Terima kasih kepada JYP Entertainment yang mulai gencar mempromosikan GOT7
di dalam negeri. Sejak GOT7 debut, ini pertama kalinya JYP Entertainment tampak
mulai serius mempromosikan GOT7 di dalam negeri Korea Selatan, karena selama
ini fokus JYP hanyalah promosi di luar negeri yang besar-besaran. Karena “Kesalahan”
promosi inilah, akhirnya berakibat pada kurangnya pengetahuan masyarakat Korea
Selatan terhadap siapa itu GOT7, walaupun faktanya di luar negeri, GOT7 sangat
populer, terbukti dengan tiket konser GOT7 yang selalu SOLD OUT setiap kali
mereka menggelar konser di luar negeri.
Namun sayangnya, popularitas yang mereka raih di luar negeri berbanding
terbalik dengan fakta di dalam negeri mereka sendiri. Di Korea Selatan, GOT7
masih dipandang rendah dan masih kalah bersaing dengan EXO, BTS dan bahkan
kalah bersaing dengan Boygrup Plagiat kalung segitiga terbalik GOT7 yang baru
seumur jagung namun tenar dalam sekejap berkat promosi super gencar yang
dilakukan oleh agensi mereka di dalam negeri. Sungguh sebuah fakta yang
menyedihkan T__T
Tapi syukurlah karena sepertinya di tahun 2018 ini, JYP Entertainment mulai
mengubah strategi promosi mereka dan mulai gencar mempromosikan GOT7 di dalam
negeri (Korea Selatan). Setelah menjadi brand ambassador untuk Perusahaan
Raksasa Shinsegae, kini GOT7 kembali didapuk menjadi brand ambassador untuk
Korea National Fire Department alias Dinas Pemadam Kebakaran Korea Selatan.
“(News) GOT7 terpilih menjadi Brand Ambassador untuk Korea National Fire
Department (Dinas Pemadam Kebakaran Korea Selatan)”
Setelah selama 4 tahun lamanya sejak GOT7 debut, JYP Entertainment tampak
tak serius dalam menangani promosi GOT7 di Korea Selatan dan terlalu fokus pada
promosi di luar negeri sehingga mengakibatkan mayoritas publik Korea Selatan “tak
mengenal” siapa itu GOT7 dan selalu menganggap GOT7 sebagai “Boygrup Nugu” alias “Siapa itu GOT7??” serta selalu
memandang remeh grup yang dipimpin oleh Leader JB ini.
Kurangnya promosi di Korea Selatan berakibat pada susahnya GOT7 mendapatkan
tropi kemenangan dalam setiap comeback mereka, juga berimbas pada susahnya
mereka meraih penghargaan Daesang. Apa hubungannya promosi yang kurang gencar
di Korea Selatan sama tropi kemenangan?
Jelas sangat berhubungan, karena HANYA FANS KOREA SELATAN yang bisa
membantu sepenuhnya seorang idola untuk mendapatkan sebuah tropi kemenangan.
HANYA FANS KOREA SELATAN yang memiliki akses penuh serta kemudahan untuk
melakukan voting (baik SMS atau melalui web), membeli album original yang
penjualaannya dicatat secara resmi, streaming melalui Melon, Soribada dan
berbagai situs online lainnya yang berpengaruh pada hasil penjualan Digital
Album dll.
Fans Internasional tentu tidak akan bisa membantu banyak mengingat susahnya
akses untuk voting (SMS mahal dan melalui web pun banyak yang ogah), Streaming
berbayar (banyak fans internasional khususnya fans indonesia yang masih usia
remaja dan tidak bisa mencari uang sendiri jadi pasti ogah yang ada embel-embel
bayarnya) serta kendala bahasa menjadi hambatan bagi Fans Internasional bila
ingin mendukung sang idola. Itulah sebabnya, dukungan FANS KOREA SELATAN
SANGATLAH PENTING untuk kesuksesan seorang idola, yang mana inilah yang TIDAK
atau BELUM DIMILIKI OLEH GOT7 mengingat JYP Entertainment terlalu fokus dengan
promosi di luar negeri.
Tapi syukurlah karena sepertinya di tahun 2018 ini, JYP Entertainment mulai
mengubah strategi promosi mereka dan mulai gencar mempromosikan GOT7 di dalam
negeri (Korea Selatan). Setelah menjadi brand ambassador untuk Perusahaan
Raksasa Shinsegae, kini GOT7 kembali didapuk menjadi brand ambassador untuk
Korea National Fire Department alias Dinas Pemadam Kebakaran Korea Selatan.
Sepertinya tahun ini, JYP Entertainment mulai gencar mempromosikan GOT7 dan
tak lagi menganak tirikan mereka (selama ini yang dianakemaskan oleh JYP hanya
Twice, Twice dan Twice semata 0__0). GOT7 tak hanya didapuk sebagai duta
promosi oleh Raksasa Chaebol Korea yaitu Shinsegae, dan tak hanya mulai eksis
tampil berbagai acara reality show di Korea Selatan, baru-baru ini, Boygrup
bentukan JYP Entertainment yang dipimpin oleh Leader JB ini juga didapuk
menjadi Brand Ambassador untuk Korea National Fire Department atau nama
gampangnya menjadi Brand Ambassador untuk Dinas Pemadam Kebakaran Korea Selatan.
Menjadi duta Pemadam Kebakaran Korea Selatan akan membuat image GOT7
meningkat, mengingat regu Pemadam Kebakaran adalah pahlawan tanpa tanda jasa
(selain guru) yang rela bertaruh nyawa untuk menyelamatkan para korban yang
terjebak dalam kobaran api dalam sebuah insiden kebakaran. Pemadam Kebakaran
adalah sebuah profesi yang menuntut pengorbanan tinggi, keberanian mental, loyalitas
dan juga kerelaan menolong sesama. Jadi bisa dikatakan, Tim Pemadam Kebakaran
adalah pahlawan di era sekarang (selain guru tentunya). Jika tidak ada tim
Pemadam Kebakaran, siapa yang akan menyelamatkan kalian andaikan kalian
terjebak di tengah kobaran api?
Walaupun bukan para member GOT7 sendiri yang akan turun tangan
menyelamatkan para korban kebakaran yang terjebak dalam api, namun menjadi
brand ambassador adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Karena itu berarti, GOT7
dianggap memiliki image seorang Pahlawan yang memiliki keberanian, loyalitas
dan juga kerelaan menolong sesama.
Selamat untuk GOT7. Semoga setelah ini, publik Korea Selatan akan lebih
mengenal kalian dan tak lagi memandang kalian dengan sebelah mata.
Let’s fly high... Let’s green shine ^_^
Source : Berbagai sumber
Written by : Liliana Tan
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH
FULL CREDITS !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar