Sabtu, 01 September 2012

POLARIS, Sang Bintang Harapan

    Once Again, I Want to Talk About Astronomi.. kali ini tentang Bintang Favoritku - POLARIS. Bintang yang bersinar sangat terang di Langit Utara.

    Bintang yang cantik di Langit Utara ini melambangkan keinginan dan harapan yang kuat untuk mencapai sesuatu. So, saat kalian merasa sedang sedih atau down, pandanglah Bintang ini , mungkin dengan begitu kalian akan menemukan kekuatan dan harapan untuk bangkit kembali.


Polaris, Sang Bintang Utara.
    Polaris (α UMi / α Ursae Minoris / Alpha Ursae Minoris, kadang disebut juga sebagai Bintang Utara atau Bintang Kutub) adalah bintang yang paling terang di rasi Ursa Minor. Ditemukan pertama kali oleh William Herschel pada tahun 1780, Polaris terletak sangat dekat dengan kutub langit utara, (hanya berjarak 42 & prime pada tahun 2006). Itulah alasannya kenapa POLARIS sering juga di sebut sebagai Bintang Utara.
     Polaris berjarak kira-kira 430 tahun cahaya dari Bumi, dan sebenarnya merupakan sistem multi bintang.

    Hal yang luar biasa dan menarik dari bintang ini adalah, Polaris tidak pernah berpindah dari tempatnya. Bumi berputar pada porosnya setiap 24 jam, sehingga bintang-bintang terlihat bergerak mengelilingi bumi. Sedangkan Polaris terlihat berada tetap diam di tempatnya karena letaknya tepat di titik sumbu bumi, hampir persis di kutub utara langit, pusat spin. Karena itu, di India Polaris disebut dengan Dhruva yang melambangkan keinginan dan harapan yang kuat.

    Karena posisinya di langit Utara yang tidak pernah berpindah tempat, Polaris sejak dulu digunakan untuk menentukan arah utara oleh para pelaut, Polaris juga digunakan untuk menentukan garis lintang. Para astronom biasa menggunakan Polaris untuk dijadikan petunjuk menentukan letak bintang-bintang yang lain.
    Untuk menemukan Polaris , kita haris terlebih dahulu menemukan Big Dipper, kelompok tujuh bintang yang berbentuk seperti timba atau gayung di langit, tapi ada juga yang melihatnya sebagai wujud dari seekor Beruang . 
    Itu sebabnya Rasi Bintang ini lebih dikenal sebagai RASI BINTANG BIDUK / GREAT BEAR / RASI BERUANG BESAR aka URSA MAYOR, yang menunjukkan arah Utara. Karena terdiri dari 7 bintang, rasi ini juga dikenal sebagai Konstelasi Bintang Tujuh yang terlihat sepanjang tahun di Langit Utara.
   Sedang, Polaris terletak dalam susunan Rasi Bintang Ursa Minor alias Beruang Kecil, sebagai Bintang yang bersinar terang pada ujung ekornya. 

                                                                     " POLARIS, Sang Bintang Utara "


8 komentar:

  1. polaris ??
    jadi ingeett ff eonnie..
    hehehehe :D


    jessica

    BalasHapus
  2. @Jessica : emk ni sumber inspirasiku saeng hehehe,, uda liat gmbrnya ?? Yg bersinar PALING TERANG itu POLARIS hehe,, *tnjuk2 gmbr*
    klo Bumi kita yg bulet agak besar itu, di ujung.. terang kn POLARISnya ?? yg lain kliatan kecil kn ??

    _ Gomawo for Visited _

    BalasHapus
  3. Eonn....gara2 eonn sering ngebahas POLARIS jadi nambah pengetahuan q tentang astronmi...

    Gomawo ya eonn karena POLARIS ini memberi banyak inspirasi bagi reader

    BalasHapus
  4. @Susi Lestari : hahaha,, cheonmaneyo saeng.. Yup, POLARIS BINTANG YG INDAH,,Dia juga sumber inspirasiku xixixi... Polaris kn melambangkan harapan & keinginan toh ?? makanya eon suka bgt,,

    BalasHapus
  5. Rasi bintang Biduk. . jd inget QUEEN SEON DEOK Jie. . kn wkt deok Man lahir ad ramalan Munno eank blg "Saat bintang ke 6 dr Rasi bintang Biduk Pecah menjadi 2, maka akn lahir seseorang iiank mampu mngalahkan Mishil ". .
    brarti rasi Bintang iiank dliad MUnno adlh rasi Bintang Utara donk. . jgn2 iiank dliad Munno tuwh si POLARIS. . kn BINTANG UTARA he9 . .
    _ V-lie _

    BalasHapus
  6. @Veli : bnr juga, jgn2 yg dliat Munno tuh si POLARIS tuh,, kn Bintang Biduk tu Bintang Utara,,, pinter loe vel hehehe,,

    BalasHapus
  7. jd ini y eon polaris..sgt indah..Bintang yg menjd inspirasi..khamsahamnida liana eon,yg tadi'a tdk tw jd tw apa it polaris.. :)

    ~Rani Vandah tea~

    BalasHapus
  8. @Rani Vandah Tea : YUp, ini POLARIS, Sang Bintang HARAPAN FAVORITKU hehehe,, Gomawo for visited saeng ^.^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads