Jumat, 11 September 2015

Mengenang ENERGY, Boyband Legendaris dari Taiwan

Energy, salah satu Boyband Legendaris dari Taiwan ini sepertinya tidak banyak diketahui oleh para blogger di Indonesia...Sayang disayangkan mengingat Energy adalah Boyband yang pernah sangat terkenal di jamannya. Tapi gpp lah, semakin sedikit blog yang membahas tentang sesuatu hal, membuat saya semakin bersemangat. Kenapa? Karena itu tandanya saya adalah seorang Inovator dan bukan seorang Blogger yang hanya ikut-ikutan trend di masyarakat. Apa istimewanya kalau semua blogger membahas tentang Kpop lalu saya membahas Kpop juga? DIFFERENT IS SPECIAL, right? I dont want to be Followers cause I want to be a Initiator hehehe =) Menulis artikel untuk sesuatu yang sudah “menjamur” sama sekali tak ada istimewanya, tuliskan sesuatu yang orang lain tidak pernah menulisnya dan jadilah berbeda. Sama seperti saat blogger lain menulis tentang drama korea, saya malah nulis serial silat hehehe =) Sekarang saat semua blogger bicara tentang Kpop, saya memilih Boyband Taiwan. Semakin sedikit informasi yang saya dapat di internet tentang sesuatu hal, justru membuat saya semakin ingin menuliskannya. Menjadi sumber satu-satunya bukankah sesuatu yang membanggakan?

“Mengenang ENERGY, Boyband Legendaris dari Taiwan”








Dari sekian banyak boyband dari Taiwan, ada satu Boyband yang cukup berkesan di hati, yaitu Energy. Tapi sayang, sejak TORO meninggalkan grup ini, entah kenapa saya perlahan kehilangan ketertarikan pada Energy. Well, I admitted that I like TORO, dan tanpa TORO, Energy bagaikan macan tanpa taring. Energy yang tampil beda dengan menonjolkan image “para pemuda pemberontak” dan bukan image “Flower Boys” seperti yang ditunjukkan oleh F4 sempat menarik hati saya.

Lagu-lagu Energy yang umumnya ngebeat alias bertempo cepat, vokalis dengan suara yang kuat, dance yang memukau dan tidak menimbulkan kesan “mbanceni” sangat jauh berbanding terbalik dengan F4 yang terkenal dengan image "Flower Boy"-nya yang memang awalnya bukan dimaksudkan menjadi sebuah grup dan mereka menjadi boyband pun karena imbas dari kesuksesan Meteor Garden, jadi wajar jika F4 cannot dancing alias gak bisa ngedance (kecuali Vanness yang tinggal di Amerika) dan suara membernya juga pas-pasan (karena memang mereka bukanlah seorang penyanyi, kecuali Vanness Wu yang memiliki kemampuan vokal yang lebih unggul dibandingkan yang lain), jadi melihat Energy, seolah memberikan kesan yang berbanding terbalik dengan F4.




Jika F4 lebih tepat disebut sebagai Boyband “Jadi-jadian” alias jadi Boyband karena imbas kesuksesan Meteor Garden bukan karena sengaja dibentuk untuk menjadi sebuah grup musik dengan kemampuan nge-dance dan kemampuan vokal, maka Energy adalah Boyband yang sesungguhnya. Energy bisa ngedance, memiliki kemampuan vokal yang mumpuni, mereka bisa nge-rap dan mereka memang meraih kesuksesan murni dari jalur musik dan bukan melalui drama. Lagu Energy yang paling saya suka adalah "Tuo Ai Wo Yi Thien" yang artinya "Cintailah aku lebih sehari lagi". Walau ada banyak juga lagu lain yang enak didengar telinga seperti : Fang Shou (Let Go), Knock Out, Yung Yen Pu Suo Cai Cien (Never Say Goodbte), Missing You, Everything In My Heart, 7 Days, Thi Er Che Ai Shang Ni (Love You For The Second TIme), Mo Nien Mo Yue Mo Yi Thien (One Day One Month One Years), Chuan Yue Yi Kuang Nien, Khei Ni Te Khe, Pu Cai Fu Yu Mei Yu Yi Hou, Hey You, Ramen Song, Come On, You Better Not Come Home dll.


TORO @ Snow Angel. Personil Energy yang paling populer.

TORO dan Ah Di yang memang teman saat berada di sekolah dance adalah member yang paling jago ngedance, TORO pun dikenal sebagai Lead Rapper dan Pencipta Lagu dalam Energy, dan karena wajahnya yang tampan itulah TORO pun menjadi yang paling populer di antara member yang lain. Namun sayang justru kepopuleran TORO itulah yang gosipnya menimbulkan rasa iri hati dari para member yang lain dan berakibat pada keluarnya TORO dari Energy (tapi itu hanya gosip yang saya dengar dari Fans China). Alasan yang dikatakan pada media tentang keluarnya TORO adalah karena Universal Musik Taiwan menginginkan hak cipta Energy lengkap dengan ke-4 personilnya kecuali TORO yang memiliki hubungan persahabatan dengan Jason Huang (pendiri Energy), dan karena itulah Universal tak ingin mengontrak TORO juga.


TORO, harus diakui bahwa memang TORO-lah yang paling ganteng, cakep bin cute abiz

Setelah TORO pergi, popularitas Energy merosot drastis. Konser di Indonesia pun sangat jauh meleset dari target tanpa kehadiran TORO bersama mereka, begitu juga di negara lain. Memberikan bukti bahwa memang TORO-lah yang menjadi daya tarik dari Energy. Setelah mundur dari Energy, TORO bergabung dengan Agensi Jungiery Star alias J-Star yang dengan bodohnya tidak bisa memanfaatkan bakat yang dimiliki TORO dan justru membuat karir TORO tidak berkembang. Pada akhirnya, setelah sempat "dibekukan" oleh J-Star karena dituduh melanggar peraturan, TORO mendirikan perusahaan Agensi artis sendiri yang diberi nama "TORO PRODUCTION". Oh iya, tahun 2004 silam, TORO juga sempat membintangi serial drama populer SETTV berjudul "Snow Angel" yang mendapat rating sangat tinggi saat diputar di Taiwan ataupun di Indonesia. 

Well, bagi kalian yang gak tahu tentang Energy, ada baiknya kalian menyimak sedikit info tentang Energy di bawah ini (sekedar menambah pengetahuan soal Boyband dan musik...)


Profile :
Asal : Taiwan
Genre Musik : Hip Hop, Pop Rock
Tahun Aktif : 2002 – 2009
Label : 
Universal Musik Taiwan
Mars / Tian Xi Yu Le (Artist Management)

 

Anggota

Nama asli : Yeh Yi Hua (Yeh Nai Wen, 葉乃文)
Nama Inggris : Milk
Lahir : 2 September 1979
Posisi : Rapper, Koreografer, Leader
Ciri khas : Suara yang renyah
Keluar : 10 Oktober 2005




Nama asli : Zhang Shu Wei (張書偉)
Nama Inggris : Joe
Lahir : 4 November 1980
Posisi : Lead vocal
Ciri khas : Suara yang ringan dan falsetto yang halus



Nama asli : Guo Wei Yun (郭葦昀)
Nama Inggris : Alvan
Lahir : 2 Oktober 1981
Posisi : Lead rapper, Face Of The Group, Pencipta Lagu
Ciri khas : Rap yang bertenaga
Keluar : Juli 2003



Nama asli : Xie Kun Da (謝坤達)
Nama Inggris : Ken/Penny
Lahir : 18 Maret 1982
Posisi : Rapper, penulis lirik
Ciri khas : Suara yang lembut dan cenderung berbisik tetapi bertenaga



Nama asli : Xiao Jing Hong (蕭景鴻)
Nama Inggris : Edy
Lahir : 21 Juli 1982
Posisi : Main vocal
Ciri khas : Suara yang berat, serak, tetapi mampu meraih nada tinggi



Nama asli: Tang Zhen Gang
Nama Inggris: Ice
Posisi: Rap,Dance koreografer
Ciri khas: Suara polos dan ahli breaking,hand stand
Bergabung sejak: 15 Juni 2007


6 member Energy minus 2 personil yang sudah mengundurkan diri (TORO - nomor 2 dari kanan dan Niu Nai - pojok paling kanan)

Energy adalah sebuah kelompok boyband Hip Pop asal Taiwan yang beranggotakan Kun Da, Shu Wei, dan Ah Di. TORO keluar bulan Juli 2003, sedangkan Niu Nai mengundurkan diri bulan Oktober 2005. Pada bulan Juni 2007 seorang personel baru bernama Xiao Gang masuk sebagai anggota ENERGY.

Kelompok ini didirikan bulan Juli 2002 pasca euforia Meteor Garden. Boyband ini masih seangkatan dengan F4 dan 5566, serta Comic Boys, tetapi Energy tampil dengan kemasan yang berbeda. Jika pada umumnya boyband menampilkan citra manis, Energy tampil dengan citra pemberontak. Walaupun demikian, tentu saja penampilan fisik mereka tetap diarahkan untuk menarik minat para remaja wanita. Tidak sedikit pula para remaja pria yang mengidolakan Energy. Pada umumnya mereka tertarik oleh gerakan dance Energy yang mengacu pada aliran hip pop dan street dance berisiko tinggi.


Jika pada umumnya boyband Taiwan meraih popularitas melalui penampilan mereka di serial drama atau acara TV, Energy meraih popularitas mereka murni dari musik. Energy terkenal di mata fans sebagai boyband yang benar-benar memiliki musikalitas tinggi dan ahli dalam dance karena latar belakang personelnya adalah penyanyi dan dancer. Dapat dikatakan, mereka adalah salah satu pelopor grup hip pop Taiwan di awal abad 21 dan menjadi inspirator kemunculan grup-grup sejenis saat ini seperti K-One dan Fahrenheit.

TORO, tanpa dia, Energy bagaikan macan tanpa taring

Setelah TORO memutuskan untuk keluar pada Juli 2013, Energy mengalami penurunan popularitas secara drastis. Acara peluncuran buku biografi mereka yang berjudul Wo De Energy (My Energy), menjadi momen perpisahan antara TORO dan keempat personel lainnya. Konferensi pers menjadi hujan tangis karena Energy dan para penggemarnya tidak bisa menerima perpecahan tersebut. Hal lain yang membuat penggemar Energy sedih adalah bahwa TORO tidak bisa lagi berkarier di jalan yang sama dengan dua teman akrabnya, Kun Da dan Ah Di. Keluarnya TORO ternyata cukup membawa dampak bagi popularitas Energy di Indonesia. Hal ini terlihat dari jumlah penonton "Power Concert Indonesia 2003" yang jauh meleset dari target.

Energy setelah mundurnya TORO :

 



Energy setelah mundurnya TORO dan Niu Nai :





Bahkan Niu Nai sebagai Leader dalam grup seolah tak mampu memimpin anggotanya, saat sebuah perseteruan kembali melanda para personil Energy yang berlangsung antara Niu Nai dan Ah Di. Entah apa yang terjadi sebenarnya, tapi Ah Di semula berniat menggunakan cederanya sebagai alasan untuk mundur dari Grup. Namun yang terjadi malah sebaliknya, Niu Nai, sang Leader-lah yang akhinya memilih mundur dan resmi keluar dari Grup pada tahun 2005. Dan anehnya, keluarnya Niu Nai tersebut seolah mengembalikan hubungan TORO dengan ketiga member yang tersisa. What happened with Niu Nai? Well, hanya mereka dan Tuhanlah yang tahu...

Energy dengan personil baru Xiao Gang :
 


Pada tahun 2007, Energy memutuskan untuk menerima anggota baru bernama Xiao Gang, yang sayangnya entah kenapa banyak fans yang merasa bahwa penambahan ini justru membuat Energy kehilangan kekuatannya. Next, saya akan memberikan profile dan perjalanan karir Energy...

Photos Credit : WEIBO ON LOGO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads