Sabtu, 19 April 2014

Top 15 Drama Korea Terbaik Tahun 2013 (Bagian 2)

Still with Top 15 Drama Korea 2013.. Terima kasih kepada Inisajamo yang sudah merangkum dan memberikan pilihan mana saja drama Korea yang bagus dan patut dipertimbangkan untuk ditonton oleh kita semua. That Winter The Wind Blows, masuk dalam daftar. Sebenarnya mengingat drama ini membuat saya kesal. Kenapa ?? Karena sedang asyik-asyiknya menonton, TRANS TV main cut aja sembarangan. Benar-benar tidak konsisten. Lalu ada Gu Family Book yang juga membuat emosi jiwa. Why ?? karena stasiun TV ikan terbang menayangkan drama ini di jam kerja sehingga membuat saya tidak bisa menontonnya *sigh* Well, apa sajakah sisa drama lainnya ?? Ada baiknya kita melihat kembali list drama yang sudah di rangkum oleh penulis Inisajamo ini..


"Top 15 Drama Korea Terbaik Tahun 2013 (Bagian 2)"



BAGIAN pertama dari top 15 drama Korea terbaik tahun 2013 sudah kami terbitkan beberapa waktu lalu. Bagian ini selanjutnya akan memberikan deretan peringkat 6 besar, mulai dari peringkat enam hingga peringkat satu. 4 perwakilan dari drama SBS, 1 perwakilan KBS2, 1 perwakilan MBC dan 1 lagi perwakilan drama dari tvN.

Dari 6 besar ini, semuanya berbeda genre. Ada yang menyorot kehidupan kantoran, ada pula yang menyorot kehidupan mewah anak-anak keluarga kaya di Korea. Selain itu tak ketinggalan juga, salah satu serial kolosal apik di tahun 2013 yang masuk dalam daftar ini. Siapa saja keenam judul drama Korea ini? Berikut ini review selengkapnya :


7. Queen of Office (KBS2)






Drama Korea yang menempati peringkat 6 ini mengadaptasi cerita dari dorama Jepang bertajuk Haken No Hinkaku atau dikenal juga dengan judul The Pride of Temp. Serial yang tayang tahun 2007 ini di Jepang memperoleh rating yang tinggi dengan average mencapai 20,2 persen. Namun bedanya, Haken No Hinkaku berepisode lebih pendek dengan jumlah hanya 10 episode saja, sedangkan Queen of Office lebih panjang dengan jumlah episode mencapai 16 episode, jumlah standar untuk drama Korea. 

Y-Jang Company, baru saja mengangkat pimpinan departemen Marketing yang baru. Jang Kyu Jik (Oh Ji Ho) adalah lulusan MBA di Amerika Serikat sehingga bisa menduduki posisi tersebut.  Dalam perjalanan menuju Korea, Kyu Jik duduk di bangku kelas bisnis. Namun di tengah perjalanan, ia mendadak penasaran dengan kursi di kelas utama. Kyu Jik pun nekad memasuki kabin kelas utama dan lantas menemukan sebuah bangku kosong. Tidak berpikir panjang ia lantas terkagum pada fasilitas yang ada di kelas utama tersebut. Ia duduk di kursi yang tidak berpenumpang itu dan mulai mencoba menikmati sajian makanan yang ada. Malangnya, ia tersedak saat memakan kue beras yang ada di sana. Ia lantas terjatuh dan kesulitan bernafas. Untungnya seorang wanita menyelamatkannya dengan melayangkan sebuah pukulan ke perutnya hingga makanan itu langsung turun dari tenggorokan Kyuk Jin. 

Hari pertama bekerja, Kyuk Jin terlihat percaya diri dan senang dengan lingkungan pekerjaannya yang baru. Ia juga kembali bertemu dengan teman lamanya Moo Jung Han (Lee Hee Joon). Ia kegirangan saat bertemu dengan wanita yang telah menyelamatkannya di dalam pesawat. Miss Kim (Kim Hye Soo) datang dengan busana formal ke kantornya. Kyuk Jin pun langsung berasumsi jika Miss Kim pastilah petinggi di perusahaan mereka.

Namun alangkah terkejutnya Kyuk Jin saat mengetahui bahwa Miss Kim hanyalah pekerja kontrak 3 bulanan di kantornya. Uniknya lagi, Miss Kim mempunyai buku panduan manual sebagai syarat kontraknya selama bekerja di Y-Jang Company. 

Miss Kim bukanlah pekerja kontrak serabutan yang berusaha menjadi karyawan tetap seperti para karyawan kontrak pada umumnya. Ia adalah karyawan kontrak pilihan karena sangat rajin, cekatan dan pandai melakukan berbagai hal. Jam kerjanya adalah dari mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore. Saat jam istirahat makan siang ia akan langsung istirahat, tidak perduli pada pekerjaan apapun lagi. Saat jam pulang, alarm kebanggaannya akan berbunyi dan lantas ia akan langsung pulang.  

Hal ini sangat berbeda dengan Jung Joo Ri (Jung Yu Mi) yang selama ini hanya menjadi karyawan kontrak biasa. Joo Ri selalu bertekad untuk diangkat menjadi karyawan tetap. Kepolosannya ini pun dimanfaatkan rekan sekerjanya untuk mengerjakan berbagai pekerjaan mereka. Hasil pekerjaan Joo Ri pun diakui sebagai hasil pekerjaan mereka. Namun suatu kali, Joo Ri menyadari hal ini dan tidak lagi tertipu oleh rekan sekerjanya itu. 

Di lain sisi, ada juga asisten Kyuk Jin, Jung Han. Ia adalah sosok pria pemalu dan pendiam. Jung Han juga adalah pria penyabar dan selalu kalem saat bekerja. Hal ini tentu sangat kontras dengan Kyuk Jin. Diam-diam Jung Han menyukai Miss Kim dan berusaha memberikan perhatian lebih pada Miss Kim. Menyadari hal ini, Miss Kim terus menghindar agar tidak terjadi salah paham di antara mereka. 

Sementara itu, Kyuk Jin selalu dibuat kesal dengan tingkah Miss Kim yang dianggapnya terlalu profeksionis serta arogan. Kyuk Jin dan Miss Kim pun banyak terlibat duel adu ketangkasan dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Awalnya Miss Kim banyak mengalah pada Kyuk Jin karena tidak ingin mempermalukan sang manajer. Namun semakin ke belakang, Kyuk Jin lah yang justru banyak mengalah. 

Ajaibnya sifat Miss Kim ini banyak mengundang kontroversi di perusahaan. Banyak yang menilai jika Miss Kim terlalu kaku dalam pergaulan. Namun prinsip Miss Kim sendiri adalah rekan kantor hanyalah orang yang kebetulan duduk di sampingnya selama bekerja. Di luar itu, teman kantor hanyalah orang asing saja. Miss Kim tidak mau terlibat urusan pribadi dengan teman-teman kantornya itu. Ia pernah punya pengalaman menyakitkan di masa lalu yang menyebabakan kepribadiannya menjadi seperti sekarang. 

Miss Kim tidak hanya pandai dalam satu bidang pekerjaan saja. Hampir semua pekerjaan pernah ia lakoni. Hebatnya lagi, ia pun adalah pekerja bersertifikat dalam setiap pekerjaan itu. Miss Kim pernah menjadi kasir, sales woman, supir bus, pengguna kendaraan angkutan berat hingga bidan. Nantinya semua pekerjaan ini akan banyak membantu perusahaan dan rekan-rekan sekerjanya. 

Miss Kim pun perlahan mulai luluh dengan sedikit mengabaikan kedisiplinannya. Walau ia berusaha tidak perduli dengan permasalahan teman-teman sekantornya, nyatanya ia malah terlibat banyak membantu permasalahan mereka. 

Drama Queen of Office ini memang menyorot banyak permasalahan di kantor. Masalah yang ditampilkan pun beragam dan dekat dengan keseharian di kantor namun dikemas dengan menarik. Ada kisah cinta rekan sejawat yang terjalin secara rahasia karena takut salah satunya dipecat yaitu Koo Young Sik (Lee Ji Hoon) dan Park Bong Hee (Lee Mi Do). Bong Hee yang masih berstatus karyawan kontrak merahasiakan hal ini dari teman-teman kerjanya karena takut kontraknya yang akan berakhir dalam waktu sebulan ke depan tidak akan diperpanjang lagi oleh perusahaan. Tidak ada yang menyangka jika dua sejoli ini menjalin kasih, karena dalam keseharian di kantor, keduanya sering terlihat tidak akur. 

Ada juga kisah pekerja yang sudah lama mengabdi di kantor namun sudah berusia lanjut. Ko Jung Do (Kim Ki Cheon) telah mengabdi puluhan tahun lamanya untuk Y-Jang Company. Namun karena grafik penjualan tahunan jatuh dari tahun sebelumnya, maka dirinya terancam dipecat. Apalagi Ko Jung Do sudah berusia lebihd ari setengah abad. Hal ini tentu mengundang reaksi dari pekerja lainnya. Kyuk Jin dan Jung Han berusaha membantu Ko Jung Do agar bisa tetap dipertahankan di perusahaan. 

Pada akhirnya, Kyuk Jin yang senantiasa bermasalah dengan Miss Kim mulai menaruh hati pada wanita hebat tersebut. Siapa yang akan dipilih oleh Miss Kim? Apakah Kyuk Jin atau Jung Han? Lantas bagaimana nasib Joo Ri di kantor? Akankah dia dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi karyawan tetap?


6. That Winter The Wind Blows (SBS)




Tahun  2013 menjadi comeback nya aktris cantik Song Hye Kyo ke layar kaca. Dalam drama terbarunya ini, Song Hye Kyo akan beradu akting dengan Jo In Sung. That Winter The Wind Blows ini juga menjadi comeback Jo In Sung bermain drama kembali. Drama terakhirnya yang bertajuk Spring Days tayang di tahun 2005. Setelah itu, Jo In Sung lebih sibuk membintangi berbagai film seperti A Dirty Carnivals, Frozen Flowers, dan Kwon Bob. Sama seperti Queen of Office, That Winter The Wind Blows ini juga diadaptasi dari dorama Jepang. Drama mengharubiru ini mengadaptasi Ai Nante Irane Yo, Natsu yang merupakan dorama produksi tahun 2002.   

Cerita dibuka dengan dibuangnya seorang bayi tampan di bawah pohon di musim salju di depan sebuah panti asuhan. Ia tumbuh menjadi seorang pemuda ugal-ugalan dan sering berjudi. Oh Soo (Jo In Sung) begitulah ia diberi nama, namanya berarti pohon yang merupakan tempat pertama id ditemukan dahulu. 

Oh Soo mempunyai seorang teman yang setia menemaninya. Park Jin Sung (Kim Bum) menjadi teman yang selalu ada bersama Oh Soo di dalam suka dan duka.  

Sementara itu, seorang gadis cantik namun buta hidup dalam kesepian. Oh Young (Song Hye Kyo) menjadi pewaris kekayaan Direktur Oh yang meninggal dunia karena penyakitnya. Setelah itu, Oh Young dibesarkan oleh Wang Hye Ji (Bae Jong Ok) yang merupakan ibu tiri sekaligus sekretaris ayahnya dahulu. Ibu Oh Young pergi bersama Oh Soo (Lee Jae Woo) yang masih kecil, yang merupakan kakak Oh Young.

Beralih ke Oh Soo yang ugalan dan suka main wanita, ia dijebak sang pacar hingga masuk penjara. Jin So Ra (Seo Hyo Rim) menjebak pacarnya sendiri agar masuk penjara karena tidak tenang jika Oh Soo akan bermain wanita di Korea setelah kepergiannya selama satu tahun untuk masalah pekerjaan.

Setelah bebas dari penjara, Oh Soo dan Jin Sung menumpang tinggal di rumah Oh Soo (kakak Oh Young) yang secara kebetulan memiliki nama yang sama dengan dirinya. Namun malangnya, Oh Soo asli meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Dari sini akhirnya Oh Soo dan Jin Sung merencanakan untuk masuk ke dalam keluarga Oh dengan beridentitaskan sebagai Oh Soo, kakak kandung Oh Young. Penyamaran ini dilakukan dalam rangka untuk membayar utang kepada seorang gangster. Oh Soo diberikan waktu hingga 90 hari untuk melunasi hutangnya tersebut.

Melalui pengacara keluarga Oh, Oh Soo mengaku jika dirinya adalah Oh Soo asli. Berbekal dengan beberapa barang milik Oh Soo asli, Oh Soo pun berhasil meyakinkan sang pengacara. Bukan perkara mudah untuk masuk ke dalam keluarga Oh. Sata pertama kali bertemu Oh Young, Oh Young tidak lantas percaya jika Oh Soo adalah kakak kandungnya. Karena satu tahun yang lalu, Oh Young pernah berusaha mencari Oh Soo asli dan meninggalkan surat. Oh Young jadi mempertanyakan kenapa Oh Soo baru menemuinya setelah satu tahun kemudian.

Oh Soo tidak menyerah. Ia selalu berlaku baik dan layaknya seperti seorang kakak yang baik untuk Oh Young. Oh Young sendiri selalu berlaku kasar pada Oh Soo. Namun lambat laun, sikap baik Oh Soo pada Oh Young pun berhasil meluluhkan hati Oh Young dan percaya jika Oh Soo adalah kakak kandungnya. Untuk pertama kali dalam hidupnya, Oh Young percaya pada seseorang. Selama ini ia hidup dengan tidak pernah menanamkan kepercayaan pada siapapun setelah kematian sang ayah.

Di lain sisi, Oh Soo yang banyak melewatkan waktu bersama Oh Young akhirnya menaruh hati pada Oh Young. Namun ia tidak pernah bisa menyampaikan perasaannya tersebut karena status sebagai sang kakak kandung. Oh Soo pun hanya bisa terus berada di sisi Oh Young dan melindunginya.

Awalnya, pernah terlintas dalam benak Oh Soo untuk menyingkirkan Oh Young dan menjadi satu-satunya pewaris tunggal dari keluarga Oh. Ia diberikan pil oleh seseorang yang bisa membunuh manusia tanpa bisa dideteksi. Suatu ketika Oh Young menemukan pil tersebut dan menanyakan pada Oh Soo mengenai pil tersebut. Sang kakak mengatakan jika pil itu merupakan pil yang bisa membuat Oh Soo tenang.

Suatu hari, Oh Young yang sedang mengalami sakit kepala akibat tumor yang dideritanya pergi ke kamar Oh Soo untuk menemukan pil tersebut karena teringat jika pil tersebut dalam membuatnya merasa lebih nyaman. Untungnya Oh Soo datang di waktu yang tepat. Namun Oh Soo tidak lantas menyatakan yang sesungguhnya. Oh Soo menyenggol tangan Oh Young hingga pil tersebut jatuh ke lantai. Di kesempatan itu, Oh Soo mengeluarkan isi pil tersebut dan baru mmebiarkan Oh Young meminumnya.

Namun Oh Young tahu jika pil tersebut sudah dikeluarkan isinya melalui pendengarannya yang tajam. Oh Young pun berdalih minta diambilkan sesuatu di kamar lain, di saat itulah, Oh Young meraba-raba lantai dan menemukan serbuk pil tersebut. Serbuk itu kemudian ia masukan dan ia minta bantuan seseorang untuk menyelidiki kandungan pil tersebut. Betapa terkejutnya ia ketika ternyata pil tersebut mematikan. Oh Young pun mulai menyelidiki tentang Oh Soo.

Di samping kisah cinta Oh Soo dan Oh Young ada juga kisah cinta Jin Sung dan Moon Hee Sun (Jung Eun Ji). Moon Hee Sun merupakan adik kandung Moon Hee Joo (Kyung Soo Jin). Di masa lalu, Hee Joo merupakan pacar Oh Soo di masa lalu. Hee Joo meninggal dalam sebuah kecelakaan dan membuat Oh Soo menyesal karena tidak bisa menjaga Hee Joo dengan baik.

Oh Soo yang merupakan pacar kakaknya, membuat Hee Sun peduli padanya. Dari awal, Jin Sung yang hampir selalu menghabiskan waktu bersama Oh Soo dan Hee Sun mengatakan pada Hee Sun jika dirinya menyukai Hee Sun. Awalnya Hee Sun hanya cuek dengan pernyataan Jin Sung. Namun dengan banyaknya waktu yang juga mereka habiskan bersama, membuat Hee Sun akhirnya juga menyukai Jin Sung. Mereka berjanji untuk jadian setelah masalah Oh Soo terselesaikan, bahkan Jin Sung bercita-cita untuk tinggal di desa dan membuka peternakan sapi berdua dengan Hee Sun saat semuanya sudah selesai. Hee Sun yang merupakan gadis kota, tentu saja tidak begitu saja menerima keputusan Jin Sung yang sepihak. Mereka pun kembali cekcok satu sama lain.

Untuk karakter tokoh lainnya, penonton akan dibuat bingung dengan karakter Sekretaris Wang. Di satu sisi, ditunjukkan jika Sekretaris Wang berusaha menguasai harta Oh Young dan menjodohkannya dengan seseorang yang tidak Oh Young sukai. Namun di sisi lain, Sekretaris Wang juga senantiasa peduli pada Oh Young. Ia lah yang mengajarkan huruf braile pada Oh Young, ia juga yang senantiasa mengajarkan berbagai hal lainnya. Apa yang sebenarnya dilakukan Sekretaris Wang akan dijawab menjelang episode-episode terakhir That Winter The Wind Blows. 

Bagaimana akhir kisahnya? Akankah Oh Soo dan Oh Young bersatu? Bagaimana pula dengan Sekretaris Wang, ada di pihak manakah ia? Serta mampukah Jin Sung dan Hee Sun mewujudkan impian mereka berdua?

5. I Hear Your Voice (SBS)




I Hear Your Voice dibuka dengan kisah si pengacara Jang Hye Sung (Lee Bo Young) yang merupakan seorang pengacara urak-urakan. Urak-urakan di sini dalam artian jika Hye Sung sama sekali tidak memperjuangkan pembelaan untuk para klien terdakwa yang ditanganinya. Saat persidangan, Hye Sung hanya membaca teks di paper kertas yang telah disediakan. 

Berbeda dengan Hye Sung, Cha Kwan Woo (Yoon Sang Hyun) adalah seorang pengacara yang penuh dengan kredibilitas. Ia tak segan terjun langsung ke lapangan untuk mencari fakta-fakta yang dapat mendukung kliennya. Keduanya dipertemukan di sebuah ruangan ujian test untuk masuk menjadi seorang pengacara publik. Hye Sung mengincar gaji tinggi apabila ia terpilih sebagai pengacara publik. 

Saat sedang melakukan wawancara inilah, Hye Sung menceritakan masa lalunya dalam upaya diterima sebagai pengacara publik. Hye Sung dan ibunya, Uh Choon Sim (Kim Hae Sook), tinggal selama 10 tahun di rumah keluarga Seo. Ibu Hye Sung adalah pembantu di rumah tersebut. Hye Sung pun disekolahkan oleh Seo Dae Suk (Jung Dong Hwan) di sekolah yang sama dengan putrinya, Seo Do Yeon (Lee Da Hee). Namun sebuah insiden kembang api membuat Hye Sung dan ibunya terusir dari rumah itu. Do Yeon yang matanya menjadi luka akibat tembakan dari kembang api mengatakan jika Hye Sung adalah pelakunya. Terang saja Hye Sung berang karena ia tidak melakukannya. Do Yeon merasa terancam karena Hye Sung mengetahui aksi mencontek Do Yeon saat sedang ujian. 

Tuan Seo Dae Suk meminta Hye Sung meminta maaf pada Do Yeon dan mengakui kesalahannya. Namun Hye sung tetap bersikukuh jika ia bukanlah pelakunya. Akibatnya ia dan sang ibu terusir dari rumah keluarga Seo dan memulai hidup baru mereka. Ibu Hye Sung juga mengatakan dengan tegas jika putrinya tidak bersalah dan malah membakar koran dan buku-buku yang menunjukkan kebesaran Tuan Seonya karena merasa mantan majikannya ini telah berlaku tidak adil pada anaknya. Terlebih lagi, ia adalah seorang hakim. 

Hye Sung bertemu lagi dengan Do Yeon dalam insiden tidak terduga. Mereka menjadi saksi kunci pembunuhan yang dilakukan oleh Min Joon Gook (Jung Woong In) pada Park Joo Hyuk (Jo Duk Hyun). Joon Gook menabrak Tuan Park dengan truk besar yang dikendarainya. Saat melihat Tuan Park dan anaknya, Park Soo Ha (Goo Seung Hyun), masih hidup, Joon Gook lantas mengambil benda tumpul keras dan memecahkan kaca mobil tersebut. Saat itulah Tuan Park tewas akbat pukulan benda keras tersebut. Saat hendak menghabisi nyawa bocah kecil, Soo Ha, suara handphone Hye Sung yang memotret kejadian tersebut terdengar. Min Joon Gook malah mengejar Hye Sung dan Do Yeon yang menyaksikan kejadian ini.

Gagal menemukan Hye Sung dan Do Yeon yang bersembunyi di semak-semak dan juga mulai datangnya banyak polisi di dekat tempat kejadian membuat Min Joon Gook melepaskan Hye Sung dan Do Yeon. Namun ia memperingatkan keduanya untuk tidak buka mulut, jika tidak ingin keluarga mereka dan juga mereka sendiri tewas di tangan Joon Gook. Hye Sung yang tertantang dengan tantangan Do Yeon datang ke pengadilan dan menjadi saksi. Padahal Do Yeon sendiri menghilang dan kabur. Akibatnya, Min Joon Gook  dipenjara. Namun ia berjanji akan datang membunuh Hye Sung setelah ia dibebaskan dari penjara.Hye Sung gemetar dan takut setengah mati saat itu. Namun Soo Ha kecil berjanji akan melindungi Hye Sung nantinya.

Cerita kemudian berkembang pada saat Soo Ha beranjak dewasa. Ia sekarang adalah murid SMA yang akhirnya menemukan keberadaan Hye Sung. Soo Ha harus berjuang keras untuk melindungi Hye Sung dari ancaman pembunuhan yang dilancarkan oleh Min Joon Gook yang telah bebas dari penjara. Berbagai rencana licik Min Joon Gook untuk mengincar nyawa Hye Sung dilancarkan dengan rencana yang matang dan terencana. Dengan kemampuan Soo Ha yang dapat membaca pikiran orang dengan melihat matanya, akankah Soo Ha mampu melindungi Hye Sung? Serta bagaimana kisah cinta berbeda usia antara Soo Ha yang masih remaja SMA dan Hye Sung yang sudah menjadi pengacara publik?

Drama ini juga menjadi pembuka sukses drama SBS di slot Rabu-Kamis, hingga sekarang, slot Rabu-Kamis yang tayang di SBS, tetap memimpin perolehan rating dibanding dengan drama Korea yang tayang di stasiun lain seperti MBC dan KBS.


4. Master's Sun (SBS)




 
Saat tahu ada rencana pembuatan drama Korea dengan tema horror, penulis sangat menantikan eksekusinya. Dua bintang utamanya juga cukup menjanjikan. Gong Hyo Jin dikenal lewat berbagai perannya yang komikal, sedangkan So Ji Sub dikenal lewat sejumlah peran melankolisnya sebagai bad boy.  

Saat drama ini tayang, respon positif pun berdatangan berhubung dengan genre yang jarang diangkat dalam drama Korea ini berhasil dieksekusi dengan baik. Saat ratingnya ikut terangkat, penambahan satu episode pun dilakukan. Awalnya hanya direncanakan 16 episode saja, namun akhirnya berakhir di episode 17. 

Setiap episode mempunyai permasalahan yang berbeda. Fungsi Gong Hyo Jin adalah membantu para hantu tersebut menyelesaikan urusan duniawinya yang masih belum selesai. Namun saat mendekati episode-episode akhir, cerita justru berfokus pada cerita cinta Gong Hyo Jin dan So Ji Sub yang berliku. 

Cerita dibuka dengan menampilkan sosok wanita misterius yang sedang ketakutan. Cuaca sedang buruk dengan gemuruh kilat dan petir saling bersahutan di luar. Wanita bernama Tae Gong Shil (Gong Hyo Jin) diminta sang pemilik apartemen kontrakan untuk membersihkan ruangan 404. Sang penghuni kamar tersebut kembali pindah karena sebuah alasan. 

Mau tidak mau, Gong Shil terpaksa menuju kamar tersebut. Baru beberapa saat di dalam kamar tersebut, Gong Shil sudah dikejutkan dengan sosok hantu berwujud menyeramkan yang ternyata seorang nenek-nenek. Gong Shil yang ketakutan lantas langsung berlari menghindari hantu nenek tersebut. Di koridor apartemen yang bercahayakan lampu samar-samar, Gong Shil terus berlari menuju ke kamarnya kembali. Ia memegang rapat-rapat gagang pintu rumahnya sambil berharap sang nenek tidka mengejarnya lagi. Namun sia-sia saja, sang hantu nenek sudah berada di sampingnya.   

Si hantu nenek meminta bantuan Gong Shil untuk menyampaikan pesan terakhirnya untuk anaknya yang seorang penjudi. Di cuaca yang sedang hujan lebat itu, Gong Shil lantas mendatangi rumah anak nenek tersebut. Di rumah itu memang sedang dalam nuansa duka cita karena kematian nenek tersebut. Begitu sampai, Gong Shil langsung memaki anak nenek tersebut (yang merupakan pesan nenek itu). Gong Shil lantas memberikan tabungan sang nenek yang nilainya cukup besar. Keluarganya cukup terkejut mendapati tabungan itu, namun lantas terjadi perebutan harta warisan sang nenek. Gong Shil lantas langsung berlalu, tidak mau ikut campur urusan keluarga nenek tersebut.

Di tempat lain, seorang pria mendatangi sebuah rumah untuk meinta tanda tangan persetujuan penjualan rumah. Pria bernama Joo Joong Won (So Ji Sub) ini bersikeras mendapatkan hak atas rumah milik seorang pria paruh baya. Namun pria ini tetap tidak mau menjual rumahnya karena almarhum istrinya yang tidak setuju jika rumah mereka dijual. Pria paruh baya ini percaya jika mawar putih kesayangan sang istri yang tetap segar setelah kematian sang istri merupakan penanda jika istrinya tidak mau menjual rumah mereka.

Joong Won kesal mendengar alasan yang menyeret orang yang sudah mati dan ia malah memotong tangkai mawar putih itu dari kembangnya. Sang pria gusar melihat kelakuan Joong Won namun tidak bisa berbuat apa-apa. Dengan terpaksa akhirnya ia menandatangani surat penjualan rumahnya. Namun saat Joong Won hendak pergi, sang pria paruh baya mengatakan jika Joong Won tidak boleh meremehkan sesuatu yang tidak bisa ia lihat dan mengabaikan hati orang tersebut. Joong Won membalas jika ia tetap akan melanjutkan hidupnya dengan baik dan mengabaikan semua yang tidak bisa ia lihat dan siap disambar petir jika ia salah. Ia pun menadahkan tangannya ke atas dan siap disambar petir jika ia salah. Namun petir memang tidak menyambarnya sehingga membuat keangkuhannya bertambah besar.

Di tengah cuaca yang sedang hujan lebat, mobil Joong Won melaju dengan kencang. Di tepian jalan, sekretaris Kim mengatakan jika ada seorang wanita yang melambaikan tangannya untuk memberhentikan mobil mereka. Namun Joong Won mengatakan pada sekretaris Kim yang sedang menyetir untuk tetap melanjutkan perjalanannya. 

Seberkas cahaya yang menyilaukan mata membuat sekretaris Kim tiba-tiba menghentikan laju mobilnya. Saat itu juga, wanita yang tak lain adalah Gong Shil itu menerobos masuk ke dalam mobil. Joong Won yang kaget pun langsung menjaga jarak dengannya. 

Sejak pertemuan perdana ini, Joong Won sudah merasakan jika Gong Shil hanyalah wanita gila yang terus menempel padanya. Saat Gong Shil diganggu salah satu hantu, Gong Shil secara spontan memegang lengan Joong Won dan tiba-tiba hantu yang mengganggunya itu langsung menghilang. Sejak saat itu, Gong Shil menemukan kenyamanan dan kehangatan saat bersama Joong Won. 

Gong Shil yang akhirnya mengetahui jika Joong Won adalah direktur di sebuah pusta perbelanjaan besar di Korea, Gong Shil pun melamar menjadi cleaning service di mall tersebut. Dari sinilah lantas keduanya intens bertemu. Apalagi Gong Shil banyak membantu Joong Won dalam mengusir hantu-hantu yang muncul di mallnya. 

Kasus pertama misalnya seperti pernikahan Tae Yi Ryung yang batal karena Gong Shil yang mengungkapkan keinginan mantan kekasih Yoo Hye Sung (Jin Yi Han) yang tak lain adalah calon suami Yi Ryung. Mantan kekasih Hye Sung yang sudah meninggal menginginkan Hye Sung melanjutkan karir sepakbolanya, bukan hidup menjadi artis. Berkat bantuan Gong Shil, salah paham yang terjadi antara Hye Sung dan Kim Mi Kyung (Song Min Jung) menjadi terselesaikan. Mi Kyung meninggalkan Hye Sung bukan karena tidak menginginkan Hye Sung lagi, melainkan dirinya yang sedang sekarat. Insiden ini juga menyebabkan Hye Sung dan Yi Ryung batal menikah. 

Selanjutnya, Gong Shil membantu Joong Won dalam mencari siapa penyebar foto rekayasa hantu di kolam air mancur mallnya Joong Won yang mahal. Pun dengan kasus kematian seorang wanita yang merupakan istri rekanan kerja Joong Wook di mall tersebut. Kejadian-kejadian tersebut akhirnya membuat Joong Won sadar dengan bakat istimewa Gong Shil. Terlebih lagi, Joong Won memanfaatkan Gong Shil untuk menemukan kalung mahal yang telah dicuri sang mantan kekasih, Cha Hee Joo (Han Bo Reum). Kejadian penculikan yang Joong Won sadari jika Hee Joo ikut terlibat membuat Joong Won galau dengan perasaannya. Di satu sisi, Joong Won sedih dengan kepergian Hee Joo yang tewas terbakar di dalam mobil di depan matanya sendiri. Namun di sisi lain, ia menyalahkan Hee Joo yang berniat memerasnya. Untuk itulah, Joong Won memanggil Gong Shil dengan sebutan radar 10 Milyar won nya. 

Di sisi lain, seorang tetangga baru di apartemen kontrakan Gong Shil muncul pemuda baru yang menghuni kamar 404. Pertemuan Gong Shil dan pemuda bernama Kang Woo (Seo In Guk) berlangsung dengan kejadian lucu. Gong Shil yang sedang tertidur di kursi dekat jemuran terkejut begitu melihat bayang-bayang hitam di balik kain yang dijemur. Gong Shil langsung mendorong sosok di balik kain itu hingga membuat Kang Woo terjatuh. Gong Shil pun lantas menanyakan apakah Kang Woo manusia atau hantu. Kang Woo pun bingung dengan pertanyaan Gong Shil. Namun keduanya segera akrab dengan membicarakan banyak hal. 

Bersama dengan Gong Shil menumbuhkan perasaan suka di hati Kang Woo. Walaupun awalnya hanya bercanda dengan anak-anak yang tinggal di apartemen Gong Shil dengan mengatakan jika Kang Woo menyukai Gong Shil, perasaan itu benar-benar berubah menjadi rasa suka. Anak-anak yang dekat dengan Gong Shil itu lantas menyampaikan pada Gong Shil jika pemuda bernama Kang Woo menyukainya. Gong Shil pun menjadi besar kepala dan sering bertingkah malu-malu di depan Kang Woo.  

Lucunya lagi, saat Kang Woo ternyata takut dengan hantu-hantu maupun cerita hantu yang didengarnya. Mengetahui hal ini, kakak Gong Shil yang bernama Tae Gong Ri (Park Hee Bon) menyarankan Gong Shil untuk tidak menunjukkan kemampuan adiknya yang bisa melihat hantu tersebut di depan Kang Woo. Gong Shil pun melakukan hal itu walaupun sulit. Akhirnya walaupun Gong Shil berusaha menutupinya, Kang Woo pun mengetahui hal itu. 

Namun Kang Woo tidak lantas menjauh dan mengatakan jika dirinya akan mulai belajar untuk tidak takut dengan hantu walaupun kenyataannya ia memang sangat takut dengan hantu. Saat sebuah barang jatuh di kantor Gong Shil, Kang Woo langsung terperanjat dengan ekspresi ketakutan, dengan malu-malu ia pun meninggalkan ruangan Gong Shil bekerja.

Sementara itu, tidak jadi menikah dengan Hye Sung membuat Yi Ryung justru malah jatuh hati dengan Kang Woo yang merupakan ketua tim keamanan di mall Joong Won. Walaupun Yi Ryung seorang selebritis, ia sering kali mengajak kencan Kang Woo walau harus berakhir dengan penolakan Kang Woo. Pertemuan perdana Yi Ryung dan Kang Woo ternyata begitu berkesan untuk Yi Ryung. Saat itu, Yi Ryung naik ke atas mobilnya sendiri untuk mengambil dompetnya yang tertinggal di dalam mobil sementara kuncinya berada di dalam mobil. Karena mengira Yi Ryung adalah kriminil, Kang Woo lantas langsung melumpuhkan gerakan Yi Ryung. Pertemuan berikutnya juga berlangsung sama. Saat Yi Ryung memegang pundak Kang Woo secara tiba-tiba, dengan spontan Kang Woo melumpuhkan gerakan Yi Ryung. Sikap dingin dan tidak ditanggapi oleh Kang Woo membuat Yi Ryung makin penasaran dan acap kali terang-terangan mengajak Kang Woo untuk makan bersamanya. 

Keadaan semakin rumit saat seseorang dari masa lalu Gong Shil kembali dan mengatakan jika dirinya telah bersama dengan Gong Shil saat Gong Shil masih koma di rumah sakit. Gong Shil pernah kecelakaan dan akhirnya terbaring koma di rumah sakit selama 3 tahun. Dalam perjalanannya menjadi roh itu, Gong Shil selalu mengikuti pria tersebut. 

Belum lagi dengan kenyataan jika ada seseorang dengan wajah yang mirip Hee Joo mengikuti Joong Won kemanapun ia tinggal. Ayah Joong Won pun menyelidiki hal tersebut dan diam-diam meminta Kang Woo untuk mengawasi Joong Woon. Wanita yang diam-diam mengikuti Joong Won ini mempunyai keterkaitan dengan kematian Hee Joo terdahulu. Sebuah fakta mengejutkan terjadi, karena wanita ini adalah saudara kembar Hee Joo. Wanita ini bernama Cha Han Na (Hwang Sun Hee). Ia mengoperasi wajahnya untuk menyamarkan identitasnya saat berada di dekat Joong Woon. Belum lagi fakta ini terkuak di dalamnya malah tersimpan sebuah rahasia kelam yang mungkin penonton tidak akan sangka. 

Siapa yang akan dipilih oleh Gong Shil? Ikut dengan pria yang telah menemaninya menjadi roh atau memilih bersama Joong Won atau Kang Woo? Lantas ada pula cerita mengenai Madam Go (Lee Yong Nyuh) yang merupakan seorang paranormal yang nyaris menikahkan Gong Shil dengan arwah yang sudah meninggal, ia juga membuat perjanjian dengan Gong Shil untuk membantunya mencari roh-roh gadis muda yang belum menikah untuk dinikahkan dengan roh lain. Karena Madam Go merupakan mak comblang untuk arwah-arwah. Gong Shil menyetujuinya untuk menyelamatkan nyawa Joong Won yang tersesat di dunia roh karena menyangka jika dirinya sudah meninggal. 

Semakin seru saat setelah kejadian itu, Joong Won kembali dengan ingatannya yang sudah menghapus ingatan tentang Gong Shil dan semua yang sudah terjadi selama beberapa saat. Joong Won hanya dapat mengingat kejadian dirinya saat ia bersedia di sambar petir jika ia salah di awal episode.  


3. Gu Family Book (MBC)



Peringat 3 drama Korea terbaik tahun 2013 ditempati oleh Gu Family Book yang sukses melambungkan nama Lee Seung Gi dan juga Bae Suzy. Jalinan cerita kolosal fantasi apik terjalin dengan baik di sini. Pun begitu dengan chemistry yang dijalin oleh dua pemain utamanya ini.

Gu Family Book dibuka dengan menceritakan kisah mitos makhluk suci penjaga Gunung Jiri yang telah menjaga keseimbangan gunung tersebut. Gu Wol Ryung (Choi Jin Hyuk) sudah menjaga Gunung Jiri selama 1000 tahun lamanya. Ia tinggal di sebuah tempat yang tidak bisa dijamah oleh manusia bernama Taman Cahaya Bulan. Wol Ryung hanya mempunyai seorang teman manusia bernama Monk Sojung (Kim Hee Won).

Sojung selalu memperingatkan Wol Ryung untuk tidak mencampuri urusan manusia apapun yang terjadi karena takut akan mengacaukan takdir manusia itu sendiri. Namun karena merasa bosan dengan hidupnya yang datar sebagai makhluk mitos yang hidup abadi, Wol Ryung sering kali berkeliaraan di dunia manusia.

Suatu kali Wol Ryung melihat seorang gadis bernama Yoon Seo Hwa (Lee Yeon Hee) yang sedang diikat di sebuah pohon karena menolak menjadi seorang gisaeng (jika di sini dikenal dengan nama wanita penghibur). Ayah Seo Hwa dijebak oleh Jo Gwan Woong (Lee Sung Jae) sehingga dituding sebagai seorang pengkhianat negara. Akhirnya ayah Seo Hwa pun tewas sedangkan Seo Hwa dan adiknya Yoon Jung Yoon (Lee Da Wit) dijadikan budak.

Seo Hwa yang keturunan bangsawan tentu saja menolak untuk menjadi seorang gisaeng yang dinilainya dapat merendahkan harga dirinya sendiri. Namun Seo Hwa tidak dapat mengelak lagi saat adiknya Jung Yoon dipukul dengan keji di depan matanya sendiri. Akhirnya Seo Hwa pun menyetujui hal tersebut.

Alangkah terkejutnya Seo Hwa saat mengetahui jika ia harus melayani Gwan Woong yang merupakan pembunuh ayahnya sendiri. Melalui bantuan pelayannya akhirnya Seo Hwa dan adiknya berhasil melarikan diri dari rumah hiburan itu. Mereka melarikan diri ke hutan dan sialnya, Jung Yoon tertangkap tanpa sepengetahuan Seo Hwa. Seo Hwa sendiri diselamatkan oleh Wol Ryung yang telah lama mengamatinya. Wol Ryung menunjukkan wujudnya di depan para pengawal Gwan Woong sebagai seorang gumiho.

Gwan Woong yang mengetahui keberadaan gumiho itu meminta bantuan dari Dam Pyeong Joon (Jo Sung Ha) untuk mencari Seo Hwa dan juga Wol Ryung.

Tiga bulan bersama akhirnya membuat Wol Ryung dan Seo Hwa menjadi semakin dekat. Mereka pun menikah di gunung tersebut tanpa mengetahui jika adiknya dan sang pelayan sudah meninggal. Jung Yoon tewas digantung di tengah kota sementara sang pelayan memutuskan gantung diri. Wol Ryung menyembunyikan fakta ini karena takut akan membuat Seo Hwa bersedih, oleh karenanya ia mengatakan pada Seo Hwa jika sang adik dan pelayan hidup dengan baik.

Suatu hari Seo Hwa hendak mencari sayuran di gunung tanpa ditemani oleh Wol Ryung. Para pengawal Gwan Woong melihat Seo Hwa dan membuntuti Seo Hwa. Seo Hwa terdesak dan berusaha meminta pertolongan Wol Ryung. Wol Ryung datang di saat yang tepat dan akhirnya menyelamatkan Seo Hwa. Sialnya, mereka tertangkap oleh Dam Pyeong Joon yang memang sudah mengawasi mereka. Akhirnya semua pasukan datang dan mereka pun terdesak.

Wol Ryung terdesak dan akhirnya berubah wujud menjadi gumiho lagi untuk menyelamatkan Seo Hwa. Pasukan Gwan Woong pun kalah dan akhirnya Wol Ryung membawa Seo Hwa kembali ke taman cahaya bulan. Seo Hwa sangat terkejut melihat perubahan Wol Ryung yang dipanggilnya monster. Karena takut akhirnya Seo Hwa pergi dan kembali pada pasukan Dam Pyeong Joon. Seo Hwa pun dipaksa menunjukkan tempat Wol Ryung bersembunyi.

Dilanda ketakutan dan fakta mengejutkan jika Wol Ryung sudah membohonginya dengan mengatakan sang adik baik-baik saja (padahal sudah meninggal), Seo Hwa pun membawa pasukan Dam ke taman cahaya bulan. Di sana Wol Ryung terkejut mendapati orang yang dicintainya mengkhianatinya. Padahal sebelumnya Wol Ryung sedang dalam proses menjadi seorang manusia dengan bantuan Sojung. Harusnya sedikit lagi, Wol Ryung bisa menjadi manusia seandainya berhasil melewati waktu 100 hari dengan pantangan 3 hal. Namun semuanya gagal karena Seo Hwa. Dalam insiden itu, Wol Ryung tewas dengan tebasan pedang Dam Pyeong Joon.

Sepeninggal Wol Ryung ternyata Seo Hwa sedang mengandung. Akhirnya Seo Hwa melahirkan di dalam gua taman cahaya bulan. Awalnya Seo Hwa hendak membunuh bayinya sendiri karena takut ia melahirkan seorang monster. Namun setelah melihat anaknya, niatnya diurungkan. Seo Hwa pun meminta bantuan pada Sojung untuk membesarkan anaknya. Sedangkan Seo Hwa menemui Gwan Woong dan lantas melukai wajah Gwan Woong dengan pisaunya. Malangnya sebuah tebasan pedang menghunus dada Seo Hwa dan akhirnya Seo Hwa pun berakhir di tempat itu.

Sojung menghanyutkan bayi Seo Hwa di sebuah sungai. Bayi itu akhirnya diambil oleh Park Moo Sol (Eom Hyo Seop). Sojung tiba-tiba muncul dan mengatakan pada Tuan Park jika ia menjaga baik-baik bayi itu, ia akan senantiasa diberkahi langit.

Benar saja, setelah mengangkat bayi yang diberi nama Kang Chi itu, usaha penginapan 100 tahunnya maju pesat, keluarganya pun menjadi salah satu yang terkaya di daerah itu.

20 Tahun Kemudian.

Choi Kang Chi (Lee Seung Gi) tumbuh menjadi pribadi yang ceroboh dan suka bertindak sembrono. Walau ia dibesarkan oleh Tuan Park, namun istri tuan Park sendiri tidak menyukai kehadirannya. Terlebih lagi, ia tahu jika Kang Chi menyukai Park Chung Jo (Lee Yoo Bi) yang merupakan anak perempuannya. Perasaan Kang Chi ternyata tak hanya sebatas cinta sepihak, Chung Jo juga mempunyai perasaan yang sama dengannya.

Sayangnya, Chung Jo hendak dijodohkan dengan bangsawan lainnya untuk memperkuat posisi keluarga Park. Chung Jo tidak dapat menolak keinginan ibunya itu sehingga menuruti saja perjodohan itu. Namun keduanya masih sering bertemu diam-diam. Namun sang ibu mempunyai rencana lain untuk melenyapkan Kang Chi. Ia menyuruh pengawalnya untuk melenyapkan Kang Chi.

Dalam pelariannya itu Kang Chi bertemu dengan Dam Yeo Wool (Bae Suzy). Sebelumnya Yeo Wool diramal akan bertemu dengan jodohnya. Biksu Sojung mengatakan jika sebisa mungkin Yeo Wool harus menghindari pertemuannya dengan Kang Chi di bawah bulan sabit dekat pohon sakura.


Namun ternyata pertemuan itu tak terelakkan karena mereka tetap bertemu.Kang Chi yang terluka akhirnya terjatuh dalam pelukan Yeo Wool. Yeo Wool teringat dengan perkataan Biksu So Jung yang meramalkan hal ini sebelumnya. Apalagi Biksu So Jung mengatakan jika mereka bersatu, salah satu dari mereka akan meninggal. Takdir semakin mendekatkan mereka walau sebenarnya Kang Chi masih mempunyai rasa pada Chang Joo.

Tidak lama berselang, keluarga Tuan Park juga dihancurkan oleh Gwan Woong yang jahat. Ia ingin menguasai penginapan 100 tahun yang terkenal. Sebuah fitnah kembali ia lontarkan, akibatnya Tuan Park juga meninggal dalam insiden itu untuk melindungi Kang Chi dari serangan pedang Gwan Woong. Yang lebih parah lagi, Gwan Woong berniat menjadi pria yang meniduri Cheong Joo setelah Cheong Joo jadi seorang gisaeng.

Akhirnya Chang Joo dan adiknya Tae Seo (Yoo Yun Suk) harus mengalami kejadian yang dialami oleh Seo Hwa, 20 tahun yang lalu. Mereka pun dijadikan budak. Sama seperti Seo Hwa, Chang Joo menolak saat ingin dijadikan seorang gisaeng. Betapapun kerasnya ia dipaksa, Chang Joo selalu melawan dan menolak.


Namun sebuah kejadian mengubah Chang Joo, ia mulai menerima status barunya sebagai seorang gisaeng. Dengan bantuan dari Cheon Soo Ryun (Jung Hye Young) yang merupakan ketua dari para gisaeng, Chang Joo bertekad akan menjadi seorang seniman gisaeng terkenal di sana. Melihat hal ini, Wol Sun (Son Ga Young) menjadi iri dengan Chang Joo. Wol Sun merasa Ketua Cheon pilih kasih dalam mengajarkan seni menabuhkan gendang ala gisaeng. Perseteruan antara Chang Joo dan Wol Sun pun tidak terhindarkan.

Chang Joo sebenarnya masih menyukai Kang Chi, namun saat ia melihat perubahan Kang Chi sebagai seorang gumiho, ia ketakutan dan meminta Kang Chi menjauh darinya. "Kamu bukan Kang Chi, Kang Chi bukan seorang monster."


Hal ini terbalik pada Yeo Wool, walau sudah melihat wujud sebenarnya dari Kang Chi ia senantiasa berada di samping Kang Chi. Dengan bantuannya, akhirnya Kang Chi masuk ke sebuah perguruan yang dibimbing oleh Ayah Yeo Wool yang tak lain adalah pembunuh Ayah Kang Chi di masa lalu. Dam Pyeong Joon melakukan hal itu karena keadaan yang memaksanya.

Di perguruan itu Kang Chi harus belajar untuk mengendalikan kekuatannya sendiri. Ia harus mampu mengendalikan perubahannya tanpa bantuan gelang yang terikat di tangannya.

Suatu saat pasukan pedagang dari Jepang datang ke penginapan 100 tahun, kepala pedagang itu ternyata adalah Seo Hwa yang masih hidup. Sedangkan Wol Ryung yang telah terbenam dalam dedaunan di Gunung Jiri selama 20 tahun pun kembali hidup. Kali ini Wol Ryung kembali dalam wujud iblis 1000 tahun. Keadaan pun memaksa Kang Chi dan Wol Ryung terlibat pertarungan.
Bagaimana akhirnya? Akankah Yeo Wool dan Kang Chi dapat bersatu di tengah ramalan bahwa salah satu dari mereka akan meninggal jika hal itu terjadi? Serta bagaimana serunya pertemuan Kang Chi dengan orangtua kandungnya? Apakah Gwan Woong juga akan mendapat hukuman setimpal dengan perbuatan jahatnya.
 
2. Heirs (SBS)



Runner up untuk drama Korea terbaik tahun 2013 ini jatuh pada Heirs. Drama ini tidak hanya mempunyai rating yang tinggi dan juga populer, sajian kisahnya mampu memikat banyak kalangan. Terlebih lagi menyorot kehidupan glamour para anak-anak dari keluarga kaya di Korea.

Skenarionya Heirs digarap oleh Kim Eun Sook yang sukses membesut drama-drama hits seperti Lovers in Paris, On Air, City Hall, Secret Garden hingga A Gentlemans Dignity. Nama besar penulis skenario ini sudah diakui sebagai pencetak drama-drama hits berating tinggi. Hal ini kembali ia buktikan dalam drama Heirs ini yang sukses menjadi pemuncak rating dengan rating maksimalnya mencapai 25,6 persen di episode terakhirnya. Tak tanggung-tanggung, episode-episode awal drama ini mengambil setting di California USA. Sutradara Kang Shin Hyo cukup berhasil mengambil gambar-gambar indah saat melakukan syuting ke luar negeri ini.

Kisah dibuka dengan keinginan Cha Eun Sang (Park Shin Hye) untuk menyusul kakak perempuannya di California USA untuk melanjutkan kuliah. Sang kakak kuliah di sana, sementara Eun Sang harus banting tulang bekerja sambilan untuk menyambung hidupnya dan juga sang ibu yang hanya menjadi pembantu rumah tangga. Eun Sang mulai merasa hal ini tidak adil, dan ia ingin cepat-cepat bebas dari penderitaannya ini.

Saat sang kakak dikabarkan akan menikah dnegan pria asing yang ditemuinya di sana, Eun Sang memutuskan untuk menyusul sang kakak dan memberikan sendiri uang jutaan won yang dikumpulkan oleh ibu mereka. Siapa sangka saat di sana ia malah bertemu dengan Rachel (Kim Ji Won) yang datang ke sana untuk menemui sang tunangan, Kim Tan (Lee Min Ho).Sebuah kesalapahaman terjadi di sana, terlebih lagi saat Eun Sang berpura-pura sebagai turis Jepang dan hal ini diketahui oleh Rachel.

Sampai di sana, Eun Sang menemukan fakta jika ternyata kakaknya tidak pernah kuliah dan malah menghidupi seorang pria tidak tahu diri. Ia pun menyusul kakaknya yang bekerja di sebuah pantai. Betapa terkejutnya sang kakak melihat penampakan Eun Sang. Namun yang terjadi selanjutnya adalah kakaknya mengambil paksa uang yang dititipkan sang ibu untuknya dan kemudian pergi meninggalkan Eun Sang. Dari kejauhan, Kim Tan melihat pertengkaran dua saudara ini.

Kim Tan juga mengalami masalah dengan saudaranya. Kim Tan lahir dari seorang istri simpanan yang bahkan tidak tercantum dalam kartu keluarga. Kakaknya, Kim Won (Choi Jin Hyuk), malah menunjukkan rasa bencinya pada Kim Tan. Kim Won adalah anak dari istri pertama ayah Kim Tan yang telah meninggal. Kim Won merasa jika Kim Tan adalah ancaman dan mengirimnya ke luar negeri. Mau tidak mau, Kim Tan pun menuruti keinginan sang kakak dengan berharap suatu saat nanti kakaknya akan berubah dan mau menerima kehadirannya.  

Pertemuan tidak sengaja antara Kim Tan dengan Eun Sang ini berlanjut. Eun Sang yang hampir diganggu segerombol preman California akhirnya mendapatkan tawaran dari Kim Tan untuk menginap di tempat tinggalnya saja. Walau awalnya merasa canggung akhirnya ia menerima tawaran itu juga karena hanya Kim Tan saja yang ia kenal di sana.

Konflik semakin seru saat Rachel datang dan menemukan Eun Sang sudah berada di rumah tunangannya. Rachel marah besar dan mengusir Eun Sang tanpa sepengetahuan Kim Tan. Mulai dari sini, Kim Tan mulai menunjukkan kepeduliannya pada Eun Sang. Kim Tan juga tidak pernah menyukai Rachel karena pertunangan mereka tidak lebih dari sekedar hubungan bisnis antara para chebol (orang kaya).

Kembali ke Korea, Eun Sang akhirnya tinggal di rumah Kim Tan. Ternyata, ibu Eun Sang yang seorang tuna rungu bekerja untuk ibu kandung Kim Tan. Tak lama, Kim Tan pun kembali ke Korea untuk memulai semuanya kembali, tanpa ia ketahui jika Eun Sang juga tinggal di rumah yang sama dengannya. Namun akhirnya Kim Tan yang pertama menyadari jika Eun Sang tinggal di rumahnya sebagai anak pembantu ibunya. Walau begitu, nampaknya Kim Tan sudah jatuh hari pada sosok Eun Sang. Kim Tan bahkan menjemput Eun Sang di sekolahnya saat kembali ke Korea. Eun Sang yang mengira tidak akan pernah bertemu Kim Tan lagi terkejut dengan kedatangan Kim Tan karena ia mengira tidak akan pernah bisa lagi bertemu dengan Kim Tan.

Ayah Kim Tan memberikan beasiswa kepada Eun Sang di sekolah mewah miliknya dengan motif ingin menunjukkan perbedaan derajat Eun Sang dan Kim Tan. Ayah Kim Tan sudah mengetahui jika Kim Tan menaruh hati pada gadis yang menurutnya jauh di bawah level keluarganya. Masuk ke sekolah baru nan mewah, membuat Eun Sang dikira sebagai orang kaya baru. Hanya Kim Tan, Choi Young Do (Kim Woo Bin), Yoon Chan Young (Kang Min Hyuk) yang mengetahui asal usul Eun Sang.

Sekolah di sekolah mewah ini membuat Eun Sang serasa sulit bernafas. Terlebih lagi terdapat penggolongan kekayaan murid-murid di Empire High School ini.




1. Reply 1994 (tvN)



Drama yang tayang di TV kabel tvN ini akhirnya menjadi drama terbaik nomor satu versi kami. Sajian kisahnya dibangun dengan apik dan banyak memberikan kejutan-kejutan di setiap episodenya. Drama ini juga menjadi drama Korea dengan rating tertinggi selama sejarah penyangan drama Korea di TV kabel. Rating episode terakhirnya berhasil membukukan sebesar 11,9 persen. Angka yang fantastis untuk sebuah drama TV kabel. 
Drama ini dibintangi oleh aktris cantik Go Ara. Sama seperti judulnya, setting kisahnya mengambil latar tahun 1994 (nantinya berkembang menuju tahun-tahun berikutnya). Premis ceritanya sama seperti Reply 1997 (tahun lalu juga masuk daftar top 10 drama Korea terbaik 2012. Penonton diajak menebak siapa suami Na Jung (Go Ara) sebenarnya. Kisahnya flashback ke tahun 1990-an. 

Alur ceritanya disajikan dengan greget. Penonton diajak menebak-nebak apakah pria ini atau pria itu yang akhirnya berhasil mendapatkan hati Na Jung. Ada dua kandidat kuat : pertama adalah Trash Oppa (Jung Woo) yang di awal cerita dikisahkan sebagai kakak Na Jung, siapa sangka ternyata ia bukanlah kakak kandung Na Jung. Yang kedua adalah Chil Bong (Yoo Yeon Seok). Ia adalah seorang pemain baseball professional. Ia tinggal di rumah Na Jung untuk semakin dekat dengan sang gadis pujaan. 

Penonton akan terbagi menjadi dua kubu. Pendukung Na Jung-Trash Oppa dan juga Na Jung-Chil Bong. Dua-duanya manis dan bersikap baik pada Na Jung. Na Jung sendiri memendam rasa pada Trash Oppa namun tanpa ia sadari ia begitu nyaman dan menjadi dirinya apa adanya saat bersama dengan Chil Bong yang terus setia menunggunya. Bahkan, saat Chil Bong bisa dengan mudah mendapatkan gadis lain yang lebih cantik, ia memilih setia pada hatinya yang telah tertambat pada Na Jung. 

Di boarding house Na Jung juga tinggal mahasiswa perantauan lainnya seperti Samchunpo (Kim Sung Kyun), Haetae (Son Ho Jun), Binggeure (Baro) dan Jo Yoon Jin (Min Do Hee). Mereka semua datang dari daerah rantauan yang berbeda-beda dan karakter unik yang kuat. Samchunpo adalah yang termuda di antara mereka dari segi umur, namun tidak dari segi wajah. Banyak yang tak mengira jika ia sebenarnya masih muda berdasarkan wajahnya tersebut. Samchunpo adalah teman sekamar Haetae. Mereka sangat bertolak belakang, dan sering cekcok namun juga sering bersama. Persahabatan mereka diwarnai dengan berbagai perasaan yang campur aduk. 

Sedangkan Binggeure adalah sosok pemuda yang diam dan polos. Cita-citanya malah ingin masuk ke dunia seni, namun karena keinginan orangtuanya ia masuk kedokteran. Pada akhirnya, ia mengambil cuti kuliah dan lebih memilih bekerja tanpa sepengetahuan orangtuanya. Dari sini, ia malah dekat dengan Trash Oppa yang mau memperhatikan dan memperdulikannya. Dari sini berkembang perasaan yang menunjukkan ketertarikan sesama jenis. Walau begitu, Trash Oppa sendiri hanya menganggap Binggrae sebagai adiknya saja. 

Kisah cinta Jo Yoon Jin dan Samchunpo juga sangat unik. Mereka sering terlibat cekcok dan saling tidak menyukai. Namun saat berlibur ke daerah tempat tinggal Samchunpo, pulangnya mereka malah jadian dan mulai merajut kasih. 

Siapa yang pada akhirnya akan menjadi suami Na Jung? Tonton sendiri untuk jawaban selengkapnya. 

Credit : Inisajamo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads