Selasa, 12 April 2016

Boyband Taiwan : Little Tiger, Boyband Legendaris Era 1990-an



Fenomena Boyband Korea masih berlanjut. Tapi tahukah Anda bahwa jauh sebelum Korea merajai Industri musik Asia bahkan Dunia, Taiwan telah lebih dulu menyemarakkan belantika musik Asia dan dunia dengan Boyband dari negeri mereka. Bagi Anda yang pernah mengalami masa kecil dan masa remaja di era tahun 1990an awal, era di mana musik Mandarin masih merajai dan Kpop belum menampakkan taringnya, pasti masih ingat dengan Boyband Fenomenal yang satu ini. Yup, mereka adalah Tiga “Macan Kecil” yang sudah tak kecil lagi, yaitu “LITTLE TIGER”.

Bisa dibilang, Little Tiger adalah pencetus ide terbentuknya Boyband di era tahun 1990-an, namun sayang Boyband lain yang dibentuk setelah mereka tampaknya kurang mendapat sambutan hangat dari pecinta Musik Mandarin, sebut saja Beyond, Grasshopper dan beberapa nama lagi yang kebetulan bloggernya gak inget karena kurang terkenal hehehe =) Setelah “Little Tiger” menyatakan bubar dan para personilnya bersolo karir hingga sekarang, Boyband yang terbentuk setelah mereka pun lambat laun mulai menghilang. Hingga F4 dengan Meteor Gardennya kembali lagi membangkitkan era Boyband Taiwan tahun 2000-an.

Bagi yang mengenal Little Tiger, anggap saja untuk mengenang. Tapi bagi yang gak tahu siapa mereka dan kebetulan terdampar di postingan ini, anggap saja hanya untuk menambah pengetahuan, biar gak cuma tahunya Boyband Korea mulu dan mikir kalau selain Korea, negara lain gak punya Boyband *Ada loh yang mikir gitu. Dia pikir cuma Korea doank yang punya Boyband -__- Baru lahir ya neng? Maklum deh kalau kurang pengetahuan hehehe =) So inilah sejarah dan profil singkat mengenai Boyband Pertama Taiwan yang terdiri dari Nicky Wu, Julian Chen dan Alec Shu.

“Boyband Taiwan : Little Tiger, Boyband Legendaris Era 1990-an”






Xiao Hu Dui (Chinese: 小虎隊), yang juga dikenal dengan nama Little Tigers, adalah Boyband Taiwan yang terbentuk pada tahun 1988. Little Tiger terdiri dari tiga orang personil yaitu Alec Su, Nicky Wu dan Julian Chen. Trio Little Tiger meraih kesuksesan mereka pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, pada saat itu ketenaran mereka dikenal di seluruh Taiwan bahkan seantero Asia. Kesuksesan mereka berimbas  pada lahirnya Boyband Idola lain dan juga para penyanyi Idola di Taiwan mulai bermunculan. Little Tiger disebut sebagai “The First Idol Band” atau Boyband Idola Pertama di Taiwan. Little Tiger pernah mengalami masa hiatus saat para personilnya bergantian menjalani Wajib Militer dan akhirnya setelah kembali merilis satu atau dua album lagi pasca Wajib Militer tersebut, grup ini memutuskan untuk bubar pada tahun 1995 dan ketiga personilnya bersolo karir hingga saat ini. 



Pada tahun 2010, Little Tiger (Xiao Hu Dui) kembali reuni dan bernyanyi bersama di atas panggung dalam sebuah CCTV’s Spring Festival Gala. Lalu mereka bertemu lagi pada bulan March 2016, saat Alec Su dan Julian Chen sama-sama diundang untuk menghadiri pesta pernikahan Nicky Wu dan Cecillia Liu di Bali, Indonesia. Ini membuktikan bahwa Little Tiger bukan hanya nama sebuah grup musik tapi juga lambang persahabatan. Sama seperti ENERGY, yang walaupun para personilnya sudah bersolo karir tapi setiap kali ada kesempatan, mereka pasti akan berkumpul kembali dan bahkan bernyanyi di atas panggung seperti dulu. Awww, so sweet. Friendship Last Forever alias Persahabatan Abadi Selamanya hehehe =) 



Profile : 
Origin : Taiwan 
Music Genres : Cpop/Mando Pop 
Years Active
1988 – 1992 
1994 – 1995 
Labels : UFO (Taiwan) Co Ltd

Member : 
1. Nicky Wu ( Leader ) 
Name : 吳奇隆 / Ng Kei Lung (Wu Chi Lung) 
English name : Nicholas (Nicky) Wu 
Also known as : 阿奇 / A Qi 
Position : Leader 
Profession : Actor, singer and producer 
Birthdate : 1970-Oct-31 (age 45) 
Birthplace : Taipei, Taiwan 
Height : 173cm 
Weight : 65kg 
Star sign : Scorpio 
Chinese zodiac : Dog 
Blood type : O 
Family : Wife/actress Liu Shi Shi and ex-wife Ma Ya Shu 
Talent agency : Scarecrow 
Religion : Christianity 
Used to be in a famous Taiwanese boyband called the Little Tigers (小虎隊) with fellow actors Alec Su and Julian Chen





2. Julian Chen 
Name : 陳志朋 / Chan Ji Pang (Chen Zhi Peng) 
English name : Julian Chen 
Also known as : 阿朋 / A Peng / Benny Chen 
Position : Main Vocal 
Profession : Actor, singer 
Birthdate : 1971-May-19 
Birthplace : Taichung, Taiwan 
Height : 172cm 
Weight : 65kg 
Star sign : Taurus 
Chinese zodiac : Pig 
Blood type : AB 
Family : 3 Older sisters and older brother 
Talent agency : 陈志朋工作室 
Religion : Buddhism 
Used to be in a famous Taiwanese boyband called the Little Tigers (小虎隊) with fellow actors Alec Su and Nicky Wu





3. Alec Shu  

Name : 蘇有朋 (苏有朋) / Shu You Peng 

English name : Alec Shu 
Also known as : Little Good Tiger / A Peng / Da Tou (Big Head) / Tommy Shu 
Position : Face Of The Group 
Profession:  Actor and singer 
Birthdate : 1973-Sep-11 
Birthplace : Taipei, Taiwan 
Height : 173cm 
Weight : 64kg 
Star sign : Virgo 
Chinese zodiac : Ox 
Blood type : B 
Family : Younger brother 
Talent agency : HY.Brothers 
Education : Taiwan University 
Religion : Buddhism 
Used to be in a famous Taiwanese boyband called the Little Tigers (小虎隊) with fellow actors Julian Chen and Nicky Wu




 
Discography

Chinese
English
year
01.
新年快樂
Happy new year
January 1, 1989
02.
逍遙遊
Free and unfettered to play
April 30, 1989
03.
男孩不哭
Boys don't cry
September 21, 1989
04.
紅蜻蜓
Red dragonfly
February 28, 1990
05.
星星的約會
The date of stars
September 30, 1990
06.
love
October 31, 1991
07.
再見
Good bye
December 22, 1991
08.
BEST – Dance Remix
BEST – Dance Remix
January 31, 1992
09.
星光依舊燦爛
Starry night
December 9, 1994
10.
虎嘯龍騰 – 狂飆,1995年演唱會全紀錄
The concerts Record in 1995
December 22, 1995




Little Tiger pernah tampil dan bernyanyi bersama di atas panggung saat acara CCTV’s Spring Festival Gala pada tahun 2010 dan berikut ini adalah beberapa fotonya.









====

My Opinion : 
Pertama kali mengenal mereka lewat lagu “Ciao Ni Yi Sheng My Love (Call You My Love)” yang easy listening dengan nada yang santai dan lembut. Percaya atau tidak, saat itu saya masih berusia 7 tahun hahaha =) Liat koko-koko ganteng menyanyi rasanya membuat saya lupa kalau saya masih anak-anak yang harusnya masih mendengarkan lagu Bintang Kecil dsb, tapi saya justru ngefans ma mereka. Walau saat itu gak tahu arti lagunya, tapi percaya atau tidak, saya dengan ajaib mampu menghapal semua liriknya hehehe =)




Secara suara dan teknik vokal, Julian Chen atau yang dulu dikenal dengan nama Benny Chen adalah favorite saya. Suaranya yang ringan, lembut dan mengalun dengan indah di telinga saya membuat saya tak pernah bosan mendengarkan lagu yang dia nyanyikan. Sebut saja : “Yi Luan Ching Mi” dan Ching Pu Yao Chiang Yen Lei Tou Wang Sin Li Chang” yang adalah 2 lagu favorite saya. Bodo ah, walau dia gak cakep. Yang penting saya suka suaranya hehehe =) Toh waktu itu kan saya cuma denger suaranya di kaset dan radio aja hehehe =) Jadi emang cuma dinikmati suaranya aja sih ^.^ Toh jaman dulu kan gak ada you tube or acara musik lokal di TV swasta yang muterin MV lagu-lagu dari artis Asia, jadi ya gak tahu wajahnya dan cuma denger suaranya dari kaset doank. Foto di cover kaset pun kan kecil tuh hehehe =)



Lalu berikutnya adalah Nicky Wu. Sama seperti Julian, suara Nicky juga ringan dan lembut tapi sedikit lebih kecil. Tapi saya juga suka type suara seperti ini. Lagu favorite dari Nicky di album Little Tiger yang menjadi favorite saya adalah : “Cuei Ai She Ni” dan “Loving You”. Walau saat dia sudah bersolo karir pun, saya lebih condong ke Nicky Wu hehehe =) Lagu-lagunya saat dia bersolo karir yang menjadi favorite saya adalah : “My Summer Dream. Yen Huo, Chu Ni Yi Lu Sun Feng, Mo Ran Huei Shou, Liu Sing, Cuei Meng, Nan Ren Te Yen Lei” dan banyak lagi yang lain. Seperti yang saya bilang, saya menyukai type suara yang kecil, ringan, dan lembut =)




Alec Shu atau yang dulu dikenal dengan nama Tommy Shu adalah personil yang paling ganteng tapi sayang saya gak suka suaranya. Well, saya gak suka dengan type suara yang berat dan besar kayak suaranya Andy Lau, Julian Cheung Che Lin, Alec Shu, Wallace Huo dan penyanyi pria bersuara berat lainnya hehehe =) Jadi walau dia cakep sekalipun, saya gak pernah suka lagu yang dia nyanyikan, suaranya berat sih, jadi ngantuk dengernya hehehe =) Bagi saya pribadi, Alec Shu hanya enak dilihat wajahnya dalam serial-serial yang dia bintangi sebut saja : The Legendary Siblings, Love At The Aegant Sea, Putri Huan Zhu dll. Tapi kalau soal lagu, baik saat dia masih di Little Tiger ataupun saat bersolo karir, gak ada satupun lagu dari Alec Shu yang nyantol di hati saya. Semuanya kembali pada selera sih hehehe =) Saat di Little Tiger pun, lagu yang dia nyanyikan solo pun selalu saya GULUNG Kasetnya hehehe =)



So, itu adalah review singkat tentang Boyband Legendaris dari Taiwan era tahun 1990-an. Entah kenapa saya merasa beruntung terlahir di era tahun 1980-an dan mengalami masa remaja di tahun 1990-an, karena walau gak ada internet seperti sekarang dan susah cari info tentang artis tertentu tapi dalam hal Fangirling-an, rasanya sangat damai dan adem ayem. Gak ada yang namanya fanwar sana-sini kayak fans Kpop sekarang. Sesama Fans kalau pengen ketemu pastilah janjian ketemuan di stasiun radio hehehe =) Enak deh, damai. Jadi pengen balik ke masa lalu aja hahaha =)

Credit Profile : Wikipedia
Credit Photos : As Tagged (All Photos belongs to the owner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.