Sabtu, 19 April 2014

Top 15 Drama Korea Terbaik Tahun 2013 (Bagian 1)

Still with Good Doctor.. Dokter autis Park Shi On sepertinya memang sukses menyihir setiap orang untuk jatuh cinta pada karakternya. Great Job, Joo Won !! Aku sama sekali tidak meragukan kemampuan aktingmu. Walau bukan karena Park Shi On-lah aku menyukaimu, tapi harus diakui aktingmu yang sempurna memang pantas diacungi jempol. Andai saja Ojakgyo Brothers bukan weekend drama yang selalu dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang karena episodenya yang panjang, pasti Ojakgyo Brothers juga berada dalam list Drama Korea Terpopuler tahun 2011 lalu.. Well, toh ini juga hanya sebatas penilaian penulis kan ?? Bagiku, Ojakgyo Brothers TETAP yang TERBAIK sampai kapanpun, karena berkat Hwang Tae Hee-lah, aku mengenal Joo Won.


"Top 15 Drama Korea Terbaik Tahun 2013 (Bagian 1)"


 
 
 
SAMA seperti tahun sebelumnya, tahun ini kami kembali membuat rangkuman Top 15 Drama Korea Terbaik Tahun 2013. Top 15 versi kami ini dibuat dalam rangka memberikan referensi yang memadai untuk pembaca semua dalam menentukan drama Korea mana yang layak untuk dijadikan sebagai koleksi atau pun sekedar untuk menjadi pembanding saja.

Banyak genre yang masuk dalam list kami ini. Ada yang bergenre kolosal, drama, fantasi hingga komedi romantis. Anda boleh saja setuju ataupun punya pendapat lain, drama mana yang cocok masuk dalam daftar ini. 
 
Pemilihan ke-15 daftar ini dinilai dari beberapa aspek, mulai dari akting para pemain hingga cerita yang disajikan. Kami tidak berpatok pada rating, karena tidak semua yang berating rendah itu, kualitasnya tidak bagus. Berikut ini dafar lengkap top 15 drama Korea terbaik 2013 :
 
 
15. Marry Him If You Dare (KBS2)




Bagaimana jika dirimu di masa sekarang didatangi oleh seseorang yang lebih tua darimu dan mengaku jika ia adalah dirimu di masa depan? Yah itulah premis cerita yang ditawarkan dari drama Korea komedi romantis bertajuk Marry Him If You Dare ini.
 
Na Mi Rae (Yoon Eun Hye) adalah seorang wanita lajang berusia 32 tahun dan bekerja sebagai customer service di sebuah perusahaan. Walaupun begitu, cita-cita sebenarnya adalah ingin menjadi penulis program TV yang terkenal. Namun apa daya, takdir membawanya ke lain arah. 
 
Suatu hari, Mi Rae didatangi oleh seorang wanita paruh baya berusia 57 tahun yang juga mengaku jika dirinya bernama Na Mi Rae (Choi Myung Gil). Dari penampilannya, Mi Rae tidak percaya jika umurnya sudah begitu tua karena penampilan sang wanita tersebut masih terlihat seperti usia 40-an. Mi Rae awalnya menganggap jika wanita itu gila (selanjutnya penulis akan menyebut Mi Rae di masa depan sebagai Madam Na). 
 
Mi Rae diberitahu supaya menghindari jalur ketiga saat berkendara pulang. Antara ragu dan takut, Mi Rae memutar haluannya dari jalur ketiga ke jalur lain. Secara mengejutkan, mobil yang ada di belakangnya menabrak mobil lain. Mobil tersebut adalah milik Kim Shin (Lee Dong Gun). Mobil Kim Shin menabrak mobil milik Seo Yoo Kyung (Han Chae Ah). Kim Shin sendiri adalah pembawa berita arogan yang sombong dan selalu berpegang pada prinsipnya sendiri. Sedangkan, Yoo Kyung adalah reporter wanita yang lumayan disukai oleh rekan-rekan kerjanya. 
 
Melihat kenyataan yang baru saja terbukti, Mi Rae kaget. Ia semakin terkejut saat menemukan Madam Na sudah berada di rumahnya. Madam Na meyakinkan Mi Rae dengan membeberkan beberapa bukti seperti luka besar yang ada di pundak mereka hingga hal-hal lainnya yang membuat Mi Rae akhirnya tidak dapat menyangkal lagi walau logikanya tidak menerima hal ini. 
 
Madam Na menyampaikan jika Mi Rae akan menikah dan hidup dengan Kim Shin, pria yang hampir menabrak mobilnya tersebut, jika saja ia tidak mengubah jalurnya. Madam Na pun mengatakan jika akan membantu Mi Rae menghindari Kim Shin karena nantinya akan membuat hidup Mi Rae hancur di masa depan. Karir Kim Shin akan hancur sebagai pembawa berita karena kesombongannya dan juga Mi Rae akan menjadi tulang punggung keluarga menghidupi suaminya yang pemalas. Lebih parahnya lagi, seseorang yang Mi Rae sayang akan meninggal jika Mi Rae menikah dengan Kim Shin. 
 
Selain kisah cinta, latar dunia broadcast juga menjadi latar yang menarik untuk penggarapan drama ini. Kejadian-kejadian yang sudah Madam Na ketahui, ia beritahukan pada Kim Shin dan rekan-rekan kerjanya yang bergelut di bidang penyiaran, khususnya berita. Kejadian di rel bawah tanah yang hampir menewaskan Mi Rae karena Madam Na keliru memperkirakan tempat kejadian musibah kebakaran, menjadi bumbu yang semakin seru. 
 
Keinginan Mi Rae yang ingin menjadi penulis naskah untuk program berita terus bertumbuh. Walau ditentang sang kakak, Mi Rae terus membuktikan dirinya mampu melakoni pekerjaan tersebut. Proyek pertamanya adalah program Kotak Pandora yang menyisir berbagai tempat yang memiliki kesan berbeda. Misalkan kisah sebuah rumah berhantu hingga rumah kecil penuh kehangatan. 
 
Kembali ke kisah cinta dalam drama ini, Mi Rae ragu menentukan keputusannya. Akankah ia akan memilih Se Joo yang nyata-nyata adalah masa depan yang cemerlang untuknya atau ia akan mengikuti hatinya untuk tetap bersama Kim Shin yang akan membuatnya menderita di masa depan karena ego Kim Shin yang tinggi? Lantas bagaimana pula Madam Na bertanggungjawab atas perbuatannya mengacaukan takdir? Akankah ia kembali ke masa depan (zaman di mana ia harusnya berada).


14. The Suspicious Housekeeper (SBS)



 
Apa yang Anda rasakan jika mendapat pembantu misterius yang tak pernah tersenyum? Takut atau penasaran? Itulah yang dialami oleh keluarga Eun. Setelah ditinggal mati oleh ibu mereka, hidup Eun Han Gyul (Kim So Hyun), Eun Doo Gyul (Chae Sang Woo), Eun Se Gyul (Nam Da Reum), dan Eun Hye Gyul (Kang Ji Woo) menjadi tak karuan. Berbagai tugas yang biasa dilakukan sang ibu mendadak terlantar. Tanpa mereka tahu jika penyebab kematian ibu mereka adalah disebabkan oleh ayahnya sendiri, Eun Sang Chul (Lee Sung Jae). Mengetahui perselingkuhan sang suami dengan rekan kerjanya membuat Woo Sun Young (Kim Hee Jung) menjadi frustasi, sehingga tanpa pikir panjang, ia memutuskan bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di sebuah sungai. 
 
Konflik kemudian mulai bergulir, saat keadaan rumah keluarga Eun menjadi berantakan karena tidak ada yang mengurusi segala keperluan anak-anak maupun sang kepala rumah tangga. Sebagai alternatif utamanya, Sang Gyul pun memperkerjakan seorang pembantu rumah tangga. 
 
Sang pembantu bernama Park Bok Nyeo (Choi Ji Woo). Bok Nyeo sama sekali dingin dan tidak bersahabat. Ekspresinya datar dan tidak mau terlibat percakapan di luar pekerjaannya. Bok Nyeo bisa diminta melakukan apapun, termasuk membunuh seseorang. Walau begitu, pekerjaannya sangat terampil. Keahliannya dalam mengatur rumah Keluarga Eun tidak diragukan lagi. Bahkan masakannya sekelas hotel bintang lima. 
 
Melihat gelagat mencurigakan dari sang pembantu, Doo Gyul merasa ada yang aneh dengan pembantu barunya tersebut. Oleh karena itu juga, ia tidak menyukai sang pembantu dan kerap memata-matai kelakuan pembantunya itu. Bahkan, Doo Gyul pernah dengan isengnya meminta Bok Nyeo untuk melakukan hubungan intim dengannya, karena mengira jika Bok Nyeo tidak akan mematuhinya. Tapi semua berubah saat Bok Nyeo mulai mendekatinya, sehingga membuat Doo Gyul kaget bukan kepalang dan akhirnya malah terjatuh dan melarikan diri. 
 
Suatu saat, Han Gyul yang merupakan anak tertua mendengar percakapan Bok Nyeo dengan ayahnya. Akhirnya ia mengetahui jika kematian ibunya diakibatkan oleh ayahnya yang berselingkuh dengan wanita lain saat mereka sedang tinggal di Filipina. Han Gyul sangat marah pada ayahnya, dan akhirnya meminta Bok Nyeo untuk mengumbar perselingkuhan ayahnya dengan Yoon Song Hwa (Wang Ji Hye). Tanpa ragu Bok Nyeo datang ke kantor Sang Gyul dan menyebarkan selebaran yang mengatakan jika Sang Gyul telah berselingkuh dengan Song Hwa dan oleh karenanya istrinya bunuh diri ke sungai sata mengetahui hal itu. Song Hwa sangat malu dan merasa marah dengan Bok Nyeo namun segera melarikan diri karena dicemooh orang. 
 
Tidak lama, semua anggota keluarga Sang Gyul mengetahui hal ini, termasuk anak-anaknya, saudari iparnya hingga mertua laki-lakinya yang sedari awal memang menentang hubungan Sang Gyul dengan putrinya. Namun karena putrinya telah mengandung Han Gyul saat itu, mau tidak mau, akhirnya putrinya dan Sang Gyul menikah juga. 
 
Ceritanya kemudian mulai berkembang saat Sang Gyul meninggalkan rumahnya dan karirnya pun ikut meredup. Melihat ini, sang bungsu amat ingin menyatukan ayahnya lagi dengan kakak-kakaknya. Ia pun meminta bantuan Bok Nyeo untuk melakukan hal itu dengan cara Hye Gyul pura-pura diculik oleh Bok Nyeo. Dan sebagai syaratnya, kakak-kakaknya dan juga ayahnya harus datang bersama-sama mencarinya. Nyawa Hye Gyul nyaris saja berakhir, sata ia jatuh dari ketinggian untuk mengambil kotak batu keluarganya. Untungnya ada Bok Nyeo yang sigap menyelamatkannya. 
 
Saat kehadiran Bok Nyeo mulai membuat nyaman penghuni rumah, di waktu itulah Bok Nyeo malah pergi. Ia mengungkapkan masa lalunya Setelah itu, ia pun berhenti bekerja dari keluarga ini dan malah bekerja untuk seorang lelaki misterius. Lelaki ini mempunyai kaitan dengan masa lalu kelam Bok Nyeo yang menyebabkan keadaannya seperti sekarang ini. 
 
Lantas apa yang menyebabkan Bok Nyeo menjadi dingin dan tidak berperasaan? Dan bagaimana usaha Bok Nyeo untuk mengungkap identitas majikan barunya ini?
 

13. Good Doctor (KBS2)
 

 
Drama yang satu ini mengambil tema dunia medis menjadi latarnya. Temanya lumayan unik dengan mengambil tokoh sentral seorang pria yang menderita savant sydrome. Kondisi ini menggambarkan seseorang yang mempunyai keterbelakangan mental atau autis. Walaupun begitu, ia memiliki kemampuan di atas rata-rata orang normal. Park Shi On (Joo Won) mempunyai daya ingat tinggi. 
 
Sejak masih kecil, Shi On sudah dikucilkan oleh lingkugan sekitarnya. Bahkan ayahnya sendiri memperlakukannya dengan kasar. Hanya sang kakaklah yang selalu ada dan menyanyangi Shi On. Namun kakaknya justru meninggal dalam sebuah kecelakaan konstruksi. Sejak itu, Shi On diasuh oleh seorang dokter yang menyelamatkannya. Dan sejak itu pula, Shi On bercita-cita untuk menjadi dokter bedah. 
 
Saat dewasa, ia pun mengikuti ujian masuk kedokteran di sebuah universitas. Dengan memorinya yang cemerlang serta kemampuan memahami struktur tubuh manusia yang luar biasa, Shi On lulus dalam ujian itu. Namun karena kondisinya, kelulusannya pun dibatalkan. Walau begitu, akhirnya ia tetap lulus berkat pengakuan sebuah rumah sakit. 
 
Sementara itu, Cha Yoon Seo (Moon Chae Won) adalah seorang ahli bedah pediatrik. Yoon Seo memilih untuk menjadi dokter setelah  menjadi relawan di bangsal kanker anak-anak di SMA dan masuk sekolah kedokteran terbaik Korea sebagai yang terbaik kedua di kelasnya. Dengan kerja keras dan otaknya yang cemerlang ia menjadi seorang profesor pada usia yang relatif muda. Yoon Seo tidak pernah ragu-ragu untuk berbicara blak-blakkan pada atasannya. Ada juga kisah Kim Do Han (Joo Sang Wook) yang merupakan seorang ahli bedah anak terbaik di Korea. Do Han pribadi yang berhati dingin, percaya diri dan perfeksionis. Kim Do Han akan sering terlibat dengan Park Shi On nantinya dengan berbagai intrik yang ada. 
 
Shi On juga berjuang untuk menjadi dokter yang baik. Ia harus membuktikan kemampuannya sebagai seorang dokter, di mana ia juga harus berjuang mengalahkan sifat anak-anaknya yang masih terus ada dalam dirinya. Menarik juga interaksi Shi On dengan Yoon Seo dalam terlibat jalinan asmara. Anda patut menyaksikan sendiri drama ini. 


12. Flower Boys Next Door
 

 

Kisahnya dibuka dengan menampilkan keseharian Go Dok Mi (Park Shin Hye) yang mengunci dirinya sendiri dari pergaulan di sebuah apartement yang sudah usang. Setiap pagi Go Dok Mi selalu mengintip Han Tae Joon (Kim Jung San) yang tinggal di seberang apartement Dok Mi. Kamar mereka memang saling berhadapan, jadi Dok Mi selalu mengawasi gerak-gerik Tae Joon melalui jendela kamarnya. Dok Mi menyebut Tae Joon adalah cinta pertamanya. Pertama kali Dok Mi bertemu dengan Tae Joon di sebuah taman. Sejak saat itu, Dok Mi diam-diam mengaguminya tanpa sepengetahuan Tae Joon. Awalnya Dok Mi mengira jika ia tidak akan pernah bertemu dnegan Tae Joon lagi, nyatanya takdir memihak padanya yang menempatkan Tae Joon di seberang apartementnya. 
 
Di sisi lain, Oh Jin Rak (Kim Ji Hoon) yang tinggal di sebelah kamar Dok Mi diam-diam menyukai Dok Mi. Namun Jin Rak tidak pernah berani berkomunikasi dengan Dok Mi. Jin Rak hanya bisa menuliskan pesan di kotak susu yang selalu ada di depan pintu Dok Mi setiap paginya. Sementara itu, Enrique Geum (Yoon Shi Yoon) adalah pemuda Korea yang sudah tinggal di Spanyol sejak usia 10 tahun. Ia kembali ke Korea berkaitan dengan pekerjaannya sebagai seorang pembuat games. Enrique mempunyai cinta pertamanya yaitu Yoon Seo Young (Kim Yoon Hye), malangnya, Seo Young malah menyukai kakaknya, Tae Joon. 
 
Kepindahan Enrique di apartement kakaknya membuat hidup Dok Mi mulai berubah. Suatu hari, ketika Dok Mi sedang mengintai apartement Tae Joon, Enrique mendapati Dok Mi yang sedang melakukan pengintaian. Enrique langsung bergegas mendatangi kamar Dok Mi di seberang apartementnya. Enrique yang hanya mengenakan pakaian dalam dibalut dengan jaket panjang awalnya dikira sebagai penjahat seks oleh aparat keamanan. Untungnya salah paham tersebut dapat diselesaikan. Mulai sejak saat inilah, Enrique jadi sering mengganggu hidup Dok Mi. 
 
Mereka semakin dekat saat Enrique memutuskan memilih Go Dok Mi yang berprofesi sebagai editor penyunting buku untuk menyunting buku yang akan diterbitkan Enrique. Bertengkar dengan kakaknya Tae Joon, Enrique pun malah tinggal dengan Dok Mi. Mau tidak mau, dengan terpaksa Dok Mi menerima Enrique sampai proses penulisan bukunya selesai. 
 
Jin Rak yang mengetahui hal ini menjadi terbakar api cemburu. Ia akhirnya mengajak Enrique berbicara empat mata mengenai hal ini. Kemarahan Jin Rak sirna saat Enrique mengatakan akan membantu dirinya mendekati Dok Mi. Jin Rak pun terpaksa dekat dengan Enrique yang berjanji akan membantunya. 
 
Saat akan pergi ke Spanyol kembali, Enrique mulai menyadari perasaannya pada Dok Mi. Ia pun memutuskan untuk tetap tinggal di sisi Dok Mi setelah mengetahui aksi Jin Rak yang memplagiat karyanya, Zombie Soccer dan menjadikan dirinya sebagai tokoh brengsek dalam webtoon yang sedang dikerjakan Jin Rak berjudul Flower Boy Next Door. Webtoon itu persis menceritakan tentang kisah mereka selama ini. Enrique pun memutuskan untuk mendapatkan Dok Mi karena merasa Jin Rak tidak lagi pantas untuk Dok Mi. 
 
Selain Jin Rak, Enrique dan Tae Joon, masih ada Yoo Dong Hoon (Go Kyung Pyo) dan Watanabe Ryu (Mizuta Kouki). Dong Hoon sendiri tinggal dengan Jin Rak dan mempunyai sifat yang berbeda jauh dengan Jin Rak. Dirinya selalu beranggapan dirinya tampan dan akan digilai banyak gadis. Sementara itu, Watanabe Ryu adalah warga Jepang yang melakukan perantauan ke berbagai negara agar dapat belajar kuliner di berbagai negara. 
 
Di sisi lain ada juga karakter Cha Do Hwi (Park Soo Jin) yang tergila-gila dengan Jin Rak. Do Hwi juga merupakan teman SMA dari Dok Mi, namun sebuah kejadian membuat hubungan mereka renggang. Dan karena masalah ini juga, Dok Mi menjadi berubah pendiam dan menarik dirinya dari pergaulan. Bagaimana akhir ceritanya? Apakah Dok Mi akan memilih Jin Rak atau Enrique? Lantas masalah apa yang menjadikan Go Dok Mi menjadi menarik diri dalam pergaulannya?


11. Cruel City



 
Drama ini sebenarnya jauh dari perhatian banyak orang karena tayang di TV kabel dan temanya juga tentang dunia kriminal di Korea. Padahal, drama ini bisa jadi alternatif tontonan yang menghibur jika Anda sudah bosan dengan genre drama Korea yang universal. Dibintangi oleh aktris cantik Nam Gyu Ri (berperan sebagai Shin Ji Hyun di 49 Days). 
 
Karena tayang di TV kabel, drama ini banyak menampilkan adegan kekerasan verbal yang keras dan berdarah-darah. Adegan pukul-pukulan hingga tembak-tembakan sudah menjadi sajian utama drama action ini. Sedangkan untuk bagian romance nya, tidak banyak mendapat porsi di sini. Tapi begitu masuk bagian kiss, adegannya lebih hot dibandingkan dengan kebanyakan drama Korea yang hanya sekedar tempel bibir saja. Yah, ini bonus untuk drama yang tayang di TV kabel, yang bisa secara lebih bebas mengeksplore berbagai adegan yang biasanya dibatasi di TV Nasional. 
 
Jung Shi Hyun (Jung Kyoung Ho) dibesarkan di sebuah panti asuhan, namun akhirnya ia melarikan diri dari sana. Shi Hyun kemudian mencari nafkah dengan bekerja sebagai kurir narkoba, ia pun mendapat julukan sebagai 'anak dokter'. Sekarang Shi Hyun adalah seorang bos dari geng yang cukup disegani. Sementara itu, Ji Hyeong Min (Lee Jae Yoon) adalah kepala bagian dari sebuah unit investigasi khusus. Ia pun akhirnya menyamar menjadi penjahat untuk dapat menyelediki pengedaran narkoba di Korea. 
 
Banyak intrik dan alur cerita yang tak terduga. Siapapun menjadi mungkin untuk berkhianat dalam drama ini. Untuk Anda yang bosan dengan cerita drama Korea yang biasa-biasa saja atau sudah umum. Maka drama ini bisa menjadi pilihan alternatif.
 
 
10. Nine : 9 Times Time Travel



 
Tahun 2012 kemarin, kami menempatkan Rooftop Prince sebagai drama Korea terbaik.
Nine : 9 Travels Time pun mengambil tema serupa. Namun tentunya dengan penggarapan yang sangat jauh berbeda. Awalnya, kehadirannya hanya dianggap sebagai angin lalu belaka karena dibintangi oleh aktor dan aktris yang tidak sepopuler drama lain. Sajian cerita dan twist yang disajikan mampu menarik banyak penggemar untuk terus setia menyaksikannya setiap pekan. 
 
Drama ini berkisah  tentang Park Sun Woo (Lee Jin Wook) yang merupakan seorang anchor yang karirnya berjalan lancar Namun dibalik karirnya yang cemerlang Ia memiliki penyakit tumor otak yang sulit disembuhkan. Ia pun mempunyai sebuah dendam terhadap seseorang yang telah menghancurkan  keluarganya. Sun Woo bertekad untuk membalas dendam kepada Choi Jin Chul (Jung Dong Hwan). 
 
Ibu Sun Woo tinggal di Rumah Sakit Jiwa, keadaan kehidupan Sun Woo pun diperparah dengan kematian kakaknya Park Jung Woo (Jun Noh Min)),  yang meninggal secara misterius. Sun Woo menerima dupa, dari barang-barang yang ditinggalkan oleh Jung Woo. Dengan sisa umur yang singkat, Jung Woo tidak ingin hanya terfokus pada dendamnya, Ia pun berpacaran dengan Joo Min Young (Jo Yoon Hee), gadis yang selama ini mengejar-ngejarnya. 
 
9 dupa yang ia temukan ternyata adalah perantara waktu yang dapat membawanya ke masa lalu. Dengan kesembilan dupa ini, Sun Woo pun kembali ke masa lalu dengan niatan mengubah nasib keluarganya yang menyedihkan di masa sekarang. 
 
Sun Woo ingin memperbaiki masa lalu seperti mencegah kematian sang ayah, dengan demikian, sang ibu tidak akan jatuh sakit dan kakaknya tidak akan menjadi depresi dan lantas meninggal di kawasan Himalaya. Tak ketinggalan, dendam Sun Woo pada Choi Jin Chul (Jung Dong Hwan) yang ia kira telah membunuh ayahnya dengan memakar rumah sakit ayahnya. 
 
Mengubah takdir tentu tidak semudah yang Sun Woo bayangkan. Banyak hal-hal di luar bayangannya justru terjadi. Berhasil menggagalkan kematian ayahnya untuk sesaat, namun kematian ayahnya tidak terhindarkan beberapa jam kemudian. Melalui ini, Sun Woo jadi mengetahui pembunuh ayahnya yang sebenarnya. Orang yang tidak ia sangka tersebut tidak sengaja membunuh ayahnya. Ia juga menemukan fakta jika Jung Woo yang selama ini ia kira sebagai kakak kandungnya ternyata adalah anak kandung Choi Jin Chul.
 
Dari upayanya memperbaiki masa lalu keluarganya, Sun Woo malah membuat Jun Woo menikahi Ibu Min Young. Dengan demikian, status antara ia dan Min Young adalah seperti paman dan keponakan. Ia pun kembali untuk memperbaiki keadaan ini dengan mencegah Jung Woo menikahi Ibu Min Young dan meminta Jung Woo menyerahkan diri ke polisi atas insiden kematian ayahnya tersebut. 
 
Saat semua sudah berjalan dengan lancar, Sun Woo malah terperangkap di tahun 1993. Sun Woo tidak bisa kembali lagi ke tahun 2013, tahun di mana seharusnya ia berada. Bahkan, Sun Woo mendapati dirinya dibunuh oleh Choi Jin Chul. Jin Chul menabrakkan mobilnya ke kotak telefon umum tempat Sun Woo berada. Padahal saat itu, Min Young sedang menunggu kedatangan Sun Woo dengan memakai dress cantiknya. Dan Sun Woo tidak pernah muncul. 
 
Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Sun Woo benar-benar meninggal? Anda patut menyaksikan serial ini sendiri. 
 
 
9. Jang Ok Jung, Live in Love



 
Untuk Anda pecinta serial Dong Yi, pastilah tidak asing dengan karakter antagonis bernama Jang Ok Jung yang disebut juga Selir Jang Hui Bin. Karakter inilah yang membuat susah hidup Dong Yi. Kita sebagai penonton, tentunya berharap jika karakter ini segera kalah dan ketahuan kejahatannya oleh Raja Suk Jong. 
 
Drama populer Dong Yi ini juga membuat kesuksesan luar biasa semasa ditayangkan. Dan nampaknya sineas Korea, ingin menampilkan kembali kisah di zaman Dong Yi berada namun dengan perspektif berbeda. Bukan Dong Yi lagi sebagai tokoh sentralnya, melainkan Jang Ok Jung itu sendiri. Dalam drama Jang Ok Jung, Lives in Love ini, Jang Ok Jung digambarkan sebagai wanita biasa yang berambisi setelah keadaan memaksanya. Namun, cara-cara yang ia lakukan di sini, bukanlah cara-cara licik seperti di Dong Yi. Ia bahkan rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan sang raja. 
 
Ibu Jang Ok Jung adalah seorang budak tapi ayahnya berasal dari keluarga kelas menengah ke atas.  Perbedaan ini membuat ayahnya kabur dengan ibunya dan lantas melahirkan Jang Ok Jung dan kakaknya. Suatu saat, keluarga ini melarikan diri dari kejaran pengawal pemerintah karena ibunya Ok Jung berstatus sebagai budak. Merasa terdesak, ayah Ok Jung meminta bantuan pada kakaknya yang merupakan pengusaha kaya di daerahnya. Namun perlakuan tidak mengenakkan ayah Ok Jung terima. Paman Ok Jung yang bernama Jang Hyun (Sung Dong Il) mengabaikan mereka dengan mengatakan jika ia tidak ingin ikut campur dalam masalah keluarga Ok Jung. Ayahnya pun meninggal dalam insiden tersebut. 
 
Jang Ok Jung (Kang Min Ah) kecil pun tinggal bersama dengan Nyonya Kang (Yoon  Yoo Sun) yang merupakan pengusaha pakaian. Nyonya Kang juga yang menemukan bakat Ok Jung kecil yang bisa membuat pakaian mati untuk Ayahnya padahal ia belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Jadilah Nyonya Kang yang mengasuhnya dan menampung Ok Jung di rumahnya. 
 
Di tempat Nyonya Kang, Ok Jung belajar cara mewarnai pakaian, menjahit pakaian dan berbagai keahlian lainnya. Anak angkat Nyonya Kang,  Hyun Chi Soo (Baek Sung Hwan) remaja pun diam-diam menaruh hati pada Ok Jung. Namun gadis lain yang juga ikut ditampung oleh Nyonya Kang tidak senang melihat Ok Jung diperlakukan istimewa oleh Nyonya Kang dan juga Chi Soo, karena Ja Kyung (Kim Min Ha) remaja cemburu dengan kedekatan Ok Jung dan Chi Soo. Suatu hari, Ja Kyun diam-diam membohongi Ok Jung jika Nyonya Kang menunggunya di dalam gudang untuk membicarakan sesuatu. Tentu saja itu hanya jebakan Ja Kyung. Ia ingin memberikan pelajaran pada Ok Jung. 
 
Tidak disangka, orang suruhan Paman Ok Jung membakar gudang itu untuk melenyapkan usaha Nyonya Kang. Paman Ok Jung, Jang Hyun (Sung Dong Il), berniat mengambil kembali Ok Jung untuk melancarkan rencana dan ambisinya. Akibat kejadian ini, Nyonya Kang meninggal karena berusaha menyelamatkan Ok Jung. Sementara itu Ja Kyung entah hilang kemana begitu juga nasih Chi Soo. 
 
Belasan tahun kemudian berlalu. Kini Jang Ok Jung (Kim Tae Hee) bersiap untuk melakukan pementasan pakaiannya di depan para calon pembelinya. Ok Jung terlihat begitu terampil dalam setiap detail yang akan digunakan oleh para model yang disewanya. Awalnya semua berjalan lancar seperti rencananya. Namun begitu majikan ibunya datang, ia menghancurkan segalanya dengan mengatakan jika Ibu Ok Jung hanyalah budak yang bekerja padanya. 
 
Jang Ok Jung pertama kali bertemu dengan Lee Soon (Chae Sang Wo) remaja disebuah perpusatakaan. Kala itu, mereka memperebutkan sebuah buku yang sama. Buku tersebut merupakan bacaan orang dewasa. Ok Jung hanya ingin melihat pakaian yang dikenakan oleh gadis-gadis yang ada di buku itu untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Namun Lee Soon tidak mempercayainya dan malah menyangka Ok Jung sebagai gadis mesum. 
 
Beranjak dewasa, Lee Son (Yoo Ah In) diminta Ibunya, Ratu Myungsung (Kim Sun Kyung) untuk menikahi gadis pilihannya yang berasal dari Partai Barat. Ratu Myungsung menginginkan partai barat yang selama ini mendukungnya terus berkuasa di pemerintahan. Lee Soon yang keras kepala tidak menyetujui permintaan ibunya. Ia malah memilih In Kyung (Kim Ha Eun) sebagai permaisurinya. 
 
Saat ayah Lee Son meninggal karena sebuah penyakit, Lee Soon melanjutkan tahta ayahnya sebagai kaisar selanjutnya. In Kyung pun secara otomatis bergelar Ratu In Kyung. Ratu In Kyung tulus mencintai Lee Soon, namun Lee Soon tidak pernah menaruh hatinya pada sang ratu dan malah jatuh cinta dengan Jang Ok Jung yang berasal dari kelas rendah. Ratu In Kyung meninggal karena penyakit cacar yang dideritanya dengan Lee Soon di sampingnya. Lee Soon pun merasa menyesal karena tidak pernah memperlakukan Ratu In Kyung dengan baik. 
 
Kepergian Ratu In Kyung membuat Lee Soon harus menerima Kim In Hyun (Hong Soo Hyun)  sebagai permasurinya yang baru. Namun tak lama berselang, Lee Soon menetapkan status Ok Jung sebagai dayang istana spesial berkat bantuan Partai Selatan. 
 
Ibu Lee Soon, Ibu Suri Myungsung tentu tidak senang dengan hal ini. Ia berusaha mencari berbagai cara untuk menyingkirkan Ok Jung dari istana. 
 
Jang Ok Jung yang selama ini mendapat banyak penyiksaan dari Ibu Suri berjanji pada dirinya sendiri akan membalas semua perlakuan orang-orang yang pernah menyaktinya. Ok Jung pun berambisi akan menjadi wanita satu-satunya untuk Lee Soon. Terlebih lagi, Ok Jung mendapat dukungan penuh dari Lee Soon. 
 
Di titik inilah, Jang Ok Jung mulai melancarkan serangannya dengan memanas-manasi Permaisuri Inhyun saat bersama dengan Lee Soon. Ibu Suri Myungsung yang masih tidak menerima kehadiran Ok Jung berusaha meminumkan obat pencegah kehamilan pada Ok Jung. Ok Jung mengancam akan bunuh diri di depan Ibu Suri saat hendak melakukan percobaan mengerikan itu.  
 
Ibu Suri Myungsung tidak ingin jika Ok Jung melahirkan putra Lee Soon terlebih dahulu sebelum Permaisuri Inhyun melahirkan. Nyatanya, Permaisuri Inhyun dinyatakan mandul oleh tabib istana. Satu-satunya kesempatan untuk Permaisuri Inhyun hanya datang sekali seumur hidup saat suatu malam tepat jam sepuluh. Hal ini dikemukakan oleh cenayang istana yang bekerja untuk Ibu Suri Myungsung.  
 
Ibu Suri Myungsung merencanakan malam kehangatan antara Permaisuri Inhyun dengan Lee Soon. Sayangnya rencana ini gagal karena Ok Jung merayu Lee Soon saat Lee Soo hendak pergi ke tempat permaisuri. 
 
Ibu Suri tidak kehabisan akal. Ia berniat menerima Ok Jung sebagai menantunya dengan syarat jika Ok Jung melahirkan anak, maka anaknya harus diserahkan pada Permaisuri Inhyun. Ok Jung terpaksa menyetujuinya karena Ibu Suri mengancam akan menyayat nadinya dengan pisau perak jika Ok Jung tidak bersumpah saat itu juga. 
 
Ok Jung marah besar saat kembali ke tempatnya. Ia berencana membalas semua ini. Ia pun merencanakan suatu rencana menakutkan. Permaisuri Inhyun dijebak ke dalam permainannya sehingga seolah-olah Permaisuri Inhyun lah yang ingin meracuni Ok Jung. Ibu Suri melindungi Permaisuri Inhyun dengan mengatakan jika itu semua perbuatannya. Tak lama kemudian, Ibu Suri menghembuskan nafas terakhirnya.


8. School 2013 (KBS2)
 
Drama anak sekolahan ini benar-benar bebas dari cerita loveline antar pemainnya. Fokusnya pada kisah persahabatan dan realita remaja anak sekolahan Korea dengan segala problematikanya. Dua pemain utama prianya bahkan berhasil menciptakan chemistry yang terjalin apik.
 
School 2013 diperkuat Jang Nara dan Daniel Choi sebagai guru dari para murid-murid di sebuah sekolah tinggi di Korea. Di sini, Jang Nara berperan sebagai Jung In Jae yang merupakan guru sastra yang sangat peduli dengan para murid-muridnya. Sedangkan Daniel Choi berperan sebagai Kang Se Chan yang juga merupakan guru sastra yang terkenal namun bersikap dingin pada para muridnya.
 
Go Nam Soon (Lee Jong Suk) adalah siswa dari Sekolah Menengah Umum Seungri yang bekerja serabutan di malam hari. Saat pagi hari ia berangkat ke sekolah dengan menggunakan bus. Saat di dalam bus ia pun mengalah dan memberikan tempat duduknya pada Oh Jung Ho (Kwak Jung Wook) yang ditemani dua teman setianya bernama Lee Yi Kyung (Lee Yi Kyung) dan Lee Ji Hoon (Lee Ji Hoon).
 
Berlanjut ke sekolah, saat hendak memasuki gerbang, tiga sekawan berandal ini kembali mengganggu Go Nam Soon. Kali ini mereka memalak Nam Soon, dan dengan sukarela Nam Soon memberikan uangnya. Terlihat jika Nam Soon tidak ingin bermasalah dengan geng bermasalah di kelas mereka tersebut.

Konflik mulai terjadi saat Jung In Jae (Jang Nara) ditunjuk menjadi wali kelas II yaitu kelas Go Nam Soon dan kawan-kawan. Kebanyakan guru kewalahan mengatur murid-murid yang ada di kelas tersebut karena benar-benar bukan merupakan kelas unggulan.

Di kelas tersebut, Oh Jung Ho mulai membuat masalah karena tidak ingin memberikan handphonenya yang akan disita oleh Guru Jung. Tentu saja Oh Jung Ho membangkang dan malah melawan Guru Jung. Di lain kesempatan, Guru Jung mendapati Jung Ho memotong antrian ketika hendak mengambil makan siang, melihat kelakuannya, Guru Jung akhirnya menampar Jung Ho. Jung Ho berang dan hendak memukul Guru Jung namun dicegah oleh Nam Soon yang tidak tahan lagi akan sikap Jung Ho. Selanjutnya, Jung Ho memang sering membuat masalah dan hampir dikeluarkan dari sekolah.Sementara itu, Nam Soon akhirnya terpilih menjadi ketua kelas menggantikan Kim Min Ki (Choi Chang Yub). Walaupun tidak menginginkan hal ini, Nam Soon tidak dapat lagi mengelak. Nam Soon dikejutkan dengan kedatangan seorang kawan lamanya yang bernama Park Heung Soo (Kim Woo Bin). Nam Soon terus teringat dengan bayangan saat dirinya di bully oleh Park Heung Soo.
 
Di sekolah Seungri sendiri kedatangan seorang guru baru bernama Kang Se Chan (Daniel Choi) yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi sekolah tersebut, karena selama ini hanya menempati peringkat 149 dari 178 sekolah di Seoul. Selanjutnya, bersama Guru Jung, Guru Kang akhirnya menjadi wali kelas 2-2. Siswa pun dikejutkan karena mempunyai 2 wali kelas. Guru Kang pun meminta jika dirinya hanya ingin berhubungan dengan prestasi siswa 2-2 saja, sedangkan urusan lainnya akan ditanggung oleh Guru Jung.
 
Di sekolah, Go Nam Soon bersikap sangat baik pada Park Seung Hoo. Ia bahkan membelikan roti dan membawa tas Seung Hoo. Hal ini menjadi pergunjingan murid-murid lain di kelas tersebut jika sebenarnya Nam Soon ingin mencari sekutu dengan bergabung bersama Seung Hoo. Namun ternyata hal itu dilakukan oleh Nam Soon karena merasa bersalah pada Seung Hoo di masa lalu. Seung Hoo pun selalu bersikap sinis pada Nam Soon saat Nam Soon berusaha mendekatinya lagi.
 
Peran Guru Jung dan Guru Kang dalam menyelesaikan masalah-masalah siswanya sangatlah besar. Guru Kang kagum akan kepedulian Guru Jung yang amat mendalam pada murid-murid kelas 2-2. Diam-diam, Guru Kang pun menaruh kagum akan sikap Guru Jung tersebut.
 
Selain daripada kasus Go Nam Soon, Oh Jung Hoo dan Park Seung Hoo, fokus cerita School 2013 juga ada pada tokoh Song Ha Kyung (Park Se Young) yang dingin. Ha Kyung dekat dengan Nam Soon dan diam-diam juga peduli pada Nam Soon walaupun selalu beralasan jika semua itu dilakukan karena kepentingan dirinya sendiri. Masalah Ha Kyung juga sering timbul dengan sahabatnya sendiri yaitu Lee Kang Joo (Hyo Young). Sering timbul kecemburuan yang berhubungan dengan prestasi mereka di sekolah. Namun pada akhirnya semua masalah itu semakin mendekatkan mereka.
 
Tokoh lain yang juga turut mendapat porsi besar adalah Kim Min Ki (Choi Chang Yub). Di sini, Min Ki digambarkan adalah seorang murid yang jenius yang pemalu. Min Ki selalu mendapat tekanan dari sang ibu yang menginginkan anaknya sempurna dalam segala mata pelajaran. Ibu Min Ki juga yang senantiasa membuat masalah dengan mendatangi kepala sekolah untuk membahas hal-hal yang menghambat jalannya Min Ki. Namun suatu kejadian mengubah pandangan sang ibu. Guru. Min Ki hampir tewas saat hendak bunuh diri dengan terjun dari atap sekolah karena tidak tahan lagi dengan tekanan dari sang Ibu.
 
Satu persatu masalah diselesaikan dengan wajar. Oh Jung Ho yang urakan perlahan mulai berubah menjadi sedikit penurut berkat Guru Jung yang berhasil menyentuhnya. Guru Jung senantiasa berada di samping para muridnya ketika mereka dalam kesusahan. Guru Jung berhasil membuktikan jika ketulusan itu di atas segalanya. Bahkan berhasil mengubah Guru Kang yang dingin menjadi lebih peduli pada murid-muridnya. 
 
Masalahnya, Guru Jung akan meninggalkan Sekolah Seungri saat kepala sekolah menilai kinerjanya yang tidak begitu bagus. Para siswa pun mebuat petisi agar Guru Jung tetap mengajar di Seungri. Bagaimana akhir kisahnya? Akankah Guru Jung tetap bertahan di sekolah tersebut? Dan akankah Seung Hoo memaafkan Nam Soon dan kembali berteman seperti dulu lagi?
 
Credit : Inisajamo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads