Kamis, 11 Juni 2015

Mengenang White Snake Legend 1992

Siapakah di antara Anda yang pernah merasakan hidup di tahun 1990-an? Ayo tunjuk tangan! Kita seumuran donk ^.^ Bagi mereka yang pernah merasakan hidup di tahun 1990-an pasti sudah tak asing lagi dengan serial silat yang satu ini : WHITE SNAKE LEGEND 1992 yang sangat booming saat diputar di SCTV sekitar...Hhhmmm...let me count first, 21 years ago I think. 


Kalau gak salah inget, nih serial TV pernah diputer di SCTV pada tahun 1994 silam dengan kalimatnya yang agak-agak merinding kalau diucapkan sekarang, yaitu “Suamiku, Istriku...” Jiiaahh, geli aja dengernya, apalagi begitu tahu bahwa yang memerankan Xu Xian aka Xu Han Wen adalah seorang wanita juga yang bernama Cecillia Yip, yang wajahnya sangat mirip dengan Dewi Yull, artis Indonesia tahun 1990an. 

Dulu waktu kecil gak tahu, begitu gede tahu kok rasanya aneh aja ngeliat sepasang wanita saling memadu kasih. Eeerrr...Apa dulu di China sana kekurangan aktor sehingga harus memakai seorang wanita untuk berpura-pura menjadi pria?


Ternyata usut punya usut, ide memakai seorang wanita untuk memerankan Xu Xian adalah karena atas permintaan Angie Chiu sendiri yang tidak ingin suami barunya cemburu saat melihatnya beradegan mesra dengan pria lain. 

Angie Chiu sebelumnya pernah menikah namun bercerai karena suami pertamanya cemburu melihatnya beradegan mesra dengan lawan mainnya, oleh sebab itu, karena tak mau sejarah terulang makanya Angie meminta Produser dan Sutradara serial "White Snake Legend" ini untuk mengganti peran Xu Xian dengan seorang wanita. Ya kalau cemburuan mending jangan nikah sama artis kale! Sama pekerja kantoran aja atau sekalian nikah sama wanita pengangguran -__-





Ngublek-ngublek weibo tujuan awalnya pengen cari foto-fotonya Hu Ge dan Yang Mi, eh ternyata gak sengaja malah nemu banyak foto-fotonya para pemeran White Snake Legend 1992 yaitu : Angie Chiu sebagai Pai Shu Chen, Ceciliia Yip sebagai Xu Han Wen/Xu Xian dan Maggie Chen Mei Chi sebagai Xiao Ching. Tapi karena saya gak suka Xu Xian so gak nyimpen fotonya deh, cuma nyimpen fotonya Pai Shu Chen dan Xiao Ching doank hehehe =)


Bagi kalian yang masih kecil atau bahkan belum lahir waktu serial TV ini booming 21 tahun silam, mungkin kalian ingin mengetahui berkisah tentang apakah serial TV ini. Fine, aku akan menjelaskan sinopsisnya secara singkat aja ya...


Sinopsis :
Konon pada zaman dahulu kala, di Gunung Emei ada dua ekor ular yang bertapa selama ribuan tahun demi menjadi manusia, yang satu Ular Putih yang bernama Pai Shu Chen dan satu lagi siluman Ular Hijau yang bernama Xiao Qing. Pada suatu hari, kedua siluman Ular yang cantik itu bermain-main di pinggir Danau seraya mencari reinkarnasi dari seorang pemuda yang di kehidupan sebelumnya pernah menyelamatkan si Ular Putih. Ingin membalas budi, kedua ular ini mengembara ratusan tahun demi mencari si pemuda.


Akhirnya di suatu hari saat turun hujan, ada seorang pemuda bernama Xu Xian yang rela meminjamkan payungnya kepada dua gadis ini dan dia rela berhujan-hujanan. Ternyata Xu Xian adalah pemuda yang mereka cari selama ini. Singkat cerita, Pai Shu Chen dan Xu Xian pun akhirnya saling jatuh cinta dan menikah. Apakah cerita selesai sampai di sini? Tentu tidak.




Setelah menikah, mereka hidup bahagia dengan membuka toko obat yang spontan menjadi sangat ramai dan terkenal karena Pai Shu Chen sang Ular Putih menggunakan ilmu sihirnya untuk mengobati orang-orang. Suatu hari datanglah seorang Biksu dari kuil Jin Shan di kota Zhejiang bernama Biksu Fa Hai, yang memberitahu Xu Xian bahwa istrinya adalah siluman Ular Putih yang menyamar.


Karena Xu Xian tak percaya, Biksu Fa Hai pun memberikan arak kuning pada Xu Xian dan mengatakan untuk memberikan arak kuning itu pada istrinya pada Hari Pecun tanggal 5 bulan 5 Imlek. Xu Xian yang tak tahu apa-apa pun membujuk istrinya untuk meminum arak kuning itu, dan bisa ditebak, setelah meminum arak kuning itupun Pai Shu Chen kembali ke wujud aslinya yang adalah Siluman Ular Putih.




Xu Xian pun akhirnya meninggal karena shock melihat wujud asli istrinya. Setelah pengaruh racun itu hilang dan Pai Shu Chen kembali menjadi manusia, dia yang melihat suaminya meninggal segera mencari jamur “Ling Zhi” ke Gunung mukjizat untuk mengobati suaminya.  Karena terharu oleh ketulusan Pai Shu Chen, akhirnya Dewa Nanji memberikannya jamur "Ling Zhi" agar Xu Xian hidup kembali.



Tapi sayangnya jodoh mereka ternyata telah berakhir sampai di sini. Biksu Fa Hai kembali dan memisahkan mereka dengan alasan bahwa manusia dan siluman tak boleh bersama, dengan cara mengurung Pai Shu Chen di Pagoda Lei Feng sepanjang hayatnya. 

Xu Xian pun akhirnya dipaksa menjadi biksu. 20 tahun kemudian, anak mereka yang bernama Xu Che Lin mengikuti ujian negara dan berharap bisa menjadi pejabat agar kelak bisa membebaskan ibunya dari dalam Pagoda. 

Maggie Chen as Xiao Qing (Siluman Ular Hijau) :




Singkat cerita, akhirnya karena tersentuh dengan kebaikan hati dan ketulusan Xu Che Lin yang sepenuh hati berbakti pada Ibunya, Dewi Kuan Im pun memerintahkan Biksu Fa Hai untuk membebaskan Pai Shu Chen agar bisa berkumpul bersama keluarganya. Happy Ending? Tentu...Walau kisah aslinya tidak seperti ini. Dalam kisah asli Legenda Siluman Ular Putih, setelah Pai Shu Chen dikurung dalam Pagoda, Xu Xian pun dipaksa menjadi biksu dan anak mereka entah ada di mana.

Maggie Chen as Xiao Qing (Siluman Ular Hijau) :




Hhaaahhh...Saat dongeng tak selamanya indah. Kisah yang berakhir sedih tersebut mengisahkan Pagoda Lei Feng sebagai penjara abadi untuk Pai Shu Chen. Kisah cinta antara Pai Shu Chen dan Xu Xian ini dapat dilihat di dalam ukir-ukiran di Pagoda Lei Feng yang menceritakan tentang Legenda Siluman Ular Putih. Sementara di tingkat yang lain terdapat sejarah tentang Pagoda Lei Feng pada masa pemerintahan dinasti-dinasti yang berkuasa di China.

-----0000-----

Legenda Ular Putih sendiri merupakan legenda kuno di daratan China yang hidup dalam berbagai versi dan cerita turun temurun dari dulu sampai sekarang. Legenda ini sering diangkat untuk cerita opera, serial televisi, maupun film layar lebar. 

Setidaknya sudah ada tujuh film yang mengangkat cerita legenda Ular Putih dan Ular Hijau, dan yang paling terkenal tentu saja serial TV yang dibintangi oleh Angie Chiu dan Cecillia Yip dengan judul “White Snake Legend” tahun 1992 silam. Lalu ada juga versi layar lebar yang dibintangi oleh Maggie Cheung Man Yi sebagai Xiao Qing dan Joey Wong sebagai Pai Shu Chen dengan judul Green Snake pada tahun 1993. 



Dan yang waktu Tahun Baru Imlek tahun 2015 lalu diputar di Global TV yang dibintangi oleh Eva Huang Sheng Yi sebagai Pai Shu Chen, Raymond Lam sebagai Xu Xian, Charlene Choi sebagai Xiao Qing dan Jet Li sebagai Biksu Fa Hai dengan judul The Sorcerer and The White Snake pada tahun 2011.



Sementara itu, Danau Xihu di kota Hangzhou - China, yang menurut legenda diyakini sebagai lokasi bertemunya Ular Putih dengan suaminya Xu Xian, sampai sekarang selalu ramai didatangi wisatawan, apalagi di musim semi dan musim panas. Danau Barat atau West Lake selalu menjadi latar belakang pengambilan gambar di semua film yang mengangkat legenda Ular Putih dan Ular Hijau. 

The Broken Bridge

Dua tempat ikonik di Danau Barat yakni "The Broken Bridge" atau "Jembatan Patah Hati" yang menjadi tempat pertemuan sekaligus perpisahan Ular Putih dan suaminya, serta "Pagoda Lei Feng" yang menjadi tempat terkurungnya Ular Putih setelah menghancurkan kota Hangzhou, juga selalu menjadi daya tarik wisatawan.


Pagoda Lei Feng


Credit : All Pictures belong to owners.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads