Kamis, 23 April 2015

Wuxia Character : Yang Liu Lang

Berpindah ke karakter Hu Ge yang lain, kali ini saya ingin bicara tentang Yang Liu Lang, perannya dalam serial wuxia “The Young Warriors Of The Yang Clan 2006”. Beberapa sumber di wikipedia  menyebutkan kalau Yang Liu Lang, adalah satu-satunya yang berhasil hidup setelah Perang Besar di Golden Beach, He was the only one to survived. Sementara ayah dan saudara-saudaranya yang lain gugur di Medan Perang tersebut. 


Walau dalam versinya Hu Ge, “HANYA” Ayah, kakak pertama, kakak kedua, kakak ketiga serta adik ketujuhnya yang gugur dalam perang, sementara kakak keempatnya mengalami amnesia dan diakui sebagai suami oleh Tuan Putri Bangsa Liao dan kakak kelimanya menjadi Biksu dan meninggalkan kehidupan duniawi. 

Hanya Yang Liu Lang yang tersisa dan dialah yang menjadi Penerus kepemimpinan Keluarga Yang dan dia juga yang kelak akan membalas dendam kematian ayah dan saudara-saudaranya. But, who is Yang Liu Lang actually? Bagi kalian yang tidak mengenal sosok Jenderal hebat satu ini, ada baiknya membaca sedikit informasi dibawah ini...






Personal details
Lahir

 :  958    Di kota Taiyuan, Shanxi
Meninggal    
 :  9 February 1014 (usia 56)
    di kota Baoding, Hebei
Anak-anak :
  • Yang Chuanyong (楊傳永), son
  • Yang Dezheng (楊德政), son
  • Yang Wenguang, son
Orang tua
:  Yang Ye dan She Sai Hua

Nama lengkap :   
 Marga Liú (), kemudian diubah menjadi Yáng (), Marga asli ayahnya di  tahun 979. Dilahirkan dengan nama Yánlǎng (), kemudian diubah  menjadi Yánzhāo () pada tahun 1012
Nama panggilan 
: "Yang's 6th son" (楊六郎) aka Yang Liu Lang

Yang Yanzhao



Dilahirkan di Keluarga Militer, Yang Liu Lang telah mempelajari kungfu sejak masih kecil. Yang Yan Zhao (楊延昭) (lahir pada tahun 958 dan meninggal pada 9 February 1014), dilahirkan dengan nama Yang Yan Lang (楊延朗) sebelum tahun 1012 dan diubah menjadi Liu Yan Lang (劉延朗) sebelum tahun 979, dia adalah Jenderal Militer pada jaman Dinasti Sung China. 

Selama lebih dari dua dekade, dia mempertahankan Sung di garis depan dan berjuang melawan Dinasty Liao, membantu Kerajaan Sung menggagalkan invasi Dinasty Liao diantara tahun 999 dan 1014.



Dia adalah salah satu dari 7 Putra Keluarga Yang. Sejarah Kerajaan Sung menyebutkan bahwa dia dipanggil dengan nama Yang Liu Lang (楊六郎, yang artinya Putra Keenam Keluarga Yang atau "Yang's 6th son" oleh orang-orang Khitan (dari Dinasty Liao) yang takut padanya. 

Dalam kisah fiksi yang pernah dibuat dalam film atau serial Generals of the Yang Family, Yang Yan Zhao adalah putra keenam Yang Ye dan nama itu menunjuk pada nama panggilannya, walaupun para Sejarawan percaya bahwa dia sebenarnya adalah anak pertama atau anak kedua Keluarga Yang.


In Fiction :
Kisah kepahlawanan Keluarga Yang telah banyak diangkat dalam kisah fiksi baik berupa serial atau film. Dalam kisah Generals of the Yang Family, Yang Yan Zhao adalah Putra Keenam Yang Ye dan She Saihua



Dia adalah satu-satunya putra yang berhasil kembali dengan selamat dari Perang yang menewaskan ayah dan seluruh saudaranya, setelah berhasil mengalahkan Dinasty Liao dalam perang di Golden Beach. Dalam cerita, dia juga sering disebut sebagai Yang Jing (楊景).



Dalam hampir semua kisah Keluarga Yang yang diangkat dalam serial atau film, Yang Liu Lang menikah dengan Princess Chai, keturunan Kaisar Shizong yang kemudian menjadi Kerajaan Zhou. Putra mereka, Yang Zongbao juga menjadi Jenderal Hebat Kerajaan Sung.

Series Adaptation :


Jujur, aku tidak pernah melihat versi Yang Saga yang lain jadi aku tidak bisa membandingkan berbagai versi adaptasi yang pernah dibuat. Walaupun di tahun 1990-an silam, salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang kebetulan aku lupa stasiun tv yang mana, pernah memutar versi Yang Saga yang diperankan oleh Andy Lau, Felix Wong, Michael Miu dan Tony Leung. Tapi karena aku TIDAK SUKA ANDY LAU, jadi aku gak tertarik liat hehehe ^.^ 

Kenapa aku gak suka Andy Lau? Simple...Because I HATE YOKO’s CHARACTER. Lalu apa hubungan Yoko dan Andy Lau? Well, itu karena Andy Lau yang memerankan Yoko (Yang Guo) versi 1983 dan karena aku gak suka karakter Yoko dan Xiao Lung Ni, so aku juga gak suka semua pemerannya dari dulu hingga sekarang, termasuk Liu Yi Fei yang memerankan Bibi Lung di ROTCH 2006, gak peduli secantik apa pun dia, tetep gak suka. Coba dia gak meranin Bibi Lung, mungkin akan lain cerita hehehe ^.^

Inilah Pahlawan yang sesungguhnya, gugur di Medan Perang demi membela bangsa dan negara dan jutaan rakyat! Bukan sembunyi dalam kuburan kuno kayak si PENGECUT YOKO! Benteng Xiang Yang diserang, bukannya bantuin malah asyik indehoi ma istrinya - Xiao Long Ni, yang tak kalah egois!

This is the REAL HERO! Prince Long Yang @ Chinese Paladin 3, played by : Hu Ge. Gugur di medan perang dengan puluhan panah menancap di tubuhnya, persis seperti Yang Chi Lang.

Kenapa aku BENCI YOKO? Karena bagiku, YOKO BUKAN PAHLAWAN juga BUKAN PENDEKAR, dia hanyalah SEORANG PENGECUT! Buat apa punya ilmu tinggi kalau ujung-ujungnya cuma SEMBUNYI DALAM KUBURAN, bermesraaan ma istrinya aka Xiao Long Ni dan GAK PEDULI MA NASIB BANGSA YANG TERJAJAH

Karena Yoko-lah, Pahlawan favoritku – Kwee Cheng (Guo Jing) dan Oey Yong (Huang Rong) harus gugur berjamaah bersama seluruh keluarga mereka dalam perang melawan Mongolia mempertahankan Benteng Xiang Yang. Andai Yoko mau dateng bantuin, pasti lain ceritanya tuh.

Yang Liu Lang dan Yang Wu Lang, dia orang Putra Keluarga Yang yang berhasil selamat dalam Perang.

Bagi aku pribadi, The REAL HERO adalah mereka yang seperti Kwee Cheng (Guo Jing), Oey Yong (Huang Rong) dan juga para anggota keluarga Yang, apa pun yang terjadi, mereka tetap berjuang hingga akhir. 

Gugur di Medan Perang demi memperjuangkan nasib jutaan rakyat JAUH LEBIH TERHORMAT daripada mati di dalam kuburan kuno, dan di dalam persembunyian seperti PASANGAN EGOIS : Yoko dan Xiao Long Ni! Iiihh,, gak tahu deh kenapa di Indonesia banyak banget yang suka Yoko sedangkan di Luar Negeri mereka dibenci? Terserah lah, selera orang kan beda-beda...



Back to my Yang Liu Lang... Karena AKU BENCI ANDY LAU itulah makanya aku gak liat versi Yang Saga yang lain. Walaupun ada juga versi yang diperankan oleh Alec Su dan Vic Zhou, tapi entah kenapa aku tetap gak minat nontonnya hehehe ^.^ 

Mungkin karena review di luar sana emank gak bagus kale, ya? Versi Alec Su lebih berfokus pada Yang Shi Lang dan kisah cintanya, BUKAN pada kisah KEPAHLAWANAN keluarga Yang. Dan aktor utamanya pun Yang Shi Lang bukan Yang Liu Lang seperti versi adaptasi pada umumnya. Hampir semua orang LEBIH MENYUKAI YANG CLAN 2006. Gak percaya? Jelajahi aja mbah Google hehehe ^.^



HANYA The Young Warriors Of The Yang Clan 2006 inilah yang menarik minat saya. Alasan pertama mungkin karena yang jadi Yang Liu Lang adalah Hu Ge. Kemampuan akting "The Prince Of Ancient Series" ini tentu sudah tidak diragukan lagi.

 Berawal dari Legend Of The Condor Heroes 2008, saya mulai memburu dramanya yang lain, mulai dari : Chinese Paladin 1, Chinese Paladin 3, Strange Tale of Liao Zhai, Fairy From Wonderland hingga Young Warriors Of The Yang Clan 2006.



Seperti biasanya, Hu Ge membawakan peran Yang Liu Lang dengan sempurna. Yang Liu Lang yang awalnya seorang pembuat onar, a rebellion son, dan sedikit nakal, namun baik hati, ceria, cerdas dan memiliki banyak inovasi cemerlang dalam membuat berbagai macam jenis senjata baru dan juga pintar dalam hal strategi perang, membuatnya dianggap menjadi “Bane” alias “Kutukan” bagi Bangsa Liao. Singkat kata, before he was the Leader of his clan, he was a boy who didn't want to grow up. 



Namun karakternya perlahan menjadi dewasa saat dia terlibat dalam perang di Bai Shui City. Yang Liu Lang yang cerdas dan baik hati, adalah seseorang yang pintar dalam strategi perang dan peduli pada nasib pengikutnya. Pengalaman itulah yang membuatnya kelak menjadi seorang Jenderal Besar yang ditakuti oleh musuhnya, sama seperti ayahnya.



Sedih banget waktu satu per satu Ayah dan kakak-kakaknya gugur di Medan Perang. Lebih sedih lagi waktu melihat bagaimana Yang Qi Lang (Eddie Pheng) gugur dengan puluhan panah tertancap di tubuhnya, persis kayak gugurnya Prince Long Yang (Hu Ge) di Chinese Paladin 3. 

Yang Shi Lang (Peter Ho) yang terluka parah karena terkena racun, terpaksa dilarikan pergi oleh Yang Liu Lang dengan kuda sementara Liu Lang sendiri melawan para prajurit Liao yang mengepungnya.



Walau akhirnya Liu Lang berhasil membunuh mereka semua, termasuk salah satu tangan kanan Ye Lu Xie yang kuat dan juga Tian Ling – Perdana Menteri Liao yang hebat, namun dia kehilangan kakaknya – Yang Shi Lang karena saat menaiki kuda, Yang Shi Lang yang memang sangat lemah tak sengaja jatuh ke dalam jurang. 

Sedih banget liat tangisan Hu Ge saat tak berhasil menemukan kakaknya dan hanya tertinggal kudanya di tepi jurang. Hanya tertinggal Yang Wu Lang dan Yang Liu Lang yang tersisa, dengan hati hancur, mereka harus membawa kembali mayat saudara-saudara mereka kembali ke rumah. Lebih nyesek lagi waktu liat si adik ke-8, Yang Pha Mei menanyakan perihal kakak-kakaknya serta ayahnya yang takkan pernah kembali lagi.


Chen Long as Yang Wu Lang

Yang Wu Lang yang menyesal karena tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan ayah dan kakak-kakaknya, menghukum dirinya sendiri dengan menjadi biksu dan mengasingkan diri dari keduniawian. 

Hanya Yang Liu Lang yang tersisa untuk menjadi penerus Keluarga Yang, mengambil alih kepemimpinan ayahnya dan menjadi Jenderal untuk membalas dendam dan menghancurkan bangsa Liao yang telah menghancurkan keluarganya. Tapi sayangnya, serial ini harus berhenti setelah Yang Liu Lang berhasil memukul mundur bangsa Liao untuk sementara waktu and he Finally to be the next Leader of His Clan.


Secara garis besar, I Love this series. First, maybe because Hu Ge. Tapi kemudian, jalan cerita yang tertata rapi, kisahnya yang mengharu biru, bukan hanya waktu adegan kematian di medan perang, tapi juga saat setiap keluarga Yang mendapat masalah, mereka selalu bahu membahu membantu yang lain, kehangatan Keluarga Yang terlihat jelas disini, selain itu juga para pemain yang good looking ditambah akting mereka yang tentu tak perlu diragukan lagi, menjadi nilai tambah serial wuxia yang 1 ini.



Walau sebagai penggemar Hu Ge, rasanya porsinya sebagai pemeran utama tak sebanyak waktu dia menjadi Li Xiao Yao atau Jing Tian, dimana dia selalu muncul di setiap episode, gak pernah absen. Tapi di Young Warriors Of The Yang Clan 2006 ini, setiap anggota Keluarga Yang mendapat porsi peran yang hampir sama. Tokoh Yang Liu Lang gak terlalu difokus, ini yang membuat gue sebagai fans Hu Ge agak sedikit sedih, secara gue pengen liat Hu Ge-nya donk pasti hehehe ^.^ But Overall, Young Warriors Of The Yang Clan 2006 ini adalah VERSI YANG TERBAIK dari semua Yang Clan yang pernah dibuat !! Bukan Cuma gue loh yang ngomong tapi hampir semua orang yang pernah nonton juga ngomong hal yang sama...

So, inilah kisah singkat tentang Jenderal Hebat dari Kerajaan Sung - Yang Liu Lang dan juga sedikit review tentang The Young Warriors Of The Yang Clan 2006...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads