Senin, 24 April 2017

(Review) GOT7 Flight Log Journey : Dari Departure Hingga Arrival



Berawal dari sebuah grup yang kurang dikenal di negaranya sendiri, sedikit demi sedikit, perlahan tapi pasti, GOT7 mulai membuktikan bahwa mereka layak menjadi yang terbaik. Senang rasanya saat mengetahui bahwa Fans Korea Selatan tak lagi “Tidur” alias mulai terbangun dan menyadari bahwa ada 7 orang anak muda yang tak hanya memiliki wajah yang tampan, namun juga memiliki kharisma, hati yang baik, dan juga segudang bakat yang sejak awal “Terabaikan dan terlupakan.”

Popularitas GOT7 mulai menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan sejak dirilisnya seri pertama dari Trilogi “Flight Log” series yaitu “Flight Log: Departure” Maret 2016 lalu, GOT7 yang sebelumnya masih dipandang sebelah mata oleh para Fans di Korea walaupun faktanya GOT7 sudah sangat populer di kalangan fans International, akhirnya sedikit demi sedikit, perlahan namun pasti mulai mendapat tempat khusus di hati para Fans Korea, terbukti dengan semakin banyaknya jumlah fans mereka di Korea dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bicara soal “Flight Log” series, kali ini penulis ingin sedikit mereview perjalanan GOT7 dari “Departure” hingga “Arrival”.

“(Review) GOT7 Flight Log Journey : Dari Departure Hingga Arrival”






Dengan resmi dirilisnya “Flight Log: Arrival” pada tanggal 13 Maret 2017, secara otomatis GOT7 resmi mengakhiri Trilogi “Flight Log” Series yang dimulai sejak Maret 2016 lalu dengan album “Flight Log: Departure” dan dilanjutkan dengan “Flight Log: Turbulence” pada September 2016.

Boygrup yang beranggotakan 7 orang pria muda yang tampan dan energik ini memulai Trilogi “Flight Log” series mereka melalui “Flight Log: Departure” yang dirilis pada 21 Maret 2016 dengan single utama “Fly”, kemudian dilanjutkan dengan trilogi kedua yaitu “Flight Log: Turbulence” pada 27 September 2016 dengan single andalan “Hard Carry” dan akhinya resmi berakhir dengan dirilisnya Trilogi terakhir dari “Flight Log” series ini melalui “Flight Log: Arrival” yang resmi dirilis pada tanggal 13 Maret 2017 dengan single andalan “Never Ever”.


“Flight Log: Departure” mengawali Trilogi “Flight Log: Series” dengan baik ketika berhasil menduduki posisi puncak Billboard alias No. 1 dalam Billboard World Albums Chart tahun lalu. “Fly" yang merupakan single andalan dalam album tersebut juga berhasil duduk manis di No. 2 dalam World Digital Song Sales dan disusul oleh “Home Run” yang merupakan single kedua dalam album tersebut berada di No. 3.


Seri kedua dalam trilogi “Flight Log” series yaitu “Flight Log: Turbulence” juga berhasil mempertahankan prestasi yang sama dengan kembali menduduki Posisi Puncak Billboard dan menjadi No. 1 dalam Billboard World Albums Chart pada bulan September 2016 yang lalu. Single andalan “Hard Carry” juga berhasil duduk manis di No. 3 dalam World Digital Song Sales.


Dan sepertinya popularitas GOT7 terus menanjak saat seri terakhir dari Trilogi “Flight Log” series resmi dirlis pada tanggal 13 Maret 2017 yang lalu. “Flight Log: Arrival” sepertinya akan menjadi penutup yang manis karena sekali lagi GOT7 melalui album ini berhasil menduduki No. 1 dalam Billboard World Albums Chart dan No. 3 dalam Billboard Top Heatseekers Albums.

Berikut ini adalah sedikit review tentang perjalanan karir GOT7 selama “Flight Log” era dimulai sejak “Departure” hingga “Arrival”

1. Flight Log: Departure EP - 21 Maret 2016 
Chart Singles : "Fly" (No. 2 on World Digital Song Sales) and follow-up single "Home Run" (No. 3)  
Chart performance :  
* Billboard World Albums Chart : No. 1 
* Billboard Top Heatseekers Albums Chart : No. 2 
* World Albums 2016 Year-End : No. 15  
* South Korea Gaon Weekly Album Chart : No. 1 
* South Korea Gaon Monthly Album Chart : No. 1


U.S. sales : 3,000 
First Day Sales (Penjualan di Hari pertama dirilis) : 9,458 copy 
First Week Sales (Penjualan di Minggu pertama dirilis) : 56,391 copy 
Total Sales on Gaon Physical Sales : 166,503 copy 
Standout songs (Lagu yang enak didengar) : "Fly”, “Rewind”, “Something Good”, "See The Light".


Tropi dalam berbagai acara Musik Korea (Music Programs Result) : 
* The Show : 29 Maret 2016 dan 5 April 2016 
* M!Countdown : 31 Maret 2016 
* Music Bank : 1 April 2016 
* Inkigayo : 3 April 2016



Awards : 
* Gaon Chart Music Awards 2017 : Album Of The Year (1’st Quarter)


Keterlibatan Member :  
GOT7 member terlibat dalam pembuatan enam dari delapan lagu dalam album tersebut. Leader GOT7 – JB turut menciptakan dan menulis lirik untuk lagu “Something Good”, “Fish” dan “Home Run”. Jin Young ikut menyumbang dalam penulisan lirik untuk lagu “Can’t” dan Young Jae ikut terlibat dalam menciptakan dan menulis lirik untuk lagu “Rewind”. Bambam juga turut terlibat dalam penulisan lirik untuk lagu “Something Good” bersama JB dan “See The Light” bersama Mark dan Yugyeom.


2. Flight Log: Turbulence - 27 September 2016  
Chart Single : "Hard Carry" (No. 3 on World Digital Song Sales)   
Chart performance :   
* Billboard World Albums Chart : No. 1  
* Billboard Top Heatseekers Albums Chart : No. 7  
* New Zealand Heatseekers Albums Chart : No. 6


U.S. sales : 2,000  
First Day Sales (Penjualan di Hari pertama dirilis) : 20,852 copy 
First Week Sales (Penjualan di Minggu pertama dirilis) : 80,737 copy 
Total Sales on Gaon Physical Sales : 217,501 copy 
Standout songs (Lagu yang enak didengar) : "Hard Carry”, “Prove It”, “Mayday”, “Sick”, “If”, “My Home”.


Tropi dalam berbagai acara Musik Korea (Music Programs Result) : 
* M!Countdown : 6 Oktober 2016 
* Music Bank : 7 Oktober 2016 
* Inkigayo : 9 Oktober 2016 
* The Show : 18 Oktober 2016



Awards : 
* Golden Disk Awards 2017 : Album Bonsang 
* Seoul Music Awards 2017 : Album Bonsang

Keterlibatan Member :  
Member GOT7 ikut menciptakan dan menulis lirik sebanyak 10 dari 13 lagu dalam album tersebut. 10 lagu tersebut, liriknya ditulis oleh para member sendiri dan 8 dari 10 lagu tersebut bahkan mereka produksi sendiri. Leader GOT7 turut berpartisipasi dalam menciptakan 3 buah lagu yaitu “Prove It”, “Dreaming” dan “Skyway”. Mark turut menciptakan dan menulis lirik untuk “Let Me”, “No Jam” (liriknya ditulis bersama Jackson, Bambam dan Yugyeom) dan “My Home” juga menulis lirik untuk lagu “If” (liriknya ditulis bersama Bambam) dan “Sick” (untuk bagian Rap-nya).


Jackson menciptakan dan menulis lirik untuk lagu “Boom Boom Boom” serta turut serta dalam menulis lirik untuk lagu “No Jam” bersama Mark, Bambam dan Yugyeom, dan “Sick” bersama Mark dan Young Jae. Sementara Young Jae, selain menulis lirik untuk lagu “Sick”, dia juga menciptakan lagu dan menulis lirik untuk lagu “Hey”. Jin Young turut serta dalam menciptakan dan menulis lirik untuk lagu “Mayday”. Dan Bambam turut serta dalam menulis lirik untuk lagu “No Jam” bersama Mark, Jackson dan Yugyeom, “Dreaming” bersama JB dan “If” bersama Mark.


3. Flight Log: Arrival EP - 13 Maret 2017 
Title Track : "Never Ever" (No. 1 on World Digital Song Sales)
Chart performance :  
* Billboard World Albums Chart : No. 1 
* Billboard Top Heatseekers Albums Chart : No. 3 
* South Korea Album Gaon Chart Music Awards on March 2017 : No. 1 
* New Zealand Heatseekers Albums Chart : No. 8 
* Japanese Albums Oricons Chart : No. 9


U.S. sales to date : 5,000  
First Day Sales (Penjualan di Hari pertama dirilis) : 40,810 copy 
First Week Sales (Penjualan di Minggu pertama dirilis) : 159,485 copy 
Total Sales on Gaon Physical Sales : 278,103 copy (per 31 Maret 2017) dan 310,000 copy (per 14 April 2017) 
Standout songs (Lagu yang enak didengar) : "Never Ever," “Shopping Mall”, “Go Higher” “Q”, "Out", “Paradise”. 


Tropi dalam berbagai acara Musik Korea (Music Programs Result) : 
* The Show : 21 Maret 2017 
* Show Champion : 22 Maret 2017 
* M!Countdown : 23 Maret 2017 
* Music Bank : 24 Maret 2017


Keterlibatan Member :  
Members GOT7 menulis dan menciptakan sendiri setiap lagu dalam album ini kecuali untuk “Never Ever”. Leader GOT7 – JB menciptakan dan menulis lirik untuk 2 buah lagu yaitu “Q” dan “Go Higher” yang liriknya ditulis bersama Mark, Jackson dan Bambam. JB juga turut menuliskan lirik untuk “Shopping Mall” bersama Mark, Jackson dan Bambam. Sementara Jackson menciptakan dan menuliskan lirik untuk 2 buah lagu yaitu “Shooping Mall” (liriknya juga ditulis bersama JB, Mark dan Bambam) dan “OUT”. 



Young Jae juga turut berperan dalam menciptakan dan menulis lirik untuk “Sign”, sementara Jin Young menciptakan  dan menulis lirik untuk lagu berjudul “Paradise” yang liriknya ditulis bersama Bambam. Sementara Maknae – Yugyeom menciptakan dan menulis lirik untuk lagu “Don’t Care”.



Album baru  GOT7 “Flight Log: Arrival” yang resmi dirilis pada tanggal 13 Maret 2017 yang lalu, dengan single utama “Never Ever” dan merupakan seri terakhir dari Trilogi "Flight Log" ini ternyata memberikan hasil yang luar biasa bila dibandingkan dengan 2 trilogi sebelumnya yaitu "Flight Log: Departure" dan "Flight Log: Turbulence".

Tercatat, dalam waktu 1 hari setelah resmi dirilis, MV “Never Ever” telah ditonton oleh lebih dari 4 juta penonton dari seluruh dunia, melebihi pencapaian MV “Hard Carry” yang merupakan single utama dalam Trilogi Flight Log series sebelumnya yaitu “Flight Log: Turbulence”. MV “Hard Carry” baru mencapai 4 juta penonton setelah 2 hari MV tersebut resmi dirilis.


Selain itu pula, “Never Ever” juga mencatatkan hasil gemilang saat sukses meraih lebih dari 10 juta penonton selang 4 hari setelah MV resmi dirilis. Sekali lagi melebihi pencapaian single andalan GOT7 sebelumnya yaitu “Hard Carry” yang baru meraih 10 juta penonton pada hari ke-11.


Prestasi lain juga ditorehkan oleh “Never Ever” yaitu dengan memberikan hasil penjualan yang jauh lebih menggembirakan dengan menjual sebanyak 87.019 copy album hanya dalam waktu 2 hari setelah dirilis.  Dan 100,000 copy album setelah 3 hari dirilis.


Sebelumnya, tercatat dalam seminggu penjualan, Flight Log – Departure berhasil menjual sebanyak 56,391 copy album sedangkan Flight Log – Turbulence berhasil menjual sebanyak 80,737 copy album. Namun ternyata Flight Log : Arrival  mampu memberikan hasil yang jauh lebih baik, yaitu dalam waktu 2 hari sudah meraih angka penjualan album yang melebihi seri Flight Log sebelumnya. GOT7 berhasil memecahkan rekor mereka sendiri. Luar biasa. Selamat GOT7. Flight Log : Arrival berhasil menjual sebanyak 159,485 dalam jangka waktu seminggu dirilis.


Penjualan album GOT7 pun selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu sejak mereka debut hingga album terbaru mereka saat ini dan setiap kali album baru GOT7 dirilis. Hal ini menunjukkan adanya tingkat popularitas yang mereka raih. Menunjukkan makna dari ‘Growing Idol’ yang sesungguhnya.  

Tercatat hasil penjualan album GOT7 di hari PERTAMA PENJUALAN (1’st day sales) dari waktu ke waktu yang SELALU MENGALAMI PENINGKATAN : 
1. GOT It = 166 copy 
2. GOT Love = 308 copy 
3. Identify = 1,563 copy 
4. Just Right = 668 copy 
5. MAD = 2,335 copy 
6. Flight Log : Departure = 9,458 copy 
7. Flight Log : Turbulence = 20,852 copy 
8. Flight Log : Arrival = 40,810 copy


Terlihat dalam gambar, GOT7 mulai menapaki kesuksesannya dengan Flight Log: Arrival. Mini album yang berisi 8 buah lagu yang ears catching ini, sukses mengakhiri trilogy Departure dan Turbulence. 

Flight Log: Arrival dengan single andalan Never Ever menerima perhatian besar dari publik dan menduduki chart real time di Mnet, Genie serta Bucks. Lagu yang diproduseri J.Y.Park ini sangat catchy dengan ritme hip-hop yang mudah diterima di telinga penggemar. 

Sebelumnya telah diberitakan bahwa GOT7 telah memecahkan angka 100.000 copy dalam 3 hari setelah dirilis dan menjadikan GOT7 menjadi Kpop Group TERCEPAT ke-3 (The 3’rd Fastest Group) yang berhasil meraih angka penjualan 100.000 dalam waktu 3 hari setelah dirilis.


GOT7 juga sukses meraih angka pre-order sebanyak 220.000 copy album, dan membuat mereka menduduki chart Hanteo dalam minggu pertama setelah dirilis.

“Flight Log : Arrival” sepertinya akan menjadi penutup Trilogi “Flight Log Series” yang manis, single andalan “Never Ever” telah mencatatkan prestasi yang membanggakan sejak hari pertama dirilis. Dan melalui lagu andalan “Never Ever” ini pulalah, GOT7 sukses merebut tropi kemenangan selama 4 hari berturut-turut dalam berbagai acara musik yang mereka hadiri.


Tropi kemenangan pertama, mereka dapatkan dalam acara musik SBS “The Show” (21.03.2017), tropi kemenangan kedua dalam MBC “Show Champion” (22.03.2017), tropi kemenangan ketiga didapatkan melalui acara musik MBC “M!Countdown” (23.03.2017) dan tropi kemenangan ke-4 didapatkan melalui acara musik KBS “Music Bank” (24.03.2017).



GOT7 juga berhasil menduduki Posisi Nomor 1 dalam Gaon Chart Music Awards untuk bulan Maret 2017 dengan berhasil menjual sebanyak 278,103 copy album. Pada tanggal 12 April 2017, Gaon Chart juga mencatat "Flight Log: Arrrival" berhasil terjual sebanyak lebih dari 300,000 copy dan pada tanggal 14 April terjual sebanyak lebih dari 310,000 copy.



Selamat untuk GOT7. Hope 2017 will be GOT7's years, amen... Let's Fly High, Let's Green Shine...

Written by : Liliana Tan 
Source : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.