Friday, June 16, 2017

(News) GOT7 Boyband Pertama yang merilis Album dalam format USB



Sebelumnya, penulis ingin menekankan lebih dulu kalau judul artikel ini adalah “BOYBAND PERTAMA” bukan “Idola Kpop pertama” ya... Jadi jangan salah paham dulu dan bacalah baik-baik judul artikelnya. Masih seputar kontroversi tentang Album dengan format USB, banyak orang yang keliru dan percaya bahwa GD adalah artis Korea pertama yang merilis album USB, namun setelah ditelusuri, ternyata sudah ada 3 artis -pop yang pernah melakukannya sebelum G-Dragon dan G-Dragon hanyalah yang keempat. Keempat artis tersebut sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, dan mereka semua adalah solois kecuali GOT7 yang menjadi satu-satunya Boyband Korea yang PERTAMA KALI MERILIS ALBUM dalam format USB.

“(News) GOT7 Boyband Pertama yang merilis Album dalam format USB”





Umumnya dalam industri musik, album biasanya dirilis dalam bentuk fisik berupa CD. Saat teknologi belum berkembang pesat seperti saat ini, penjualan album pernah dalam bentuk piringan hitam dan pita kaset. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kini penjualan album dalam bentuk pita kaset sudah tak lagi ada dan digantikan oleh kepingan CD. Namun sepertinya trend tersebut juga akan mulai berubah tak lama lagi.

Baru-baru ini di Korea sedang ramai dibicarakan mengenai album terbaru dari Leader Bigbang – GD yang dirilis dalam format USB. Album yang diberi title “Kwon Ji Young” tersebut dirilis secara online pada tanggal 8 Juni 2017 dan format USB-nya baru dirilis pada tanggal 10 Juni 2017.


Sejak album dengan format USB tersebut dirilis, banyak orang yang tidak mengerti dan mengklaim bahwa G-Dragon adalah idola Kpop pertama yang merilis album dalam bentuk USB. Orang-orang tersebut memuji G-Dragon sebagai idola yang cerdas karena bisa memikirkan konsep yang sebelumnya tak pernah ada, mereka berpikir bahwa G-Dragon adalah idola Kpop pertama yang merilis album dengan format USB dan menciptakan trend baru di dunia hiburan Korea. (Iya deh iya, idola loe yang paling hebat, yang lain hanya butiran debu hehehe ^.^) Meskipun dia sendiri tidak pernah mengklaim hal tersebut, namun  nyatanya hal tersebut cukup mengganggu karena seolah-olah membuat artis lain tidak diakui. Yup! G-DRAGON BUKANLAH ARTIS PERTAMA YANG MERILIS ALBUM DALAM FORMAT USB !!! (huruf besar, tanda seru, diperbesar dan diberi warna berbeda biar kelihatan jelas hehehe ^.^ Harap tak ada yang protes karena ini adalah blog saya).

Sebelum G-Dragon, telah ada 3 idola Kpop yang telah lebih dulu merilis album dalam format USB. Berdasarkan urutan tahun dirilisnya, berikut ini adalah urutan yang benar : 
1. Kim Jang Hoon. 
Seperti yang dilansir dari Koreaboo, artis Korea pertama yang pernah merilis album dalam format USB adalah penyanyi rock senior, Kim Jang Hoon. Dia merilis album studio kesepuluhnya yang diberi judul 'adieu' dalam bentuk USB pada tahun 2012.


2. GOT7 
GOT7, Boygrup asuhan JYP Entertainment yang beranggotakan tujuh orang pria muda yang tampan dan eergik ini menjadi artis Kpop KEDUA merilis album dalam format USB. GOT7 merilis album dengan format USB tersebut pada tahun 2014 silam, di mana album tersebut merupakan versi edisi spesial dari full album pertama mereka 'Identify.


GOT7 juga mendesain album USB tersebut dengan sangat unik. Album USB berkapasitas 16GB ini dibuat dalam bentuk kartun dari karakter masing-masing member yang terlihat sangat lucu dan menggemaskan, menjadikannya sebuah album yang layak dikoleksi oleh para fans dan sayang untuk dilewatkan.


3. Lee Seung Gi 
Ketiga, ada aktor sekaligus penyanyi Lee Seung Gi yang juga merilis sebuah album spesial yang diber judul 'The History of Lee Seung Gi', yang menampilkan lagu--lagu terbaiknya dalam bentuk USB berkapasitas 4GB, dan dirilis pada 23 Februari 2017. Album yang berisi sejumlah lagu dan foto ini merupakan hadiah dari Lee Seung Gi yang masih menjalani wajib militer untuk mengobati kerinduan para penggemarnya.


4. G-Dragon 
Terakhir, album G-Dragon yang diberi title 'Kwon Ji Young yang dirilis pada 8 Juni 2017 dengan single pertama 'Untitled, 2014' dirilis secara online. Tanggal 10 Juni 2017, barulah pihak agensi merilisnya dalam bentuk USB berwarna merah dengan tulisan 'Kwon Ji Young, blood type A, 8/18/1988', yang merupakan nama asli, golongan darah, dan tanggal lahirnya.


Walau album ini berhasil merajai chart iTunes di 39 negara, namun album ini juga tak lepas dari berbagai kontroversi yang menjeratnya. Album USB ini kabarnya ditolak oleh Gaon Chart dan empat buah lagu dalam album tersebut juga dicekal oleh stasiun TV KBS untuk tampil di acara mereka. Empat buah lagu G-Dragon yang dicekal oleh KBS tersebut berjudul 'Middle Fingers-Up', 'BULLSHIT', 'SUPER STAR', dan 'Divina Commedia'. Pihak KBS menyatakan bahwa keempat lagu milik GD tersebut mengandung kata umpatan, kata-kata kasar, istilah yang merendahkan, serta vulgar, dan pada lagu 'SUPER STAR' juga menyebutkan brand tertentu.

Bila dilihat dari daftar di atas, terlihat jelas bahwa HANYA GOT7 SATU-SATUNYA BOYBAND KOREA yang merilis album dalam format USB, dengan kata lain GOT7 adalah BOYBAND PERTAMA yang menciptakan trend Album dalam format USB dan masih belum ada Boyband lain hingga saat artikel ini dibuat.


GOT7 memang bukan Idol Kpop yang pertama merilis album dalam format USB, karena sebelumnya sudah ada solois Kim Jang Hoon (2012) lalu Lee Seung Gi (23 Februari 2017) dan GD (8 Juni 2017), namun mereka semua adalah solois, setidaknya GD merilis album solo bukan album bersama member Bigbang yang lain, jadi dengan kata lain, HANYA GOT7 SATU-SATUNYA BOYBAND yang pernah merilis album dalam format USB.

Lalu kenapa banyak orang yang tidak tahu sehingga mereka semua mengklaim bahwa GD-lah yang pertama? Sederhana. Karena saat album dalam format USB tersebut dirilis, GOT7 masih merupakan pendatang baru yang baru saja debut dan belum memiliki banyak penggemar. Jadi wajar jika nama mereka kurang dikenal dan album tersebut pun luput dari perhatian publik Korea.


Bahkan hingga kinipun, GOT7 masih dianggap sebagai Boyband “Underrated” yang masih dipandang sebelah mata di Korea sana walaupun faktanya mereka sangat populer di kalangan fans international dan berkali-kali mendapatkan penghargaan “Worldwide”. GOT7 memang masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Boyband kelas atas Korea : EXO, BTS dan Bigbang. Dalam berbagai voting pun, GOT7 masih berada di bawah nama-nama besar tersebut.

(Kami sadar diri kok, kalau GOT7 hanya butiran debu dibandingkan kalian, jadi karena kalian uda di “atas”, gak usah sirik sama yang di “bawah” kalian ya *lirik gerombolan “Tentara” yang hobi komen pedes di videonya GOT7. Kalian uda menang sejak awal, fandom kalian lebih besar, idola kalian juga uda menang banyak awards, Kalian sudah mendapatkan semua yang kalian inginkan jadi mau apalagi? Biarlah kami, “bayi burung” ini belajar terbang dengan damai dan jangan masuk ke “sarang” kami dan menebar kebencian lagi...)

 

Melihat saat itu GOT7 masih merupakan boyband yang baru saja debut, jadi wajar saja, jika masih banyak yang tidak mengetahui bahwa GOT7 pernah merilis album dalam format USB, JAUH SEBELUM GD. Namun walau tak banyak orang yang tahu, ketidaktahuan tersebut tidak mengubah Fakta bahwa GOT7 telah menjadi BOYBAND PERTAMA yang MERILIS ALBUM DALAM FORMAT USB, bukan Exo, BTS ataupun Bigbang.

Di samping itu, mungkin karena album dari para artis sebelumnya tidak dirilis secara konvensional, maka perilisan album dalam bentuk USB tersebut tidak menjadi terlalu heboh pada waktu itu. Barulah kemudian, G-Dragon mengangkat kembali trend tersebut saat ini, tak lain dan tak bukan, karena album USB tersebut sedang mengalami kontroversi. Kontroversi tersebut bukan hanya karena Gaon Chart menolak album USB tersebut, namun juga tentang KBS yang mencekal keempat lagu dalam album G-Dragon untuk tampil di acara mereka.

Written by : Liliana Tan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.