Kamis, 24 Januari 2013

Taiwan, The Lonely Planet



Taiwan termasuk salah satu wilayah Asia Timur yang   memang menyimpan beragam pesona wisata yang mengagumkan. Sebagai sebuah pulau yang menganggumkan di Asia Timur, Taiwan memiliki ciri khas yang paling terasa kental sampai dengan hari ini yaitu, dari segi desing arsitektur bangunan yang mengikuti gaya Eropa dan tata kota yang apik serta budaya di Taiwan yang bersahaja.

“ TAIWAN – The Lonely Planet”






Taiwan (Hanzi tradisional:臺灣 atau 台灣; Hanzi sederhana:台湾; Hanyu Pinyin: Táiwān; Tongyong Pinyin:Táiwan; Wade-Giles: T'ai²-wan¹; Taiwan (Hokkien): Tâi-oân/Tāi-oân (sebelumnya 大灣/台員/大員/台圓/大圓/台窩灣)) adalah sebuah pulau di Asia Timur
 

Taiwan saat ini diklaim oleh Republik Rakyat Cina (RRC) walaupun RRC tidak pernah menguasai Taiwan. RRC mendasarkan klaimnya dengan berpendapat bahwa RRC merupakan penerus Republik Cina sejak 1949, dan Republik Cina telah memerintah Taiwan selama 4 tahun dari 1945 sampai 1949.[1


Pulau utama Taiwan, juga dikenal sebagai Formosa (dari bahasa Portugis (Ilha) Formosa, yang berarti "(pulau) yang indah"), terletak di Asia Timur sebelah pantai Cina daratan, sebelah barat daya kepulauan utama Jepang tetapi sebelah barat langsung dari ujung Kepulauan Ryukyu Jepang, dan sebelah barat laut-utara Filipina. Pulau ini dihubungkan ke timur oleh Samudera Pasifik, ke selatan oleh Laut Cina Selatan dan Selat Luzon, ke barat oleh Selat Taiwan, dan ke utara oleh Laut Cina Timur. Pulau ini mempunyai panjang 394 kilometer (245 mil) dan lebar 144 kilometer (89 mil).

Menurut situs panduan perjalanan yang populer di kalangan traveler “Lonely Planet” Taiwan termasuk salah satu negara yang termasuk dalam daftar “Lonely Planet’s Best in Travel: top 10 countries for 2012”


Taiwan masuk di nomor 9 setelah Uganda, Myanmar, Ukraina, Jordan, Denmark, Bhutan, Cuba, New Caledonia dan berada satu tingkat di atas Switzerland. Negara yang mempunyai ibukota Taipei ini masuk ke dalam daftar tersebut karena merupakan negara yang sangat lengkap jika dilihat dari sisi pariwisata. 

Mulai dari keindahan alamnya, Taiwan menawarkan pesisir lembah dan hutan hijau yang luas. Jika ditinjau dari sejarah dan budayanya, Taiwan mempunyai koleksi terlengkap benda bersejarah Cina peninggalan jaman dulu di Museum Nasionalnya.


Credit : WIKIPEDIA

Bukan hanya itu saja, untuk urusan wisata kuliner, taman nasional, dan tempat belanja, Taiwan tak perlu anda ragukan lagi. Kalau menurut saya, daya tarik Taiwan paling besar terletak di arsitektur bangunannya. Bangunan-bangunan bersejarah dan kuil-kuil di Taiwan banyak memadukan unsur-unsur seni dari Belanda dan China, cantik sekali.

Berikut ini adalah berbagai Obyek wisata Taiwan yang patut di jadikan pertimbangan bagi para Wisatawan yang ingin berjalan-jalan ke sana : 


1. Yangmingshan National Park





  Yangmingshan National Park adalah salah satu dari 8 Taman Nasional yang ada di Taiwan. Yangmingshan National Park (Chinese: 陽明山國家公園; pinyin: yáng míngshān guójiā gōngyuán) terletak di antara Kota Taipei Lama dan Kota Taipei Baru di Taiwan. Kota Taipei Lama terdiri dari Obyek wisata Villa Pemandian Air Panas BeiTou dan Shilin. Sedangkan Kota Taipei Baru terdiri dari Wanli, Jingshan dan Sanzhi.

 










Yangmingshan National Park ini terletak 30 menit perjalanan dari Pusat kota dan di kelilingi oleh tebing berbatu, padang rumput, pegunungan dan danau yang tenang. Jika anda berkunjung pada Musim Semi sekitar Bulan Februari sampai Maret maka Anda akan disambut dengan indahnya bunga-bunga Sakura yang bermekaran. Di rancang dengan design budaya China yang sangat kental, Taman Nasional ini terletak di dekat Gunung Shamao dan Gunung Chi Xiang dan menawarkan pemandangan pegunungan yang indah dan udara yang sejuk. Cocok untuk mereka yang bosan dengan segala hiruk pikuk perkotaan dan merindukan suasana alam yang alami. 








2.   Beitou Hot Springs






Beitou Hot Spring terletak di wilayah dataran tinggi yang dikelilingi oleh Gunung Shamao, Gunung Datun dan Gunung Chi Xiang. 

 





Di tempat ini memancar mata air panas yang kemudian dimanfaatkan untuk membangun sebuah pemandian air panas yang terdiri dari sekitar 10 tempat wisata seperti Dijegu, Lung Fung, Fung Huang, Hu Shanli dan Hsin Yi Road. Area wisata Pemandian Air Panas yang paling luas adalah Chungshan Road, Kuan Ming road, Hsin Ming Road dan ChuanDu Road yang berada tepat mengelilingi Beitou Hot Springs.

 





Area ini sudah terkenal dengan resort permandian air panasnya sejak tahun 1986. Dengan taman-taman indah, museum, dan kuil di sekeliling kotanya, Beitou menjadi tempat yang patut Anda kunjungi selama berlibur ke Taiwan. Banyak sekali Hotel-hotel dan Villa yang dibangun di sekitar area Pemandian Air panas ini, mulai dari hotel yang paling murah hingga Hotel Bintang 5 yang paling mahal yang menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap.





      3. Chiang Kai Shek Memorial Hall




Gedung Memorial Chiang Kai-shek merupakan landmark kota Taipei yang biasanya dipakai untuk merayakan acara-acara nasional. Di gedung bertembok marmer putih ini, pengunjung bisa mempelajari sejarah Chiang Kai-shek, pemimpin Taiwan abad 20 dengan mengunjungi bagian museum yang terletak di lantai bawah. 



Uniknya di salah satu bangunan dan halaman utama dalam gedung ini, terdapat sebuah patung lilin berukuran besar yang merupakan gambaran dari sosok Chiang Kai Shek, yang menampilkan sosok Jenderal yang ramah  yang dijaga oleh Tim Pengawal yang di latih khusus untuk tetap diam  seperti patung selama masa tugas, yaitu selama satu jam tanpa berkedip, tertawa maupun tersenyum.


Bagi anda yang tak terlalu tertarik dengan sejarah, pemandangan taman Memorial Hall yang dihiasi oleh keramik-keramik bercitarasa Cina bisa menjadi daya tarik sendiri yang tidak bisa di pungkiri bisa menjadi tujuan yang tepat bagi Anda yang hobi fotografi.


Ada 3 bangunan di dalem kompleks ini. Bagian Pertama adalah Gedung Memorial hall yaitu  gedung berwarna putih dengan atap berbentuk heksagonal.


2 bangunan lain adalah gedung theatre. Tempat diadakannya berbagai pertunjukan seni seperti Tarian, Musik atau Drama Musikal bahkan ada juga Theater 3D yang sayangnya harga pertunjukannya lumayan mahal.



Semua barang yang dipamerkan di Chiang Kai Shek Memorial Hall adalah barang-barang yang dipindahkan dari kantor kepresidenan pada tahun 1994. Desain interior menyesuaikan dengan aslinya. Sebagian lukisan yang dipamerkan adalah karya istri Chiang Kai Shek.



Unik, menarik dan sarat akan makna penghormatan dan edukasi, monument ini juga memiliki tempat indah lainnya yng bisa digunakan untuk bersantai, yaitu di sekitar kolam Guanghua dan Yunhan. Luas kedua kolam diperkirakan mencapai 3000 meter persegi. Kolam-kolam ini dikelilingi oleh batu-batu besar dan bukit kecil buatan serta berisikan berbagai macam  ikan koi dengan beraneka ragam warna. Monument ini tidak hanya penuh dengan peninggalan bersejarah, sarat akan edukasi akan tetapu penuh dengan nuansa yang sangat tepat untuk relaksasi.


 4. Kuil Para Martir ( Martyr Shrine )



Kuil Para Martir didedikasikan bagi rakyat Taiwan yang mengorbankan diri dalam peperangan. Dibangun pada tahun 1969, arsitektur kuil ini mengingatkan kita kepada Hall of Supreme Harmony di Forbidden City, Beijing. Terletak di atas gunung Chingsan, Kuil Para Martir juga menyajikan view sungai Keelung yang sedang dalam proses restorasi oleh pemerintah Taipei.




5. National Palace Museum





The National Palace Museum (Chinese: 國立故宮博物院 Guólì Gùgōng Bówùyuàn) adalah sebuah musim seni di Kota Taipei, Taiwan. Museum ini adalah museum Nasional China yang memiliki 693,507 koleksi benda seni yang merupakan peninggalan atau Artefak kuno China, sehingga membuat museum ini menjadi museum seni terbesar di dunia. 





Koleksinya meliputi lebih dari 8000 tahun sejarah China dari jaman Neolitikum hingga Dinasty China yang terakhir yaitu Dinasti Ching. 






Museum ini tergolong sangat megah karena memiliki koleksi barang-barang antik tak ternilai dari negara Taiwan dan Cina. Koleksi dari Cina ini dimiliki karena Taiwan dipilih sebagai tempat untuk menyelamatkan benda-benda seni dari Cina pada saat perang Sino-Jepang dan perang saudara di Cina. Koleksinya antara lain, berbagai macam pahatan giok dan pahatan perahu yang dibuat dengan sebutir biji zaitun sebagai bahannya.






6. Kuil Longshan ( Longshan Temple )



Tak lengkap rasanya bila ke Taipei tanpa berkunjung ke kuil kuno yang sangat terkenal, Kuil Longshan. Kuil Longshan (龍山寺, Hanyu pinyin Lóngshān Sì) adalah sebuah kuil yang terdapat di paling tidak lima tempat di Taiwan. Salah satu yang paling dikenal terletak di distrik Wanhua, Taipei, Taiwan. Kuil ini telah dibangun pada tahun 1738.
 
Kelima kuil-kuil Longshan ini terletak di:




    
Di bagian dalam kuil yang dibangun 1738 ini, Anda bisa melihat patung Dewi Cinta Kasih Kuan Im, hiasan sepasang naga di ruang depan, dan 4 naga di ruang tengah. Semuanya dipahat dengan halus dan sempurna.





 

7. Menara Taipei 101




Taipei 101 (臺北 101) adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei (臺北國際金融大樓). Menara ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa, di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung pencakar langit ini terletak di pusat kota Taipei dan hanya beberapa blok dari Taipei World Trade Center.



Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. 



Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.


Luas total 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial sedangkan 73.000 meter perseigi lainnya untuk area parkir.


8. Pasar Malam Hua Xi





Jika berkunjung ke Taipei, jangan pernah lewatkan pasar malam. Kawasan ini dikenal dengan aneka makanan lezat yang dijajakan, seperti sup daging, mie belut, udang, serta daging ular. Salah satu pasar malam yang digemari adalah Pasar Malam Huaxi, yang lokasinya berdekatan dengan Kuil Longshan.





9. Sun Yat Sen Memorial Hall







Situs ini didedikasikan untuk Sun Yat-sen, pria yang dianggap sebagai “father of the nation” di Taiwan and “forerunner of the revolution” di China. Di dalamnya, Anda bisa menemukan performance hall kelas dunia, teater multimedia, dan perpustakaan yang sangat besar. Lingkungan di sekitarnya pun sangat asri, ada danau dan taman hijau yang luas.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.