Senin, 10 April 2017

(News) Leader Kpop yang bukan member tertua dalam grupnya



Masih membahas tentang seputar Leader dari Grup Idola Kpop. Namun kali ini bukan lagi membahas tentang bagaimana cara para Agensi menentukan dan memilih seorang Leader yang dianggap layak dan pantas untuk dijadikan Pemimpin dalam Grup asuhan mereka, melainkan siapa sajakah Leader Grup Kpop yang bukan merupakan Member Tertua dalam grupnya. Ingin tahu siapa sajakah mereka? Mari kita simak bersama-sama di bawah ini...

“(News) Leader Kpop yang bukan Member tertua dalam grupnya”





Mereka adalah member grup yang dianggap paling dewasa dan paling bertanggung jawab (Walaupun tidak selalu merupakan member yang tertua). Yup, mereka adalah Leader dari Grup Kpop yang merupakan pentolan dan pemegang pucuk pimpinan dari setiap grup Kpop di Korea Selatan.

Untuk memilih seorang Leader (Ketua) dalam sebuah grup Kpop bukan merupakan tugas yang mudah. Karena masing-masing Agensi pasti memiliki cara tersendiri untuk memilih dan menentukan siapakah yang pantas dan layak untuk dijadikan Pemimpin dalam Grup asuhan mereka.

 Leader GOT7, JB

Leader adalah sebuah posisi yang sangat penting dalam sebuah grup, sebuah peran yang tidak mudah bahkan bisa dibilang sangat susah, apalagi untuk sebuah grup yang beranggotakan banyak member dengan kepribadian member yang berbeda-beda. Umumnya, Leader dipilih berdasarkan member yang Tertua dalam grup. Hal itu dikarenakan oleh budaya di Korea yang selalu menghormati seseorang yang lebih tua, jadi bisa dipastikan jika para member yang berusia paling tua adalah yang paling disegani oleh member-member lainnya.


Namun faktanya tidak semua demikian, ada beberapa grup Kpop yang memilih Leader mereka bukan berdasarkan usia atau siapa yang paling tua dalam grup. Namun yang pasti, sosok seorang Leader adalah mereka yang dianggap paling dewasa, bertanggung jawab, memiliki kepribadian yang tegas, adil, memiliki kharisma dan penuh wibawa serta bisa mengayomi dan memimpin teman-temannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh Leader Kpop yang bukan Merupakan Member tertua dalam Grupnya (per 10 April 2017 ) : 
1. JB GOT7 (Im Jae Bum, 6 Januari 1994) 
JB alias Im Jae Bum adalah Main Vocal sekaligus Leader dari GOT7, sebuah boygroup yang beranggotakan para member Multi Nasional yang berada di bawah naungan JYP Entertainment yang baru saja merilis album terbaru mereka “Flight Log: Arrival” Maret 2017 lalu. Seperti yang diketahui semua orang, JB bukan merupakan member tertua dalam GOT7 walaupun faktanya dia adalah Leader (Ketua).



Member tertua dalam GOT7 adalah Mark Tuan (15 September 1993) yang merupakan warga negara Amerikan keturunan China Taiwan. Ada banyak faktor yang membuat JYP Entertainment memilih JB sebagai Leader dan mempercayakan tanggung jawab yang begitu besar di pundaknya walaupun JB bukan merupakan member tertua.

JB and Mark :




 
Faktor-faktor tersebut adalah : 
a. JB adalah member dengan trainee paling lama. JB lolos audisi pada tahun 2009 bersama Jin Young GOT7. 
b. JB memiliki pengalaman lebih banyak dibandingkan Mark. JB debut lebih dulu bersama Jin Young pada tahun 2012 melalui drama Dream High 2, lalu kemudian debut dalam sebuah duo grup, JJ Project. Sebelum debut sekali lagi bersama GOT7 pada tahun 2014. 


c. JB adalah member yang bertanggung jawab, bisa dipercaya, mandiri dan dianggap paling dewasa dalam grup. Hal tersebut diakui oleh semua member GOT7, semua member pasti akan datang pada JB bila mereka memiliki masalah dan membutuhkan seseorang untuk curhat. Bambam dan Yugyeom pun mengaku hanya kepada JB, mereka menceritakan semua masalah mereka. Such a nice Leader.


2. YunHo DBSK (Jung Yun-ho, 6 Februari 1986) 
Saat DBSK debut, saat itu masih belum banyak grup idola yang bermunculan seperti sekarang. Saat itu, masih berlaku sebuah aturan tak tertulis : “Yang Tertua adalah Leader.” Itulah sebabnya, saat DBSK muncul ke layar kaca, segera terjadi topik hangat yang menjadi perbincangan di antara para penggemar Kpop dan juga media Korea, ketika mereka mengetahui bahwa Yunho terpilih sebagai Leader meskipun dia bukanlah member tertua dan ada seorang member yang lebih tua darinya (Kim Jae Joong yang lahir pada tanggal 26 Januari 1986). Semenjak itulah, akhirnya ada banyak grup-grup lain di mana Sang Leader dipilih bukan berdasarkan usia dan bukan merupakan member tertua dalam grupnya

3. G-Dragon Big Bang (18 Agustus 1988)  
G-Dragon memiliki banyak pengalaman musik sejak dia masih kecil melalui grup ‘Little RooRa’. Dia juga menciptakan lagu berjudul “Lies,” di mana lagu tersebut merupakan lagu yang berhasil menjadikan grup Big Bang cukup terkenal. Meski dia bukan member tertua, dia cukup handal dalam mengayomi member Big Bang lainnya sehingga dia dipilih menjadi Leader dalam grupnya.

4. CL 2NE1 (26 Februari 1991)  
Belakangan banyak bermunculan Leader yang sekitar setahun atau dua tahun lebih muda dibanding member tertua di dalam sebuah grup. Pada awalnya, banyak yang mempertanyakan mengapa CL, yang usianya berbeda jauh dengan member tertua, dipilih sebagai Leader. Namun sepertinya melihat kharisma dan kualitas kepemimpinannya, CL berhasil meredam berbagai pertanyaan tersebut.

5. Jo Kwon 2AM (28 Agustus 1989)  
Jo Kwon dikenal sebagai salah satu trainee dengan masa latihan terlama, itulah sebabnya tak banyak yang mempertanyakan posisinya sebagai Leader, walaupun faktanya Jo Kwon 2AM hanyalah member tertiga tertua dalam grup dan dia memiliki perbedaan usia yang cukup jauh dengan member tertua dalam grup. Member tertua dalam Grup yaitu Lee Chang Min, lahir pada tanggal 1 Mei 1986, dengan kata lain Lee Chang Min berusia lebih tua 3 tahun dari Jo Kwon.

6. Jin Young B1A4 (18 November 1991)  
Mendengar nama Jin Young, yang terlintas dalam pikiran penulis adalah Jin Young GOT7 hehehe ^.^ (Maklum, penulisnya adalah Ahgase/IGOT7 dan tidak hapal/mengetahui mengenai grup Kpop yang lain ^.^) Namun berbeda dengan Jin Young GOT7, Jin Young B1A4 adalah Leader dalam grupnya, meskipun usianya terpaut 5 bulan lebih muda dari member B1A4 tertua, yaitu CNU. 

7. Zico Block B (14 September 1992)  
Menurut berbagai sumber, Zico Block B merupakan member yang lucu dan memiliki sisi konyol. Namun walau begitu, Zico tahu banyak ketika membicarakan tentang bisnis (Walau penulis gak tahu apa hubungannya tahu banyak tentang bisnis dengan posisi sebagai Leader? Maklum, bukan Fans jadi wajar kalau gak tahu hehehe ^.^) Meskipun Zico adalah member termuda kedua dari 7 member (yang harusnya adalah Maknae line) namun Agensinya mempercayakan posisi Leader padanya.

8. Hyorin SISTAR (11 Januari 1991)  
Tahu mengenai Hyorin saat melihat aktingnya sebagai Nana di Dream High 2 bareng JB dan Jin Young GOT7. Memiiki kulit eksotis dan bibir sensual, Hyorin Sistar sekilas tidak mirip dengan idola Korea pada umumnya yang memiliki kulit seputih salju dan bibir tipis. Namun walau begitu, Hyorin dikenal memiliki suara merdu dan juga seksi (walaupun penulis gak ngerti apa hubungannya suara merdu dan seksi dengan posisi sebagai Leader?)

9. JR NU'EST (Kim Jong Hyun, 8 Juni 1995) 
Tidak begitu mengenal tentang grup yang satu ini, juga tidak tahu alasan dibalik dipilihnya JR Nu’est sebagai Leader walaupun dia bukanlah member tertua, namun walau bukan merupakan member tertua, JR adalah Leader dalam grupnya.

Jadi inilah beberapa idola Kpop yang bukan merupakan member tertua dalam grup namun dipilih menjadi Leader (Ketua) dan dipercaya sanggup memimpin grupnya. Adakah idolamu disebut di atas? Atau mungkin ada yang ingin menambahkan? Karena jujur saja, penulis tidak begitu hapal dengan begitu banyaknya grup idola yang bermunculan sekarang.

Source : soompi + berbagai sumber
Written by : Liliana Tan

Note : Semua foto di atas adalah fotonya Leader GOT7, JB. Kenapa? Karena penulis adalah Fansnya JB. Jadi maaf untuk fans dari para Leader dalam grup yang lain karena penulis tidak bisa memberikan foto mereka, dikarenakan memang tak punya ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads