Friday, December 1, 2017

(News) Prestasi GOT7 - You Are



Masih membahas tentang Mini Album ketujuh GOT7 bertitle “7 For 7” yang resmi dirilis pada tanggal 10 Oktober 2017. Walaupun terjadi penurunan yang signifikan dalam hal viewers Youtube dibandingkan dengan pencapaian MV GOT7 “Never Ever” di mana dalam “Never Ever”, GOT7 berhasil mendapatkan 4 juta penonton lebih dalam waktu 24 jam dan 10 juta penonton dalam waktu 48 jam, di mana hal ini tidak dapat dicapai oleh MV GOT7 “You Are” yang hanya mendapatkan 6,1 juta penonton dalam waktu 48 jam setelah dirilis dan 4 juta penonton lebih dalam waktu 24 jam setelah dirilis.

Sangat disayangkan karena target awal sebenarnya adalah 7 juta penonton dalam waktu 24 jam. Well, youtube viewers bukanlah satu-satunya ukuran keberhasilan seorang artis, benarkan? Walaupun harus diakui bila sistem penilaian di berbagai acara musik di Korea Selatan memang menjadikan Youtube viewers sebagai salah satu ukuran penilaian mereka. Well, accept the truth and let’s move on...Walaupun gagal mencapai target dalam hal viewers Youtube setidaknya ada kabar baik yang juga tak boleh dilupakan. Apakah itu? Let’s Check this out below...

“(News) Prestasi GOT7 - You Are”

 




GOT7 yang baru saja merilis album comeback bertitle “7 For 7” pada tanggal 10 Oktober 2017 lalu dengan Title Track (Lagu Utama) berjudul “You Are”, walaupun kurang mendapatkan hasil yang menggembirakan dalam hal viewers Youtube yang tampak jauh dari harapan dan masih belum sanggup membawa pulang satupun piala/tropi kemenangan dalam berbagai acara musik di Korea Selatan, namun setidaknya GOT7 telah mencapai hasil yang cukup membanggakan dalam comeback kali ini.

Selain karena ini adalah untuk pertama kalinya bagi mereka menggunakan Title Track (Lagu Utama) yang merupakan ciptaan member sendiri, lebih tepatnya ciptaan Sang Leader – JB, namun juga karena Title Track “You Are” sukses merajai Itunes Chart di 16 negara di dunia tak lama setelah album tersebut dirilis.


Selain itu, berbagai prestasi yang cukup membanggakan lainnya juga berhasil ditorehkan oleh boygrup bentukan JYP Entertainment yang dipimpin oleh Leader JB ini. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan oleh GOT7 “You Are” sejak hari pertama dirilis :
1. Sukses menduduki Billboard Album Chart. 
* No 2 = World Album 
* No 6 = Heatseeker Album 
* No 13 = Social 50 
* No 88 = Top Album Sales


2. Rank No 1 Itunes di 16 Negara di dunia. 
Terlihat dalam gambar, GOT7 “You Are” sukses menduduki posisi nomor 1 Itunes Chart di 16 negara di dunia, di antaranya : Malaysia, Filipina, Singapura, Brazil, Finlandia, HongKong, Mexico, Paraguay, Thailand, Taiwan, Vietnam, Brunei Darussalam, Ekuador, Estonia, Hungaria dan Kazakhtan



Walaupun JJ Project “Verse 2” berhasil meraih prestasi yang lebih baik karena sukses merajai Itunes Chart di 20 negara di dunia, namun pencapaian ini jelas masih jauh lebih baik dibandingkan GOT7 “Never Ever” yang hanya merajai Itunes Chart di 6 negara saja yaitu : Vietnam, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand.


3. Rank No 1 on “US Pop and Kpop Chart” and No 2 on “US Album Itunes Chart”. 
GOT7 “You Are” juga berhasil menduduki posisi puncak dalam “US Pop and Kpop Chart” dan duduk di posisi nomor 2 dalam “US Album Itunes Chart”.


4. Rank No 5 Kpop Artist yang debut menjadi No 1 di Worldwide Chart. 
GOT7 tak hanya sukses menduduki tangga lagu No 1 di 16 negara di dunia namun juga sukses menjadi idola Kpop ke-5 yang berhasil debut menjadi No 1 di Worldwide Chart. Bisa dilihat dalam gambar, sebelum mereka ada para boyband beken seperti : BTS, EXO, G-Dragon dan Taeyang.


5. Rank No 1 on Gaon Weekly Album Chart. 
GOT7 “You Are” juga sukses menduduki puncak tangga No 1 dalam Gaon Weekly Album Chart tak lama setelah dirilis.



6. Sukses menduduki berbagai Chart Musik di Korea Selatan. 
Tak lama setelah dirilis, GOT7 “You Are” juga sukses menduduki berbagai chart digital musik di berbagai situs online resmi di Korea Selatan, menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan. 


* No 1 = Genie 
* No 1 = Naver 
* No 2 = MNET 
* No 7 = Bugs 
* No 38 = Soribada 
* No 42 = Melon



7. Rank No 4 on India Tunes 
GOT7 “You Are” juga menunjukkan prestasi yang cukup lumayan dengan menduduki Rank 4 dalam India Tunes.


8. Sukses menduduki Chart di berbagai Kategori Musik Gaon Music Chart Periode 8 – 14 Oktober 2017. 


* No 2 = Album 


* No 2 = Social 
 

* No 12 = Digital 


* No 12 = Download 
 

* No 21 = Mobile 


* No 60 = BGM 


* No 89 = Streaming


9. Best Selling Boygroup on Hanteo 
Untuk kategori ini, sebenarnya tak hanya GOT7 “7 For 7” saja yang masuk dalam daftar, namun juga GOT7 “Flight Log: Arrival” dan JJ Project “Verse 2” yang berturut-turut berada dalam peringkat 7, 9 dan 11. 


* No 7 = GOT7 “Flight Log : Arrival” dengan penjualan album sebanyak 263,771 copy album. 
* No 9 = GOT7 “7 For 7” dengan penjualan album sebanyak 203,980 copy album. 
* No 11 = JJ Project “Verse 2” dengan penjualan album sebanyak 102,517 copy album.


10. Daftar Lagu dengan LIKE TERBANYAK di situs musik Genie. 
Prestasi membanggakan lainnya adalah dengan berhasil menjadi lagu dengan jumlah like terbanyak di situs musik Genie. Di mana dalam kategori ini, tak hanya GOT7 “You Are” yang berhasil mendapat like dari banyak pendengar online namun prestasi yang sama juga berhasil ditorehkan oleh GOT7 “Never Ever” dan JJ Project “Tomorrow Today”. 


* No 1 = GOT7 “You Are”. 
* No 5 = GOT7 “Never Ever”. 
* No 8 = JJ Project “Tomorrow Today”.


11. Top Chart untuk kategori “New Korean Release” di KUGOU, China. 
Tak hanya itu, Title Track “You Are” juga menjadi Top Chart dalam kategori “New Korean Release” di KUGOU, salah satu site musik terbesar di China.

12. Kenaikan Jumlah Penjualan untuk 1’st Day Sales (Penjualan di Hari Pertama). 
Terlihat dalam grafik di bawah ini, GOT7 selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap kali mereka merilis sebuah album baru. Hal yang sama pun terjadi pada Mini Album ketujuh GOT7 bertile “7 For 7” kali ini. Mini Album GOT7 sebelumnya yaitu “Flight Log : Arrival” sukses menjual sebanyak 40,810 copy dan GOT7 “7 For 7” sukses menjual sebanyak 64.117 copy.


Berikut perbandingannya : 
* Flight Log : Departure = 9,458 copy album 
* Flight Log : Turbulence = 20,852 copy album 
* Flight Log : Arrival = 40,810 copy album 
* 7 For 7 = 64,117 copy album


Inilah beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh GOT7 “You Are” dalam comeback kali ini. Meski masih belum mampu meraih satupun tropi kemenangan di berbagai acara musik di Korea Selatan, namun Tropi tersebut bukanlah satu-satunya tolok ukur atau acuan bagi seorang idola untuk dapat disebut gagal atau berhasil.

Karena ada berbagai kriteria lain, selain tropi di acara musik yang dapat dijadikan acun untuk mengukur kesuksesan seorang idola dan sangat picik rasanya jika menilai kesuksesan seorang idola hanya berdasarkan berapa banyak tropi yang berhasil mereka menangkan dalam setiap comeback.


Kesuksesan yang sebenarnya terletak pada kemampuan seorang idola dalam menciptakan sebuah karya yang sarat akan makna, bukan hanya sekedar siapa yang sedang tenar sekarang maka merekalah yang terbaik. Tidak sama sekali.

Karena tropi ataupun viewers youtube dapat diraih dengan mudah apabila seorang idola memiliki DUKUNGAN MASSA dan FANS YANG MEMBLUDAK, tidak peduli karya mereka bermutu atau tidak. Karena tropi di berbagai acara musik tersebut didapatkan bukan berdasarkan karya siapa yang lebih bermutu melainkan siapa idola yang sekarang sedang tenar-tenarnya.


Tenar dan memiliki tropi yang banyak tapi karyanya gak mutu dan hasil plagiat, bukankah itu percuma? Itu sama seperti kalian mendapatkan Juara 1 di kelas dengan mencontek ujian orang lain atau lebih parah lagi membeli kunci jawaban atau mungkin menyuap wali kelas hahaha ^_^ Itu adalah kemenangan yang memalukan, benarkan?

Written by : Liliana Tan 
Credit : Soompi + berbagai sumber
Note : DILARANG MENGCOPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.