Monday, June 6, 2016

Sinopsis & Review : Who Are You School 2015, Kisah Gadis Kembar yang bertukar tempat



Awalnya cuma mikir ini drama yang bertema bullying alias kekerasan yang terjadi di sekolah. Sempet gak minat awalnya karena gak ada yang kenal artisnya plus banyak adegan kekerasan yang takutnya malah ditiru anak-anak di sekolah. Tapi setelah tahu bahwa ini adalah kisah sepasang gadis kembar yang bertukar tempat mendadak jadi merasa tertarik. Well, harus diakui kalau saya pribadi sangat suka dengan drama yang mengangkat tema Gadis Kembar alias Twin Sister. Seru aja gitu kalau ada sepasang gadis berwajah mirip yang tukeran tempat, terus sambil nebak-nebak kapan ya mereka ketahuan kalau bukan diri mereka yang sebenarnya? Tema “Kembar” entah kenapa bagi saya sangat menarik. Hingga saking sukanya, saya bahkan membuat sendiri kisah tentang sepasang Putri Kembar yang saya posting di Wattpad dengan judul “The Twin Princess : Save The Lost Princess” dan “The Twin Princess : Anastasia – Princess In Disguise” (cari aja di wattpad kalau Anda penasaran dengan “Putri Kembar”karangan saya hehehe ^.^). Jadi bagi yang ingin tahu review singkat tentang serial drama bertema Sekolah yang ditayangkan di RTV setiap senin-minggu pukul 19.00 WIB ini, tak ada salahnya menyimak sinopsis dan review singkatnya di bawah ini...
  
“Sinopsis & Review : Who Are You School 2015, Kisah Gadis Kembar yang bertukar tempat”







Title : Who Are You - School 2015 (Korean: 후아유: 학교 2015 Revised: Huayu: Hakgyo 2015?) 
Starring : 
Kim So Hyun as Lee Eun Bi/Go Eun Byul 
Nam Joo-Hyuk as Han Yi Ahn 
Yook Sung Jae as Gong Tae Kwang 
Kim Hee Jung as Cha Song Joo 
Lee Cho Hee as Lee Shi Jin 
Cho Soo Hyang as Kang So Young 
Country Of Origin : South Korea 
Original Language : Korean 
No. Of Episodes : 16



Sinopsis : 
Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (sama-sama diperankan oleh Kim So Hyun) adalah sepasang saudara kembar identik, yang terpisah sejak mereka berusia 5 tahun. Lee Eun Bi tinggal di Panti Asuhan yang bernama Love House di sebuah kota kecil bernama Tong Yeong, sementara kakak kembarnya – Go Eun Byul diadopsi oleh seorang wanita kaya yang sangat menyayanginya dan membawanya tinggal di Seoul.


Eun Byul dan Eun Bi terlihat sama persis, hingga tak ada yang bisa membedakan mereka, tapi hanya Eun Byul yang awalnya menyadari jika dirinya memiliki seorang saudara kembar di luar sana. Tapi walau memiliki wajah yang sangat mirip, kedua saudara kembar ini memiliki sifat yang berbanding terbalik. Tidak seperti Eun Byul yang pintar, berani, tomboy, kuat, tangguh dan sedikit kasar, Lee Eun Bi justru sangat baik hati dan lemah lembut serta selalu membela temannya yang tertindas. Hingga karena berani membela seorang temannya yang tertindas, Eun Bi pun akhirnya berbalik menjadi sasaran pembully-an karena dianggap menjadi sok pahlawan. 



Gang cewek pembully yang dipimpin oleh Kang So Young inilah yang akhirnya membuat Lee Eun Bi menjadi tak tahan lagi dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya alias bunuh diri dengan melompat dari atas jembatan ke sungai berarus deras.


Go Eun Byul, sang kakak kembar yang menempuh pendidikan di Sekang High School, Seoul yang merupakan sebuah sekolah elit di daerah Gangnam, melompat ke dalam sungai untuk menyelamatkan adik kembarnya yang nyaris tenggelam. 

 Go Eun Byul yang pintar dan berani

Saat itu, Go Eun Byul dan semua teman sekelasnya datang ke Tong Yeong untuk studi wisata. Dan dari sanalah, Go Eun Byul melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Kang So Young selalu menindas adiknya hingga membuat sang adik memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena tak tahan terus ditindas.
 
10 hari Kemudian, Eun Bi yang nyaris tewas tenggelam terbangun dalam keadaan hilang ingatan. Go Eun Byul yang melompat ke dalam sungai untuk menyelamatkan adiknya memutuskan untuk menghilang saat mengetahui bahwa kembarannya kehilangan ingatan dan membiarkan adiknya mengambil alih posisinya agar sang adik bisa mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik dari sebelumnya. Di samping itu, Eun Byul juga ingin melarikan diri dari teror Jung Soo In yang selama ini membuatnya sangat ketakutan. Ibu Eun Byul salah mengenali putrinya dan mengira Eun Bi adalah Eun Byul serta membawanya pulang ke Seoul, di mana kemudian Eun Bi memulai penyamarannya sebagai Go Eun Byul.



Sementara itu, semua orang di Tong Yeong dan di Panti Asuhan Love House salah mengira Lee Eun Bi sudah meninggal karena terjun ke dalam sungai, dan bahkan mengkremasi mayatnya. Faktanya Lee Eun Bi belum meninggal dan mereka salah mengenali mayat wanita dengan wajah rusak yang diduga dirinya setelah ditemukan Name Tag “Lee Eun Bi” yang tergeletak tak jauh dari tempat mayat itu ditemukan.



Setelah ingatan Eun Bi kembali, dia sempat memutuskan untuk meninggalkan rumah Eun Byul tapi Ibu angkat Eun Byul yang mengira bahwa yang sebenarnya dikremasi adalah Eun Byul, meminta Eun Bi untuk tinggal bersamanya agar bisa memulihkan luka hatinya akibat kehilangan Eun Byul. Ibu angkat Eun Byul meminta Eun Bi untuk menyamar sebagai Eun Byul. Awalnya semua baik-baik saja, hingga seorang siswi pindahan bernama Kang So Young, pemimpin Genk yang dulu pernah menindasnya hingga membuatnya ingin mati, datang ke sekolah Eun Byul dan menjadi teman sekelasnya lagi.

Kang So Young. Wajahmu seburuk hatimu -__-

Kang So Young yang mengetahui jika Eun Bi bukan Eun Byul selalu berusaha menyakitinya dan mengungkap identitasnya, tapi untunglah ada Gong Tae Kwang yang selalu melindunginya, kapanpun So Young mencoba menyakiti Eun Bi. Gong Tae Kwang diam-diam menyukai Lee Eun Bi dan hanya kepada Tae Kwang-lah, Eun Bi berani mengatakan kebenaran yang sesungguhnya jika dia bukan Go Eun Byul, melainkan Lee Eun Bi. Gong Tae Kwang juga yang selalu ada di sisi Eun Bi saat dia sedang merasa sedih atau kesepian.





Di sisi lain, ada Han Yi Ahn yang merupakan teman masa kecil Go Eun Byul yang sudah mengenalnya sejak usia 8 tahun dan juga teman sekelasnya yang juga menaruh hati padanya. Awalnya yang disukai Yi Ahn adalah Go Eun Byul, tapi kemudian entah sejak kapan, dia sadar bahwa yang disukainya adalah Lee Eun Bi dan bukan Go Eun Byul yang sejak dulu selalu mengabaikannya. Di saat Kang So Young hampir membuka penyamaran Eun Bi di depan teman-teman sekelasnya, Han Yi Ahn datang di saat yang tepat untuk menyelamatkannya walau untuk itu dia harus rela tertabrak saat dalam perjalanan ke sekolah, yang membuat pundaknya terluka sehingga tak bisa berenang lagi. Saat itu, Yi Ahn sudah mengetahui jika Eun Bi bukanlah Eun Byul.



Kang So Young yang tak pernah lelah menyakiti Eun Bi meminta ayahnya untuk mengeluarkan Eun Bi dari sekolah dengan memanfaatkan posisinya sebagai Jaksa. Saat Eun Bi akan pindah sekolah, Eun Byul akhirnya memutuskan untuk kembali ke rumahnya. Everything back to normal. Go Eun Byul yang asli yang selama ini menghilang dan tinggal di Panti Asuhan Hope House, telah kembali ke sekolahnya.





Kang So Young yang tidak mengetahui bahwa si kembar telah bertukar tempat, kembali mencoba menindas Eun Byul yang disangkanya sebagai Eun Bi. Terang saja Go Eun Byul yang asli langsung melawan dengan berani. Go Eun Byul adalah gadis yang kuat dan berani dan tak ada seorang pun yang berani berurusan dengannya. Dengan berani, Eun Byul mencengkeram kerah baju So Young dan menghempaskannya ke kursi, Eun Byul juga bahkan hampir menampar So Young, hanya saja dia menahan dirinya karena tidak ingin dirinya menjadi seperti So Young. 


 


Eun Byul hanya merebut ponsel So Young, melemparnya ke tanah dan menginjaknya dengan kakinya sehingga membuat video kekerasan yang selama ini digunakannya untuk mengancam Eun Bi rusak. Eun Byul pun mengancam So Young agar jangan pernah berani lagi menyakiti adik kembarnya, karena ada dia yang akan melindungi adiknya.



Saat Eun Byul kembali, Yi Ahn pun sadar bahwa entah sejak kapan dia mulai menyukai Eun Bi. Eun Byul yang mengerti pun memberikan restunya pada sahabat dan adiknya agar mereka bahagia. 


Gong Tae Kwang pun akhirnya mengalah dan melepaskan cintanya agar Eun Bi bisa bahagia.



Dan Kang So Young akhirnya mendapat hukuman secara mental setelah Go Eun Byul menyebarkan video pembullyan yang dilakukannya terhadap Eun Bi di Internet dan membuat semua orang di seluruh Korea membenci dan memakinya. Kang So Young yang kini dibenci semua orang hanya bisa menangis ketakutan di kamarnya dan tak berani keluar rumah. 



Dan akhirnya Go Eun Byul yang memang pintar memilih untuk pindah sekolah ke luar negeri, sementara sang adik – Lee Eun Bi, setelah resmi diadopsi oleh Ibu angkat Eun Byul, kembali mendaftar ke SMU Sekang setelah 6 bulan berlalu dan proses pemindahan sekolah, proses adopsi serta kesalahan dalam pengenalan mayat terselesaikan, Eun Bi kembali ke sekolah Eun Byul yang dulu dengan memakai nama aslinya yaitu Go Eun Bi. 



Sementara si gadis kembar akhirnya bahagia dengan cara mereka sendiri, Eun Byul bahagia dengan sekolah barunya di luar negeri yang membuatnya mendapat banyak teman. Eun Byul mengirimkan postcard yang berisi fotonya bersama teman-teman barunya dan mengatakan akan segera kembali ke Korea.


Sementara Eun Bi bahagia karena memiliki sebuah rumah yang hangat, seorang Ibu yang sangat menyayanginya dan seorang kakak yang akan selalu melindunginya, seorang kekasih - Han Yi Ahn yang mencintainya, dan hidup tanpa mengalami pembullyan seperti sebelumnya serta memiliki banyak teman baik seperti Cha Song Joo dan Lee Shi Jin


Di akhir episode, Eun Bi dan Yi Ahn bertemu di dalam bus saat Eun Bi kembali ke Sekang High School dan Eun Bi yang iseng mengerjai Yi Ahn dengan cara yang sama seperti saat Yi Ahn mengerjainya dulu.



====

Review : 
Drama ini mengajarkan pada kita bahwa pembullyan dan penindasan itu tidak bisa dibenarkan dan seharusnya dihapuskan. Karena akibat dari pembullyan bisa menjadi sangat mengerikan bila sang korban penindasan merasa tak sanggup lagi bertahan dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Bukankah itu sama artinya dengan pelaku pembullyan menjadi seorang pembunuh? Apa untungnya menyakiti orang lain? Apa dengan menyakiti orang lain, Anda bisa bahagia? Tertawa di atas penderitaan orang lain seperti yang dilakukan oleh Kang So Young adalah bukan ciri seorang manusia, melainkan IBLIS. Untuk para pelaku pembullyan di luar sana yang hobi menyakiti orang lain, ANDA MANUSIA, BUKAN IBLIS KAN?



Sebenarnya agak kasihan ma Go Eun Byul karena pada akhirnya dia tidak mendapatkan pasangan. Han Yi Ahn yang awalnya menyukainya sejak kecil, tapi karena Eun Byul selalu tidak peduli padanya akhirnya malah berbalik menyukai Lee Eun Bi, sang adik kembar. Dan Gong Tae Kwang yang sejak awal selalu melindungi Eun Bi dan bersedia menerima Eun Bi, tidak peduli siapapun identitasnya, justru malah bertepuk sebelah tangan. Andai saja skenarionya bisa diubah yaitu Han Yi Ahn tetap menjaga perasaannya untuk Go Eun Byul dan Lee Eun Bi memilih Tae Kwang, sepertinya akan terasa lebih adil untul Go Eun Byul maupun Gong Tae Kwang  dan masing-masing dari mereka akan memiliki pasangan.

Gong Tae Kwang yang kasihan T.T



Tapi bagaimanapun hasil akhirnya, serial drama sepanjang 16 episode ini tetap layak untuk dinikmati. Kalau bagi saya pribadi karena memang menyukai tema Gadis Kembar yang bertukar tempat hehehe =) Jadi walaupun saya gak kenal sama sekali sama artisnya dan menurut saya cowoknya pun gak ada yang cakep (di mata saya), selera orang kan gak sama ya, bagi saya baik Han Yi Ahn ataupun Gong Tae Kwang wajahnya standar, gak ada yang cakepnya wah kayak Lee Min Ho, tapi karena ceritanya bagus jadi saya suka deh. Abaikan wajah pemainnya yang biasa saja, saya gak bilang jelek loh, hanya biasa saja.





Thank you RTV telah memberikan tontonan yang menarik di Sore Hari mengingat tontonan akhir-akhir ini sangat membosankan karena didominasi oleh serial India atau Turki, yang gak terlalu nyantol di hati saya hehehe =) RTV mendadak menjadi stasiun TV Favorit saya karena konsisten menayangkan drama Korea. Semoga tetap seperti ini selamanya, amin. Jangan ikutan Turki dan India juga ya, RTV. Bosen gue liat serial India atau Turki yang panjang kayak ular -_- Maklum, bloggernya anti serial dengan jumlah episode ratusan -__-

Credit Pictures : As Tagged (All photos belongs to the owner)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.