Kamis, 09 Maret 2017

(News) GOT7 ‘Shopping Mall’ dicekal di KBS karena menyebut nama Brand terkenal



Masih tentang dicekalnya lagu terbaru GOT7 “Shopping Mall” oleh KBS TV dan alasan dibalik pencekalan tersebut. Setelah di artikel sebelumnya, penulis sempat bertanya-tanya, masak sih JB (selaku komposer lagu Shopping Mall) bener-bener nyebut merk gitu, kayak misal nyebut : Pepsodent, Pantene dll? Masak gak disamarkan? Biasanya kalau nyebut merk dianggap gak etis, pihak yang bersangkutan pasti menyamarkan dan gak menyebutkan secara gamblang merk tertentu. Tapi setelah mencari dan mencari ternyata penulis menemukan salah satu FP menuliskan bahwa lirik lagu “Shopping Mall” memang secara gamblang menyebutkan nama brand tertentu. Lah? No komen deh kalau kayak gitu, secara nyebut merek kan emank gak etis, kesannya kayak promosi hahaha ^.^ Tapi gpp deh, walau KBS mencekal, namun masih ada SBS dan MBC yang masih belum mengatakan apa-apa, kan? Semoga aja nih lagu “Shopping Mall” gak dicekal juga oleh MBC dan SBS, amen. Kalaupun MBC dan SBS ikutan mencekal, yaudah, promosi untuk lagu kedua pakai lagu yang lain aja hehehe ^.^ Gitu aja kok repot?

“(News) GOT7 ‘Shopping Mall’ dicekal di KBS karena menyebut nama Brand terkenal”





“Shopping Mall”, salah satu lagu dalam album terbaru GOT7 “Flight Log: Arrival” yang rencananya akan dijadikan lagu andalan kedua setelah “Never Ever” yang baru akan resmi dirilis pada tanggal 13 Maret 2017 mendatang, gagal melewati evaluasi lagu gagal melewati evaluasi lagu di salah satu stasiun televisi Korea Selatan yaitu KBS.

Tim KBS menyatakan penolakan mereka untuk lagu “Shopping Mall” karena dianggap tidak sesuai untuk ditayangkan. Alasan yang dinyatakan KBS yaitu karena lirik lagu “Shopping Mall” menyebut nama brand terkenal yang terlalu spesifik dan terlalu mengarah kepada outlet mall di Korea Selatan.


KBS melarang lagu "SHOPPING MALL" untuk muncul dalam siaran broadcast mereka karena menyebut nama brand secara gamblang seperti : "Yeoju, Paju-Shinsegai Outlet, CN Bag (Channel Bag) dan Lotte Outlet".

Dan jika dilihat dari video Vlive Channel Plus GOT7 saat para member GOT7 melakukan proses recording “Shopping Mall”, lirik yang berbunyi “Yeoju, Paju dll” tersebut tampak dinyanyikan secara jelas oleh Mark. (Bagi yang uda nonton videonya pasti tahu maksud penulis).


Mark merupakan member kedua yang melakukan proses recording setelah Jackson, jadi video Mark menyebutkan merk brand tersebut ada di video pertama (bagi yang melihat di youtube, video recording Shopping Mall terbagi menjadi 2) atau di bagian-bagian awal dalam video Vlive (bagi yang memiliki akses menonton Vlive Channel Plus).

Walaupun begitu, setelah melihat dari Channel Plus Vlive saat GOT7 melakukan proses recording, penulis merasa “Shopping Mall” adalah lagu yang easy listening dan jujur, penulis langsung suka ma lagu itu. jadi sangat disayangkan jika KBS menolak lagu tersebut dibawakan di stasiun TV mereka.


Tapi KBS mungkin memang memiliki peraturan yang sangat ketat, dan mereka pun memiliki wewenang penuh untuk mengijinkan atau melarang siapa pun atau lagu apa pun untuk tampil di acara mereka. Namun setidaknya hal tersebut masih disyukuri karena HANYA KBS yang melarang lagu tersebut tampil di acara mereka, sedangkan MBC dan SBS tidak melarang.


Hal lain yang perlu disyukuri adalah karena “Shopping Mall” bukanlah title track GOT7 alias bukanlah lagu utama, jadi tidak wajib dinyanyikan dalam promosi nanti. Hanya sekedar informasi bahwa Title Track untuk album terbaru GOT7 “Flight Log: Arrival” adalah “Never Ever” dan bukan “Shopping Mall”.

Namun jika “Shopping Mall” gagal melewati evaluasi KBS TV, menurutmu lagu manakah yang nantinya akan menjadi lagu promosi kedua GOT7 setelah Never Ever? 

@@@@@@@

My Personal Opinion : 
Awalnya pengen ketawa waktu baca kalau “Shopping Mall”, salah satu lagu dalam album terbaru GOT7 “Flight Log: Arrival” yang rencananya baru akan dirilis pada tanggal 13 Maret 2017 mendatang dilarang tayang alias di banned oleh stasiun TV KBS, tapi kalau dipikir lagi, memang sejak dulu nyebut merk itu dilarang dan gak etis.

Tapi sebelumnya, penulis gak tahu secara pasti apakah lirik dalam lagu tersebut bener-bener menyebut merk secara gamblang, kayak misal menyebut merk : Pepsodent, Pantene dll. Sempat berpikir, “masak gak disamarkan gitu?” Biasanya kan kalau nyebut merk dianggap gak etis, pihak yang bersangkutan pasti menyamarkan dan gak menyebutkan secara gamblang merk tertentu.


Tapi ternyata setelah berselancar di dunia maya, penulis menemukan sumber yang menuliskan bahwa memang dalam lirik lagu “Shopping Mall” jelas-jelas disebutkan merk tertentu. Wah...gak tahu lagi deh kalau gitu hehehe ^.^

Tapi walaupun KBS mencekal “Shopping Mall” untuk dibawakan di stasiun TV mereka, yang terpenting adalah lagu tersebut masih ada dalam list lagu yang akan dirilis dalam album “Flight Log: Arrival”. Karena akan jauh lebih kecewa lagi seandainya uda suka ma tuh lagu tapi ujung-ujungnya tuh lagu ditarik dari list album hiks T__T Gpp dicekal KBS, yang penting masih bisa didengerin sendiri di laptop hehehe ^.^ Itu sih pendapat penulis hehehe ^.^ Bagaimana dengan Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads