Rabu, 01 Mei 2024

Kumpulan Soundtrack Drama Korea “Ojakgyo Brothers” beserta terjemahan Indonesia

Ojakgyo Brothers (오작교 형제들) adalah salah satu drama keluarga sepanjang 58 episode yang diproduksi oleh KBS2 dan dibintangi oleh UEE After School yang berperan sebagai Baek Ja Eun dan aktor papan atas Korea, Joo Won yang berperan sebagai Hwang Tae Hee.

Ojakgyo Brothers yang ditayangkan pada tahun 2011 silam ini berkisah tentang kehidupan keluarga Hwang yang memiliki 4 orang anak laki-laki yaitu Hwang Tae Shik (40 tahun), Hwang Tae Bum (36 tahun), Hwang Tae Hee (30 tahun) dan Hwang Tae Phil (29 tahun) beserta segala lika-liku kehidupan dan kisah cinta mereka.





Namun sebenarnya pemeran utama dalam drama ini adalah Hwang Tae Hee (Joo Won) dan Baek Ja Eun (UEE). Hwang Tae Hee, putra ketiga keluarga Hwang (namun sebenarnya hanya keponakan yang dibesarkan dan diangkat anak oleh paman dan bibinya) berprofesi sebagai seorang polisi, lebih tepatnya Intelligent Criminal Investigation atau Detektif bagian kriminal.






Tae Hee adalah seorang pemuda tampan berusia 30 tahun. Hwang Tae Hee sebenarnya adalah seorang pria yang introvert dan tidak banyak bicara, dia juga tidak bisa mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata, namun dia sangat tegas, berani, garang (terhadap kriminal), dan selalu mengutamakan nilai-nilai keadilan dan kebenaran.

Hwang Tae Hee sangat tegas dan garang kepada para kriminal namun walau begitu, Tae Hee bersikap sangat manis terhadap keluarganya, dan kelak pada Baek Ja Eun, gadis yang dicintainya.


Hwang Tae Hee saat berhadapan dengan kriminal.

Singkat kata, Hwang Tae Hee adalah sosok yang memiliki dualisme karakter : tegas dan garang di depan orang lain (khususnya para kriminal), namun introvert yang lembut dan manis di depan keluarga dan gadis yang dia cintai. Dan Joo Won berhasil membawakan dualisme karakter tersebut dengan sangat sempurna.

Hwang Tae Hee di depan nenek :






Auranya sangat berbeda antara Hwang Tae Hee sang Intelligent Criminal Investigation yang garang dan tegas dengan Hwang Tae Hee si cucu kesayangan nenek (foto atas) dan pria polos yang jatuh cinta pada kekasih hatinya (foto bawah).






Tae Hee di depan Ja Eun, bagaikan anak anjing yang menggemaskan, malu-malu salting setiap kali mereka berduaan, dan tatapannya yang garang seketika melembut saat menatap gadis yang dicintainya. Hal ini bisa dipahami mengingat Hwang Tae Hee tidak pernah jatuh cinta apalagi berpacaran sebelumnya, ditambah lagi, dia adalah seorang pria yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata. Itu sebabnya dia selalu malu-malu dan salting di depan pacarnya sendiri. Saat sedang cemburu pun, Tae Hee mengekspresikannya dengan mengikuti pacarnya, Ja Eun ke mana-mana.



Kisah Ojakgyo Brothers sendiri sebenarnya berpusat pada perebutan rumah warisan, lebih tepatnya tanah pertanian yang dipinjamkan oleh Baek In Ho, ayah Baek Ja Eun (UEE) kepada Hwang Chang Sik untuk ditempati selama 10 tahun. Dan kebetulan saat di mana Baek In Ho mengalami kecelakaan dan menghilang adalah tepat 10 tahun di mana tanah pertanian tersebut seharusnya dikembalikan kepada Baek In Ho, yang ini tentunya menjadi hak milik Baek Ja Eun sebagai putri satu-satunya Baek In Ho, dan pewaris sah tanah pertanian itu.


Namun tentu saja, keluarga Hwang khususnya Park Bok Ja (istri Hwang Chang Sik) menolak mengembalikan tanah pertanian tersebut dan mencuri surat kontrak perjanjian peminjaman tersebut dari tangan Baek Ja Eun yang malang. Dan di sinilah kisahnya dimulai.

Baek Ja Eun yang demi merebut kembali tanah pertanian yang diwariskan padanya, berusaha mengambil hati Park Bok Ja, dan tanpa sadar terlibat hubungan cinta dengan Hwang Tae Hee yang adalah seorang polisi. Walaupun pertemuan keduanya diawali dengan insiden salah tangkap yang berakhir kacau, namun setelah lama tinggal bersama, benih-benih cinta tumbuh di antara mereka berdua.



Dan seperti umumnya drama Korea (gak hanya drama Korea sih sebenarnya, lebih tepatnya drama Asia kale ya), sudah tentu feel drama ini akan terasa kurang lengkap bila tanpa diiringi lagu-lagu manis yang menghiasi momen-momen penting atau romantis dalam drama. Ojakgyo Brothers memiliki banyak original soundtrack yang romantis dan enak didengar telinga.

Berikut ini adalah beberapa Soundtrack “Ojakgyo Brothers” beserta terjemahan Indonesianya yang mudah dipahami dan terdengar lebih romantis dan puitis, yang dirangkum menjadi satu agar memudahkan kalian mencari.


Klik judul lagu yang diinginkan bila kalian ingin mencari lagu favorit kalian :
Original Soundtrack :
“Look At Me” ini merupakan ending song (lagu penutup) untuk episode 15-33, plus episode 56-58. Adegan yang paling berkesan (memorable) tentang lagu ini adalah di episode 56, saat adegan ciuman dalam lift. Saat Hwang Tae Hee mengejar Baek Ja Eun yang masuk ke dalam lift, kemudian dengan semangat 45, Tae Hee berlari menaiki tangga darurat menuju ke lantai 5 tempat di mana kantor Ja Eun berada hanya untuk mengatakan “Aku ingin lebih mengekspresikan perasaanku” kemudian mencium tunangannya di dalam lift.


Backsong yang mengiringi adegan manis itu adalah lagu ini. Sebenarnya lagu ini sudah muncul sejak di pertengahan drama, namun entah kenapa scene yang paling melekat dalam otakku adalah saat adegan ciuman dalam lift ini.

“My Heart” adalah ending song (lagu penutup) untuk episode 34-40. Lagu ini secara khusus selalu muncul di saat adegan sedih, khususnya saat adegan Tae Hee dan Ja Eun berpisah.

Lagu ini kerapkali muncul saat adegan sedih antara Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun. Salah satunya yang kuingat adalah saat di episode 54, ketika Hwang Tae Hee yang baru saja membahas penyelidikan dengan Seo Dong Min tak sengaja menjatuhkan jimat keberuntungan (gantungan kunci) berbentuk bebek Ja Eun.





Tae Hee yang tiba-tiba merasa hatinya sangat sakit, kemudian menyuruh Seo Dong Min untuk keluar lebih dulu, sementara dia tetap di dalam ruangan untuk memungut gantungan kunci itu serta memberanikan diri menelpon Ja Eun. Siapa sangka Tae Hee mendengar kabar menyakitkan kalau Ja Eun sekarang telah meninggalkan Seoul untuk sementara waktu untuk menenangkan dirinya. Lagu ini mengalun lembut di latar belakang saat Tae Hee mencoba mengatur napasnya yang bagaikan tercekat.





Adegan paling berkesan lainnya adalah di episode 55, saat Hwang Tae Hee yang sedang bekerja sendirian di kantornya di malam hari, tampak menggenggam erat couple ring miliknya dan Ja Eun, kemudian meletakkan gantungan kunci itu di dadanya seraya memejamkan matanya, seolah berusaha meredam kerinduannya pada sang kekasih.







Lagu "My Heart" ini selalu muncul bergantian dengan "Really A Fool" saat adegan sedih antara Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun.

Adegan paling memorable dari lagu ini adalah saat di episode 25. Hwang Tae Hee pertama kalinya mendatangi penginapan Ja Eun dan menunggunya di dalam mobil sampai tertidur. Saat itu adalah saat di mana Ja Eun menangkap basah surat kontrak yang terjatuh dari dalam tas Park Bok Ja, dan Ja Eun yang marah dan kecewa karena Park Bok Ja mencuri surat kontraknya, akhirnya dibawa pergi oleh ibu tirinya untuk tinggal sementara di sebuah penginapan kecil.



Hwang Tae Hee yang merasa tidak tenang, kemudian menyusulnya dan menunggunya dalam diam di luar rumah. Dia ingin mendatangi Ja Eun namun dia tahu bahwa Ja Eun masih sangat marah, akhirnya Hwang Tae Hee hanya menjaganya di luar penginapan.

Lalu di episode 26, Hwang Tae Hee yang merasa kepikiran dengan pengakuan cinta Baek Ja Eun memutuskan untuk membelikannya kopi dan makanan, dan meletakkannya di depan pintu, namun naasnya makanan dan kopi itu berakhir di tong sampah.



Kemudian di episode 34 akhir, di episode pengakuan cinta ketiga dari Hwang Tae He. Saat Hwang Tae Hee yang merasa bersalah karena mendiamkan (alias nyuekin sapaan) Baek Ja Eun di pagi hari, meminta maaf dengan membelikan kopi favorit Ja Eun. Lagu ini terputar mulai saat adegan Tae Hee masuk ke dalam gudang dan menatap Baek Ja Eun yang sedang menggambar dengan penuh cinta hingga saat Ja Eun mengatakan kalau dia harus pergi dulu karena Kim Jae He sudah menunggunya di luar rumah.




Lagu ini baru selesai dan digantikan dengan "My Heart" ketika Tae Hee mengatakan "Baek Ja Eun, aku...aku...masih menyukaimu."



Adegan berikutnya yang tak kalah memorable adalah saat episode 39, di mana Tae Hee dan Ja Eun berjalan-jalan di Myeongdong dan Tae Hee dengan malu-malu meraih tangan Ja Eun dan menggenggamnya. Kemudian Ja Eun bertanya pada Tae Hee kapan Tae Hee mulai menyukainya, namun dengan wajah polosnya, Tae Hee menjawab kalau dia tidak ingat. 


“Really A Fool” merupakan ending song (lagu penutup) untuk episode 41-55. Adegan yang paling memorable untuk lagu ini adalah di episode 51, yaitu adegan kencan terakhir Tae Hee dan Ja Eun saat mereka berdua akhirnya dengan berat hati memilih untuk berpisah. Lagu tersebut terputar tepat pada saat Tae Hee mencium bibir Ja Eun setelah mengatakan bahwa dia melepaskan Ja Eun karena hanya itulah satu-satunya cara agar dia bisa tetap mencintainya.


Lalu saat episode 55, di mana Tae Hee yang telah membuktikan Baek In Ho tidak bersalah, menjemput Ja Eun di panti asuhan tempat Ja Eun menyembuhkan luka hatinya untuk sementara. Lagu ini mulai terputar saat Tae Hee menarik Ja Eun ke dalam pelukannya dengan berlinang air mata. Akting Joo Won sangat bagus saat adegan ini, seolah dia benar-benar sangat merindukan Ja Eun dan tak bisa hidup tanpanya.




Lagu ini juga selalu muncul bergantian dengan "My Heart" saat adegan sedih antara Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun.

“I Love You, I Love You” ini merupakan ending song (lagu penutup) untuk episode 1-14. Adegan yang paling memorable saat lagu ini terputar adalah ketika adegan pernikahan antara Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun di episode 57. Lagu ini mulai terputar saat Tae Hee mengulurkan tangannya dan mengajak Ja Eun untuk melangkah menuju ke altar bersama, “Haruskah kita mulai acara pernikahannya?”




Sementara itu, Ha Na dan Guk Su tampak berjalan di depan dan menaburkan bunga-bunga untuk mengiringi langkah sepasang pengantin baru tersebut.

Fanmade MV :
Entah kenapa aku merasa lagu ini sekaligus artinya sangat cocok dengan kisah Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun. Apalagi pemilik Fanmade MV ini memakai potongan adegan dalam drama yang sangat pas dengan lirik dan kisah dalam dramanya. Lirik, arti terjemahannya plus adegannya sangat pas, seolah-olah lagu ini memang soundtracknya "Ojakgyo Brothers". Cobalah untuk menonton video Fanmade MV ini dan kalian akan paham apa yang kumaksudkan.

2. Men Are Helpless Too (Pria Juga Bisa Tidak Berdaya/Namja Deo Eojjeol Su Eobda/남자도어쩔수없다), By : Evan Yoo (에반)
Sama seperti "Back To You", potongan adegan dalam drama di video ini juga sangat cocok dan pas dengan lirik, arti terjemahannya dan juga kisah dalam dramanya. Namun karena ini adalah lagu bertema sedih, tentu saja potongan dalam adegannya pun mayoritas adalah adegan-adegan di mana Tae Hee dan Ja Eun berpisah. Liriknya sangat pas menggambarkan suasana hati Tae Hee yang merasa sangat tidak berdaya karena Ja Eun meninggalkannya. Yup, faktanya Hwang Tae Hee memang tidak berdaya bila menyangkut cinta.

Selain "Back To You" dan "Men Are Helpless Too", ada juga "If I Have A Lover" yang juga sangat cocok antara lirik lagu dan kisah dalam dramanya, potongan adegannya juga sangat pas. Di antara banyaknya fanmade MV di Youtube yang dibuat oleh para fans, entah kenapa hanya tiga lagu itu saja yang menurutku sangat pas dan cocok dengan kisahnya Hwang Tae Hee dan Baek Ja Eun.

Jadi itulah beberapa lagu yang turut mengiringi drama "Ojakgyo Brothers" ini, drama yang di tahun 2011 lalu sukses meraih rating yang tinggi saat ditayangkan di Korea dan layak kujadikan favorit.


Akting Joo Won yang keren abiz adalah salah satu alasan kenapa aku begitu menyukai drama ini, didukung oleh chemistry yang sempurna antara Joo Won dan UEE, kisah yang campur aduk (ada sedih, sebel, manis, romantis dan nge-gemesin yang bergabung menjadi satu), alur cerita yang tertata rapi walaupun kisahnya sangat beragam, serta soundtrack yang memorable dan easy listening adalah beberapa alasan kenapa "Ojakgyo Brothers" layak dijadikan drama keluarga favorit hingga saat artikel ini ditulis.

Episode yang panjang pun terasa kurang bila dihadapkan pada kisah cinta manis antara Hwang Tae Hee (Joo Won) dan Baek Ja Eun (UEE).

Written by : Liana Hwie
Credit Pict : All Pictures belong to owners.

Artikel Terkait :
Sinopsis & Review : Ojakgyo Brothers, Cinta di tengah perebutan rumah warisan.

---------000000---------

Warning :
Dilarang MENG-COPY PASTE TANPA IJIN TERTULIS DARI PENULIS! Siapa yang berani melakukannya, aku akan menyumpahi kalian SIAL 7 TURUNAN!

Semua artikel dan terjemahan lagu dalam blog ini adalah murni hasil pikiranku sendiri, kalau ada yang berani meng-copy paste tanpa menyertakan credit dan link blog ini sebagai sumber aslinya dan kemudian mempostingnya ulang di mana pun, apalagi di Youtube, kalau aku mengetahuinya, aku gak akan ragu untuk mengajukan "Strike" ke channel kalian. Dan setelah 3 kali Strike, bersiaplah channel kalian menghilang dari dunia Per-Youtube-an!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads