Sabtu, 18 Juni 2016

7 Karakter Wanita Favorit dalam drama Korea



Jika biasanya saya cenderung membahas para pemeran pria dalam suatu drama/film, kali ini saya ingin membahas tentang karakter wanita favorit dalam drama Korea. Tapi sebelumnya saya ingin ingatkan jika Ini hanya merupalan penilaian pribadi saya selaku blogger dan tidak bisa dijadikan patokan umum, mengingat selera setiap orang tidak sama dan saya hanya menulis berdasarkan drama Korea yang pernah saya tonton sebelumnya. Jadi jika ada ketidaksamaan dengan selera Anda, harap dimaklumi jika setiap orang punya selera dan pendapat masing-masing orang tidaklah sama. Jangan lupa pula jika apa yang Anda tonton belum tentu saya menontonnya, demikian pula sebaliknya. Jadi intinya, tidak perlu berdebat atau memaki penulis dalam hati jika selera kita berbeda. So, siapa sajakah 7 karakter wanita favorite dalam drama Korea versi www.lianastory501.blogspot.com ini? Mari kita simak di bawah ini...


“7 Karakter Wanita Favorit dalam drama Korea”







1. Kim So Hyun as Go Eun Byul @ Who Are You : School 2015 
Tangguh, kuat, berani, pintar walaupun sedikit kasar dan emosional. Itulah Go Eun Byul dalam “Who Are You : School 2015” yang dimainkan dengan sangat sempurna oleh artis remaja, Kim So Hyun. Memerankan sepasang saudara kembar identik dengan kepribadian berbanding terbalik tentu bukanlah sebuah tugas yang mudah bagi gadis remaja seperti Kim So Hyun, tapi dia berhasil membuktikan kemampuannya dengan menyabet 3 penghargaan dalam KBS Drama Award lewat aktingnya yang apik dalam “Who Are You : School 2015”.




Walau tokoh utama dalam serial sepanjang 16 episode ini adalah Lee Eun Bi, adik kembar yang sabar, lemah lembut dan baik hati, tapi entah kenapa justru karakter kakak kembarnya yaitu Go Eun Byul lebih menarik perhatian saya.



Go Eun Byul, seorang gadis yatim piatu yang terpisah dari adik kembarnya saat usia mereka 5 tahun kemudian diadopsi oleh seorang wanita kaya dan tinggal di Seoul. Ketika SMU, Eun Byul bersekolah di sekolah Elite di wilayah Gangnam, Seoul. Eun Byul tumbuh menjadi seorang gadis cantik yang pintar, berani, kuat, tangguh, namun sedikit kasar dan emosional. 




Walau begitu, Eun Byul adalah type kakak yang sangat menyayangi adik kembarnya. Saat dia melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Eun Bi, adik kembarnya selalu dibully oleh teman sekelasnya yang dipimpin oleh Kang So Young dan memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari atas jembatan ke sungai yang berarus deras, Go Eun Byul tanpa pikir panjang melompat ke dalam sungai untuk menyelamatkan adik semata wayangnya.




Saat mengetahui sang adik kembar kehilangan ingatan, Eun Byul memilih menghilang dan membiarkan Eun Bi menggantikan posisinya. Dan saat dia memutuskan untuk kembali pun, Eun Byul dengan berani selalu berusaha melindungi adiknya dari niat jahat Kang So Young. Eun Byul berkali-kali selalu melawan Kang So Young dengan berani. Eun Byul bukan hanya selalu menyudutkan gadis jahat itu, dia juga kerap kali mencengkeram kerah Kang So Young, menginjak HP-nya, menjambak rambutnya dan mendorongnya dengan kasar. Saya tidak bilang saya mendukung kekerasan, tapi apa yang dilakukan Go Eun Byul adalah sebuah pembalasan yang pantas atas semua penindasan Kang So Young terhadap Lee Eun Bi, adik kembar Eun Byul. Apa yang dilakukan Kang So Young pada Lee Eun Bi jauh lebih parah daripada pembalasan yang dilakukan Go Eun Byul.

 Adiknya ditindas, kakaknya datang membalas. Great Job, Go Eun Byul !!! When the bitch meet the Queen ^.^

Suka banget waktu adegan di Episode 13 saat Kang So Young mencoba membuka rahasia Eun Bi bahwa Eun Bi bukan Eun Byul, tanpa dia tahu bahwa yang ada di hadapannya adalah Go Eun Byul yang asli. Eun Byul dengan berani berkata : 
“Apa yang sudah kau lakukan pada adikku yang malang? Menghinanya, memakinya, menjambak rambutnya dengan kasar di tempat umum, melemparinya dengan telur dan tepung, memfitnahnya melakukan sesuatu yang tak pernah dia lakukan. Seseorang mati karenamu tapi kau tak peduli sama sekali. Aku sangat ingin menghajarmu, tapi membalas kejahatan dengan kejahatan adalah tindakan pengecut.”


Lalu lagi, saat Eun Byul merampas HP Kang So Young dan menginjaknya hingga rusak, saat Eun Byul mendengar Kang So Young menelpon temannya di Tong Yeong untuk kembali membully Eun Bi. Eun Byul dengan berani berkata : 
“Aku menginjak HP-mu dan kau ingin membunuhku. Saat kau menginjak-injak adikku, apa kau bisa bayangkan bagaimana perasaanku?”


Cool...Great Job, Go Eun Byul. What amazing Twin Sister. Membalas kejahatan dengan kejahatan memang tidak dibenarkan tapi gak ada salahnya jika memberikan sedikit perlawanan kan? Lagipula pembalasan Go Eun Byul tidak seberapa jika dibandingkan apa yang dilakukan Kang So Young pada adik kembarnya. Seneng gitu rasanya waktu liat Kang So Young kena batunya. Go Eun Byul dilawan, dia kan preman pasar hehehe =)





Kim So Hyun did a great job for portraying 2 different character. So gak salah jika dia sukses mendapatkan 3 penghargaan sekaligus berkat kerja kerasnya di serial ini. I Love Go Eun Byul’s Character, She is very strong, smart and brave. She is  a good sister to Eun Bi, she’s willing to protect and risk everything for the people she love and care, even if it means she’s had to be rough. I wish I was as strong as she is.




2. UEE After School as Baek Ja Eun @ Ojakgyo Brothers 
Dari semua peran yang pernah dimainkan oleh UEE After School paling suka perannya sebagai Baek Ja Eun dalam Ojakgyo Brothers. Baek Ja Eun, seorang Nona Besar yang cantik, pintar dan sedikit angkuh, namun setelah ayahnya diduga tewas dalam kecelakaan pesawat dan seluruh harta kekayaannya lenyap dalam sekejap, dia berubah menjadi seorang gadis polos yang baik hati dan suka membantu.




Kebaikan hati dan kepolosan Baek Ja Eun bahkan berhasil membuat semua orang di Keluarga Hwang, khususnya Bibi Bok Ja (Ibu Hwang Tae Hee), berbalik dari membencinya menjadi sangat menyayanginya. Bahkan saat sebuah tragedi kesalahpahaman di masa lalu sempat menggoncang hubungannya dengan Hwang Tae Hee (Joo Won), Bibi Bok Ja justru berada di pihaknya dan selalu mendukungnya.




Baek Ja Eun juga membuat si polisi dingin namun tampan, Hwang Tae Hee (Joo Won) yang tak pernah tertarik pada wanita, perlahan jatuh cinta pada kebaikan hati dan kepolosannya. Bahkan demi Ja Eun, Tae Hee rela menentang ayahnya. Jika bukan karena Ja Eun yang menasehatinya untuk menuruti perintah orang tuanya dan rela putus dengan Tae Hee, mungkin Tae Hee pun rela melakukan apa pun untuknya. Cantik, baik hati, pintar, pengertian, polos dan begitu penurut, itulah Baek Ja Eun yang dibawakan dengan sempurna oleh Face Of The Group dari After School ini.





UEE After School berhasil membuktikan bakatnya di bidang akting saat dia berhasil membuat Ojakgyo Brothers meraih kesuksesan dan meraih rating tinggi dengan memecahkan rekor 40%. Dia juga sukses memboyong penghargaan di Baeksang Drama Award pada tahun 2012 lalu, sebagai bukti nyata dari aktingnya yang apik dan total dalam serial drama keluarga sepanjang 58 episode ini. Tak ada lagi Yoo Hae Yi yang licik, penuh tipu muslihat, angkuh dan mau menang sendiri dalam “You’re Beautiful”, UEE sukses bertransformasi dari seorang antagonis yang dibenci menjadi gadis manis yang disayangi semua orang.




3. Lee Young Ae as Seo Jang Geum @ Jewel In The Palace 
Dae Jang Geum, siapa yang tidak mengenal kisah Dokter Wanita Pertama di korea yang diperankan dengan sempurna oleh aktris kawakan Lee Young Ae ini? Well, mungkin hanya mereka yang bukan penggemar Drakor.


Seo Jang Geum, seorang gadis muda yang cerdas dan berbakat memasak, penuh tekad kuat serta tidak pantang menyerah dalam menghadapi rintangan yang ada di depan matanya, yang mengawali kiprahnya di Istana dengan menjadi seorang dayang Istana. Awalnya, Jang Geum bercita-cita menjadi seorang Dayang Utama untuk mencari tahu yang sebenarnya tentang kematian ibunya yang misterius, namun kejadian demi kejadian memaksanya untuk mengubah alur hidupnya dengan menjadi seorang tabib wanita, setelah kasus bebek bersulfur yang membuat Gurunya, Dayang Han meninggal dan membuat dirinya dibuang ke pengasingan.



Keinginan kuat untuk membuktikan dirinya tidak bersalah dan untuk membersihkan nama gurunya, membuat Jang Geum akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang tabib wanita agar bisa kembali masuk ke dalam Istana.

Seo Jang Geum, seorang wanita yang memiliki tekad kuat, semangat tidak pantang menyerah, selalu berusaha melakukan yang terbaik, baik hati, peduli pada sesama, ditambah dengan kecerdasan dan bakatnya yang terpendam, memang pantas dijadikan panutan dan favorite semua orang. Dan akhirnya semua hal itu jugalah yang sukses mengantarnya kembali ke Istana, tak hanya sebagai seorang tabib wanita namun juga seorang Dokter Wanita pertama di Korea yang mendapatkan kepercayaan penuh dari Sang Raja. Setelah membersihkan namanya dan nama gurunya serta menemukan penyebab kematian ibunya, Jang Geum pun diangkat menjadi Dokter Wanita Pertama di Korea.



Ada satu kalimat yang diucapkan oleh Jang Geum yang paling berkesan yaitu : “Selama aku masih bernapas, tak ada seorangpun yang bisa mengajariku untuk menyerah.”


4. Song Hye Kyo as Han Ji Eun @ Full House 
Han Ji Eun, seorang gadis muda yang cantik, polos, lucu, ceria dan baik hati, yang berprofesi sebagai Penulis Novel Internet, sama sekali tak menyangka akan dikhianati oleh sahabatnya sendiri saat kedua sahabatnya tega mengirimnya ke Shanghai agar bisa menjual rumah mewah warisan dari orang tuanya, yang diberi nama Full House.




Demi mendapatkan kembali rumah warisan peninggalan orang tuanya, Han Ji Eun pun rela membuat surat perjanjian kawin kontrak dengan seorang aktor terkenal di Korea Selatan, yaitu Lee Young Jae (RAIN). Lee Young Jae yang dipermalukan di depan umum oleh gadis yang diam-diam dicintainya yaitu Kang Hye Won, akhirnya menjadikan Han Ji Eun sebagai tameng untuk menjaga nama baiknya. Sangat memalukan untuk bintang hallyu sekelas Lee Young Jae jika sampai ada wartawan yang mengetahui jika dia ditolak mentah-mentah oleh seorang wanita, itulah sebabnya dia menikahi Han Ji Eun secara kontrak demi untuk melindungi nama baiknya.



Awalnya pernikahan kontrak mereka selalu diwarnai oleh pertengkaran dan kelucun, namun seiring berjalannya waktu, cintapun tumbuh di antara mereka. Apalagi sejak mengetahui bahwa Yoo Min Hyuk, seorang pria kaya yang juga dicintai Kang Hye Won, ternyata jatuh cinta pada Han Ji Eun, membuat Lee Young Jae perlahan menyadari perasaannya kalau dia sebenarnya juga mencintai Han Ji Eun dan bertekad tidak akan kalah lagi dengan Yoo Min Hyuk kali ini.


Song Hye Kyo membawakan peran Han Ji Eun yang polos, ceria, lucu dan baik hati dengan sempurna. Tak ada lagi “Choi Eun Suh” yang lemah lembut, selalu tertindas, selalu meneteskan airmata dan selalu mengalah dalam “Autumn In My Heart”. Song Hye Kyo berhasil membuktikan bahwa dia tak hanya jago dalam berakting sendu dan lemah lembut, namun juga jago berakting lucu dan ceria dalam serial sepanjang 16 episode ini.


5. Yoo Eun Hye as Go Eun Chan @ The Fisrt Shop Of Coffee Prince 
Go Eun Chan, seorang gadis muda yang tomboy, kuat, tegar dan tak peduli pada penampilan karena yang ada di pikirannya hanyalah uang, tak sengaja bertemu dengan seorang pewaris perusahaan besar, Choi Han Gyul yang salah mengira Eun Chan adalah pria setelah melihat penampilannya yang mirip pria dan selera makannya yang besar yang tak seperti gadis-gadis pada umumnya.


Tak berniat berbohong pada awalnya, tapi begitu Han Gyul menawari Eun Chan bekerja di kedai kopi miliknya dengan jumlah gaji yang besar, Eun Chan pun tak punya pilihan selain menutupi identitas yang sesungguhnya jika dia adalah wanita. Kenapa? Karena kedai Kopi “Prince” hanya memperkerjakan para pria saja, bukan wanita. Maka jika Han Gyul tahu Eun Chan seorang wanita, Eun Chan takut jika Han Gyul akan memecatnya.



Situasi menjadi semakin kacau saat perlahan tapi pasti Choi Han Gyul jatuh cinta pada Go Eun Chan dan menganggap dirinya tidak normal alias homo karena jatuh cinta pada sesama pria. Han Gyul mencoba menolak dan melawan perasaannya, namun akhirnya dia tidak sanggup menahan perasaan cintanya dan mengakuinya dengan berani, tidak peduli walau seandainya semua orang di luar sana akan memandangnya rendah karena menyukai sesama jenis.



Suka banget dengan kalimat pengakuan Choi Han Gyul yang berkata, “I’ll say this just once, so listen up! I Like you, whether you ara a man or an alien, I just dont care anymore. Let’s go! As far as we can go. Let’s try!”

Yang artinya : “Aku hanya akan mengatakan ini sekali, jadi dengarkan baik-baik! Aku menyukaimu, tidak peduli walau kau seorang pria atau alien sekalipun. Aku tidak peduli lagi. Ayo kita jalani. Sejauh yang bisa kita jalani. Ayo kita mencobanya!”



Yoo Eun Hye tampil sangat sempurna saat berakting sebagai gadis tomboy Go Eun Chan, dia bahkan rela memangkas rambut panjangnya yang indah. Tak ada lagi Putri Mahkota Shin Chae Gyong dalam “Princess Hours” yang feminim, ceria, lugu dan cantik. Dia benar-benar sukses bertransformasi dari seekor angsa yang menawan menjadi Itik buruk rupa dalam serial sepanjang 17 episode ini. Walau menurut saya sih, Yoon Eun Hye masih terlihat cantik, aneh aja kalau Choi Han Gyul sampai gak tahu kalaiu dia seorang wanita. The First Shop Of Coffee Prince juga berhasil mencetak rating tinggi berkat akting brilian dari Yoo Eun Hye yang sukses menyamar menjadi seorang pria.



6. Lee Yoo Won as Princes Deok Man @ The Great Queen Seon Deok. 
The Great Seon Deok, kisah tentang Ratu Pertama Bangsa Korea sekaligus tentang Putri Kembar yang terbuang. Deok Man adalah salah satu dari Putri Kembar Raja Jin Pyeong (kalau gak salah inget nama Rajanya) yang harus hidup dalam persembunyian sejak dia dilahirkan karena adanya ramalan bahwa jika seorang Raja memiliki sepasang Putri Kembar maka garis keturunan laki-laki akan terputus. Yang sayangnya ramalan itu kebetulan menjadi kenyataan karena Raja Jin Pyeong memang tak memiliki anak laki-laki setelah Sang Putri Kembar terlahir ke dunia, Pangeran yang dilahirkan Permaisuri selalu tak bisa berumur panjang dan meninggal di usia muda.


Deok Man yang dibesarkan oleh seorang Dayang istana di Padang Gurun Gobi akhirnya tumbuh menjadi seorang gadis yang kuat, tegar, tangguh, berani, baik hati, ceria dan juga sangat pintar. Karena badai pasir yang diduga telah menyebabkan kematian sang Ibu angkat, membuat Deok Man tak memiliki pilihan lain selain kembali ke Shilla untuk mencari ayah kandungnya dengan bermodalkan sebuah belati yang diberikan ayah kandungnya padanya.



Kejadian demi kejadian akhirnya membuat Deok Man tak sengaja dikira sebagai pria, hingga dia terpaksa menyamar menjadi seorang nangdo (prajurit kecil) demi agar bisa masuk Istana. Setelah fakta tentang Putri Kembar terungkap dan semua orang mengetahui identitas aslinya, Deok Man pun kembali ke Istana sebagai seorang Putri dan memulai pertarungan yang sesungguhnya melawan Penjaga Stempel, Mi Shil yang sejak dulu mempunyai mimpi menjadi seorang Ratu di Shilla.


Karakter Princess Deok Man yang berani, tegar, tangguh, kuat dan pintar sebenarnya lebih sempurna saat diperankan oleh Nam Ji Hyuk di versi mudanya dibandingkan dengan Lee Yoo Won yang entah kenapa tatapan matanya kurang terkesan pintar dan dari segi akting masih kalah jauh ma Go Hyun Jung pemeran Mishil. Namun karena skenario yang sangat apik, akting Lee Yoo Won yang kurang sempurna pun berhasil ditutupi. Tapi Overall saya suka karakternya Princess Deok Man. The Great Queen Seon Deok sukses mendapat rating yang luar biasa saat ditayangkan di Korea sana karena telah menyentuh angka 50%. It’s amazing...



7. Han Chae Young as Shun Chun Hyang @ Sassy Girl Chun Hyang 
Sassy Girl Chun Hyang, serial drama komedi romantis yang diangkat dari kisah Romeo and Juliet asal Korea dan diadaptasi ke versi modern dan meraih rating yang tinggi saat ditayangkan di Korea Selatan pada tahun 2005 silam. Shun Chun Hyang, seorang gadis muda yang cantik, cerdas, berani, ceria, tegar dan kuat dibawakan dengan sempurna oleh si cantik bertubuh tinggi, Han Chae Young.



Chun Hyang yang berasal dari keluarga miskin namun merupakan siswi paling pintar di sekolahnya dengan selalu menempati peringkat 1 di seluruh sekolah bertemu dengan troublemaker Lee Mong Ryong yang merupakan siswa pindahan dari Seoul. Sebuah kesalahpahaman tercipta di antara mereka yang mengharuskan Chun Hyang dan Mong Ryong menikah di usia muda. Tapi karena mereka masih SMU, mereka masih tidak diijinkan untuk tidur sekamar, yang mana ini sangat melegakan bagi Chun Hyang dan Mong Ryong yang tidak saling mencintai pada awalnya. Sama seperti Full House, Chun Hyang dan Mong Ryong pun membuat perjanjian kawin kontrak.



Awalnya pernikahan kontrak mereka selalu diwarnai pertengkaran dan kelucuan, hingga akhirnya Chun Hyang memutuskan untuk hidup sendiri di Seoul setelah lulus SMU dan jauh dari Lee Mong Ryong untuk melupakan cintanya yang bertepuk sebelah tangan karena Lee Mong Ryong saat itu masih mencintai kakak kelasnya yaitu Chae Rim. Lee Mong Ryong yang merasa kesepian tanpa kehadiran Chun Hyang akhirnya melakukan segala cara untuk bisa menemukan di mana Chun Hyang berada, hanya untuk melihat bahwa ada seorang pria lain yang juga mencintai Chun Hyang dan ingin memilikinya yaitu Byun Hak Do, seorang pengusaha kaya raya yang selalu membantu Chun Hyang saat Mong Ryong tak bisa melakukannya.


Seperti yang dikatakan Han Dan Hae, teman baik Chun Hyang pada Mong Ryong, “Sesuatu akan terlihat sangat berharga bila sudah direbut orang,” Mong Ryong pun akhirnya menyadari jika dia sudah jatuh cinta pada Chun Hyang setelah cemburu melihat ada pria lain yang mendekati istrinya.

Han Chae Young sukses menghidupkan karakter klasik Chun Hyang dan mengubahnya menjadi lebih menarik dalam versi modernya. Chun Hyang yang cantik, cerdas, berani, tegar, tangguh, baik hati namun juga sangat menyukai uang, tetapi tidak memberikan kesan mata duitan alias money digger. Great job, Han Chae Young. Tak ada lagi si jahat nan culas, Yoon Shin Ae dalam “Autum In My Heart” dan bagi saya, Han Chae Young adalah salah satu aktris antagonis yang sukses mengubah image menjadi protagonis dengan sempurna.



====

Note : 
Anda boleh setuju boleh tidak, karena semua nama di atas jelas merupakan penilaian Subyektif dari saya selalu blogger dan hanya menilai dari drama Korea yang pernah saya tonton sebelumnya, kalau Anda merasa tidak sepaham tentu itu merupakan hal yang wajar karena setiap orang punya selera. Beda kepala, beda selera juga. Dan postingan ini hanya sekedar untuk sharing semata tanpa ada maksud apa-apa.

Jika ada yang bertanya dalam hati kenapa drama populer sekelas Yong Pal dan Descedant Of The Sun gak masuk list di atas? Jawabannya simple aja : Untuk Yong Pal, karena saya gak suka Kim Tae Hee yang uda terlanjur melekat image Han Yoo Ri, seorang adik tiri yang jahatnya amit-amit dalam Stairway To Heaven yang menurut saya tidak cantik sama sekali dengan matanya yang njelirit dan kayak mata kucing yang membuatnya gak cocok jadi peran utama, lebih cocok jadi antagonis aja gitu hehehe =) Saya liat Yong Pal pun karena ditayangkan gratis di RTV serta gak ada pilihan lain, daripada TV-nya nganggur ya liat Yong Pal aja gitu hehehe =) Aslinya saya kurang suka alur ceritanya juga, orang jahatnya banyak amat ya, kayaknya seluruh pemain di Yong Pal suka berkhianat sana, berkhianat sini. Tak kenal lawan, tak tahu kawan, semua penuh dendam, kayak gitu deh ibaratanya hehehe =)

 Di mata saya, Kim Tae Hee sama sekali gak cantik, sebaliknya dia terlihat tua -_- Dan karena sejak awal gak suka ma artisnya, jadinya gak suka ma karakternya juga deh. Ditambah lagi, karakternya juga biasa aja dan gak ada yang perlu difavoritkan. Maaf untuk Kim Tae Hee's Fans *bow*

Sedang untuk Descendant Of The Sun, karena saya belum liat dramanya dan mungkin gak akan pernah liat karena saya kurang suka drama/film yang temanya perang-perangan dan banyak adegan actionnya hehehe =) Semua drama yang masuk dalam list saya di atas adalah MURNI Drama percintaan yang gak ada adegan action/perang-perangan. Once again, setiap orang punya selera yang berbeda hehehe =)

Credit photos : As Tagged (all photos belongs to the owner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads