Rabu, 26 Agustus 2015

Wuxia Character : Legenda Dewi Nuwa dan artis yang memerankannya

Dalam berbagai serial wuxia Fantasy yang pernah dibintangi Hu Ge selalu ada karakter Dewi Nuwa. Baik itu Chinese Paladin 1, Chinese Paladin 3 ataupun Xuan Yuan Sword – Scar Of The Sky. Bagi yang pernah menonton ketiga serial wuxia Fantasy tersebut pastilah sudah tahu siapa itu Dewi Nuwa dan siapa sajakah artis cantik yang pernah mendapatkan kesempatan memerankannya. Tapi bagi yang belum pernah menonton ketiga serial wuxia fantasy tersebut, akan aku berikan sedikit gambaran...



Dalam mitologi China, dikisahkah bahwa Dewi Nuwa adalah Dewi pencipta bumi dan manusia. Hhhmmm...Jadi bukan Tuhan nih yang menciptakan bumi, manusia dan segala isinya? Hehehe =) Dan anehnya, seorang Dewi bisa menikah dan beranak pinak. Tapi biarlah, namanya juga legenda, tak perlu diperdebatkan.

Dialah yang menciptakan Negeri China (lagi-lagi bukan Tuhan) dan dia dipercaya sebagai sosok yang melahirkan bangsa China. Berdasarkan legenda, Dewi Nuwa juga adalah adik dari Kaisar Fuxi dan dia sendiri adalah seorang Ratu (karena dia menikahi kakaknya sendiri). 

Ibu Ling Er, yang adalah Ratu Kerajaan Nanzhao


Dalam legenda disebutkan bahwa Dewi Nuwa memiliki nama lain yaitu Feng, dia adalah seorang wanita yang berwujud setengah ular, dengan pinggang ke atas berwujud seorang wanita cantik dan dari pinggang ke bawah berwujud seekor ular. Hhhmmm...wanita setengah ular ini kalau di Indonesia mungkin kayak Nyai Blorong kale ya? Dia juga dikenal dengan nama Mixi. Nama Nuwa pertama kali muncul dalam Elegies Of Chu yang berjudul Tian Wen.

Guli Nazha as Yu Xiao Xue dalam "Xuan Yuan Sword : Scar Of The Sky"

Nuwa menyukai kedamaian dan dia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang hidup. Dikisahkan bahwa saat bumi tercipta, tak ada pria di bumi (selain Kaisar Fuxi). Kemudian Nuwa mengambil sebongkah tanah berwarna kuning dan memberikan kehidupan pada tanah tersebut juga memberikannya kemampuan untuk berkembang biak. 

Tanah liat tersebut digunakan untuk menciptakan seorang pria, karena keturunan Nuwa pastilah seorang wanita. Jadi Nuwa menciptakan seorang pria agar bisa meneruskan garis keturunan bangsa China. 

Guli Nazha as Yu Xiao Xue dalam "Xuan Yuan Sword : Scar Of The Sky"

Ada juga sebuah legenda yang mengatakan bahwa Kaisar Fuxi mengambil Dewi Nuwa sebagai istrinya, yang kemudian dikenal sebagai legenda Pernikahan Sedarah. Kaisar Fuxi dan Nuwa menikah karena ingin mendapatkan keturunan dan mempertahankan ras manusia. 

Sejak saat itu, Dewi Nuwa dikenal sebagai Ibu dari Bangsa China karena dialah yang menciptakan ras pria di muka bumi. Dan itu berarti dengan kata lain Kaisar Fuxi bukanlah seorang manusia melainkan juga seorang Dewa, bukankah dalam legenda dikisahkan pria baru ada setelah Dewi Nuwa menciptakannya? Hhhhmmm...legenda yang membingungkan.

Legenda juga menyebutkan jika Dewi Nuwa menikah dan memiliki anak maka mereka akan tua, mati dan kehilangan keabadiannya. Keturunan Dewi Nuwa pun semuanya adalah seorang wanita. Di mana hal tersebut juga berlaku untuk semua keturunan Dewi Nuwa. Hal tersebutlah yang terjadi pada Zhi Xuan, Qing Er dan Zhao Ling Er dalam serial wuxia Fantasy Chinese Paladin 1 dan 3

Tiffany Tang as Zhi Xuan dalam "Chinese Paladin 3"

Tapi anehnya adalah walau Dewi Nuwa dikisahkan sebagai Dewi Pencipta bumi dan manusia, yang berarti harusnya dia hebat donk ya, kok semua keturunannya malah lemah banget? Dan bukankah Dewa (dan Dewi) seharusnya tak bisa mati dan hidup abadi? Lah ini kok setelah punya anak diceritakan akan tua, mati dan kehilangan keabadiannya?

Zhi Xuan di Chinese Paladin 3 tak sanggup mengalahkan Raja Iblis Chong Lou sehingga membuat Jing Tian harus menyelamatkannya. Qing Er di Chinese Paladin 1 harus berubah menjadi batu setelah kalah bertarung dengan Monster Air, lalu Zhao Ling Er juga mati saat menghadapi Monster Air yang dulu mengubah Ibunya menjadi batu. Yu Xiao Xue dalam Xuan Yuan Sword juga terluka parah. 

Hei, bukankah kalian adalah keturunan seorang Dewi pencipta bumi? Kenapa kalian begitu lemah? Oke, anggap saja Zhi Xuan, Qing Er dan Ling Er sudah menikah dan memiliki anak sehingga mereka menjadi lemah, tapi bagaimana dengan Yu Xiao Xue? Bukankah Yu Xiao Xue tidak menikah dan tidak memiliki anak? Kenapa dia juga begitu lemah?


Dan yang lebih tidak masuk akal adalah saat hamil pun, Ling Er perutnya datar dan gak buncit sama sekali, padahal saat Zhi Xuan hamil, perutnya membuncit. Atau mungkin, Liu Yi Fei gak mau dibuncit'in karena takut kelihatan jelek? Well, sepertinya memang hanya pembuat game tersebutlah yang tahu dengan jelas alasannya. Karena game tersebut didasarkan pada sebuah legenda tentang Dewi Nuwa jadi mungkin ada yang terkesan tidak masuk akal, seperti misalnya tadi, kenapa keturunan Dewi Nuwa yang merupakan Dewi Pencipta Bumi dan manusia, semuanya sangat lemah?


Lupakan soal tentang bagaimana lemahnya seorang Keturunan Nuwa, kita beralih pada para artis yang memerankannya. Diantara 4 pemeran karakter Dewi Nuwa tersebut, manakah yang merupakan favorit kalian? Pasti jawabannya beraneka ragam donk ya...Tapi kalau aku pribadi, paling menyukai karakter Dewi Nuwa yang diperankan Guli Nazha dalam Xuan Yuan Sword – Scar Of The Sky.

1. Zhi Xuan dalam "Chinese Paladin 3" (played by : Tiffany Tang Yan)
Kita mulai dari Zhi Xuan di Chinese Paladin 3 karena dialah ibu dari Qing Er dan nenek dari Ling Er dalam "Chinese Paladin1". Zhi Xuan adalah karakter yang egois bila menyangkut cinta, di mana dalam hati Zhi Xuan yang paling penting adalah Chang Ching, bahkan Chang Ching lebih penting daripada putrinya sendiri (Qing Er) sehingga dia tega membekukan putrinya selama 100 tahun lamanya agar dia tidak menua dan mati.


Berbeda dengan Xi Yao dan Yu Xiao Xue yang rela melepaskan pria yang dicintainya, karakter Zhi Xuan justru lebih terkesan mengejar-ngejar pria. Well, secara pribadi aku gak suka dengan karakter wanita yang mengejar-ngejar pria hehehe =) Zhi Xuan is NOT A GOOD MOTHER, she is so selfish and useless and so weak. Sorry for Zhi Xuan’s fans. Tapi itu yang aku dapat dari karakter Zhi Xuan, walau akhirnya diapun rela melepaskan, tapi sayang itu baru di episode terakhir, jadi uda terlanjur terbangun karakter egois lebih dulu di otakku hehehe =)

2. Qing Er dalam "Chinese Paladin 1" (played by : Leslie Shun)
Qing Er adalah sang Ratu Kerajaan Nan Zhao dan merupakan putri dari Zhi Xuan (dialah yang dibekukan oleh ibunya sendiri selama 100 tahun lamanya) dan Ibu dari Ling Er. Walau kemunculannya hanya sesaat tapi Qing Er memberikan kesan kalau dibandingkan ibunya (Zhi Xuan) dan putrinya (Ling Er), Ratu Qing Er jauh lebih kuat dan tegar. 

Dia tidak menangis saat suaminya sendiri (Sang Raja) memilih mendengarkan perkataan sang penasehat (Moony/Bai Yue) untuk memenjarakannya dengan tuduhan dia adalah siluman ular yang membahayakan Kerajaan. 


Diapun lebih memilih berkorban demi menyelamatkan bangsa dan negaranya dan rela mengubur cintanya dan keinginannya bersama suami dan putri satu-satunya, hingga akhirnya dia kalah dan berubah menjadi sebuah patung batu agar bisa mengunci Monster Air tersebut di danau. Qing Er jauh lebih baik dari ibu dan putrinya.

3. Zhao Ling Er dalam "Chinese Paladin 1" (played by : Liu Yi Fei)
Zhao Ling Er adalah putri dari Kerajaan Nan Zhao dan istri dari Li Xiao Yao. Dia adalah cucu dari Zhi Xuan dalam "Chinese Paladin 3" dan putri semata wayang Qing Er. Ling Er di Chinese Paladin 1 terkesan egois, lemah dan cengeng, yang dengan alasan tidak ingin menyakiti Li Xiao Yao justru memilih meninggalkan suaminya dan membuat suaminya semakin sedih dan menderita karena digantung perasaannya. 

Sikap yang juga sama egoisnya seperti neneknya Zhi Xuan, hanya saja Ling Er lebih lemah karena sedikit-sedikit menggunakan air matanya alias nangis untuk membuat Li Xiao Yao tak berdaya. Singkat kata, Ling Er adalah karakter yang cengeng dan lemah, kalau Zhi Xuan kan masih tegar dan gak dikit-dikit nangis. Kurang suka ma karakter yang dikit-dikit nangis dan yang selalu menggunakan air mata untuk membuat pria menjadi iba.


Sejak di awal kemunculannya, Ling Er selalu menangis, menangis dan menangis. Li Xiao Yao tak ingat padanya, Ling Er menangis. Li Xiao Yao tak mau menikahinya, Ling Er menangis lagi. Lalu Li Xiao Yao melupakannya, Ling Er pun menangis lagi. Khu, khu, khu alias cry cry cry, only cry she can only do -___- 

Menunjukkan kesan bahwa Li Xiao Yao menikahinya hanya karena kasihan melihat Ling Er menangis, dan bukan karena cinta. Padahal menurut cerita, mereka menikah karena cinta, tapi karena sebelum nikah, Ling Er nangis dulu dan membuat Xiao Yao iba, jadinya kesan kasihan yang aku dapat, bukan cinta. Makanya jangan dikit-dikit nangis donk, cengeng banget jadi orang. Salah sutradara nih, bikin karakter kok nangis mulu? Boring banget liatnya -___-

4. Yu Xiao Xue dalam "Xuan Yuan Sword - Scar of The Sky" (Played by : Guli Nazha).
Dia adalah seorang keturunan Dewi Nuwa yang tertidur selama 1000 tahun lamanya dan terbangun setelah Jian Chi (Hu Ge) membangunkannya dari tidurnya yang panjang. Hati Xiao Xue adalah salah satu dari 5 benda pusaka yang mampu digunakan untuk menambal lubang langit.


Yu Xiao Xue bukan hanya cantik, lemah lembut dan anggun, tapi juga memiliki kemurnian dan kepolosan hati seorang Dewi. Berbeda dengan Zhi Xuan yang terkesan sangat egois karena tega membekukan putrinya sendiri (Qing Er) dengan Mutiara Air selama 100 tahun agar dia tidak menua dan mati, Yu Xiao Xue justru merelakan pria yang dicintainya menikahi wanita lain (her character just like Xi Yao at Chinese Paladin 3, so pure and kind...)


Well, itulah sekilas tentang Dewi Nuwa dan para wanita cantik yang memerankannya. Menurutku, karakter yang paling mendekati gambaran seorang Dewi Hanyalah Yu Xiao Xue (played by : Guli Nazha) dalam Xuan Yuan Sword : Scar Of The Sky. Kalau yang lainnya sepertinya lebih dominan ke sifat manusianya, dan seolah telah kehilangan sifat kedewiannya. It’s just my opinion, beda kepala beda pendapat, kan?

Credit Pict : Weibo On Logo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads