Rabu, 19 September 2012

VEGA, Bintang Paling Terang Kedua di Langit Utara

By : LIANA HUI

       Still With North Star.. Langit Utara memang banyak di penuhi Bintang-bintang yang bersinar dengan sangat terang dan indah. Awalnya aku hanya mengenal POLARIS, BINTANG UTARA YANG MELAMBANGKAN HARAPAN, tapi seiring dengan waktu, aku akhirnya tau bahwa Di langit utara ada banyak bintang lain yang bersinar tidak kalah terangnya di banding dengan Polaris, bahkan bisa dibilang Bintang-bintang itu bersinar melebihi Polaris.

      POLARIS sendiri ternyata hanyalah BINTANG YANG PALING TERANG KE 5 DI LANGIT UTARA.. Ada 4 bintang lain yang bersinar sangat terang melebihi Polaris yaitu ARCTURUS, VEGA, ANDROMEDA, CAPELLA dan yang terakhir baru lah POLARIS itu sendiri.

    Masih tetap menjelajahi Langit Utara, kali ini Penulis ingin membawa pembaca sekalian melihat Bintang Yang Paling Terang Kedua Di Langit Utara, yaitu VEGA.






                                                   VEGA STAR, BINTANG YANG PALING TERANG KEDUA DI LANGIT UTARA


    Bintang VEGA adalah bintang paling terang di RASI LYRA. Bintang ini berjarak sekitar 25,3 tahun cahaya dari bumi dan merupakan bintang palin terang kelima di langit malam, serta bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah bintang Arcturus. 

    Vega memiliki kelas spektrum A0V, dengan demikian ia merupakan bintang deret utama yang sedang melangsungkan pembakaran hidrogen menjadi helium di intinya. Sebagai bintang kelas A0V, Vega hanya akan bersinar sekitar satu miliar tahun saja, yaitu seper 10 dari Matahari. Umur bintang Vega saat ini diperkirakan berkisar antara 200 sampai 500 juta tahun. 

    Bintang Vega memiliki struktur dua kali lebih padat dan memancarkan energi 50 kali lebih banyak daripada Matahari. Vega juga merupakan bintang yang berotasi sangat cepat, dan karena efek presesi pada rotasi Bumi, pada sekitar 14.000 tahun lagi diperkirakan bintang Vega akan menjadi sebuah Bintang Utara.
NB : POLARIS gua bakal kalah donk hiks T.T *apa dah ckckck,,*

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.