Thursday, January 4, 2018

Keteguhan Cinta, Drama Taiwan era 1990-an yang menguras airmata



Generasi 1990-an, ayo angkat tanganmu! Bagi siapa yang merasa terlahir di era tahun 1980-an dan mengalami masa remaja di tahun 1990-an pasti tak asing lagi dengan serial drama Taiwan menguras airmata yang satu ini, "Keteguhan Cinta". Serial Produksi Taiwan tahun 1994 ini dibintangi oleh si cantik dan imut, Gloria Yip yang berperan sebagai gadis buta. Pertama kali mengenal Gloria sebenarnya bukan dari serial drama ini melainkan dari film lepas “Flying Dagger” bersama Jimmy Lin, Tony Leung, dan Maggie Cheung. 

Saat itu penulis sempat men-shipperkan Gloria dengan Jimmy Lin karena sama-sama imut dan seumuran, namun sayang mereka tidak berjodoh karena Gloria akhirnya menikah dengan seorang pengusaha Mainan dan sempat memiliki dua orang anak yaitu laki-laki dan perempuan, walau kini telah bercerai. Selain itu, juga melalui lagu hitsnya yang berjudul “Chen Te Ai Wo Ciu Pu Yao Rang Wo Sang Sin (Bila sungguh-sungguh mencintaiku, jangan biarkan aku bersedih)”. Barulah kemudian, penulis melihatnya di drama ini. Indosiar mengubah judul asli drama ini yang aslinya adalah “The Journey Towards Blessings” menjadi “Keteguhan Cinta” sehingga membuat penulis kesulitan mencari informasi tentang drama ini. 

Namun setelah menjelajahi situs China dengan berpatokan pada Profil Gloria Yip, akhirnya penulis berhasil menemukan sedikit informasi tentang drama lawas era 1990-an ini. Artikel ini dibuat berdasarkan request dari seorang teman yang entah kenapa tiba-tiba kangen dengan drama jadul ini, “Brigitta Aprillia”, this is your request ^_^ Give me applouse ^_^ Demi memenuhi requestmu, aku sampai belain “mengarungi” Laut China Selatan loh hahaha ^_^ Happy Reading... 

Oh ya, mungkin HANYA ini satu-satunya blog Indonesia yang membahas tentang drama ini karena sebelumnya saya nyari di google belum ada blog berbahasa Indonesia yang bahas, jadi kalau misalnya ada yang ingin merepost, TOLONG SERTAKAN CREDITNYA (blog ini) karena saya yakin Anda pasti mengambil referensi dari blog ini karena blog ini adalah blog Indonesia pertama yang membahas drama jadul ini. Bloggernya nyarinya susah, tolong HARGAI, ya ^_^

“Keteguhan Cinta, Drama Taiwan era 1990-an yang menguras airmata”






Jika Anda pernah menikmati masa remaja yang bahagia dan penuh damai di era 1990-an pasti tak asing lagi dengan serial drama satu ini, "Keteguhan Cinta". Jauh sebelum Gelombang Korea “menyapu” Indonesia (dan akhirnya sekarang juga telah musnah), pertelevisian Indonesia terlebih dahulu didominasi oleh serial drama Taiwan dan juga serial silat/wuxia. 

Serial drama Taiwan sempat ditayangkan di Indonesia dan mendapatkan sambutan hangat. Baik serial drama modern seperti “Keteguhan Cinta”, ataupun yang berkostum kuno seperti “Giok Di Tengah Salju, Putri Sin Ye (drama pertama tentang Pelakor yang aslinya penulis benci setengah mati T__T Masak pelakor malah jadi lakon dan menang???? Ggggrrrr *geregetan*), Putri Bunga Persik, Setulus Cinta, Belenggu Pintu Cinta, dll. 

Namun kali ini, kita akan berfokus pada “Keteguhan Cinta”. Sudah ingat tentang drama ini? Belum Ingat? Oke, bagaimana dengan lirik lagu ini : “Lihat saja di mataku, tiada dendam, tiada duka. Doaku semoga kau bahagia. Saat ini kuinginkan, tuk meraih masa depan, bahagia pasti kan kujelang...”

     


Apakah kalian merasa pernah mendengarnya di suatu tempat? Yup, itu adalah soundrack drama Taiwan “Keteguhan Cinta” yang dinyanyikan oleh Paramitha Rusady. Sudah ingat kan, sekarang? ^_^ 

"Keteguhan Cinta", berkisah tentang seorang gadis buta (Gloria Yip) bernama Xu Kai Ching, yang jatuh cinta pada kakak angkatnya, Yi Hang (Lin Rui Yang) namun sayang cintanya bertepuk sebelah tangan karena si kakak angkat telah memiliki seorang kekasih, Tian Xin Di (Crystal Chang Yu Yan) dan akhirnya menikahi kekasihnya itu hiks T_T 

Uda buta, bertepuk sebelah tangan pula cintanya, ngenes amat T__T Padahal kekasih kakaknya itu jelek, lebih imut dan cantik Gloria Yip ke mana-mana. Mungkin yang buta aslinya kakaknya hahaha ^_^ Dikasih cewek imut dan cantik, milihnya yang jelek dan tua *blogger sadis kalau uda gak suka sama seseorang*

Soundtrack Asli. Beda banget sama lagunya Paramitha Rusady. Awalnya kupikir kalau Paramitha Rusady menyanyikan soundtrack yang sudah dialih bahasakan, tapi ternyata salah. Soundtracknya beda banget. 

Drama Profile : 
Judul Indonesia : Keteguhan Cinta
Judul Asli : The Journey Towards Blessing (Lu Chang Ching Kheng Chang/路長情更長)
No. Of Episode : 40 episode
Starring (主演) :
* Lin Rui Yang (林瑞阳) as Ou Yi Hang
* Gloria Yip () as Xu Kai Ching
* Meng Da Wei
* Crystal Chang Yu Yan (嬿) as Tian Xin Di
Genre (类别) : Drama (剧情), Life (生活), Emotion (情感)
Production (地区) : Taiwan (台湾) 1994
Broadcasting : 11 Juli 1994 – 19 Agustus 1994


Sinopsis : 
Ou Yi Hang (Kevin Lin Rui Yang) adalah anak angkat yang diadopsi sejak kecil oleh keluarga Xu. Yi Hang dan Kai Ching (Gloria Yip) awalnya tumbuh bersama sejak kecil sebagai kakak beradik. Namun kemudian, Yi Hang dan Kai Ching mengetahui bahwa Yi Hang ternyata hanyalah anak angkat keluarga Xu. Yi Hang berkata dia ingin menemui orang tua kandungnya yang menurut informasi kini tinggal di Amerika.

Keluarga Xu menyetujui keinginan Yi Hang. Suami istri Xu dan kedua anak mereka yaitu Kai Ching dan adik laki-lakinya juga ikut mengantarkan Yi Hang ke bandara. Namun naas, dalam perjalanan ke bandara, mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan.

Nyonya Xu (Ibu Kai Ching) meninggal dunia dan kedua anak mereka mengalami kebutaan. Kai Ching dan adik laki-lakinya akhirnya disekolahkan di sebuah sekolah khusus disabilitas alias sekolah khusus anak-anak buta, yang juga menyediakan asrama. Sementara Yi Hang tetap dikirim ke Amerika karena keluarga Xu menganggap Yi Hang adalah penyebab kecelakaan tersebut hingga tidak ingin melihatnya lagi.


Di Amerika, Yi Hang bertemu dengan seorang wanita bernama Tian Xin Di (Crystal Chang Yu Yan) dan akhirnya merekapun jatuh cinta. Sementara Kai Ching, bertemu dengan seorang pemuda yang juga mengalami masalah kebutaan bernama Meng Da Wei dan merekapun berteman baik.

Beberapa tahun berlalu, Yi Hang pun kembali ke Taiwan dan menemui Kai Ching di sekolahnya. Kai Ching sangat senang mengetahui bahwa “kakaknya” telah kembali, namun kebahagiaannya langsung musnah saat mengetahui bahwa sang “kakak” telah memiliki wanita yang dicintai.

Kai Ching dan adik laki-lakinya telah menjalani operasi berkali-kali namun selalu gagal. Berbeda dengan Meng Da Wei yang beruntung karena berhasil melihat kembali walau hanya sekali menjalani operasi mata. Da Wei segera menemui Kai Ching setelah dia dapat melihat kembali dan jatuh hati pada wajahnya yang cantik, Kai Ching tak hanya baik dan lembut namun juga sangat cantik.

Namun sayang, Kai Ching hanya mencintai Yi Hang. Dan Kai Ching pun sempat menggunakan segala cara untuk memisahkan Yi Hang dan Xin Di termasuk memanfaatkan kebutaannya agar Yi Hang tetap tinggal di sisinya. Namun semuanya sia-sia, cinta Yi Hang terhadap Xin Di sangat kuat. (Sebel T__T Dasar buta! Yi Hang kale yang buta, bukan Kai Ching! Xin Di loh elek, tuwek, gak ayu blas...Lebih cantik dan lebih imut Kai Ching ke mana-mana T__T)

Yi Hang dan Tian Xin Di. Jelek dan tua kan ceweknya. Gak suka >__<

Di sisi lain, Nenek Da Wei sangat tidak menyukai Kai Ching karena Kai Ching adalah gadis buta dan diapun mengetahui bahwa cinta cucunya bertepuk sebelah tangan. Tak ingin melihat cucu kesayangannya selalu terluka karena gadis buta itu, wanita tua itupun selalu melakukan segala cara agar cucunya menjauhi Kai Ching.

Suatu ketika, Yi Hang mengetahui kebenaran bahwa ternyata dia adalah anak haram hasil perselingkuhan Sang Ayah dengan ibunya. Ayah Yi Hang ternyata adalah ayah Da Wei, jadi dengan kata lain Yi Hang dan Da Wei bersaudara meski tidak lahir dari rahim wanita yang sama.

Itulah sebabnya sang Ibu membuang Yi Hang karena tidak ingin anaknya malu bila mengetahui yang sebenarnya. Mengetahui bahwa Yi Hang selalu menyakiti hati Kai Ching, keluarga Xu lebih setuju bila Kai Ching menjalani hubungan dengan Da Wei yang tak hanya mencintainya dengan tulus, namun juga kaya, tampan dan berasal dari keluarga yang terhormat.

Namun Nenek Da Wei semakin membenci Kai Ching saat mengetahui bahwa kakak angkat Kai Ching adalah anak haram dari putranya, anak haram yang telah membuat aib keluarga. Apalagi sejak awal Nenek Da Wei mengetahui bahwa Kai Ching telah menolak Da Wei demi sang anak haram.


Akhirnya demi kebaikan semua orang, setelah Yi Hang dan Xin Di menikah, mereka berdua memutuskan untuk kembali ke Amerika. Setelah Yi Hang pergi, Kai Ching pun menyadari jika Da Wei adalah satu-satunya orang yang selama ini selalu peduli padanya. Diapun berusaha mendekatkan dirinya dengan Nenek Da Wei. Kai Ching ingin memulai hidup baru dengan pria yang mencintainya dengan tulus, bukan dengan pria yang selalu menyakiti hatinya demi wanita lain.

Di akhir episode, Nenek Da Wei akhirnya mulai bisa menerima Kai Ching dengan segala keterbatasannya. Kai Ching tampak berbahagia dengan Da Wei. Lalu tak lama kemudian, Yi Hang dan istrinya kembali ke Taiwan untuk menemui adik-adiknya, Da Wei dan Kai Ching dan mereka berempat pun tampak menari-nari dengan gembira di halaman.

Blogger Opinion :
Ini adalah sinopsis cerita menurut ingatan penulis. Maaf kalau ternyata alurnya salah. Lupa-lupa inget soalnya. Maklum, nih drama usianya sama kayak usianya JB GOT7 (idola penulis sekarang) wkwkkwk ^_^ Pokoknya kurang lebih seperti itu. Maaf kalau melenceng sedikit... Sebenarnya sih kalau dilihat lagi, daripada Yi Hang, lebih ganteng Da Wei. Tulus pula cintanya, daripada Yi Hang yang menyakiti hati Kai Ching berkali-kali.

Penulis lebih setuju Kai Ching ma Da Wei, tapi lebih setuju lagi kalau tuh Tian Xin Di mati aja, uda jelek, tuwek, bahagia pula. Enak amat hidup loe! T__T Setidaknya Xin Di gak buta, kan? Ngalah kek ma Kai Ching...

Yang kenal duluan kan Kai Ching, mereka bersama sejak kecil, nah si Xin Di dateng-dateng main ngrampas Yi Hang aja huft T_T Kalau pemerannya cantik mah masih bisa rela sedikit sih, tapi karena pemerannya gak cantik (kalau gak mau dibilang jelek. Jelek kalau dibandingin sama Gloria Yip) jadinya malah gak rela kalau dia yang dapetin Yi Hang.

Tian Xin Di yang jelek dan terlihat tua, gak rela si cantik Gloria kalah ma dia >__<

Walau ada beberapa penonton yang mungkin justru sebel sama Kai Ching karena mencoba memisahkan Yi Hang dan Xin Di, tapi penulis pribadi lebih berpihak pada Gloria Yip (Kai Ching) karena selain Kai Ching lebih cantik dan lebih muda dari Xin Di, tapi juga karena Yi Hang dan Kai Ching telah lebih dulu bertemu.

Mereka dibesarkan bersama sebagai kakak beradik sejak kecil, dan Yi Hang juga secara tidak langsung telah menyebabkan Kai Ching menjadi buta, karena kecelakaan itu tidak akan terjadi jika bukan karena ingin mengantar Yi Hang ke bandara.

 Gloria Yip as Xu Kai Ching

Jadi sebel aja melihat Xin Di mendadak muncul di tengah jalan dan merebut perhatian Yi Hang dari “adiknya”. Wajar juga kalau si “Adik” jadi marah karena merasa “kakaknya” telah dirampas oleh seseorang yang mendadak muncul di tengah jalan. Kalau dalam sudut pandangku, Pelakornya justru Tian Xin Di. Dia kan gak buta, sehat walafiat, sudah dewasa, jadi dia bisa kan mencari pria lain. Kenapa harus merampas Yi Hang dari Kai Ching?

Tapi yasudahlah, setiap penonton pasti memiliki sudut pandang masing-masing yang tak mungkin diubah, jadi kita saling menghormati pendapat masing-masing aja ^_^ Couple Da Wei dan Kai Ching juga cocok kok, sama-sama muda dan Da Wei juga cinta tulus sama Kai Ching mesti tahu bahwa gadis itu buta. Walaupun tetep sebel sama Tian Xin Di tapi yang penting Kai Ching juga mendapatkan kebahagiaan pada akhirnya.


Ini sesuai dengan pepatah, “Asal kau mau menoleh sedikit saja, kebahagiaan sebenarnya sudah ada di sampingmu sejak lama.” Da Wei selalu ada untuk Kai Ching, saat Kai Ching menangis untuk Yi Hang, Da Wei-lah yang selalu menghiburnya. Sayang, aktor utamanya gak bisa diganti hahaha ^_^

Sekilas Mengenai si gadis buta yang cantik, Gloria Yip : 
Gloria Yip, gadis cantik pemeran Xu Kai Ching ini adalah artis kelahiran Hong Kong tanggal 13 Januari 1973. Bernama asli Yeh Yin Yi (), Gloria disebut sebagai boneka barbie China di jamannya. Wajahnya yang imut membuatnya selalu kelihatan awet muda hingga tak ada seorangpun yang menyangka jika Gloria adalah seorang Ibu yang telah memiliki 2 orang anak. Gloria menikah dengan seorang pengusaha mainan di usia yang masih sangat muda, yaitu di tahun 1995 saat usianya masih 22 tahun.


Di usia 23 tahun, Gloria telah memiliki seorang anak. Walaupun telah berstatus sebagai seorang Ibu kala itu, namun Gloria masih kelihatan imut seperti seorang gadis remaja. Namun sayang pernikahannya kandas saat memasuki usia ke-5 tahun, karena sang suami tertangkap basah memiliki wanita simpanan. Suaminya buta, ya ampun... Istri secantik boneka barbie masih aja diselingkuhin ckckck...


Pada tahun 2000, Gloria resmi bercerai dan kembali ke layar kaca untuk meneruskan dunia panggung yang telah dia tinggalkan saat menikah.


Filmnya yang paling berkesan selain “Keteguhan Cinta” adalah “Flying Dagger” bersama Jimmy Lin, Maggie Cheung dan Tony Leung. Saat itu penulis sempat menshipperkan Gloria dengan Jimmy Lin karena sama-sama imut dan seumuran, namun sayang mereka tidak berjodoh Gloria akhirnya menikah dengan seorang pengusaha Mainan dan sempat memiliki dua orang anak yaitu laki-laki dan perempuan, walau kini telah bercerai.

Couple favoritku era 1990-an : JImmy Lin dan Gloria Yip




Gloria juga pernah merilis single hits berjudul “Chen Te Ai Wo Ciu Pu Yao Rang Wo Sang Sin (Bila sungguh-sungguh mencintaiku, jangan biarkan aku bersedih)".

Source :
Written by : Liliana Tan
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!! SAYA MENCARI INFORMASI MENGENAI DRAMA INI SAMPAI PUYENG 7 KELILING, TOLONG JANGAN DICOPAS SEENAK JIDAT, YA !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.