Sabtu, 01 September 2012

Legenda 12 Rasi Bintang

     Sama sekali tidak berhubungan dengan SS501, tujuan awal blog ini di buat tapi Gue selaku Penulis hanya ingin berbagi sedikit Pengetahuan tentang Astronomi yang memang salah satu kegemaran gue..
12 Rasi Bintang.. Semua orang pasti sudah mengetahui dengan jelas tentang ke 12 Rasi Bintang ini, tapi banyak diantara mereka yang tidak tau tentang asal usul atau Mitos yang melekat pada ke 12 Rasi Bintang tersebut kan ? So Penulis ingin membahasnya kali ini.. Hope You Enjoy My Story ....

12 RASI BINTANG

ARIES

Asalnya dari domba berbulu emas yg dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus & Helle yg hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas, atas hasutan ibu tiri mereka, Ino.
Domba tsb. membawa Phrixus & Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus. But dalam perjalanan Helle jatuh ke laut & tenggelam ke laut yg sejak saat itu dinamai Hellespont (Greek: pontus = sea).
Sesampainya di Colchis Phrixus diterima oleh King Aetes & dinikahkan dengan putri sulungnya. Sebagai tanda terima kasih kepada para dewa/dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut & memberikan bulu emasnya kepada mertokunya.

 

TAURUS

Banteng jelmaan Jupiter aka Zeus saat menculik Princess Europa, putri King Agenor of Sidon & Queen Telephassa.
Princess Europa, beberapa hari sebelum diculik, bermimpi 2 org wanita, East & West, bertengkar memperebutkan dirinya, yang diakhiri dengan kemenangan West, itu berarti dia harus meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke barat. Tapi dia menolak.
Akhirnya Jupiter sendiri menjelma menjadi banteng jinak di antara ternak peliharaan Ayah Princess Europa.
Princess Europa terpikat oleh banteng tersebut & duduk di atas punggungnya. Tak disangka banteng tersebut dan kemudian melarikan Princess Europa menyeberangi lautan hingga ke Crete & sejak saat itu daerah barat di sekitarnya menyandang namanya.
Sesampainya di Crete, Jupiter menampakkan wujud aslinya sebelum menikahi Princess Europa dalam wujud Rajawali Emas.
3 putra dilahirkan dari perkawinan mereka : Minos, Rhadamanthys, & Sarpedon.

 

GEMINI

Jupiter yg terpikat oleh kejelitaan Queen Leda of Sparta mendatanginya dalam wujud Angsa Putih, padahal Queen Leda of Sparta sudah bersuamikan King Tyndareus.
Dari hasil hubungan mereka Queen Leda of Sparta melahirkan 2 butir telur. Dari 2 butir telur tersebut,  menetaslah 4 bayi : Clytaemnestra, Castor, Pollux, & Helen.
Clytaemnestra & Castor adalah putri & putra dari King Tyndareus, karena itu mereka mortal, sedangkan Pollux & Helen adalah benih dari Jupiter karena itu mereka immortal.
Setelah dewasa Castor & Pollux menjadi 2 saudara yang saling menyayangi & tak terpisahkan. Mereka juga pendekar-pendekar yang gagah berani, mereka ikut dalam expedition mencari bulu domba emas di Colchis bersama para Argonauts yang laennya & membuktikan merekalah yg terbaik dalam boxing.

King Leucippus menjanjikan ke-2 putrinya untuk menjadi istri mereka namun kemudian malah menikahkan mereka kepada putra-putra King Messenia : Idas & Lynceus.
Akibatnya terjadi pertempuran di antara mereka.
Dalam pertempuran itu Castor tewas oleh Idas yg kemudian dibinasakan oleh petir Jupiter, sementara Pollux menewaskan Lynceus.
Pollux begitu berduka ditinggal oleh Castor sehingga memohon kepada Jupiter mencabut his immortality agar dapat menyusul Castor ke Hades. Jupiter yg terharu menyaksikan cinta Pollux pada saudaranya kemudian mengangkat mereka berdua menjadi rasi bintang Gemini di angkasa.

 

CANCER

Kepiting raksasa yg dikirim oleh Juno aka HERA untuk membantu Hydra membunuh Hercules yang sedang melaksanakan tugas keduanya dari King Eurystheus of Mycaena, yaitu memusnahkan Hydra, monster beracun berkepala 9 (or 10???) dari rawa-rawa Lerna.

Ketika Hercules sedang bersusah payah memerangi Hydra tiba-tiba dirasakannya ada sesutu benda tajam mencapit kakinya, ternyata seekor kepiting raksasa. Dengan gusar dihancurkannya tubuh kepiting tersebut.
Juno merasa kecewa karena tujuannya membunuh Hercules tak terlaksana namun menghargai kesetiaan kepiting tersebut, sehingga kemudian mengangkat tubuhnya ke angkasa & menjadikannya rasi bintang Cancer.

 

LEO

Jelmaan dari the Nemean Lion yg dibunuh Hercules.
Juno dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga membunuh ke-3 putranya dari Princess Megara of  Thebes.
Untuk menebus kesalahannya Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaenea serta menunaikan 12 tugas berat. Tugas I yg harus ditunaikan adalah membunuh the Nemean Lion yg telah menerror penduduk Nemea selama bertahun-tahun.

The Nemean Lion memiliki kulit yang kebal senjata sehingga Hercules kesulitan menghadapinya, namun akhirnya ketika sang singa lelah, Hercules berhasil mencekik lehernya sampai mati. Setelah itu dengan menggunakan cakar sang Singa sendiri Hercules menguliti sang Singa & mengenakan kulitnya sebagai busana pelindung yang membuat Hercules sulit dilukai senjata apapun.

 

VIRGO & LIBRA

Jelmaan Astrea, Dewi Kesucian, Putri Jupiter dengan Justitia, Dewi Keadilan.
Konon ketika dunia belum mengenal dosa hubungan manusia dengan dewa / dewi sangatlah harmonis. Mereka hidup di antara manusia di bumi. Sayang sekali hubungan ini kemudian rusak oleh dosa sehingga dewa / dewi tidak lagi berkenan tinggal di antara manusia & mereka meninggalkan bumi untuk tinggal di langit.

Astrealah yang terakhir meninggalkan bumi untuk tinggal di langit di antara bintang-bintang, menjadi rasi bintang Virgo, sang Perawan, karena Astrea bersumpah untuk tetap tinggal perawan sebagaimana keinginan ibunya sebelum dipersunting Jupiter.
Ada juga yg mengatakan bahwa rasi bintang Virgo adalah jelmaan dari Justitia sendiri & bukan Astrea, karena itu dalam urutan berikutnya terdapat rasi bintang Libra yang adalah penjelmaan dari timbangan yang dibawa oleh Justitia sebagai Dewi Keadilan

 

SCORPIO

Orion adalah Seorang Pemburu bangsa Boeotia yang tampan & perkasa. Ketika menjalin cinta dengan Aurora, Dewi Fajar, Orion pernah sesumbar akan memusnahkan semua hewan buas di muka bumi dan mempersembahkannya bagi Aurora.
Apollo yang mendengar hal tersebut, kemudian mengirim seekor kalajengking raksasa untuk membunuh Orion. Aurora memohon bantuan Diana, Dewi Perburuan, agar menyelamatkan Orion.

Diana yang menyayangi Orion sebagai sesama pemburu bersedia menyelamatkan Orion. Pada saat Orion sedang dikejar-kejar oleh kalajengking raksasa tersebut, Diana bersiap-siap membidikkan panahnya untuk membunuh kalajengking tersebut. Tiba-tiba Apollo muncul & mengaburkan pandangan Diana sehingga anak panahnya meleset, justru mengenai Orion yang tewas seketika.

Diana menjadi berduka karena tak dapat menepati janjinya pada Aurora kemudian menempatkan Orion di angkasa sebagai rasi bintang Orion, sedangkan kalajengking rakasasa tersebut oleh Apollo juga ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Scorpio dalam posisi sedang memburu Orion.

 

SAGITARIUS

Cheiron adalah Centaurus, makhluk yang bertubuh bagian atas berupa manusia, namun bertubuh bagian bawah berupa kuda, putra Saturn dari Phylira, Seorang Oceanid.
Tidak seperti Centaurus yang pada umumnya bersifat liar & buas, Cheiron memiliki kebijaksanaan & kemampuan yang tinggi dalam berbagai bidang sehingga banyak Pahlawan yg memperoleh keahlian mereka karena didikan Cheiron, di antaranya adalah : Jason, Hercules, & Achilles.

Suatu hari Hercules mengunjungi Cheiron di guanya. Karena suatu kesalahpahaman akhirnya terjadilah pertempuran antara Hercules dengan para Centaurus. Meskipun Cheiron sendiri tidak terlibat dalam pertempuran tersebut. Namun salah 1 anak panah beracun Hercules menembus tubuhnya & menimbulkan luka yang tak tersembuhkan.

Celakanya Cheiron sendiri immortal karena berayahkan Seorang immortal sehingga penderitaannya tidak pernah akan berakhir. Akhirnya dia memohon kepada Jupiter agar mencabut hak Immortalnya. Jupiter tidak bersedia mencabut hak immortalnya melainkan menjadikannya rasi bintang Sagittarius.

 

CAPRICORNUS

Saturnus merajai alam setelah menumbangkan kekuasaan ayahnya sendiri, Caelus. Dia mengawini salah seorang saudarinya sendiri, Cybele. Dari perkawinan ini lahirlah 5 orang anak, yaitu Vesta, Juno, Ceres, Neptunus, dan Pluto. Namun teringat akan kutukan ayahnya, Saturnus menelan semua anaknya begitu mereka dilahirkan untuk menghindari bencana bagi dirinya.

Pada saat kehamilannya yg ke-6 Cybele yang berduka oleh ulah Saturnus terhadap anak-anak mereka sendiri kemudian pergi ke lereng Gunung Dicte di Crete untuk melahirkan bayinya agar selamat dari incaran suaminya. Sekembalinya ke istana Saturnus, Cybele berpura-pura mengerang sakit hendak melahirkan. Setelah persalinannya selesai dia menyerahkan bungkusan bayinya kepada Saturnus untuk ditelan. Tanpa memeriksa lagi Saturnus menelan bungkusan yang diberikan oleh istrinya tersebut, yang ternyata berisi sebongkah batu.

Putra keenam Saturn dan Cybele yg selamat dari kebuasan ayahnya diasuh oleh para peri di hutan lereng Gunung Dicte, terutama Melia & Adrastea. Mereka menamai bayi itu Jupiter. Para makhluk menyayangi dewa kecil tersebut, seolah mereka tahu bahwa kelak Jupiterlah yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman sang tiran Saturnus. Seekor kambing betina, Amalthea, setiap hari memberikan air susunya kepada Jupiter dengan kasih sayang seorg ibu, kelak setelah Jupiter berkuasa Amalthea ditempatkan di angkasa di antara para bintang menjadi rasi bintang Capricorn.

Ada juga versi yg mengatakan bahwa rasi bintang Capricorn adalah penjelmaan dari Aegipan, putra Jupiter dari Aix, seekor kambing betina, yang berwujud kambing.
Ketika monster Typhoon menyerang Olympus & memotong urat-urat Jupiter, para dewa / dewi melarikan diri & menjelma menjadi hewan-hewan untuk menyelamatkan diri. Aegipan sendiri meski sudah berwujud sebagai hewan menjelma menjadi ikan, oleh karena itu rasi bintang Capricorn kerap kali dilukiskan sebagai kambing berekor ikan.

Kemudian Mercury bersama Aegipanlah yang berhasil mencuri urat-urat Jupiter dari Typhoon & mengembalikannya kepada ayah mereka yang kemudian mengalahkan Typhoon. Sebagai tanda terima kasihnya Jupiter mengabadikan putranya sebagai rasi bintang Capricorn.

 

AQUARIUS

Penjelmaan Catamite alias Ganymede, putra King Tros dari Troy dengan Callirhoe.
Konon Catamite memiliki perawakan & wajah yang sangat rupawan sehingga Jupiter jatuh hati padanya sehingga mengutus rajawali emasnya, Aquila untuk menculik Catamite & membawanya ke Olympus saat menggembalakan ternak ayahnya di lereng Gunung Ida untuk dijadikan pembawa cawan pribadi & kekasih Jupiter.

Sebagai gantinya Jupiter menganugerahkan kuda-kuda perkasa & pohon batu mulia kepada King Tros
Ketika Juno memperlihatkan rasa cemburu & ketidaksukaannya kepada Catamite, Jupiter justru menjadikannya rasi bintang Aquarius. Jupiter juga menjadikan Aquila rasi bintang & menempatkannya di dekat rasi bintang Aquarius untuk menjaga Catamite & untuk mengenang peristiwa penculikannya.
Konon bangsa Mesir kunolah yang menamai rasi bintang ini sedemikian sebab kemunculannya di langit menandai tibanya saat Sungai Nil meluap membanjiri pesisirnya & membawa lumpur hitam yang menyuburkan tanah Mesir.

 

PISCES

Penjelmaan Venus & putranya, Cupid saat monster Typhoon menyerang Olympus & memotong urat-urat Jupiter.
Mereka berdua menjelma menjadi sepasang ikan & untuk menjaga agar mereka tidak sampai terpisah mereka mengikat ekor mereka berdua menjadi satu saat berenang di lautan bintang di Via Galactea alias Galaksi Bima Sakti.


Ada 4 elemen yang diwakili oleh 12 zodiak bintang, yaitu :
Elemen api diwakili oleh zodiak Aries, Leo ama Sagitarius.
Elemen tanah
diwakili oleh zodiak Taurus, Virgo ama Capricorn.
Elemen angin
diwakili oleh zodiak Gemini, Libra dan Aquarius.
Elemen air
diwakili oleh zodiak Cancer, Scorpio ama Pisces.

Selain itu, 12 rasi bintang juga mewakili planet-planet di Galaksi Bimasakti ini, yaitu :
Aries is ruled by Mars
Taurus is ruled by Venus
Gemini is ruled by Mercury
Cancer is ruled by the Moon
Leo is ruled by the Sun
Virgo is ruled by Mercury
Libra is ruled by Venus
Scorpio is ruled by Pluto*
Sagittarius is ruled by Jupiter
Capricorn is ruled by Saturnus
Aquarius is ruled by Uranus*
Pisces is ruled by Neptune*

sumbernya!!!


6 komentar:

  1. ahh
    eonnie daebakk.. :D

    Tauu gq nii siapa ??
    nii jessica ,, aq pakaii punya oppa q :)) kekeke

    BalasHapus
  2. @Jessica : Jessica yg mana ya ?? Patricia Jessica or Jung Hae Jin Saranghaeryeowook ??
    hehe,, eon msh newbie kok.. msh amatir, jadi malu *smbunyi d blkg hyunppa*
    tp Gomawo smngatnya saeng ^^
    Btw, ni JESSICA Yg mana ??

    BalasHapus
  3. jung hae jin eonnie ..
    aisshh eon gq tw krh nii pkai email oppa q..
    *ditabokOppa

    cheonmaneyo eonnie ..
    jadii banyak pngetahuan eonn :))

    BalasHapus
  4. @Jessica : hehehe,, MIANHE saeng.. kn yg namanya Jessica bnyk bgt *ngeles*
    yup, cheonmaneyo saeng... seneng bs berbagi info .. bintangmu apa ??

    BalasHapus
  5. hahaha.. jadi malu eon.. betul namaku pasaran. sekarang yang bales patricia jesica nih eon *tunjuk diri sendiri* wakaka...
    zodiak ku taurus.. astaga ternyata zodiakku berada di balik kisah terbentuknya benua eropa! *tepuk tangan kagum* hihihii... jadi taurus sebenarnya zeus yang menyamar.. anaknya banyak juga ya.. kekekkee

    sedih juga ya baca yang gemini sama yang scorpio... o(╥﹏╥)o

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads