Friday, February 26, 2016

Sinopsis & Review : High School Love On, Kisah Cinta Malaikat Pencabut Nyawa yang menjadi Manusia (2014)



Berawal dari iseng-iseng mencet-mencet remote TV untuk mencari acara TV yang bagus dan sesuai dengan selera saya karena BOSAN dengan serial drama Turki ataupun India yang belakangan kian marak dan tidak sesuai dengan selera saya yang memang tidak menyukai serial drama dengan jumlah episode ratusan (seperti serial India pada umumnya) dan film/serial yang bertabur banyak tokoh jahat (seperti serial Turki yang karakter jahatnya banyak banget) serta TIDAK MENDIDIK (seperti serial Turki yang kebanyakan temanya MEREBUT SUAMI ORANG), saat secara tidak sengaja tombol remote TV tersebut sampai pada Channel RTV. Tertarik dengan episode pertama yang memperlihatkan sosok seorang gadis berbaju hitam yang memegang sebuah buku catatan kematian dan menjemput jiwa orang yang sudah mati, akhirnya saya memutuskan untuk menonton drama Korea yang mulai tayang ulang di RTV setiap hari Senin – Jumat pukul 19.00 WIB, mulai tanggal 22 Februari 2016.

“Sinopsis & Review : High School Love On, Kisah Cinta Malaikat Pencabut Nyawa yang menjadi Manusia (2014)”



 




Title : 하이스쿨 - 러브온 / Haiseukool - Reobeuon 
Also known as : Hi! School - Love On 
Genre : Romance, fantasy, school, youth 
Episodes : 20 
Broadcast network : KBS2 
Broadcast period : 2014-Jul-11 to 2014-Dec-19 
Air time : Friday 20:55

Main Cast : 
Nam Woo Hyun as Shin Woo Hyun (18) 
Kim Sae Ron as Lee Seul Bi / Cheon Sa Rang (ep 20 only), drama liking angel 
Lee Sung Yeol as Hwang Sung Yeol (18) 
Choi Soo Rin as Ahn Ji Hye (43) 
Jung Jae Soon as Gong Mal Sook (70, Woo Hyun's grandmother) 
Jo Yun Woo as Hwang Woo Jin (47, Sung Yul's father)

Grade 2 Class 3 Students :
Shin Hyun Tak as Kang Ki Soo (18) 
Kim Young Jae as Choi Jae Suk (18) 
Kim Min Young as Na Young Eun (18) 
Na Hae Ryung as Lee Ye Na (19) 
Kim Ji Ah as Lee Da Yool (18) 
Kim Min Suk as Park Byung Wook (18) 
Baek Seung Hun as Yang Tae Ho (18) 
Jung Yoo Min as Kim Joo Ah (18) 
Chang Jae (창재) as Lee Suk Hoon 
Lee Shi Hoo as Ko Chun Sik (18) 
Song Ji Ho (송지호) as Seo Yo Han (18)

Sinopsis : 
“High School Love On” adalah drama Korea bergenre fantasi-school life yang disiarkan pertama kali di Korea Selatan oleh stasiun TV KBS2 pada bulan 11 Juli hingga 19 Desember 2014 lalu. Drama ini disutradarai oleh Sung Joon Hae. Drama berjumlah 20 episode ini pun dibintangi oleh bintang-bintang muda berbakat yaitu Kim Sae Ron, dan dua anggota Boyband INFINITE yaitu Nam Woo Hyun  dan Lee Sung Yeol.

Setting cerita drama “High School Love On” diawali pada musim semi tahun 2016. Adegan dimulai saat hujan mulai turun. Sepasang anak muda bertemu dan tidak sengaja buku yang dipegang oleh si gadis terjatuh, Shin Woo Hyun (Nam Woo Hyun) mengejar gadis itu untuk memberikan bukunya namun gadis itu telah menghilang. Lalu saat Woo Hyun berdiri di depan sebuah gedung menunggu hujan reda, dia tak sengaja bertemu dengan seorang gadis yang mengenakan sebuah kalung yang mirip dengan miliknya, namun dia tak bisa melihat wajah gadis itu karena tertutup oleh payung yang menutupi wajah sang gadis tersebut. Saat Woo Hyun ingin memanggilnya, gadis itu berjalan pergi dan meninggalkan Woo Hyun dalam kebingungannya.


Kemudian cerita beralih menjadi kilas balik pada musim semi tahun 2014. Seorang gadis berbaju hitam dan berwajah imut yang sedang memegang sebuah buku tua, terlihat sedang mencabut nyawa seorang pria. Dan tak lama diketahui ternyata dia adalah seorang Malaikat Pencabut Nyawa dan buku yang dipegangnya ternyata adalah Catatan Kematian. Tugas gadis itu adalah mencabut nyawa seseorang yang fotonya muncul di dalam Buku Kematian tersebut. Pada awalnya Malaikat tersebut tak memiliki nama, namun kemudian dia menamai dirinya sendiri Lee Seul Bi, saat tak sengaja dia berubah menjadi manusia akibat menolong seorang pria muda yang hampir saja mati karena terjatuh dari atap gedung sekolah.


Nam Woo Hyun as Shin Woo Hyun

Pria muda tersebut ternyata bernama Shin Woo Hyun yang adalah anak SMA biasa yang tinggal dengan neneknya. Dia sangat populer dan disukai para wanita di sekolahnya, sampai-sampai ada salah satu orang tua dari seorang siswi yang menyukai Shin Woo Hyun mendatangi sekolahnya dan mengancamnya agar tidak mendekati putrinya. 

Jin Young, nama gadis itu, karena malu dengan perbuatan ibunya, gadis itu mencoba bunuh diri dengan meloncat dari atap gedung sekolah. Woo Hyun berusaha menggagalkan aksi bunuh diri gadis itu dengan menolongnya dan memintanya agar tidak melompat. Namun, niat baiknya membawa petaka pada dirinya sendiri karena ia terpeleset dan jatuh dari atap gedung. Di saat yang sama, si Malaikat Pencabut Nyawa yaitu Lee Seul Bi (Kim Sae Ron) juga berada di sana dan ingin mencabut nyawa Jin Young, namun tiba-tiba langit menjadi gelap dan foto yang ada dalam Catatan Kematian tersebut terus berubah-ubah antara Jin Young dan Woo Hyun, membuat Malaikat Pencabut Nyawa tersebut semakin bingung. Karena dilanda kebingungan, Catatan Kematian yang ada ditangannya mendadak terjatuh ke bawah. Dengan sigap, Malaikat Pencabut Nyawa tersebut mencoba mengambilnya, tepat pada saat Woo Hyun terjatuh dari atap dan hampir menimpa tubuhnya. Reflek, Malaikat Pencabut Nyawa tersebut menggunakan kekuatannya untuk menahan tubuh Woo Hyun agar tidak jatuh menimpanya, dan tanpa disadari dia telah menyelamatkan nyawa Woo Hyun.

Kim Sae Ron as Lee Seul Bi, sang Malaikat Pencabut Nyawa yang baik hati

Karena dianggap gagal melaksanakan tugasnya, Malaikat Pencabut Nyawa tersebut dihukum dan berubah dari malaikat maut nan cantik menjadi seorang manusia biasa. Malaikat Pencabut Nyawa yang awalnya tak memiliki nama tersebut akhirnya menamakan dirinya Lee Seul Bi setelah tak sengaja melihat iklan Bir di sebuah majalah saat dia berada di kantor polisi. Bir tersebut bernama “Lee Seul” dan nama “BI” dipilih karena dia melihat iklan lain yang ada dalam majalah tersebut menampilkan sosok Artis Idola “RAIN” yang memiliki nama lain “BI”, maka jadilah nama Lee Seul Bi.




Setelah kejadian itu, kehidupan Lee Seul Bi berubah drastis. Sambil menunggu cara untuk kembali ke dunia Malaikat tempatnya beradal, Lee Seul Bi tinggal bersama Woo Hyun. Kejadian lucu selalu menyertai mereka dan perlahan menumbuhkan cinta dalam hati mereka berdua. Lee Seul Bi juga kemudian masuk ke sekolah yang sama dengan Shin Woo Hyun. Tak hanya itu, melihat kedekatan keduanya, Lee Seul Bi pun menjadi korban bully  teman-teman di sekolahnya. Namun, Shin Woo Hyun selalu melindunginya. Cinta segitiga pun terjadi ketika Hwang Sung Yeol (Lee Sung Yeol) yang merupakan teman sekelas mereka sekaligus adik tiri Woo Hyun ternyata juga menyukai Lee Seul Bi. Sung Yeol adalah siswa terpintar dan selalu menjadi ranking 1 di kelasnya. Tampan, pintar dan pendiam, membuat Sung Yeol juga menjadi idola di sekolahnya.
 
Lee Sung Yeol as Hwang Sung Yeol

Woo Hyun yang dulunya berteman dengan Sung Yeol berubah menjadi musuh setelah mengetahui bahwa Sung Yeo juga jatuh cinta pada Lee Seul Bi. Apalagi setelah mengetahui bahwa ibu tiri yang tinggal dengan Sung Yeol ternyata adalah ibu kandung Woo Hyun yang telah meninggalkannya sejak dia masih kecil dan hanya meninggalkan sebuah kalung berbentuk kunci dan gembok sebagai pertanda. Sejak kecil, Woo Hyun tidak mengenal ayah dan ibunya karena mereka meninggalkan Woo Hyun pada neneknya.


Karena Lee Seul Bi sudah menyelamatkan manusia, dalam peraturan kemalaikatan maka dia akan diberikan kesempatan untuk menjadi manusia dan nantinya dapat memilih untuk menjadi manusia atau malaikat. Pada saat itulah, Lee Seul Bi merasa dilema karena harus memilih menjadi manusia atau malaikat. Tapi kemudian demi cintanya pada Woo Hyun, Seul Bi memilih tetap menjadi manusia.


Di episode terakhir, karena menyelamatkan nyawa Woo Hyun, Seul Bi kehilangan ingatannya dan tinggal dengan Seniornya yang juga berubah dari Seorang Malaikat Pencabut Nyawa menjadi manusia dan mengganti nama Seul Bi menjadi Cheon Sa Rang, dengan harapan Seul Bi bisa mencintainya. Saat mengalami amnesia itulah, Seul Bi pun sempat tertarik pada Sung Yeol, namun akhirnya saat sebuah mobil hampir menabrak Seul Bi dan saat Woo Hyun spontan menolongnya, saat itulah ingatan Seul Bi mulai kembali dan dia mulai mengingat semua kenangannya bersama Woo Hyun di masa lalu. Sung Yeol pun akhirnya rela melepaskan Seul Bi untuk Woo Hyun, dan dia justru berubah menjadi seorang Playboy. Woo Hyun pun akhirnya tinggal bersama ibu kandung beserta ayah tiri dan adik tirinya – Sung Yeol. Mereka berempat meneruskan usaha restoran kue beras milik nenek Woo Hyun dan hidup dengan bahagia dan rukun bersama.

=========

My Review : 
Yang membuat saya tertarik pada drama ini karena pada awal-awal episode, “High School Love On” memberikan tema yang sangat berbeda dari drama lain. Dibuka dengan kemunculan seorang Malaikat Pencabut Nyawa yang imut dan lucu, serta diwarnai dengan sedikit magic/sihir otomatis membuat saya tertarik dengan kisahnya. Karakter Lee Seul Bi yang adalah seorang Malaikat Pencabut Nyawa justru jauh dari kesan menyeramkan dan malah terlihat sangat manis dan polos. Membuat saya penasaran dengan apakah yang akan terjadi pada Malaikat Pencabut Nyawa tersebut setelah dia menjadi manusia, akankah di akhir episode nanti dia akan kembali menjadi Malaikat ataukah bagaimana, itu yang membuat saya penasaran untuk menontonnya. 


Tapi agak disayangkan karena setelah berubah menjadi manusia dan pertengahan hingga akhir episode penonton akan disuguhkan konflik mengenai cinta, persahabatan, persoalan sekolah dan keluarga, dan sisi mistis dan magisnya pun mulai berkurang, jadi serasa kayak nonton drama sekolah biasa gitu, dengan segala konflik dan persaingan cinta di dalamnya. Namun, yang saya suka adalah drama ini menampilkan kadar romantis yang tidak berlebihan namun tetap menarik, layaknya cinta masa remaja pada umumnya. Sangat berbeda dengan sinetron Indonesia yang berkesan berlebihan alias lebay dan alay. 



Ending cerita drama ini walau terkesan sangat cepat namun tetap bisa membuat para penonton puas dan tersenyum melihat akhir kisah dari para karakter dalam drama ini. Setiap karakter ditunjukkan memiliki pasangan masing-masing, kecuali mungkin Sung Yeol yang berubah menjadi Playboy dan Ye Na yang tidak memiliki pasangan hingga akhir, walau ada adegan di mana Ye Na tak sengaja menabrak Senior Seul Bi yang juga mantan Malaikat Pencabut Nyawa yang juga memilih menjadi manusia dan akhirnya bekerja sebagai seorang guru di SMU tempat Woo Hyun, Seul Bi, Sung Yeol dan yang lainnya bersekolah. 



Yang membuat jengkel dari drama ini adalah karakter Ahn Ji Hye, yang ada Ibu kandung Woo Hyun dan ibu tiri Sung Yeol. Sebagai seorang Ibu, dia bahkan menolak mengakui Woo Hyun walaupun sang nenek sudah meninggal. Dia baru bersedia mengakui Woo Hyun adalah anaknya setelah suami barunya mengetahui segalanya sendiri dan menuntut penjelasan dari sang istri lalu kemudian mengusirnya sehingga mau tidak mau, Ji Hye harus tinggal bersama sang anak kandung di rumah neneknya. Baru setelah diusir oleh suami barunya dan tinggal bersama anak kandungnya itulah, Ji Hye perlahan tapi pasti mulai merasa sayang dan takut ditinggalkan lagi oleh satu-satunya orang yang masih menyayanginya yaitu Woo Hyun. Jadi kalau seandainya dia gak diusir ma suaminya dan merasa ditinggalkan oleh semua orang, dia gak bakal mau ngakuin kale ya? Such a cruel mom... Tapi gpp deh, so far dramanya bagus kok dan memberikan ending yang memuaskan semua orang. Suka banget ma aktingya Kim Sae Ron di sini dan gak nyangka kalau ternyata dia masih umur 14 tahun waktu syuting serial ini. Great job, Kim Sae Ron.

Credits Pics : As Tagged

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.