Jumat, 21 Agustus 2015

Menanti Adaptasi Ke-7 Pendekar Pemanah Rajawali 2017, Who Will Be Next?

Sudah lama mendengar berita bahwa serial wuxia populer yang diadaptasi dari novel terkenal karya Jin Yong alias Louis Cha ini akan kembali dibuat versi barunya alias adaptasi yang ke-7, setelah adaptasi terakhir yang dibuat tahun 2008 silam...Tapi hingga kini, siapa saja yang akan terlibat dalam proyek besar ini masih belum ditentukan. Siapa yang akan beruntung untuk meneruskan tongkat estafet Hu Ge dan Ariel Lin sebagai Guo Jing dan Huang Rong 2008...Akankah mereka bisa lebih baik dari pada pendahulunya atau bahkan justru mengecewakan? Well, kita akan tahu setelah para pemeran serial adaptasi populer ini resmi diumumkan dan setelah kita melihat akting mereka tentunya. So, who will be next?

LOTCH 1994

LOTCH 1983

LOTCH 2008

Guo Jing dan Huang Rong, couple favorite sekaligus karakter favorite saya dalam wuxia. Next baru Jing Tian dan Xue Jian @ Chinese Paladin 3 hehehe =) Pasangan yang berbanding terbalik 180 derajat namun saling melengkapi ini adalah pasangan FAVORIT saya dari semua novel yang pernah dibuat Jin Yong aka Louis Cha. Guo Jing yang lugu, polos, jujur, baik hati, dan agak sedikit bodoh dan lamban ini sangat kontras dengan kekasihnya Huang Rong yang cantik, nakal, cerdas, centil, manja dan banyak akal. Sejak tahun 1976 hingga saat ini, sudah ada 6 adaptasi yang pernah dibuat, yaitu :

1. Legend Of The Condor Heroes 1976, dengan para pemain : Jason Pai (Kwee Cheng/Guo Jing), Michelle Yim (Oey Yong/Huang Rong), Bruce Leung (Yo Kang/Yang Kang), Mang Chau (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


2. Legend Of The Condor Heroes 1983 - TVB Hongkong, dengan para pemain ; Felix Wong (Kwee Cheng/Guo Jing), Barbara Yun (Oey Yong/Huang Rong), Michael Miu (Yo Kang/Yang Kang), Sharon Yeung (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


3. Legend Of The Condor Heroes 1988, dengan para pemain : Howie Huang (Kwee Cheng/Guo Jing), Idy Chan (Oey Yong/Huang Rong), Poon Wang Ban (Yo Kang/Yang Kang), Chiu Su Yi (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


4. Legend Of The Condor Heroes 1994 - TVB Hong Kong, dengan para pemain : Julian Cheung (Kwee Cheng/Guo Jing), Athena Chu (Oey Yong/Huang Rong), Gallen Luo (Yo Kang/Yang Kang), Emily Kwan (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


5. Legend Of The Condor Heroes 2003, dengan para pemain : Li Ya Pheng (Kwee Cheng/Guo Jing), Zhou Xun (Oey Yong/Huang Rong), Zhou Jie (Yo Kang/Yang Kang), Shui Ling (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


6.Legend Of The Condor Heroes 2008 – Chinese Entertainment Shanghai (Mainland China), dengan para pemain : Hu Ge (Kwee Cheng/Guo Jing), Ariel Lin (Oey Yong/Huang Rong), Yuan Hong (Yo Kang/Yang Kang), Cecilia Liu (Bok Liam Chu/Mu Nian Chi)


MY OPINION :
Guo Jing / Kwee Cheng :
Guo Jing (Kwee Cheng) dalam novel digambarkan bertubuh tinggi besar, kuat secara fisik, walau agak bodoh, lamban, lugu dan polos tapi dia adalah pria muda yang baik hati dan berjiwa pemberani. Kalau dari segi postur tubuh, Hu Ge-lah yang paling pas. Semua orang bisa melihat bahwa Hu Ge memiliki postur tubuh yang sangat tinggi, Tapi walau begitu, entah kenapa ada yang kurang dari Guo Jing-nya Hu Ge.




Julian makes the PERFECT GUO JING for me...No one can beat Julian’s Cuo Jing...Not even Hu Ge. Sorry Hu Ge =) Julian akan selalu menjadi THE BEST GUO JING in my heart..Guo Jing TERBAIK dalam hati saya, dialah Julian Cheung (Dalam hati saya loh ya, bukan dalam hati anda. Kalau Anda suka Guo Jing yang lain ya itu terserah Anda, saya beda, boleh kan? hehehe ^.^) Julian Cheung dengan wajahnya yang super duper tampan, jelas merupakan daya tarik yang tidak bisa disangkal. 




Berperan sebagai Guo Jing (Kwee Cheng) yang lugu, polos, bodoh, namun baik hati, Julian spontan membuat penonton kesengsem dan suka padanya. Dituntut bermain sebagus Felix Wong di versi sebelumnya, Julian mampu menghidupkan karakter Guo Jing (Kwee Cheng) yang polos dan lamban walau kadang tatapan matanya masih terkesan tajam.




Dan dari segi face pemain, hanya Felix Wong (1983), Julian Cheung (1994) dan Hu Ge (2008) yang enak dipandang mata, sisanya tahu sendiri lah kayak gimana -__- Tapi dari segi akting, Julian Cheung yang polos lebih nyantol di hati, sementara Hu Ge, seperti ada yang kurang dari Guo Jing versi dia. Saya lebih menikmati akting Hu Ge sebagai Jing Tian (CP3), Li Xiao Yao (CP1), Yang Liu Lang (Young Warriors 2006) dan akting polos dan lugunya Ning Chai Chen (Strange Tale Of Liao Zhai – Chinese Ghost Story 2005). Bisa dipahami karena tugas Hu Ge memerankan Guo Jing memang jauh lebih berat, dia harus menerima serangan camparison yang begitu banyak, ditambah lagi dia dilanda musibah kecelakaan maut yang merenggut nyawa asistennya. Syukur Tuhan, Hu Ge selamat...

Hu Ge as Guo Jing 2008 :





So, who is the Next Guo Jing ??
Jujur, saya sih gak punya pandangan. Cuma ngarepnya siapapun itu, dia adalah seorang aktor yang good looking. Bukan cakep loh tapi good looking, yang penting enak dipandang mata dan gak ketuaan. Tua secara umur gpp tapi asal berwajah “muda”.

Huang Rong / Oey Yong :
Huang Rong (Oey Yong) dalam novel digambarkan bertubuh mungil, dia adalah seorang gadis remaja yang berumur sekitar 15-16 tahun yang memiliki kecantikan bagai Dewi. Dia juga adalah seorang gadis yang cerdas, nakal, banyak akal, lincah dan ceria. Sebagai seorang anak perempuan yang dibesarkan tanpa kasih sayang Ibunya, Huang Rong tumbuh menjadi gadis manja yang “semau gue”. Dan dari 6 adaptasi yang pernah dibuat, hanya 2 Huang Rong yang menjadi favorite saya yaitu Athena Chu dan Barbara Yung. But I Love Athena the MOST, karena Huang Rong-nya Barbara terkesan terlalu sadis -__-





Meski dibebani bayang-bayang Barbara Yung yang sukses menghidupkan dengan sempurna karakter Huang Rong (Oey Yong) di versi 1983, tapi Athena Chu cukup mampu membawakan karakter ini dengan baik apalagi gayanya yang centil dengan selalu memainkan ujung rambutnya, dianggap pas dengan karakter Huang Rong (Oey Yong) yang centil dan nakal. Huang Rong versi Athena Chu tak hanya cantik dan imut, tapi juga centil, nakal dan lincah, dia juga cerdas, berani dan yang paling penting, dia tidak sadis seperti Huang Rong-nya Barbara dan terlihat lebih dewasa. She is My Favorite Huang Rong till now ^.^ Great Job, Athena...







Walau akting Barbara terlihat sangat natural, dan membuat Huang Rong (Oey Yong)-nya terlihat sangat hidup. Manja, centil, lincah, periang, cerdas, galak dan kadang rada sadis dan kejam, tapi mungkin justru karena “sadisnya” itulah yang membuat Huang Rong (Oey Yong) versi Barbara kurang nyantol di hati. Dan membuat Athena Chu menjadi Huang Rong (Oey Yong) favorite saya sepanjang masa.






Sedang versi 2003 udah eneg dulu liatnya karena terlalu dekil, kusam, kucel (kalau gak mau dibilang jelek dan pesek), jadi gak liat deh versinya Zhou Shun. Lalu versi 2008 pun bukan favorite saya. Alasan saya tidak begitu menyukai LOTCH versi 2008 karena saya agak “TERGANGGU” dengan lawan mainnya Hu Ge yaitu Ariel Lin yang notabene-nya terlihat gendut dan tembem. Ariel Lin terpilih menjadi Huang Rong mungkin karena postur tubuhnya yang mungil (kalau gak mau dibilang pendek), karena dalam novel dijelaskan kalau Huang Rong tuh seorang gadis remaja berumur sekitar 15-16 tahun yang bertubuh mungil (petite).





Bisa dimaklumi kalau tubuhnya mungil karena pada usia 15-16 tahun tuh umumnya masih kelas 3 SMP atau kelas 1 SMA. Huang Rong dalam novel bahkan belum berumur 18 tahun jadi wajar kalau tubuhnya mungil dan kecil. Mungkin karena alasan tubuh mungil itulah Ariel Lin terpilih. Tapi dari segi wajah dan akting, Ariel Lin kurang bisa membawa keluar aura kecerdasan dan kelincahan seorang Huang Rong.


Lihat Barbara, Athena or Michelle Yim, mereka semua bentuk wajahnya tirus dan lancap kan? Bentuk wajah seperti itulah yang memberikan kesan cerdas dan nakal, bukan yang bulat apalagi tembem -___- Dari face aja uda gak cocok tuh si Ariel. Lalu dari segi akting pun, Ariel gak bisa menghidupkan karakter Nakal dan cerdas, apalagi centil seorang Huang Rong. Maaf untuk fansnya Ariel Lin atau GeChen/HugYi...Saya bukan benci Ariel Lin, hanya merasa dia KURANG PAS untuk membawakan peran Huang Rong yang centil, nakal, cerdas dan ceria.

Tapi masih mending Ariel Lin daripada yang 1 ini : Zhou Xun 2003.

Bahkan penonton di luar negeri pun membanjiri Ariel Lin dengan kritik yang pedas. Dikenal sebagai Huang Rong yang terlalu gendut, tidak bisa beradegan silat, kaku, kurang lincah, dan kurang cantik. Walaupun harus diakui, dibandingkan dengan VERSI 2003, ARIEL LIN IS TOO MUCH BETTER...Tapi tetap saja, I DONT LIKE ARIEL LIN’s HUANG RONG !!! And Athena Chu is THE BEST Huang Rong For me...

So, Who is the next Huang Rong?
Mari kita berandai-andai. Sebenarnya dilihat dari segi akting dan wajah. Yang Mi adalah kandidat yang tepat untuk karakter Huang Rong ini. Yang Mi memerankan Guo Xiang (putri Huang Rong dan Guo Jing) dengan sempurna. Dia bisa membawa keluar aura cerdas, nakal dan manja, namun baik hati dari seorang Guo Xiang (Kwee Siang). Karena aktingnya ini, Yang Mi bahkan disebut sebagai THE BEST GUO XIANG oleh media China alias GUO XIANG TERBAIK. Jika dia bisa memerankan Guo Xiang dengan baik, tentu diapun bisa memerankan Huang Rong (Ibu Guo Xiang) dengan baik pula. Apalagi aktingnya sebagai Tang Xue Jian dalam Chinese Paladin 3 yang manja, berani, lincah dan galak pun disukai penonton di luar sana. Namun sayang, Yang Mi tidak terpilih sebagai lawan main Hu Ge dalam LOTCH 2008. Kenapa bukan Yang Mi aja sih? Kenapa harus Ariel Lin? Hu Ge dan Yang Mi serasi banget waktu di Chinese Paladin 3 dan Strange Tale Of Liao Zhai – Chinese Ghost Story 2005.

Yang Mi as Guo Xiang 2006 (ngarep dialah yang jadi Huang Rong-nya Hu Ge) :



Ngebayangin Yang Mi jadi Huang Rong-nya Hu Ge...

Well, saya pribadi sih ngarepnya Yang Mi-lah yang jadi Huang Rong-nya Hu Ge, BUKAN ARIEL LIN yang tembem -__- Tapi semuanya sudah terlanjur dibuat. Ya sudahlah terima aja. Kalau sekarang sih, walau dari segi akting, Yang Mi sangat pas untuk kandidat Huang Rong tapi dari segi usia, apa gak ketuaan ya? Harusnya saat yang tepat untuk Yang Mi memerankan Huang Rong tuh adalah saat versi 2008 dibuat. Andaikan versi 2008 mendapuk Hu Ge sebagai Guo Jing dan Yang Mi sebagai Huang Rong, pastilah versi 2008 akan menjadi LOTCH FAVORITE SAYA hehehe =) (favorite saya loh, bukan favorite Anda...Kalau Anda lebih suka GeChen/HugYi ya terserah Anda...Ini masalah selera) Karena faktanya Yang Mi tak pernah mendapat Hujan Kritik untuk semua peran yang dia mainkan, yang ada malah Hujan Pujian dari Media dan penonton di China. Beda dengan Ariel Lin yang selalu mendapat Hujan Kritik apalagi saat memerankan karakter Huang Rong.




Harapan saya :
1. Untuk peran Huang Rong.
Ngarepnya nanti bukanlah artis yang memiliki bentuk wajah tembem dan bulat kayak Ariel Lin, juga bukan yang wajahnya keibuan dan sendu mendayu-dayu kayak Idy Chan, atau yang kucel, dekil, kusam (kalau gak mau dibilang jelek) kayak Zhou Xun.

Athena Chu as Huang Rong (1994)

Ngarepnya tuh kayak Barbara Yung, Athena Chu atau Michelle Yim yang memiliki bentuk wajah tirus dan lancap, tapi tetap terlihat cantik dan imut jadi dari liat fotonya aja uda keliatan cerdas dan nakalnya mereka dengan kecantikan mereka sendiri-sendiri. Soal akting, baru bisa dinilai setelah liat filmnya kan? Tapi kalau covernya aja (alias artis yang main) sudah tidak menarik mata untuk melihat filmnya, ya mana bisa penonton menilai akting mereka?

2. Untuk peran Guo Jing.
Kalau bisa yang cakep kayak Julian Cheung (1994) dan Hu Ge (2008) atau kalau gak, minimal enak dipandang mata-lah kayak Felix Wong (1983). Jangan cari artis yang usianya uda ketuaan kayak Li Ya Pheng (2003). Walau dalam novel, Guo Jing tidak digambarkan tampan, masak iya dicariin yang jelek kayak versi 1976 dan 2003? Film kan bertujuan untuk menghibur penonton, kalau artisnya parah semua penampilannya, yang ada bukan terhibur tapi malah sebel -___-

Julian Cheung as Guo Jing 1994

Hu Ge as Guo Jing 2008

3. Pemeran pembantu.
Produser, tolong pilihlah artis yang good looking ya...karakter Yang Kang (Yo Kang) carilah yang ganteng kayak Michael Miu (1983) atau Yuan Hong (2008), jangan cari om-om ketuaan kayak Zhou Jie (versi 2003). Masak Pangeran Kecil yang tampan tapi munculnya om-om ?? -__- Kami penonton menonton film untuk hiburan, kalau munculnya para artisnya gak sedap dipandang mata (kayak versi 2003), bukan terhibur tapi malah sebel yang ada -___-

Yuan Hong as Yo Kang 2008.
Yo Kang kayak gini nih yang cocok. Cakepnya Pangeran dapet, liciknya juga dapet..
Great Job, Yuan Hong ^.^

4. Alur Cerita.
Penulis Skenario, tolong buatlah yang sama dengan novelnya (seperti versi 1994 dan versi 2003), dan jangan seperti versi 2008 yang terlalu banyak modifikasi. Hadoh..modifikasi yang terlalu banyak bikin kepala puyeng -__- Kalau bisa pula, adaptasinya dari edisi revisi terbaru tahun 2006 aja, karena Guo Jing versi revisi terbaru lebih romantis hehehe =)

====

Well, it’s just my opinion...Maaf untuk fansnya 2003 atau fansnya Ariel Lin. Saya bukan benci mereka, hanya merasa mereka kurang tepat membawakan karakter yang dipercayakan pada mereka. Bila saya menyakiti hati Anda, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya *bow*

Credit Photos : Credit ON LOGO 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads