung itu keren? *thinkhard* Dikasarin itu gak keren, Markonah! Sadar!


Tapi ya terserah sih, cuma bisa maklum sama warga Indonesia yang memang SDM rendah, yang penting mau gimana pun mereka protes dan gak terima Baek Kyung kalah, toh drama ini uda selesai syuting dan selesai tayang sejak lama dan pemenangnya adalah HARU dan aku bersyukur untuk itu. Akhirnya KEBAIKAN MENANG MELAWAN KEJAHATAN!!! Hip Hip Hore! ^_^

Oh ya, aku bener-bener kaget dan gak percaya loh waktu tahu si Lee Jae Wook ini ternyata yang paling muda di antara para pemain lainnya. Sulit dipercaya kalau dia kelahiran 1999 jika melihat wajahnya yang sudah seperti om-om ketuaan.


Wajah tidak sesuai dengan usia. Usia masih muda tapi wajahnya kayak bapak-bapak >_<
Mungkin karena tonggos kale ya jadi terlihat sangat boros wajahnya?

Waktu pertama kali menontonnya di NET TV, sumpah aku pikir pemeran Baek Kyung ini adalah pria setengah baya yang dipaksa berperan sebagai anak SMU, karena wajahnya tua banget, mungkin karena tonggos dan mencong kale ya bibirnya? Jadi kesannya wajahnya “BERMUTU” alias “BERMUka TUa”. Wajahnya boros banget nih bocah, gak terlihat seperti anak muda, malah kelihatan seperti bapak-bapak.


Tapi wajahnya yang antagonis memang sangat cocok dengan karakter Baek Kyung yang sombong, jahat, kasar, minta dihajar, suka menghina, merendahkan dan mempermalukan orang lain. Akting Lee Jae Wook didukung dengan wajahnya yang jelek, sangat cocok dengan karakter Baek Kyung yang jahat dan kasar. Salut buat yang memilih dia untuk memerankan tokoh Baek Kyung. Sempurna! Wajah dan kelakuannya COCOK!

D. Lee Nae Eun as Yeo Ju Da.
Jujur saja, karakter Yeo Ju Da yang lemah lembut, baik hati dan selalu tertindas gak cocok diperankan oleh Lee Na Eun yang wajahnya seperti antagonis, khususnya matanya yang agak juling. Walau dia berakting baik hati, namun entah kenapa aku seolah berpikir kalau kebaikannya itu palsu karena wajahnya yang gak mendukung untuk itu.


Wajahnya seperti antagonis yang pura-pura baik di depan orang lain tapi di belakang menikam.

Na Eun lebih cocok berakting sebagai gadis tukang bully menurutku, bukan gadis yang dibully. Setiap kali dia akting terbully, aku selalu mikir jangan-jangan di “Shadow” dia aslinya jahat tapi karakter dalam manhwa (komik) aja yang dibuat baik hati, karena wajahnya keliatan jahat.

Eh ternyata nggak. Baik di “Shadow” maupun “Stage” ternyata Ju Da tetap digambarkan sebagai gadis yang “baik” dan “polos”. Berarti fixed sutradaranya yang salah pilih pemeran.




Kenapa aku beri tanda petik untuk kata baik dan polos di atas? Karena di mataku, Yeo Ju Da itu type Pick Me Girl, Polos-Polos Bangsat >_< Kebaikannya tampak palsu di mataku, seolah dia sengaja membiarkan dirinya tertindas agar dikasihani oleh Oh Nam Joo dan Lee Do Hwa, pura-pura terzolimi agar diselamatkan dan dikasihani.


Padahal ceritanya dia memang dibuat "baik" namun wajahnya yang tidak mendukung itu, membuat kesan seolah "kebaikannya" seolah palsu dan dia cuma berpura-pura tertindas di depan Nam Joo.

Dia juga karakter munafik, tukang PHP, gak tegas dan gak jelas sikapnya. Dia bilang dia suka Lee Do Hwa, eh tapi dia juga suka Oh Nam Joo. Gak jelas banget, kan? Tukang PHP.



Ada banyak scene di mana Ju Da terlihat seperti menyukai Lee Do Hwa dan seolah memberikannya harapan setinggi langit, memberikan kesan seolah dia seperti Eun Dan Oh, yang mana kalau di “Shadow” aslinya suka Haru namun di “Stage” terpaksa suka Baek Kyung karena pengaturan dari penulis yang memaksanya seperti itu.


Yeo Ju Da juga bersikap seperti itu, seolah di “shadow” dia suka Lee Do Hwa, namun di “Stage” dia terpaksa suka Oh Nam Joo karena pengaturan dari penulis seperti itu. Eh, ternyata nggak, Ju Da murni nge-PHP Lee Do Hwa doank. Poor Lee Do Hwa >_<


Gak suka sih aslinya sama karakter cewek Pick Me gini. Mungkin jika pemerannya memiliki wajah yang benar-benar type-type tertindas seperti Song Hye Gyo gitu, mungkin penilaianku akan berubah. Bibir dan matanya antagonis soalnya. Fixed! Yeo Ju Da salah casting!

E. Jung Gun Joo as Lee Do Hwa.
Lee Do Hwa adalah karakter second lead dalam manhwa (komik) "Secret". Sebenarnya dia sosok pemuda yang periang, lucu dan banyak bicara, namun penulis manhwa (komik) "Secret" menggambarkan karakternya menjadi pria yang sentimentil. Do Hwa juga tidak terima dengan kisah yang dituliskan penulis untuknya dan berniat untuk mengubahnya bersama Dan Oh dan Haru.





Menurutnya karakter second lead miliknya sama sekali tidak keren dan menyentuh layaknya karakter second lead pada umumnya. Do Hwa juga jijik setiap kali harus mengucapkan dialog cheesy setiap kali dia bersama Ju Da. Bersama Dan Oh dan Haru, Do Hwa berusaha mengubah takdirnya dalam dunia manhwa (komik) tersebut.




Karakter Lee Do Hwa digambarkan sebagai sosok teman yang baik, setia kawan, ceria, lucu walau kadang cerewet dan biang gossip. Pokoknya kalau sebuah rahasia diketahui oleh Lee Do Hwa, bisa dipastikan tak lama lagi, seluruh sekolah akan tahu.



Tapi aku kasian padanya karena dia menyukai gadis yang salah. Pick Me Girl Yeo Ju Da sama sekali gak pantes dicintai oleh pria sebaik Lee Do Hwa. Aku berharap menjelang akhir episode Do Hwa bisa mendapatkan cewek lain, namun ternyata gak ada.



Perannya murni sebagai orang ketiga cowok dalam hubungan Yeo Ju Da dan Oh Nam Joo. Kasian Do Hwa saat hanya di-PHP doang oleh Yeo Ju Da. Really, Lee Do Hwa deserved better. Namun akting Jung Gun Joo sangat keren dan dia pun termasuk good looking jika dibandingkan Baek Kyung dan Oh Nam Joo. He is also my favorit on this drama. Thank you for choosing him as Lee Do Hwa.

F. Kim Young Dae as Oh Nam Joo.
Karakter Oh Nam Joo digambarkan sama seperti stereotype pemeran utama pria umumnya dalam drama ataupun  novel-novel fiksi remaja, yang digambarkan tampan, tinggi, popular, kaya raya, sombong, dingin, cuek, namun pintar dan digandrungi seluruh siswi di sekolah, yang sayangnya jatuh cinta pada gadis miskin yang baik hati dan selalu tertindas. Typical kisah romance pada umumnya yang kuno dan mainstream.

Rambut mangkoknya Oh Nam Joo sangat annoying >_<

Sayangnya lagi-lagi sutradaranya salah memilih pemeran karena jujur saja, wajah Kim Young Dae kurang tampan, mungkin karena rambutnya yang model mangkok itu yang membuatnya terlihat jelek. Waktu dia di Penthouse, dia kelihatan lebih ganteng. Tapi gpp deh ya, toh dalam "Extraordinary You" kan dia bukan Main Lead, kalau dipilih yang ganteng kan kasian Haru jadi tertutupi. Jadi uda bener deh pilih dia jadi Oh Nam Joo ^_^

Lebih bagus kayak gini rambutnya, lumayan gantenglah.
Tapi sayangnya, rambut model begini cuma waktu pesta Ulang Tahun doang.


Namun ada yang sedikit mengganjal dari karakternya, yaitu tentang anak siapa dia sebenarnya? Karena di episode menjelang akhir diceritakan kalau Oh Nam Joo itu bukan anak kandung dari CEO Oh karena ternyata dia hanya hasil perselingkuhan sang ibu.




Dan aku sempat berharap, anak kandung CEO Oh itu adalah Haru. Tapi ternyata nggak dan adegan itupun dibiarkan berlalu begitu saja. Sepertinya itu hal yang tidak penting untuk dibahas karena diabaikan begitu saja dan tidak diceritakan lebih lanjut. Intinya, Oh Nam Joo kurang ganteng. Salah casting! Harusnya dikasih yang lebih ganteng tapi gak seganteng Haru. 

2. Alur Cerita.
Sebenarnya tema dan alur cerita drama ini terbilang sangat unik dan menarik, karena ini pertama kalinya aku menonton drama yang temanya adalah dunia manhwa (komik). Mungkin drama inilah yang menginspirasi menjamurnya cerita-cerita bertema isekai (ada yang menyebutnya transmigrasi) yang belakangan kian marak di Wattpad dan Fizzo, yang menceritakan tentang seseorang yang masuk ke dunia novel atau komik dan ingin mengubah alurnya.


Namun bedanya, dalam novel isekai (beberapa menyebutnya transmigrasi) tersebut pemeran utamanya adalah manusia dari dunia nyata yang masuk ke dalam dunia novel (isekai), bukan asli karakter manhwa (komik) yang menyadari jika dia adalah karakter manhwa (komik) dan ingin mengubah nasibnya. Serupa tapi tak sama. Namun sepertinya novel-novel yang menjamur itu terinspirasi dari drama ini.

“Extraordinary You” adalah drama yang mengangkat kisah cinta masa SMA dengan latar belakang dunia manhwa (komik). Yang membedakannya dengan drama sekolah yang lain adalah karena karakter dalam drama ini sebenarnya tinggal di sebuah dunia yang diciptakan oleh "penulis" manhwa (komik), mereka hidup di dunia manhwa (komik) yang semua percakapan, nama dan perilaku mereka digerakkan serta dikendalikan oleh si penulis.


Walau temanya cukup unik dan refreshing namun tetap memiliki kekurangan dan ada banyak sekali plot hole yang perlu diceritakan, seperti misalnya :

a. Tentang siapa sosok penulis asli dari “Secret” maupun “Trumpet Creeper/Bunga Terompet” ini?

b. Kenapa Haru dari awal hingga akhir tetap tidak memiliki keluarga? Di mana Haru tidur? Siapa yang memberinya pakaian dan makanan saat berada di “Shadow”?

c. Bagaimana teorinya Haru yang sudah menghilang kemudian tiba-tiba bisa muncul kembali namun dengan ingatan masa lalu yang terhapus?

d. Apakah kemudian pada akhirnya mereka bisa melepaskan diri dari dunia manhwa (komik) tersebut dan mulai bisa menjalani kehidupan normal sebagai manusia tanpa dikendalikan lagi oleh si penulis?

e. Bagaimana cara mereka keluar dari dalam komik tersebut? Atau mereka akan selamanya terjebak di dalam manhwa (komik) itu dan hanya tertidur panjang hingga sang penulis menuliskan kisah lain untuk mereka?





Terlalu banyak hal yang belum dikupas tuntas jadi ceritanya menyisakan banyak lubang alias plot hole yang membuatku merasa ada yang janggal. Nah pertanyaan-pertanyaan penting yang seharusnya menjadi esensi alur cerita itu sendiri yang tidak pernah terjawab. Sejujurnya jika semua itu terjawab dan bisa dikembangkan lebih detail lagi, mungkin drama ini akan jauh lebih menarik.




Tapi kembali lagi bahwa drama ini adalah drama romance anak SMA dengan latar belakang dunia Manhwa (komik), jadi aku rasa wajar kalau yang lebih ditekankan di sini adalah kisah cinta Eun Dan Oh dan Haru.


Karena tujuan utama Dan Oh ingin mengubah alur cerita "Secret" adalah karena dia ingin menemukan cinta sejatinya sendiri, yang tidak diatur oleh penulis, dan juga, jika dia beruntung, dia juga berharap bisa mengubah takdir kematiannya.




Tapi tetap saja, aku dibuat penasaran dengan siapa penulis manhwa (komik) "Secret" dan "Trumpet Creeper/Bunga Terompet" yang sebenarnya, karena dari awal hingga akhir, penonton tidak ditunjukkan sosok penulis yang sebenarnya.

Awalnya aku berpikir mungkinkah Peri Cumi Kering (Jin Mi Chae) yaitu staf kantin yang pertama kali sadar dan tahu bahwa dunia mereka adalah dunia manhwa (komik) adalah sang penulis manhwa (komik) itu sendiri, yang entah bagaimana tiba-tiba dia terjebak di dunia manhwa yang dia ciptakan?

Eh, tapi ternyata bukan. Jin Mi Chae (Peri Cumi Kering) juga merupakan salah satu karakter ciptaan penulis yang kebetulan sadar pertama kali.


Jin Mi Chae, kupikir dialah penulis manhwa (komiknya) yang gak sengaja terjebak masuk ke dalam ceritanya sendiri.

Lalu identitas Haru tetap menjadi misteri hingga akhir. Apa karena dia memang digambarkan sebagai figuran tanpa nama alias “Nomor 13” yang jangankan keluarga, rumah, pakaian, bahkan nama pun dia seharusnya tidak punya?




Namun bukankah pada akhirnya, penulis tetap menambahkan karakter Haru di pertengahan cerita? Dia diceritakan sebagai sahabat Baek Kyung di Club Tenis, kan? Lalu kenapa tidak digambarkan juga di mana Haru tinggal, ataupun siapa orang tua dan keluarganya?




Namun jika dipikir lagi, memang sepertinya itu masuk akal, karena aku pun sebagai Penulis Novel, memang tak pernah menceritakan background semua karakter figuranku. Masuk akal sih sebenarnya. Apalagi jika karakter figuran tanpa nama itu memang sudah direncanakan akan menghilang di akhir cerita karena perannya sudah selesai.


Namun entah kenapa aku masih berharap bahwa penulis "Secret” bisa memberi Haru identitas, rumah dan juga keluarga, agar dia tidak kesepian lagi seperti selama ini. Saat ada adegan di mana Oh Nam Joo terungkap bukan anak kandung ayahnya, aku berharap mereka mengatakan bahwa anak kandungnya adalah Haru, yang selama ini hilang entah ke mana.


Tapi ternyata nggak, Haru tetap menjadi karakter tanpa identitas yang jelas yang direncanakan akan menghilang dan dilupakan oleh semua orang di akhir cerita. Poor Haru >_<.

Tema yang cukup unik, alur cerita yang cukup menarik namun masih memiliki beberapa hal yang masih bisa diperbaiki. Tapi jika mengingat drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul “July Found By Chance”, maka seharusnya yang harus kita salahkan adalah penulis komik aslinya, bukan? Dan bukan MBC atau penulis skenario drama ini.


Karena untuk mengubah isi cerita yang diadaptasi dari novel/komik, tentu harus melalui ijin dari penulis novel/komik aslinya. So ini semua salah penulis komik aslinya, kenapa banyak sekali plot hole dalam cerita yang dia tuliskan?

3. Kostum dan Hairdo.
Kostum di dunia modern dalam manhwa (komik)“Secret” sih gak ada masalah, pas lah ya untuk anak-anak sekolah SMA Elite yang image-nya mewah, borju dan berkelas. Jadi wajar kalau sepatunya Eun Dan Oh ganti-ganti dan kadang seperti sepatu pesta dengan heels yang tinggi daripada sepatu kets khas anak sekolah era 1990-an. Bisa dimaklumi mengingat Eun Dan Oh adalah putri Tunggal dari CEO Eun yang kaya raya, wajar kalau koleksi sepatunya banyak.



Walau mungkin alasan sebenarnya adalah karena lawan main Kim Hye Yoon yaitu Rowoon yang memang setinggi tiang, jadi agar Dan Oh tidak terlihat terlalu pendek saat berdiri di samping Haru, Dan Oh harus memakai sepatu heels yang tinggi untuk menambah tinggi badannya agar tidak terlalu jomplang. Pake sepatu tinggi aja masih jomplang ^_^

Tapi untuk kostum di dunia kuno dalam manhwa (komik) “Trumpet Creeper (Neung Seo Hwa/Bunga Terompet)”, kostumnya benar-benar sangat standar, gak niat dan tidak sesuai dengan kedudukan sang karakter.



Contoh : Eun Dan Oh yang diceritakan sebagai putri Perdana Menteri, namun kostumnya tampak sangat sederhana, terlalu sederhana malah dan terlalu biasa, begitu juga dengan model rambutnya yang cuma digerai panjang dengan hanya satu hiasan rambut dan tidak ada model rambut yang diikat-ikat, dikuncir tengah atau mungkin dikelabang/dikepang gitu.

Jauh banget dengan kostum kuno serial China yang gaunnya sangat cantik-cantik, penuh warna, dengan model rambut sang pemeran wanita diikat sana sini, ada yang dikepang, dikuncir dengan hiasan rambut berwarna-warni, bukan sekedar digerai semata seperti Eun Dan Oh.


Kesannya seperti Putri Perdana Menteri kok pakaiannya gini amat? Kayak gak niat mendandani. Gak sesuai dengan kedudukan seorang Putri Perdana Menteri yang berkedudukan tinggi.

Itulah sebabnya aku gak suka drama korea dengan setting kuno. Gak suka kostum dan model rambutnya. Apalagi kalau settingnya era Joseon. Uda rambut cowoknya dicepol doang (gak kayak drama kuno China yang rambutnya tergerai panjang dan dikuncir tengah), yang cewek pakaiannya kayak orang hamil pula.


Ya aku tahu itu hanbok. Tapi masalahnya aku gak suka hanbok karena kayak baju orang hamil, gak kliatan anggun samsek karena gak keliatan pinggangnya. Jujur, aku lebih suka kostum era Kerajaan Shilla, kayak The Great Queen Seon Deok atau Hwarang, setidaknya rambut cowoknya panjang dan dikuncir tengah, bukan dicepol kayak era Joseon yang gak enak dipandang mata.

Jujur, aku pengennya liat Haru rambutnya panjang seperti Kim Ji Dwi, Han Sung, Kim Soo Ho atau Park Ban Ryu di "Hwarang" yang rambutnya panjang dan dikuncir tengah. Atau minimal kayak Bidam di "The Great Queen Seon Deok" lah yang dikuncir kuda. Kan lebih ganteng kalau terurai kayak "Hwarang" atau "The Great Queen Seon Deok" gitu, daripada cuma dicepol kayak mbok jamu. Untung ganteng, kalo gak?????


Eh, tapi Baek Kyung jadi Pangeran rambutnya juga dikuncir tengah dan panjang, tapi tetep kliatan jelek. Apa karena faktor wajahnya memang jelek, ya?

Yang pasti, untuk kostum dan hairdo, aku merasa kurang puas waktu kilas balik di era manhwa “Trumpet Creeper”. Untungnya munculnya cuma sekilas-sekilas doang dan gak menjadi fokus utama. Kalau gak, mungkin uda ku-skip seperti drama-drama Korea dengan era Joseon yang lain.

4. Soundtrack.
Dari sekian banyak soundtrack yang diputar di tengah-tengah drama, hanya ada empat soundtrack yang sering aku ulang-ulang karena lebih easy listening dan enak didengar dibandingkan yang lainnya.

Empat Soundtrack itu adalah :
a. FirstLove (by Sondia),
b. My Beauty (by VERIVERY),
c. Feeling (by April)
d. Never Ending Story (by Stray Kids).
Sementara sisanya masih kurang mengena di hati. 

5. Setting.
Setting untuk seluruh adegan dalam drama fantasy romance ini sangat memanjakan mata. Siapa yang menyangka untuk setting sekolah saja, tim produksi harus berpindah keenam Universitas dan tidak mengambil semua adegan di tempat yang sama?


Ingin tahu di mana saja lokasi syuting drama “Extraordinary You”? Berikut daftarnya :

a. Yonsei University.
b. Keimyung University.
c. Busan University of Foreign Studies.
d. Tongwon University.
e. Hoseo University.
f. Dongduk Women University.





g. Gyeonggi English Village Paju Camp.
h. Walkerhill Hotel dan Resort.
i. The Ananti Cove.
j. Uhwajeong Pavillion.
k. Okjeongho Lake Gujeolcho Theme Park.
l. Jade Garden.
m. Rivendell Prestige Guesthouse.
n. State Tower Namsan.
o. Yongin Park.

Bener-bener effortnya luar biasa banget karena harus pindah sana, pindah sini. Boyong sana, boyong sini. Gak hanya ngeboyong barang-barang perlengkapan syuting tapi semua artis yang ikut terlibat di dalamnya. Apalagi mengingat untuk cerita tentang sekolahan, figurannya pasti banyak banget karena gak mungkin kan kalau di sekolah, muridnya cuma 10 orang aja? Ditambah lagi ceritanya kan sekolah elite.

Untuk penjelasan tentang settingnya seperti misalnya di mana saja adegan tersebut diambil, akan ada artikel lain yang akan membahasnya lebih rinci.

Sekian review lengkap dariku, jika ada yang tidak berkenan di hati kalian, mohon maklumi jika yang namanya review tidak harus selalu positif. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Written by : Liana Hwie.
Credit : All Pictures belong to owners.

Artikel Terkait : 
* Sinopsis : Extraordinary You (2019), Saat karakter komik ingin mengubah takdir mereka.
* 15 Lokasi Syuting Drama Korea "Extraordinary You (2019)"
* Kumpulan Soundtrack Drama Extraordinary You beserta terjemahan Indonesia.
* Haru si "Nomor 13", figuran tanpa nama (The Nameless Extra) yang mampu mengubah alur cerita dalam "Extraordinary You".
* 7 Kali Haru mengubah alur cerita dalam "Extraordinary You".

--------0000000---------

Note : Dilarang MENG-COPY PASTE TANPA IJIN TERTULIS DARI PENULIS! Siapa yang berani melakukannya, aku akan menyumpahi kalian SIAL 7 TURUNAN!

Semua artikel dan terjemahan lagu dalam blog ini adalah murni hasil pikiranku sendiri, kalau ada yang berani meng-copy paste tanpa menyertakan credit dan link blog ini sebagai sumber aslinya dan kemudian mempostingnya ulang di mana pun, apalagi di Youtube, kalau aku mengetahuinya, aku gak akan ragu untuk mengajukan "Strike" ke channel kalian. Dan setelah 3 kali Strike, bersiaplah channel kalian menghilang dari dunia Per-Youtube-an!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads