Sabtu, 24 Januari 2015

Wuxia Character : Mu Nian Chi dari Masa ke Masa

Back with My Favorite Condor Heroes Trilogy “Legend Of The Condor Heroes” aka “The Eagle Shooting Heroes” atau judul lainnya “Pendekar Pemanah Rajawali.” Setelah kemarin kita membahas tentang kedua tokoh utama yaitu Guo Jing (Kwee Cheng) dan Huang Rong (Oey Yong), lalu si pengkhianat bangsa – Yang Kang (Yo Kang), kali ini kita akan membahas tentang kekasih Yang Kang (Yo Kang) yang juga adalah Ibu dari Yang Guo (Yoko) – Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) dalam seri Trilogi yang pertama ini. Tapi yang saya bahas adalah para pemerannya dari masa ke masa, bukan tentang karakternya yang kita semua pasti sudah tahu seperti apa itu Mu Nian Chi (Bok Liam Chu), iya gak?

Diantara Trilogy Condor Heroes, saya  PALING SUKA ama “THE LEGEND OF THE CONDOR HEROES” atau “Pendekar Pemanah Rajawali” ini, karena karakter kedua tokoh utama yang kuat dan patriotik, Huang Rong aka Oey Yong yang cerdas, centil, jahil, lincah, periang, nakal,dan manja ini  sangat berbanding terbalik dengan Guo Jing aka Kwee Cheng yang bodoh, lugu, polos dan baik hati. Pasangan yang sebenarnya bagai bumi dan langit, tapi akhirnya mereka bisa saling melengkapi hehehe =) That's why I Love LOTCH dibandingkah dengan Wuxia yang lain. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang Guo Jing (Kwee Cheng) atau Huang Rong (Oey Yong), melainkan para pemeran Mu Nian Chi dari masa ke masa...

 Mu Nian Chi 2017 (played by : Meng Zhi Yi)
 

                                                                                                          
UPDATE 11.02.2017 :
Karakter Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) : 
Dimulai dengan si cantik nan cerdas - Huang Rong (Oey Yong), lalu diikuti oleh suaminya, si pria bodoh, lugu, polos, lamban, namun setia dan baik hati - Guo Jing (Kwee Cheng), lalu si pengkhianat bangsa dan Pangeran yang angkuh  – Yang Kang (Yo Kang), sekarang kita beralih pada si gadis desa yang cantik, baik hati dan lembut, namun sayang bodoh karena mau aja ditipu mentah-mentah ma Yang Kang (Yo Kang), ibu dari Yang Guo (Yoko), siapa lagi kalau bukan Mu Nian Chi (Bok Liam Chu).

Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) 2017

Gadis desa yang baik hati, cantik dan lembut namun sayang tidak bernasib baik karena jatuh cinta pada orang yang salah. Andai gak ketemu Yang Kang (Yo Kang), gak bakal ngenes gitu hidupnya. Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) kehilangan kedua orang tuanya dan semua saudaranya saat masih kecil karena sebuah wabah penyakit yang menyerang desa mereka. Yatim piatu dan seorang diri, Nian Chi kecil tak sengaja bertemu dengan Yang Thie Shin (Yo Thien Sin) yang lantas mengangkatnya menjadi anak dan menyayanginya seperti putrinya sendiri. Ayah dan anak ini lantas mengembara di dunia persilatan untuk mencari Guo Jing (Kwee Cheng), karena tidak menemukan jejaknya dimanapun, Yang Thie Shin (Yo Thie Shin) memutuskan untuk membuat sayembara pertandingan silat untuk mencari jodoh, yang akhirnya dimenangkan oleh Yang Kang (Yo Kang). And the story goes, Mu Nian Chi yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada Yang Kang (Yo Kang) harus merasakan penderitaan karena ditipu berkali-kali, namun bodohnya dia tetap mencintai sang kekasih. Yes, I KNOW THAT LOVE IS BLIND !!! But Mu Nian Chi is so stupid, If I was her, I have already leave that Nation Traitor *kick Yo Kang*

Mu Nian Chi dari masa ke masa

Walau tidak terlalu menyukai karakter gadis lemah seperti Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang terlalu mencintai seseorang tanpa logika, hingga seolah menutup mata hatinya dan tetap mencintai kekasihnya walau kekasihnya sebenarnya orang jahat, tapi Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) sebenarnya adalah seorang gadis yang malang dan tidak ada salahnya jika membuat perbandingan tentang para pemainnya dari masa ke masa.

Dari sejak pertama kali dibuat pada tahun 1976, Legend Of The Condor Heroes telah dibuat 7 kali remake mulai dari tahun 1976, 1983, 1988, 1994, 2003, 2008 dan yang terbaru pada tahun 2017. Tapi dari 7 adaptasi remake yang pernah dibuat, sebenarnya saya hanya menonton 3 di antaranya yaitu versi 1983, 1994 dan versi 2008 (sementara versi 2017 BARU AKAN MAU DITONTON Kalau SUDAH ADA VERSI DVDNYA hehehe ^.^) : 

1. Legend Of The Condor Heroes 1976, dengan para pemain :
Jason Pai (Guo Jing/Kwee Cheng), Michelle Yim (Huang Rong/Oey Yong), Bruce Leung (Yang Kang/Yo Kang), Mang Chau (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).


Terlalu jadul dan wajah pemain pria yang ancur minta ampun, membuat versi yang ini sama sekali gak menarik minat pribadi saya buat nonton. Jadi walau yang berperan sebagai Huang Rong/ Oey Yong (Michelle Yim) dan Mu Nian Chi (Mang Chau) cantik, tetap gak niat. Kesannya bukan nonton Pendekar Pemanah Rajawali tapi nonton “Beauty and The Beast”. Hadeh *tepok jidat* Sekarang saya tahu kenapa versi pertama ini sama sekali tidak populer atau bisa dibilang Gagal Total -_- 

2. Legend of the Condor Heroes 1983-TVB HK, dengan para pemain :
Felix Wong (Guo Jing/Kwee Cheng), Barbara Yung (Huang Rong/Oey Yong), Michael Miu Kiu Wai (Yang Kang/Yo kang), Sharon Yeung (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



3. Legend Of The Condor Heroes 1988, dengan para pemain :
Howie Huang (Guo Jing/Kwee Cheng), Idy Chan (Huang Rong/Oey Yong), Poon Wang Ban (Yang Kang/Yo Kang), Chiu Su Yi (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).


Sebenarnya nih versi dari segi pemain pria jauh lebih baik dari versi 1976. Howie Huang sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) dan Poon Wang Ban sebagai Yang Kang (Yo Kang) termasuk Good Looking kalau untuk artis era 1980an, tapi pemain wanitanya kayaknya kebalik deh. Idy Chan yang wajahnya kayak tante-tante gak cocok jadi Huang Rong (Oey Yong) yang menurut novel baru berumur 16 tahun, ditambah gak ada kesan cerdas dari postur wajahnya yang bulat. Sebaliknya, pemeran Mu Nian Chi yaitu Chiu Su Yi terlihat lebih muda, lebih ceria serta lebih cantik dari Idy Chan. Karakter Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) harusnya lebih tua dari Oey Yong tapi Idy Chan yang jadi Oey Yong justru TERLIHAT LEBIH TUA dari Chiu Su Yi. Well, Sepertinya memang karena CEWEKNYA yang SALAH CASTING inilah PENYEBAB KEGAGALAN SERIAL ini !!!

Fakta berbicara kalau “Legend Of The Condor Heroes 1988” versi IDY CHAN ma Howie Huang adalah LEGEND OF THE CONDOR HEROES PALING ANCUR SEPANJANG SEJARAH !!!! Padahal kalau boleh jujur, si Guo Jing (Kwee Cheng) versi 1976 jauh lebih jelek (Maaf, kalau terkesan sarkas). 

4. Legend of the Condor Heroes 1994-TVB HK, dengan para pemain :
Julian Cheung (Guo Jing/Kwee Cheng), Athena Chu (Huang Rong/Oey Yong), Gallen Luo (Yang Kang/Yo Kang), Emily Kwan (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).




5 . Legend Of The Condor Heroes 2003, dengan para pemain :
Li Ya Pheng (Guo Jing/Kwee Cheng), Zhou Xun (Huang Rong/Oey Yong), Zhou Jie (Yang Kang/Yo Kang), Shui Ling (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu)

Kalau versi 1988 Hanya “jelek” alias “GAK COCOK” di cast Huang Rong (Oey Yong)-nya, tapi versi LOCH yang ini malah ENGGAK TEPAT SEMUA castnya -___- ENGGAK BANGET bagi saya !! Karena saya adalah penonton awam yang mengagumi kecantikan dan ketampanan dari para artis setiap kali saya menonton sebuah film. Seperti halnya membeli buku, pembaca pasti akan melihat sampulnya dulu sebelum mengambil buku itu dari rak untuk dibaca sinopsisnya. Kalau sampulnya gak menarik, GAK EYES CATCHING, jangankan membeli dan membaca, ngelirik aja loh males.


Walau memiliki beberapa kelebihan seperti : Special efek yang lebih canggih, pemandangan yang lebih indah dan alur cerita yang mirip dengan novel. Tapi karena para pemainnya TIDAK SEDAP DIPANDANG MATA alias GAK GOOD LOOKING, so jangankan duduk manis liat sepanjang 42 episode, liat iklannya aja uda eneg. Maaf, maaf sekali lagi buat Fansnya 2003 *bungkuk 180 derajat* Jadi kalau para pemainnya dekil semua, gak good Looking, pesek, dan gak ada “sedap-sedapnya dipandang mata”, Sorry to say, liat iklan semenit aja uda gak minat -_- (maaf kalau terlalu sarkas)

6. Legend of the Condor Heroes 2008-Chinese Entertainment Shanghai (Mainland China), dengan para pemain :
Hu Ge (Guo Jing/Kwee Cheng), Ariel Lin (Huang Rong/Oey Yong), Yuan Hong (Yang Kang/Yo Kang), Cecilia Liu (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu).



UPDATE 11.02.2017 :
7. Legend Of The Condor Heroes 2017, dengan para pemain :
William Yang Xu Wen (Guo Jing/Kwee Cheng), Li Yi Tong (Huang Rong/Oey Yong), Chen Xing Shu (Yang Kang/Yo Kang), Meng Zhi Yi (Mu Nian Chi/Bok Liam Chu)


Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) dari masa ke masa :
1. Mang Chau as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1976.
Dia adalah Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang pertama, tapi sayangnya seri ini bisa dibilang sebagai produk gagal. Mang Chau tergolong cantik untuk ukuran artis tahun 1970an, tapi sayang pemeran Yang Kang (Yo Kang)-nya parah. Dalam Novel, Yang Kang (Yo Kang) berusia 18 tahun tapi diperankan oleh aktor yang berumur 28 tahun. Hhhmm...Bisa dipahami kenapa serial ini GAGAL TOTAL? Padahal seharusnya, siapa yang pertama, merekalah yang lebih dulu dikenang fans dan meninggalkan kesan mendalam. Kalau menurut saya, faktor yang menyebabkan kegagalan ini adalah karena pemain cowoknya yang ENGGAK BANGET !!!

Mang Chau as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1976

Bruce Leung as Yang Kang (Yo Kang) versi 1976.
Hhhmm...Ini "Beauty and The Beast" apa "Pendekar Pemanah Rajawali" ya ??

Coba liat deh...Masak Yang Kang (Yo Kang) yang digambarin sebagai Pangeran yang tampan dan bertubuh tinggi dan tegap, namun angkuh, licik, dan ambisius tapi yang meranin face-nya gak kayak Pangeran gitu? Gak ada tampang-tampang Pangeran Tampannya, gak tinggi, gak tegap, juga gak ada kesan angkuh dan ambisius dari wajahnya, Bruce Leung malah terlihat seperti pengecut. See? Dia tak pantas bersanding dengan gadis secantik Mang Chau. Seeing them, just like I see “The Beauty and The Beast."


Padahal casting ceweknya lumayan cantik loh, baik itu Michelle Yim (Huang Rong/Oey Yong) maupun Mang Chau (Mu Nian Chi), sayang pemain cowoknya “ANCUR” -__- Liat fotonya aja uda sepet mata gue hiks T___T *geleng-geleng kepala heran*

2. Sharon Yeung as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1983.
Sharon Yeung cocok memerankan Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang sabar dan lemah lembut. Wajah Sharon memang terlihat sangat sabar dan baik dan dia juga terlihat cocok disandingkan dengan Michael Miu yang tampan. Soal akting, Sharon juga lumayan walau di seri ini ceritanya terlalu banyak modifikasi, jadi entah kenapa scene Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi malah terasa lebih banyak daripada Guo Jing (Kwee Cheng) dan Huang Rong (Oey Yong). 



Tapi keseluruhan, I like her acting skill. I think she is the memorable Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) ever. Walau terlihat sedikit ketuaan, tapi gak papalah karena dalam novel, Mu Nian Chi emang lebih tua dari Huang Rong (Oey Yong), jadi kalau dikasih yang lebih muda lagi takutnya malah tar jadi salah casting hehehe =) So, Sharon Yeung pilihan terbaik. Sabarnya dapet, lembutnya dapet, kostum dan tatanan rambut gadis desanya juga cocok, wajahnya juga kalem dan lumayan cantik ( walau lebih cantik Cecilia Liu). Pas deh... Nothing I can say =)


3. Chiu Su Yi as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1988.
Chiu Su Yi is a beautiful girl. Dari dandanan rambut dan kostumnya, juga dari wajahnya yang terkesan pintar dan selalu menebar senyuman, I think she is more suitable for Huang Rong’s character than Idy Chan. Dia lebih cocok jadi Huang Rong (Oey Yong) daripada Idy Chan. Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang seharusnya jarang senyum, lemah lembut, sabar dan seorang gadis desa yang miskin tapi justru malah banyak tersenyum, riang, lincah, dan kostumnya justru lebih mirip “A Rich Girl” daripada gadis desa. Hhhhmmm...salah casting nih kayaknya.

Chiu Su Yi as Mu Nian Chi.
I think she is more suitable for Huang Rong's role.
She looks more young compared to Idy Chan as Oey Yong (Huang Rong).

Idy Chan as Huang Rong (Oey Yong) versi 1988.
Sama sekali gak ada kesan cerdas dan nakal di wajahnya.
Kesan lebih tua juga diberikan oleh Idy Chan, harusnya Huang Rong (Oey Yong) LEBIH MUDA dari Mu Nian Chi tapi faktanya Mu Nian Chi terlihat LEBIH MUDA dan IMUT.

Perannya Huang Rong (Oey Yong) dan Mu Nian Chi tertukar. Idy Gak pantes jadi Huang Rong (Oey Yong) yang cerdas. Wajahnya yang bulat dan tatapan matanya yang sendu lebih cocok jadi Mu Nian Chi yang lemah lembut daripada Huang Rong (Oey Yong) yang cerdas dan ceria. Idy sama sekali tak terlihat cerdas dan nakal. Sebaliknya aura cerdas, nakal dan riang justru malah lebih terlihat pada diri Chiu Su Yi yang berperan sebagai Mu Nian Chi (Bok Liam Chu). Kesan lebih tua juga diberikan oleh Idy Chan, harusnya Huang Rong (Oey Yong) LEBIH MUDA dari Mu Nian Chi tapi faktanya yang memerankan tokoh Huang Rong/Oey Yong (Idy Chan) justru terlihat seperti tante-tante.


Entah apa yang membuat sutradara memberikan peran Huang Rong (Oey Yong) pada Idy, mungkin karena Idy sudah lebih dulu terkenal sebagai bibi Lung di ROTCH. Tapi harusnya nama terkenal bukan jaminan untuk seorang artis cocok atau tidak memerankan sebuah peran, secara dari face, Idy sudah tidak terlihat cerdas dan nakal. Dia memiliki bentuk wajah bulat yang kalem dan sendu mendayu-dayu, sorot matanya juga terkesan sedih, tentu lebih cocok berperan sebagai gadis lemah lembut seperti Bibi Lung daripada gadis nakal. 

Idy Chan as Huang Rong (Oey Yong) versi 1988.
Walau dikuncir 2 kayak anak kecil, tapi wajah tak bisa bohong.
Idy Chan lebih cocok jadi "BIBI" daripada jadi anak 16 tahun.

Chiu Su Yi as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1988

Chiu Su Yi harusnya lebih cocok untuk peran Huang Rong (Oey Yong), tapi mungkin karena dia kalah tenar dari Idy, jadi dia cuma di dapuk menjadi Mu Nian Chi (Bok Liam Chu). Sungguh sebuah kesalahan besar karena inilah yang menyebabkan versi 1988 menjadi sebuah PRODUK GAGAL !!! Chiu Su Yi cantik tapi sepertinya dia salah peran.

4. Emily Kwan as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1994.
Hhhhmmm...Walau versi 1994 adalah favorite saya tapi harus diakui kalau pemeran Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi kurang pas. Emily Kwan yang kurang cantik membuat seri yang ini jadi ‘sedikit mengganggu’. Bukankah Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) digambarkan sebagai gadis desa yang cantik? Walau tidak secantik Huang Rong (Oey Yong) setidaknya dia adalah gadis desa yang cantik. Tapi sayangnya wajah Emily Kwan kurang cantik, kalau tidak bisa dibilang “jelek”. Secara face, dia kurang menunjukkan kesan sabar, wajahnya terlalu lonjong dan sedikit tonggos (uuuppzzz...maaf)


Tapi kalau dipasangkan ma Gallen Lo sih cocok aja ya, secara Gallen juga kurang tampan hehehe =) Well, sejujurnya kalau mereka berdualah yang agak “mengganggu” saat nonton seri yang ini. So, tiap kali adegannya Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi selalu saya skip deh alias pake jurus forward (percepatan). Kalau Yang Kang (Yo Kang)-nya cakep sih, boleh lah liat, sekalian cuci mata, walau sebenarnya saya gak suka karakter Yang Kang (Yo Kang) yang jahat dan licik, tapi gak papalah kalau yang main cakep kayak Koko Michael Miu, tapi kalau gak sedap dipandang mata, skip aja deh.


Oh ya, VERSI 1994 JUGA MIRIP NOVELNYA, bagi kalian yang gak terlalu familiar dengan film ini, disarankan melihat yang versi 1994 saja karena ceritanya mirip ma novel aslinya, ditambah dengan  Julian Cheung sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) yang super duper tampan, plus Athena Chu sebagai Huang Rong (Oey Yong) yang cantik, adalah nilai tambahan selain ceritanya yang mirip sama novel.


5. Jiang Qin Jin (Shui Ling) as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 2003.
I don't like her too... Overall, I didnt like this 2003’s version. ALL THE CASTS IS SO UGLY !!! They are NOT GOOD LOOKING !!! Kurang sedap dipandang mata, versi 2003 penuh dengan para pemain yang wajahnya “MENGGANGGU BANGET” liatnya. Seperti yang saya bilang dipostingan sebelumnya kalau wajah artis tuh turut menentukan kesan pertama dari sebuah film untuk diminati atau tidak. Kalau yang main ancur semua gini, penonton males lah liat filmnya.


Maaf, bukan ingin menghina fisik seseorang tapi di dunia hiburan yang ketat dengan persaingan, wajah adalah syarat mutlak bagi seorang artis yang tidak bisa dibantah. Saya adalah penonton awam, BUKAN JURI FESTIVAL FILM atau PENGAMAT FILM, so saya liat film pasti liat artisnya donk, kalau artisnya jelek dan gak enak dipandang mata, buat apalah habisin waktu liat? Bener kan?


Seri ini bukan tidak memiliki kelebihan, bahkan ada yang mengatakan bahwa 2003 adalah versi terbaik menurut mereka. Well, But I disagree with them. Sorry !!

Kelebihan seri yang ini adalah : Pemandangan yang indah, special efek yang canggih dan alur cerita mirip ma novel.

Sementara Kelemahan seri yang ini adalah : semua pemainnya “TIDAK SEDAP DIPANDANG MATA, kalau gak mau dibilang “jelek” dan “tua”, kostumnya dekil, pencahayaannya gelap jadi memberikan kesan seri yang ini sangat gelap.


Semua versi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tapi bagi saya pribadi yang adalah orang awam, kesan pertama saat menonton sebuah film adalah ARTISnya. Jadi kalau artisnya good looking, soal special efek, pemandangan alam, akting pemain dll adalah nomor sekian. Karena wajah artis bagaikan sampul pada sebuah buku. Kalau sampulnya gak menarik minat pembaca, mana mungkin buku tersebut dibeli dan dibaca ?? Well, itu gue sih. Beda kepala beda pendapat kan?

Zhou Jie as Yang Kang (Yo Kang) versi 2003
Ilfil gue liat castnya 2003 -___-
"Mengganggu semua" face-nya. Masak Yang Kang (Yo Kang) kayak gini? -___-

Lagipula, denger-denger komentar diluar sana, banyak banget yang kecewa ma Huang Rong (Oey Yong) versi ini, bukan cuma Huang Rong (Oey Yong)-nya sih tapi seluruh pemainnya. Walau gosipnya alur ceritanya mirip ma Novel, tapi kalau yang main kayak gitu, Sorry To Say, saya gak minat.

VERSI 1994 JUGA MIRIP NOVELNYA, kalau alasan liat versi 2003 hanya karena mirip ma novel aja, liat yang versi 1994 aja lah. Julian Cheung yang super duper tampan, plus Athena Chu yang cantik, adalah nilai tambahan selain ceritanya yang mirip sama novel.

Saya tidak bisa menilai Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang ini karena tidak melihat filmnya, karena melihat iklannya di tv aja uda males. So, no comment soal aktingnya.

6. Cecilia Liu Shi Shi as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 2008.
Maybe I have to admitted that she is the beautiful Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) ever before Meng Zhi Yi as Mu Nian Chi 2017 appeared. Chiu Su Yi (1988) memang cantik, tapi sayangnya wajahnya yang ceria gak cocok jadi Mu Nian Chi yang pendiam, sabar dan lemah lembut. Tapi face-nya Cecilia Liu yang kalem dan sendu, plus cantik pula, cocok banget memerankan Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang baik hati, sabar dan lemah lembut. Bersanding dengan Justin Yuan yang juga tampan, mereka adalah pasangan serasi. Secara akting, walau Cecilia Liu membawakan karakter Mu Nian Chi terlalu lemah dan selalu ditindas, tapi she is better than the other Mu Nian Chi (Bok Liam Chu). Wajah dan karakter pas


Versi 2008 adalah versi yang bertaburan dengan para artis Good Looking. Seneng banget liatnya. Mata gak sepet oi kalau liat yang ganteng dan cantik hehehe =) Soundtrack yang easy listening, special efek yang canggih, kostum yang lebih berwarna, pencahayaan yang lebih terang, adalah serangkaian kelebihan versi 2008. Tapi sayang, ceritanya yang TERLALU BANYAK MODIFIKASI agak membuat kurang nyaman. Scene Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi juga rasanya lebih banyak dari Guo Jing (Kwee Cheng) dan Huang Rong (Oey Yong). Well, i didnt like that !! But, Nothing is perfect right? Tak ada yang sempurna di dunia ini. Ini yang membuat versi 2008 kurang nyantol di hati.


Secara saya lebih menyukai jika karakter Ou Yang Khe mencintai Huang Rong (Oey Yong)  seperti dalam novel aslinya. Tapi di versi ini, Ou Yang Khe justru mencintai Mu Nian Chi (Bok Liam Chu), ini yang membuat saya kurang nyaman. Apalagi pemeran Ou Yang Khe yaitu Li Jie adalah artis dengan wajah yang “Sedap dipandang mata” alias tampan. Sayang banget kalau waktu Ou Yang Khe yang tampan jatuh cintanya malah sama Mu Nian Chi (Bok Liam Chu), tapi giliran si Ou Yang Khe jatuh cinta ma Huang Rong (Oey Yong) seperti dalam novel aslinya, eh pemainnya malah “Gak sedap dipandang mata” ckckck... Secara gue sukanya Huang Rong (Oey Yong) jadi kalau Huang Rong (Oey Yong) gak ada yang naksir lagi selain Guo Jing (Kwee Cheng) kok rasanya gak seru ya? Kesannya kayak lakon kok gak ada yang mau? Gak asyik aja kalau Guo Jing (Kwee Cheng)  gak punya saingan, sementara si Huang Rong (Oey Yong) tetep punya saingan yaitu Hua Zheng (Go Chin).


Walo agak kurang sreg dengan modifikasi yang kelewat banyak, tapi gak papalah selama wajah pemainnya Good Looking semua, jadi gak sia-sia gitu duduk di depan tv mantengin sampe 50 episode. Setidaknya kebingungan, kekecewaan dan kekurang sreg-an saya saat tahu bahwa filmnya terlalu banyak modifikasi, terbayar lunas dengan memandang wajah pemainnya yang Good Looking semua hehehe =)



Wajah pemain yang Good Looking akan mengobati kekecewaan penonton andaikan sebuah film tidak berhasil memenuhi ekspetasi penonton. Gak usah munafiklah, siapa sih yang gak suka disuguhi wajah-wajah tampan dan cantik? Bukankah pepatah mengatakan “Dari mata turun ke hati”? Bagi penonton awam, akting dan setting adalah urutan sekian, yang penting wajah pemainnya dulu enak dipandang atau nggak hehehe =)

UPDATE 11.02.2017 :
7. Meng Zhi Yi as  as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 2017.
Please welcome, the new Mu Nian Chi. Sebelum Meng Zhi Yi muncul, saya pikir Liu Shi Shi adalah Mu Nian Chi tercantik sepanjang sejarah LOTCH. Tapi ketika Meng Zhi Yi muncul, well, Sorry Liu Shi Shi, you're just my second hehehe ^.^


Legend Of The Condor Heroes 2017 yang masih ditayangkan di China sana saat artikel ini diupdate, harus diakui memang memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya : para pemain baru yang good looking, alurnya yang cepat dan tidak bertele-tele, kesesuaian dengan Novel hampir 90%, setting dan pemandangannya yang indah, pencahayaan yang terang, kostum yang lebih berwarna-warni dan hairdo yang terlihat pas di rambut para pemain (setidaknya gak dicepol kayak mbok jamu lagi seperti versi 2003), serta special efek yang pas dan tidak berlebihan.


Meng Zhi Yi tampak membawakan karakter Mu Nian Chi (Bok LIam Chu) dengan sempurna. Dia cantik, baik hati, lemah lembut juga sangat sabar. Great job, Meng Zhi Yi

==============

Kesimpulan :
My Favorite Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) ever is :
1. Meng Zhi Yi as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 2017. 
Please welcome the new Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) 2017, the pretty Meng Zhi Yi. Sebelum versi 2017 dibuat, Cecilia Liu adalah favorite saya tapi setelah versi 2017 dibuat, I think I Love Meng Zhi Yi the best than the others. The Best Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) ever. Dia cantik, baik hati, lemah lembut dan sabar, persis yang digambarkan dalam novelnya.




2. Cecilia Liu Shi Shi as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 2008.
Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) favorite kedua setelah Meng Zhi Yi. Sama seperti versi 1983 yang terlalu banyak modifikasi, walau membuat kurang nyaman di hati saat nontonnya, tapi itu semua tertutupi oleh cast para pemain yang ganteng dan cantik plus soundtrack yang easy listening. 


Ditambah lagi, Cecilia Liu memang punya wajah yang lembut dan sabar, dia cocok banget membawakan peran gadis desa yang lemah lembut dan sabar, walau kadang agak terlalu lemah dan gampang ditindas. Tapi bukankah Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) emang karakternya lemah? Satu hal lagi, Cecilia cocok bersanding dengan Justin Yuan Hong yang juga tampan. Cantik dan tampan, mereka pasangan serasi hehehe =)


3. Sharon Yeung as Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) versi 1983.
Dikenal sebagai Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang paling dikenal. Sharon Yeung sukses menghidupkan karakter Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) yang sabar, lemah lembut dan pemaaf. Tatanan rambut dan kostumnya cocok untuk seorang gadis desa yang sederhana. Walau kadang agak terkesan “tua” untuk karakter seorang gadis muda berumur 17 tahun, tapi overal Sharon Yeung membawakan perannya dengan baik. Tapi sayangnya terlalu banyak modifikasi pada jalan cerita Yang Kang (Yo Kang) dan Mu Nian Chi, membuat saya lebih memilih versi 1994 sebagai favorit saya dibandingkan yang lain.


My Favorite Mu Nian Chi (Bok Liam Chu) character is Meng Zhi Yi (2017), Cecilia Liu (2008), and Sharon Yeung (1983). You dont agree with me ?? Well, its up to you...People have taste, right ? Saya hanya menulis apa yang saya rasain so kalau ada yang gak setuju, ya sah-sah aja. Setiap orang punya selera kan? Peace...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.