Friday, December 15, 2017

(News) JJ Project ‘Verse 2’ Rank 5 on Billboard Top 20 Best Kpop Album of 2017



Sedikit demi sedikit, perlahan namun pasti, boygroup bentukan JYP Entertainment ini mulai menunjukkan peningkatan popularitas yang signifikan. Walaupun harus diakui masih belum dapat menyaingi popularitas EXO ataupun BTS, namun setidaknya GOT7 dan juga Sub Unit mereka, yaitu JJ Project telah membuktikan bahwa mereka juga layak diperhitungkan. Berbagai prestasi telah mereka raih, tak hanya prestasi di dalam negeri dengan merajai situs musik Hanteo atau Gaon Chart namun juga sukses menduduki Top Chart Billboard World Album tak lama setelah album dirilis, sudah merupakan bukti bahwa walaupun Fans Korea Selatan masih “tidur” saat ini, namun dunia telah mengakui popularitas dan bakat GOT7 dan JJ Project yang sayangnya tak dapat dilihat oleh para fans dari Korea Selatan.

“(News) JJ Project ‘Verse 2’ Rank 5 on Billboard Top 20 Best Kpop Album of 2017”





Menjelang akhir tahun 2017, Billboard telah merilis "Billboard Top 20 Best Kpop Albums of 2017" atau dengan nama lainnya “Billboard Top 20 Best Kpop Album sepanjang tahun 2017.” Para kritikus dari Billboard telah bekerja dengan hati-hati, obyektif serta dengan penilaian yang sangat-sangat adil dan tak hanya berdasarkan popularitas ataupun “Fenomena tenar dalam sekejap” semata, melainkan berdasarkan mutu, kreatifitas dan kualitas dari sebuah Album tersebut.

Melihat perkembangan dunia musik Korea Selatan alias Kpop yang sudah mendunia, bahkan mampu menembus pasar Amerika dan Eropa, maka untuk memberi apresiasi kepada para musisi bertalenta yang telah bekerja keras sepanjang tahun, Billboard telah memilih 20 Besar Album Kpop Terbaik sepanjang tahun 2017.
 

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya dipilih 10 besar di antara banyaknya musisi Kpop dan juga album Kpop yang bergantian menduduki puncak tangga Billboard, tahun 2017 ini, Billboard memutuskan untuk menambah daftar peringkat menjadi 20 Besar.

Hasil penilaian berdasarkan mutu, kreatifitas, dan kualitas dengan juga mempertimbangkan aspek lain seperti popularitas sang artis di Amerika, Eropa dan juga belahan dunia lain.


Berikut ini adalah daftar 20 Besar Album Kpop Terbaik sepanjang tahun 2017 versi Billboard atau dengan nama lain “Billboard Top 20 Best Kpop Album of 2017” : 
1. IU - 'Palette'  
2. Epik High - 'We've Done Something Wonderful'  
3. BTS - 'Love Yourself - Her'  
4. Baek Ah Yeon - 'Bittersweet' 
5. JJ Project - 'Verse 2' 
Menyusul kesuksesan GOT7 yang selalu sukses menduduki posisi puncak Billboard World Album, kali ini duo boygroup yang debut di tahun 2012 dan yang sekarang resmi menjadi Sub Unit GOT7, yaitu JJ Project juga turut meraih prestasi yang tak kalah membanggakan dari GOT7.


Duo Boygroup yang beranggotakan Leader JB dan Jin Young ini sukses mencetak prestasi comeback yang luar biasa. JJ Project “Verse 2” yang resmi dirilis pada tanggal 31 Juli 2017 lalu, tak hanya berhasil merajai Itunes Chart di 20 negara di dunia, namun juga sukses menduduki Posisi 2 dalam “Billboard World Album” dan Posisi 1 dalam “Hanteo Daily Chart”  serta “Hanteo Weekly Chart” tak lama setelah dirilis.

Merajai Itunes Chart di 20 negara di dunia

 No 2 on Billboard World Album

No 1 on Hanteo Daily Chart 

No 1 on Hanteo Weekly Chart

JJ Project “Verse 2” pun sukses menjual lebih dari 20.000 copy dalam waktu sehari setelah dirilis (One Day Sales), yaitu tepatnya 22,199 copy melebihi prestasi JJ Project “Bounce” yang hanya mampu meraih total penjualan sebanyak 12,833 copy album.
 
JJ Project "Bounce"


Tak hanya sukses mengungguli prestasi JJ Project “Bounce”, JJ Project “Verse 2” pun berhasil mengungguli pencapaian prestasi GOT7 “Flight Log: Departure” yang berhasil menjual sebanyak 9,458 copy album dan juga GOT7 “Flight Log: Turbulence” yang berhasil menjual sebanyak 20,852 copy album dalam waktu sehari setelah dirilis (One Day Sales). 

Mengungguli GOT7 "Flight Log: Departure" dan GOT7 "Flight Log: Turbulence"

JJ Project “Verse 2” juga berhasil meraih total penjualan album sebanyak 118,309 copy album (saat artikel ini ditulis 15/12/2017). Hasil yang membanggakan ini tentu saja membuat JJ Project “Verse 2” layak berada di Peringkat ke-11 (walau seharusnya naik ke posisi ke-10 mengingat NCT 127 hanya menjual sebanyak 103,017 copy album sedangkan JJ Project "Verse 2" menjual sebanyak 118,309 copy album) dalam "Hanteo Best Selling Boygroup Album 2017".



Namun ternyata, tak hanya sukses meraih prestasi yang luar biasa dalam “Hanteo Best Selling Boygroup Album 2017”, duo boygroup tampan yang dipimpin oleh Leader JB inipun sukses “mendepak” GOT7 dan terpilih sebagai salah satu "Album Kpop Terbaik 2017 versi Billboard" di posisi ke-5.


Hal ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan untuk JJ Project, mengingat ini adalah album comeback duo JB dan Jin Young setelah 5 tahun lamanya dan terlebih lagi mereka memiliki banyak tekanan karena harus kembali berdua setelah selama ini komplit bertujuh.

Walau JJ Project belum mampu membawa pulang satupun tropi kemenangan dalam berbagai acara musik di Korea Selatan, namun JB dan Jin Young tetap mampu membuktikan bahwa mereka layak diperhitungkan dengan duduk manis di Posisi 5 Besar dalam “Billboard Top 20 Best Kpop Album of 2017” dan mengalahkan sejumlah nama tenar lainnya seperti : EXO “The War”, Red Velvet “Perfec Velvet”, Taeyeon “My Voice”, Twice “Twicetagram” dll.


JJ Project “Verse 2” bahkan mengungguli prestasi yang diraih GOT7 “Flight Log: Arrival” yang rilis lebih dulu, jika melihat dengan tak adanya nama GOT7 dalam daftar "20 Besar Album Kpop Terbaik 2017". Walaupun faktanya GOT7 telah merilis dua buah Mini Album di tahun 2017 yaitu “Flight Log: Arrival” dan “7 For 7”. Tak masalah, JJ Project sudah mewakili GOT7, kan?

Ini adalah hasil yang sangat membanggakan dan luar biasa yang tentunya akan menjadi kenangan terindah untuk JB dan Jin Young, sebagai bukti bahwa kerja keras dan bakat mereka ternyata diakui oleh dunia, walaupun masih dipandang rendah oleh warga Korea Selatan itu sendiri.


JB dan Jin Young sangat berharap mereka bisa membawa pulang tropi kemenangan pertama sebagai JJ Project namun sepertinya takdir belum berpihak pada mereka. Tapi walaupun begitu, takdir telah memberikan JJ Project “ganti” yang lebih baik dari sekedar tropi kemenangan dalam acara musik Korea Selatan, yaitu “PENGAKUAN OLEH BILLBOARD”.

Manakah yang lebih membanggakan, pengakuan oleh dunia yang diwakili Billboard atau hanya pengakuan dari warga Korea Selatan yang diwakili oleh tropi dalam acara musik? Kalian pasti tahu jawabannya ^_^ Tak masalah Korea memandang rendah mereka, yang paling penting adalah DUNIA MENGAKUINYA hehehe ^_^

Selamat untuk JJ Project ^_^ Kalian layak menjadi yang terbaik, namun Top 5 pun tetap adalah hasil yang membanggakan.


6. Bobby - 'Love and Fall'  
7. Heize - '///'  
8. Highlight - 'Can You Feel It?'  
9. Suran - 'Walkin'  
10. Red Velvet - 'Perfect Velvet'  


11. EXO - 'The War'  
12. Glen Check - 'The Glen Check Experience'  
13. B1A4 - 'Rollin'  
14. Zion.T - 'OO'  
15. Taeyeon - 'My Voice'  
16. CNBLUE - '7 °CN'  
17. Taemin - 'Move'  
18. Seventeen - 'AI1'  
19. TWICE - 'Twicetagram'  
20. Lee Hyori - 'Black'

Inilah para musisi yang dipilih secara langsung oleh para kritikus Billboard yang dianggap layak untuk berada dalam “Billboard Top 20 Best Kpop Album of 2017”. Adakah idolamu di sana?  



To JJ Project, selamat ya ^_^ Tuhan memberi kalian "Ganti" yang lebih indah dan bergengsi daripada sekedar tropi kemenangan di tingkat Nasional. Billboard World vs Tropi acara musik Korea, semua tahu mana yang lebih bergengsi dan membanggakan. Tak dapat tropi, tak masalah, JJ Project telah mendapatkan penghargaan Billboard sebagai "ganti"nya ^_^ Fighting !!! You still make us proud.

Written by : Liliana Tan 
Note : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.