Kamis, 27 Juni 2013

Fakta & Mitos Andromeda, Sang Putri Dari Utara

Back to asronomi, I Love Andromeda hehehe ^^ Andromeda yang merupakan salah satu tokoh fiksi dalam novel harry Potter yang sangat terkenal ternyata juga merupakan nama sebuah Rasi bintang di langit utara. Saya Pernah menulis Artikel tentang Rasi Bintang ini sebelumnya tapi karena masih merasa kurang lengkap, maka saya ulas sekali lagi dengan memberikan informasi yang lebih lengkap. Andromeda bukan hanya nama sebuah Galaksi tapi juga nama sebuah rasi bintang di langit utara yang melambangkan seorang Putri Cantik dari Kerajaan Ethiopia.


“Fakta & Mitos Andromeda, Sang Putri Dari Utara”





Pada jaman dahulu kala, orang-orang dari peradaban kuno umumnya memberi nama sebuah bintang atau rasi bintang sesuai nama-nama tokoh dalam legenda atau mitos Yunani dan Romawi kuno. Sama halnya seperti rasi Bintang Andromeda, yang diberi nama berdasarkan nama seorang Putri Cantik dari Kerajaan Ethiopia.

Pola rasi bintang tersebut, termasuk Rasi Bintang Andromeda didapat dengan menghubungkan bintang-bintang yang berdekatan dengan garis. Dimana Bintang-bintang dan benda-benda astronomi lainnya yang membentuk rasi Andromeda tersebut berada pada jarak yang berlainan dari bumi.

Jadi, meskipun membentuk rasi yang sama, bintang-bintang anggota rasi tidak berjarak sama dari bumi.


Lokasi & Penampakan




Rasi Bintang Andromeda terletak di langit belahan bumi utara dan umumnya terlihat di musim gugur dan musim dingin. November merupakan bulan terbaik melihat Andromeda karena terlihat tinggi di langit malam.

Bentuk konstelasi dapat divisualisasikan sebagai huruf ‘A’ yang sedikit terdistorsi dan berputar berlawanan arah jarum jam.

Wilayah rasi Andromeda mencakup sekitar 722 derajat persegi langit. Rasi ini adalah bagian dari keluarga rasi Perseus dan terletak di kuadran NQ1 langit. Dalam mitos, Perseus adalah suami Andromeda, seorang Pangeran yang merupakan Putra dari Zeus yang berhasil menyelamatkan dan membebaskan Putri Andromeda saat Putri Andromeda terikat di batu karang. Selain itu, Andromeda terletak berdekatan dengan beberapa rasi lain yaitu Lacerta, Pisces, dan Triangulum.


Mitos Andromeda



Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa Andromeda sering digambarkan sebagai seorang putri yang dirantai di batu karang dalam mitos Yunani kuno.

Menurut mitos, Andromeda adalah putri Raja Cepheus dan Ratu Cassiopeia yang memerintah sebuah negara yang disebut Joppa (ada juga yang menyebutnya sebagai Kerajaan Ethiopia) di pantai Mediterania.

Andromeda adalah seorang putri yang sangat cantik dan baik, sehingga membuat ibunya amat bangga kepadanya. Ratu Cassiopeia sendiri adalah seorang ratu yang sangat cantik dan juga sangat sombong. Dia mengklaim dirinya bahkan lebih cantik dari para Nereids, Putri Dewa Laut Poseidon.

Hal inilah yang kemudian mengundang murka dewa Laut Poseidon, yang kemudian mengirimkan ombak besar ke pesisir pantai Ethiophia untuk meluluhlantakkan kerajaan. Bukan hanya itu, Dewa Laut Poseidon juga mengirimkan Monster Laut yang sangat kejam bernama Cetus untuk menghancurkan kerajaan.

Raja Cepeheus lantas meminta nasihat dari Oracles dan Oracles mengatakan bahwa satu-satunya cara menenangkan Dewa Laut Poseidon adalah dengan mengorbankan Putri Andromeda. Andromeda yang malang lantas diikat di batu karang, menunggu Sang Monster laut datang dan membunuhnya.

Tapi akhirnya datang seorang Pemuda gagah berani yang bernama Perseus (Perseus adalah salah satu Putra Zeus) yang menyelamatkan Andromeda dan membunuh Cetus menggunakan kepala Medusa. Medusa sendiri adalah seorang wanita Gorgon berkepala ular dan siapa pun yang menatap matanya akan mati.

Setelah berhasil membunuh Cetus, Perseus pun menikahi Putri Andromeda dan mereka hidup bahagia selamanya. Dari pernikahan Perseus dan Andromeda lahir seorang Putra yang nantinya akan menjadi raja Pertama Persia.

Dan kisah dongeng Andromeda berakhir dengan bahagia hehehe ^^ Ngayal punya seorang kekasih seperti Perseus yang tampan dan gagah berani hehehe ^^

Untuk mengenang kisah Andromeda, Andromeda dan Perseus serta Raja Cepjeus dan Ratu Cassiopeia akhirnya ditempatkan di langit dan berubah menjadi bintang.


Bintang Paling Terang di Rasi Andromeda




1.Alpheratz atau Sirrah.
Bintang ini juga dikenal sebagai Alfa Andromeda dan merupakan bintang yang paling terang dari semua bintang yang ada di rasi ini. Bintang ini sebenarnya system bintang kembar  atau 2 bintang yang saling mengorbit satu sama lain dan berada pada jarak 17 tahun cahaya dari bumi.

2.Mirach.
Mirach adalah bintang raksasa merah dan merupakan bintang yang paling terang kedua setelah Alpheratz. Bintang ini juga dikenal sebagai Beta Andromeda dan berjarak 200 tahun cahaya dari bumi.

3.Almach.
Bintang ini diklasifikasikan sebagai Gamma Andromeda dan sebenarnya merupakan kumpulan bintang yang nampak seperti bintang tunggal.

4.Delta Andromeda / Sadiradra.
Bintang ini merupakan bintang biner dan berjarak 101 tahun cahaya dari bumi.

5.Upsilon Andromeda.
Bintang ini merupakan bintang biner yang terletak 44 tahun cahaya dari bumi yang terdiri dari bintang katai putih kuning besar dan bintang katai merah yang mengorbit satu sama lain. Tiga system planet ditemukan mengorbit disekitar bintang yang lebih besar.

6.Adhil.
Adhil adalah system biner spektroskopi yang terletak sekitar 196 tahun cahaya dari bumi.


Hujan Meteor Andromeda.
Hujan meteor yang tampak berasal dari rasi ini disebuy Andromedids dan sering terjadi pada bulan November.

Credit : amazine.com + wikipedia + berbagai sumber

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.